Cara Menulis Artikel Bahasa Indonesia yang Menarik untuk Dibaca

Cara Menulis Artikel Bahasa Indonesia yang Menarik untuk Dibaca

No ratings yet.

Fungsi Artikel dan Peranannya Zaman Sekarang

Cara menulis artikel Indonesia – Tahukah Anda bahwa hampir semua orang pasti pernah membaca artikel Bahasa Indonesia?

Mulai dari artikel tentang gosip terbaru, wisata, kesehatan, tips, parenting, hingga artikel yang memuat studi kasus dan jurnal ilmiah.

Jika dulu akses untuk memperoleh informasi terbatas, kini Anda dapat dengan mudah mengakses dan membaca artikel melalui ponsel, PC, atau laptop, selama terkoneksi internet.

Selain menambah wawasan Anda, artikel pun memiliki fungsi dan peran penting dalam berbagai bidang, terutama dunia pers.  

fungsi artikel bahasa Indonesia

Lantas, apa saja peran dan fungsi artikel di masa kini? Berikut uraiannya.

  • Sebagai Media Pendidikan dan Menambah Wawasan

Artikel bisa digunakan sebagai media pendidikan dengan menyisipkan berbagai pesan pendidikan di dalamnya. Selain itu, sifatnya yang faktual mengajarkan kita untuk tidak mudah dalam menyerap informasi secara mentah-mentah.

Artikel harus berasal dari sumber yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

  • Alat untuk Menyampaikan Pendapat

Selain memuat fakta yang aktual, artikel juga berisi pendapat dan opini seseorang terhadap topik pembahasan tertentu. Dengan begitu, seseorang dapat mengungkapkan pendapatnya dengan cara menulis artikel seo pada blog pribadi, website berita, atau komunitas.

  • Sarana Untuk Menyampaikan Kritik

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, artikel juga memuat opini atau pendapat seseorang terhadap sesuatu. Maka dari itu, artikel dapat berperan sebagai media untuk menyampaikan kritik pada sebuah kebijakan. Namun, bijaklah dalam menyampaikan kritik.

Selalu gunakan bahasa yang santun. Alih-alih menyalahkan, akan lebih bijak jika Anda turut menyumbangkan pikiran, ide, atau solusi terhadap hal tersebut.

  • Meningkatkan Perbendaharaan Kata

Membaca artikel, tidak hanya menambah pengetahuan, melainkan dapat menambah perbendaharaan kata yang umum digunakan hingga kata yang tak lazim.

  • Mengasah Kemampuan Berbahasa

Memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa terkadang menjadi nilai lebih tersendiri bagi seseorang. Khususnya yang berkecimpung dalam bidang public speaking. Anda dapat melatih kemampuan berbahasa Anda dengan memulainya di atas kertas, yaitu membuat artikel.

menulis artikel panjang

Langkah-langkah dan Cara Menulis Artikel yang Enak Dibaca

Menulis artikel dalam Bahasa Indonesia memang terdengar mudah, tetapi pada kenyataannya tidak demikian. Untuk membuat sebuah karangan yang bersifat fakta atau berisikan sebuah pendapat, Anda harus menguasai perbendaharaan kata yang cukup banyak.

Selain itu, Anda pun harus bisa merangkai kata yang enak dibaca dan tidak menimbulkan kesalahpahaman, terutama ketika Anda menulis kritik.

Lantas, bagaimana cara menulis artikel dalam Bahasa Indonesia yang menarik dan enak dibaca? Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Mengidentifikasikan Target Pembaca

Sebelum melangkah lebih lanjut, Anda harus menentukan siapa target yang akan membaca artikel bahasa Indonesia Anda. Jika target Anda adalah remaja, maka carilah topik yang sedang populer di kalangan remaja masa kini. Contohnya, artikel hiburan, tips dan trik, atau dunia K-Pop.

Gunakan bahasa yang lebih santai dengan sapaan kamu. Cara ini akan membuat Anda lebih dekat dengan pembaca.

Sementara, jika target Anda adalah kalangan berusia di atas dua puluh lima tahun, maka carilah topik yang umumnya dibutuhkan, seperti artikel tentang pernikahan, parenting, dan seputar dunia kerja. Gunakan bahasa formal dengan sapaan Anda agar terkesan lebih profesional.

  • Buat Judul dan Topik Semenarik Mungkin

Pada dasarnya, judul tidak harus panjang. Banyak artikel dengan judul pendek yang justru berhasil tampil di halaman utama Google. Kuncinya adalah topik yang menarik dan SEO.

Ingat, semakin menarik judul dan topik tulisan, maka rasa penasaran pembaca kian meningkat. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam pemilihan judul dan topik artikel harus masuk akal dan tidak mengandung klikbait.

  • Isi Tulisan Berbobot

Anda tentu paham bahwa ada ratusan artikel baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris yang diposting setiap hari melalui surat kabar online, media sosial, atau blog pribadi, bukan? Agar tulisan Anda mampu bersaing dengan tulisan orang lain, Anda wajib menulis artikel yang berbobot. Tidak hanya sekadar menarik, artikel yang baik harus berisi manfaat.

  • Mudah Dipahami

Untuk menarik minat pembaca, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Alih-alih menggunakan kosakata yang jarang didengar, lebih baik menggunakan kosakata yang lazim digunakan sehari-hari.

Asalkan Anda dapat “meramu” kata-kata tersebut dengan baik, hasil artikel yang Anda pasti berhasil mendongkrak angka pengunjung blog dan dibagikan hingga ratusan kali.

  • Penutup yang Berkesan

Di akhir artikel, sisipkan kalimat penutup yang singkat, jelas, dan padat. Biasanya penutup berisi tentang kesimpulan ulasan artikel atau informasi penting lainnya. Agar lebih unik dan berkesan, Anda dapat menutup artikel dengan kata-kata kutipan yang Anda buat sendiri.

Demikianlah informasi mengenai fungsi dan peran artikel di era modern.

Bagi Anda yang sudah mengetahui cara menulis artikel Bahasa Indonesia, terapkan langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Ayo, Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak menfaat kepada yang lainnya.

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Anne

Seorang digital marketer yang sekarang bekerja di Indonesian Writer. Melalui tulisan di website ini, saya ingin membagikan berbagai hal tentang digital marketing terutama dari segi konten.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu