Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Panduan Strategi SEO dan Berbagai Tren SEO di Tahun 2024

Panduan Strategi SEO dan Berbagai Tren SEO di Tahun 2024

Strategi SEO

Daftar Isi

Strategi SEO memang mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu, sehingga setiap tahunnya pun ada banyak hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

Perlu diketahui juga bahwa ada macam-macam tren SEO di tahun 2024 yang penting untuk diketahui dan dipelajari, sehingga nantinya akan lebih optimal dalam mengelola website dan mempersiapkan berbagai jenis konten di dalamnya.

Melalui artikel ini, akan dipaparkan berbagai tren tersebut. Maka dari itu, simak hingga tuntas dan pastikan Anda siap menyambut tahun 2024 dengan strategi yang tepat untuk mengelola website!

Apa yang Dimaksud dengan Strategi SEO?

SEO atau yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah serangkaian strategi yang memiliki tujuan untuk membuat suatu website berada di peringkat atas dari mesin pencarian.

Strategi SEO memiliki tujuan supaya berbagai konten dari website tersebut bisa ditampilkan secara lebih jelas ketika pengguna menuliskan kata kunci yang sesuai.

Dengan begitu, selanjutnya mereka bisa lebih cenderung untuk mengklik website Anda dan lalu lintas organik di website Anda pun bisa semakin meningkat.

Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai pengertian SEO secara lengkap disini “Mengenal artikel SEO; Bantu membuat konten website berperingkat

Tren SEO di Tahun 2024

Untuk menyambut berbagai strategi SEO di tahun 2024, maka inilah tren yang sebaiknya dipahami dengan baik.

  • Implementasi Google Search Generative Experience (SGE)

Tren pertama ini sangat berhubungan dengan teknologi AI atau Artificial Intelligence. Pada dasarnya, Google SGE ini akan memberi berbagai hasil dari pencarian, dengan menggunakan bantuan AI.

SGE dapat membuat interaksi pengguna meningkat, dengan cara memberi berbagai jawaban yang ringkas dan jelas, sesuai dengan permintaan pengguna yang disampaikan melalui mesin pencari. Hasil visual yang relevan juga diberikan dalam hal ini.

Jadi, jika Anda melakukan penelusuran di mesin pencari Google, maka akan muncul hasil yang didukung oleh AI.

Ini berupa cuplikan dari berbagai tautan yang relevan, lalu dilengkapi dengan petunjuk untuk dapat melakukan eksplorasi lebih jauh tentang topik tersebut.

Tren ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna, karena hasil penelusuran mereka menjadi lebih interaktif serta ramah pengguna.

Strategi SEO

Cara Mengatasi

Dalam mengatasi, mempersiapkan, mengoptimalkan tren ini, sebenarnya masih belum ada cara detail yang pasti.

Namun, perlu dipahami bahwa fokus dari tren ini adalah konten yang bisa menjawab secara langsung apa yang diinginkan oleh pengguna. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempertahankan relevansi dari setiap konten yang dibuat.

Meski faktor yang berpengaruh untuk menjadi cuplikan tersebut masih belum diketahui secara pasti, namun ada kecenderungan karakteristik serupa, antara lain:

  1. Menampilkan opini dan analisis tentang topik yang dicari
  2. Merujuk pada berbagai bahasa langsung, misalnya tampilan seperti poin, daftar, dan bagan yang mudah dipahami.
  3. Informasi terbaru yang memuat sumber data primer atau berbagai analisisnya
  4. Fokus kepada topik tertentu

Dari berbagai karakter di atas, Anda bisa mempertimbangkannya dalam menerapkan strategi SEO dan melakukan pembuatan konten, supaya dapat lebih mudah untuk masuk ke dalam cuplikan yang sangat terlihat di mesin pencari.

  • Implementasi Answer Engine Optimization (AEO)

Secara umum, dapat dijelaskan bahwa AEO adalah sebuah proses optimasi konten dengan tujuan untuk menyesuaikannya dengan mesin penjawab.

Saat ini, mesin penjawab memiliki kecenderungan untuk memanfaatkan teknologi AI, sehingga dapat mensintesis berbagai informasi ketika akan menjawab kebutuhan pengguna.

Maka dari itu, AEO adalah tanggapan yang penting untuk diperhatikan ketika menyusun strategi SEO.

Cara Mengatasi

Strategi AEO ini dapat diterapkan dengan memprioritaskan dan mengoptimalkan kepada pertanyaan yang berbasis jawaban.

Maka dari itu, penting untuk membuat jenis konten yang jelas, ringkas, serta mudah diserap dan dipahami oleh algoritma mesin pencari serta teknologi AI yang berperan penting dalam mendukungnya.

Berikut adalah berbagai strategi SEO yang dapat digunakan untuk mendukung hal ini:

  1. Membuat konten yang memakai format cuplikan, misalnya dengan menampilkan tabel, poin, bagan, dan paragraf pendek.
  2. Membuat konten yang dapat menjawab pertanyaan terkait topik tertentu atau pertanyaan umum yang menjadi target pencarian.
  3. Melakukan identifikasi tentang kata kunci, serta menggabungkan kata kunci dan frasa terkait yang mungkin digunakan dalam penelusuran pengguna.
  4. Membuat markup skema, sehingga dapat membantu mesin pencari dalam membaca dan memahami isi konten.
  5. Memakai format tanya jawab di dalam konten, misalnya dengan memasukkan bagian FAQ di dalam artikel.
  • Pencarian Zero-Click

Selanjutnya, ada pencarian zero-click atau tanpa klik yang kini sedang meningkat dan menjadi tren.

Maksud dari tren ini adalah ada cukup banyak pengguna yang tidak mengklik apapun setelah mengetikkan sesuatu di mesin pencarian.

Ada berbagai alasan mengapa hal ini menjadi tren atau banyak terjadi, misalnya sebagai berikut:

  1. Dalam berbagai layanan lokal dan bisnis, telah ada berbagai informasi yang sudah muncul secara langsung, misalnya detail kontak, jam kerja, dan lokasi.
  2. Penggunaan fitur yang bisa digunakan secara langsung, misalnya konversi atau perhitungan cepat.
  3. Informasi publik terhadap tokoh masyarakat yang langsung muncul di panel awal, misalnya tentang nama lengkap, usia, karya terkenalnya, pekerjaan, dan sebagainya.

Dengan adanya berbagai informasi yang bisa didapatkan secara langsung, maka Anda tidak perlu lagi mengklik sumber tertentu, inilah asal-muasal munculnya tren ini.

Cara Mengatasi

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin saja pertanyaan pertama yang muncul adalah tentang bagaimana cara untuk mengatasi tren ini.

Strategi SEO yang bisa diterapkan yaitu dengan mengamankan informasi penting, supaya konten Anda bisa masuk ke dalam cuplikan pada bagian utama dari mesin pencari.

Sebenarnya, perlu dipahami bahwa strategi ini tidak secara langsung membuat Anda bisa menambah lalu lintas pengunjung di website. Namun, bukan berarti tidak ada manfaat penting dari masuknya konten ke cuplikan tersebut.

Ini dapat meningkatkan peluang Anda mendapatkan pengunjung, jika mereka ingin mencari informasi yang jauh lebih rinci, sehingga dapat meningkatkan berpotensi untuk menambah jumlah lalu lintas organik.

Selain itu, strategi SEO ini juga dapat bermanfaat bagi pengenalan merek atau website.

  • Perhatikan User Experience (Pengalaman Pengguna)

Tren selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu pengalaman pengguna, termasuk berbagai keterlibatan pengguna dalam memanfaatkan mesin pencari.

User Experience (Pengalaman Pengguna)

Hal ini dapat berpengaruh terhadap mudah atau tidaknya suatu konten untuk terlihat di mesin pencari.

Cara Mengatasi

Untuk dapat meningkatkan pengalaman pengguna, maka ada berbagai strategi SEO yang dapat Anda manfaatkan, misalnya sebagai berikut:

  1. Memperlihatkan daya tarik secara visual dalam konten Anda, misalnya gambar, infografis, dan video.
  2. Menampilkan navigasi yang intuitif, misalnya dengan memberikan menu yang jelas serta tautan internal yang efektif untuk dikunjungi.
  3. Gunakan CTA yang menarik dan ditempatkan pada bagian yang strategis.

Baca Juga: Strategi Menerapkan Link Building yang Benar

  • Fokus pada Topical Authority

Strategi SEO terbaru bisa dibilang semakin fokus kepada topik tertentu yang lebih spesifik, sehingga sering disebut sebagai topical authority atau otoritas topikal.

Maka dari itu, konten yang lebih disukai adalah jenis konten yang terbilang komprehensif dalam membahas topik tertentu.

Cara Mengatasi

Karena ada fokus konten yang dibutuhkan dalam hal ini, maka beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Membuat dan mengembangkan konten yang lebih komprehensif, berkualitas, dan ahli terhadap topik tertentu yang diangkat.
  2. Membuat konten yang mendalam tentang suatu topik, bisa jadi melibatkan berbagai sub-topik di dalamnya supaya menjadi lebih jelas dan rinci.
  3. Membuat konten yang relevan, sehingga akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.
  • Optimasi Konten Video

Selanjutnya, ada pula tren konten video yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Hal ini juga berlaku untuk konten yang tersedia di platform Youtube.

Kini, semakin banyak orang yang lebih tertarik dengan berbagai hal yang berbagai visual, termasuk video.

Optimasi konten video

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi tren ini, maka penting bagi Anda turut berperan dalam strategi SEO video. Segera ambil kamera dan mulailah membuat video yang sesuai dengan topik Anda.

Namun, untuk membuat video yang berkualitas dan menjanjikan, pastikan bahwa Anda melakukan pembuatan video dengan perencanaan yang matang. Berikut adalah beberapa strategi penting yang bisa mendukung video Anda:

  1. Pakai tools desain yang menarik, sehingga dapat membuat gambar mini yang relevan dan bisa menarik lebih banyak pengunjung.
  2. Masukkan transkrip, supaya video dapat lebih mudah untuk dipahami oleh banyak pengguna.
  3. Tambahkan deskripsi dan metadata, pastikan juga terdapat kata kunci di dalamnya karena hal ini bisa meningkatkan peringkat di mesin pencarian.
  • Konten yang Up to Date

Tren penting selanjutnya yang perlu Anda pahami adalah pengguna lebih suka jika diberikan konten terkini atau up to date.

Saat ini, kecepatan persaingan konten serupa pun bisa terbilang sangat cepat, sehingga penting memperhatikan strategi SEO terkait hal tersebut.

Siklus tren suatu topik pun bisa berlangsung dengan sangat cepat, sehingga hal yang relevan bisa berubah dalam sekejap.

Cara Mengatasi

Dengan tingkat kecepatan penyebaran informasi yang pesat, maka konten yang Anda sajikan perlu menyesuaikan dengan hal tersebut.

Sebaiknya, Anda menerapkan proses peninjauan, optimasi, dan pembaruan yang strategis untuk setiap konten, serta melakukannya secara berkelanjutan dan konsisten.

Anda bisa membuat konten tentang topik tertentu yang sedang tren dengan cepat, sehingga kemungkinan konten tersebut diakses akan semakin besar.

Namun, meski penting untuk memperhatikan kecepatan, jangan lupa tetap pastikan relevansi dan fakta yang disuguhkan dalam setiap konten Anda.

Jangan khawatir, jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat artikel atau konten yang menarik dan efektif, Anda dapat membaca artikelnya disini “5 Cara menulis artikel yang efektif dan menarik“.

  • Optimasi Pencarian Suara (Voice Search)

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini perangkat yang diaktifkan dengan memanfaatkan suara telah semakin umum digunakan.

Maka dari itu, optimasi pencarian suara pun menjadi tren baru yang perlu diperhatikan dalam menyusun strategi SEO.

Voice Search

Cara Mengatasi

Ada baiknya, Anda memperhatikan tren yang satu ini dengan cara lebih memanfaatkan kata kunci dalam setiap jenis konten yang disajikan. Dengan begitu, maka konten Anda akan lebih mudah terlacak di mesin pencarian suara.

Anda juga bisa memanfaatkan long tail keyword dan data terstruktur untuk mendukung strategi SEO, sehingga ada berbagai aspek yang lebih mudah ditemukan dengan suara.

Kesimpulan

Ada berbagai macam tren SEO yang penting untuk diketahui, terlebih jika Anda ingin mengoptimalkan website di tahun 2024. Mengikuti tren ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk mencapai serta mempertahankan kesuksesan dan peringkat dari website Anda.

Kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan tren ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam menyusun strategi SEO. Penyesuaian dengan macam-macam teknologi terbaru pun dapat lebih mudah dilakukan, termasuk dalam memanfaatkan AI.

FAQ

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, mungkin saja ada macam-macam pertanyaan yang muncul di pikiran Anda.

Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan tentang strategi SEO dan berbagai tren yang ada. Pastikan Anda mengetahui jawabannya, supaya bisa lebih siap dalam menyusun strategi paling tepat.

  • Mengapa Tren SEO itu Penting?

Jawabannya, tren SEO ini bisa disebut sangat penting, karena inilah cerminan dari perkembangan dari mesin pencari. Selain itu, ini pula yang menjadi salah satu tolok ukur dari seperti apa perilaku pengguna mesin pencari.

Tren SEO ini memang terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Sebaiknya, perkembangan ini terus Anda perhatikan dan ikuti.

Berbagai penyesuaian atau adaptasi sangat diperlukan jika ingin memastikan bahwa strategi SEO yang diterapkan dalam pengelolaan website masih sinkron dengan preferensi pengguna dan sistem algoritma yang terbaru.

Dengan adaptasi yang tepat, maka Anda akan lebih mudah untuk mencapai peringkat tinggi dalam mesin pencarian. Perkembangan lalu lintas organik dan pengalaman pengguna pun dapat turut ditingkatkan.

  • Akankah SEO Tetap Ada dalam 5 Tahun ke Depan?

Jika Anda bertanya tentang hal ini, maka jawabannya adalah iya. Pada dasarnya, SEO akan tetap eksis dengan berbagai perkembangan yang terus muncul seiring berjalannya waktu.

Ada berbagai hal yang dapat mempengaruhi perkembangan tersebut, misalnya perubahan dari perilaku pengguna serta kemunculan dan perkembangan dari berbagai macam teknologi terbaru yang dapat diselaraskan dengan mesin pencari.

Jadi, bisa disebut bahwa prinsip SEO akan tetap ada, sehingga inti dari pengoptimalan konten supaya lebih mudah terlihat dan mendapat peringkat tinggi juga tetap ada.

Namun, strategi membuat SEO dapat mengalami berbagai perkembangan, menyesuaikan dengan preferensi dari pengguna dan sistem algoritma terbaru. Maka dari itu, tren SEO menjadi hal penting untuk diperhatikan, supaya tetap bisa menyusun perencanaan dan pengelolaan yang baik.

  • Apakah AI Dapat Membunuh SEO?

Jawabannya adalah TIDAK. Perkembangan dari teknologi AI tidak akan membunuh SEO. Namun, hal ini dapat mengubahnya, sebagaimana yang telah dibahas pada penjelasan tentang tren AEO di atas.

Dengan adanya teknologi AI, misalnya GPT-4, maka dapat meningkatkan SEO karena memberikan berbagai informasi dan wawasan yang lebih rinci dan mendalam.

Selain itu, teknologi tersebut juga dapat mengoptimasi tugas, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan personal. Maka dari itu, dalam menyusun strategi SEO, Anda dapat beradaptasi dengan memanfaatkan AI. 

Berbagai optimalisasi dapat dilakukan secara optimal dengan teknologi ini, sehingga dapat lebih mudah untuk menyelaraskannya dengan algoritma terbaru dan preferensi pengguna.

  • Apakah SEO Masih Bisa Dilakukan di Tahun 2024?

Untuk pertanyaan ini, jawabannya adalah sangat bisa. Strategi SEO masih tetap menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan website dan pemasaran digital, jika Anda ingin mendapatkan peringkat  terbaik di mesin pencari.

Ada berbagai perkembangan metodologi dalam SEO, namun kebutuhan tentang optimalisasi mesin pencari akan tetap ada. Maka dari itu, SEO tetap masih memegang manfaat penting.

  • Apa Saja Tren SEO di Tahun 2024?

Ada berbagai tren yang perlu diperhatikan dalam strategi SEO di tahun 2024, sebagaimana yang sudah dipaparkan pada bagian sebelumnya.

Namun, jika bertanya tentang apa yang menjadi fokusnya, maka bisa dibilang jawabannya adalah optimasi pencarian suara, implementasi AI, optimasi video, dan personalisasi.

  • Tools Mana yang Baik Digunakan untuk SEO?

Sebenarnya, ada cukup banyak tools yang bisa digunakan dalam menyusun strategi SEO dan memudahkan kinerja Anda.

Namun, jika bertanya tentang mana jenis tools yang terbaik, maka jawabannya bisa berdasarkan kepada apa yang menjadi kebutuhan utama dari strategi Anda.

Beberapa contoh tools yang terbilang cukup efektif dalam penggunaanya dan sudah dikenal banyak orang yaitu SEMrush, Ahrefs, serta Moz.

Jika dilihat dari keunggulannya, maka SEMrush terbilang unggul dalam hal melakukan riset kata kunci secara komprehensif, Ahrefs memiliki keunggulan dalam menganalisis backlink, dan Moz dapat memberikan berbagai informasi penting dalam melakukan optimasi halaman.

Itulah berbagai penjelasan tentang strategi SEO dan tren apa saja yang penting diketahui untuk menyambut tahun 2024. Ternyata, ada cukup banyak tren yang sebaiknya Anda pahami dan pelajari bagaimana cara mengimplementasinya.

Ketika mengelola website atau membuat berbagai konten yang akan disajikan di sana, memang ada banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk strategi SEO.

Maka dari itu, informasi sejenis ini sebaiknya tidak diabaikan, karena bisa sangat membantu Anda dalam menyusun persiapan dan pelaksanaan yang matang dalam pengelolaan website.

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

2 komentar untuk “Panduan Strategi SEO dan Berbagai Tren SEO di Tahun 2024”

  1. lumayan galau juga ngadepin google yang sekarang. Hampir putus asa. hehe. terima kasih insightnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page