Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Mengenal Content Gap Analysis, Manfaat, serta Langkah-Langkahnya

Mengenal Content Gap Analysis, Manfaat, serta Langkah-Langkahnya

Content Gap

Daftar Isi

Dalam pengelolaan website dan konten di dalamnya, memang ada berbagai hal yang perlu dipahami dengan baik. Dalam pengelolaan konten, bisa terdapat masalah seperti trafik yang tidak kunjung meningkat. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, sehingga Anda perlu melakukan analisis content gap

Apa yang dimaksud dengan analisis konten yang satu ini? Lalu, apa saja manfaat dan bagaimana cara untuk melakukannya? Jangan lewatkan informasi menarik berikut untuk temukan informasi seputar analisis ini!

Apa itu Content Gap Analysis?

Dalam membuat konten, tentu saja ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, termasuk mempertimbangkan apakah konten tersebut dapat bersaing dengan berbagai konten lainnya di mesin pencarian.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas konten yaitu dengan memperhatikan dan memperbaiki gap yang ada di dalam konten, sehingga kesenjangan tersebut pun tidak lagi menjadi masalah.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa content gap analysis adalah sekumpulan proses untuk melakukan evaluasi konten secara mendalam, sehingga Anda dapat menemukan gap atau kesenjangan yang ada di sana.

Berbagai poin mungkin saja sudah terlalu lama di sistem mesin pencari, sehingga jika Anda masih memanfaatkannya bisa saja justru membuat kalah bersaing dengan konten lainnya dengan topik yang sama.

content gap

Manfaat Melakukan Content Gap Analysis

Secara umum, alasan analisis yang satu ini menjadi sangat penting karena dapat membuat konten atau tulisan Anda semakin berkualitas.

Selanjutnya, berikut adalah berbagai manfaat dari analisis content gap yang sebaiknya Anda ketahui dengan baik. Hal ini akan menjadi lebih penting jika Anda perlu membuat berbagai jenis konten secara rutin.

  • Meningkatkan Strategi SEO

Dengan mengutamakan kualitas dan mengurangi berbagai kesenjangan yang ada di dalam konten, maka Anda bisa lebih meningkatkan peringkat halaman di mesin pencari.

Analisis content gap ini memang merupakan salah satu langkah yang tepat jika ingin meningkatkan strategi SEO. Selanjutnya, Anda pun bisa meningkatkan trafik kunjungan ke website.

Jika tulisan lainnya ternyata juga menarik dan memiliki kualitas yang baik, maka bisa jadi pengunjung akan turut membuka berbagai konten lainnya.

  • Lebih Memahami serta Dapat Memenuhi Kebutuhan dari Audiens

Kedua, Anda bisa memberikan jenis konten yang cocok untuk kebutuhan dari audiens atau pengunjung. Hal ini dapat terjadi karena konten yang Anda suguhkan telah melalui berbagai analisis sehingga Anda pun tahu apa saja yang sebenarnya perlu diberikan.

Akan lebih baik lagi jika Anda dapat memberikan konten yang sebenarnya sangat dibutuhkan, namun masih jarang website yang menyajikannya.

  • Membuat Kredibilitas Brand Meningkat

Maksud dari kredibiliras brand meningkat adalah jika konten Anda menyajikan isi yang berkualitas, relevan, lengkap, akurat, dan terbaru, maka hal ini bisa meningkatkan kredibilitas dari website dan brand Anda.

  • Melakukan Optimasi Strategi untuk Konten

Dengan memahami berbagai content gap yang ada, maka Anda bisa melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap konten tersebut. Inilah salah satu cara untuk mencari berbagai strategi paling tepat dalam menyajikan konten. 

  • Keterlibatan Audiens Dapat Ditingkatkan

Memberikan konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens dapat memicu mereka untuk lebih aktif dalam melakukan berbagai aktivitas dan interaksi. Misalnya, dengan menuliskan komentar, membagikan konten, atau berinteraksi dengan sesama pembaca.

  • Strategi Pemasaran menjadi Lebih Efektif

Analisis content gap tentunya dapat membuat Anda bisa memahami bagian apa saja yang sekiranya kurang dari konten Anda. Selanjutnya, ini dapat menjadi pertimbangan untuk melakukan perbaikan konten secara efektif.

Selain itu, dari situ juga Anda bisa membuat dan meningkatkan berbagai strategi marketing yang tepat jika berniat untuk memasarkan website Anda secara lebih luas.

Baca Juga: “Membuat Konten Berperingkat dengan Menggunakan Artikel SEO Friendly”.

Langkah-Langkah Melakukan Content Gap Analysis

Untuk dapat melakukan analisis ini dengan optimal, maka ada berbagai langkah atau tahap yang sebaiknya Anda lakukan, yaitu sebagai berikut:

langkah-langkah melakukan content gap

  • Melakukan Pemetaan Perjalanan Pembeli

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan yaitu pemetaan terhadap perjalanan pembeli, dalam hal ini maksudnya adalah pada target audiens yang ingin dicapai.

Jika ingin melakukan pemetaan dengan optimal, Anda dapat melakukannya dengan meluangkan waktu untuk merangkai pertanyaan untuk audiens. Lalu, gunakan pertanyaan itu untuk melakukan pemetaan, Anda bisa menanyakannya kepada audiens sehingga dapat melihat bagaimana perjalanan mereka.

Dengan pemetaan ini, maka Anda bisa melihat seperti apa perjalanan mereka dalam mengunjungi website Anda. Mungkin saja, ada jenis konten tertentu yang telah memantik mereka untuk datang dan banyak menikmati konten Anda.

  • Melakukan Riset terhadap Pasar

Tahap kedua untuk melakukan analisis content gap yaitu dengan riset pasar. Dalam berbagai strategi dunia digital, riset adalah hal penting yang sering dibahas, sehingga Anda pun sebaiknya tidak mengabaikan tahap penting ini.

Untuk dapat melakukan riset ini, maka Anda bisa melakukan survei untuk menanyakan berbagai pertanyaan yang cocok, biasanya dengan topik tertentu.

Dengan adanya riset ini, maka Anda bisa melihat berbagai pandangan tentang konten Anda. Jika masih ada banyak kekurangan yang perlu diperbaiki, maka Anda dapat segera memperbaikinya dengan maksimal.

  • Analisis Konten yang Telah Ada

Selanjutnya, penting juga untuk melakukan analisis tentang konten serupa yang sudah ada atau sudah eksis sebelumnya, sehingga dapat menemukan ada atau tidaknya content gap.

Analisis ini dapat dilakukan dengan cara mengamati blog, website serupa, layanan lain di internet, media sosial, dan sebagainya.

Jika diperlukan, Anda bisa memperluas keyword yang sudah ada, sehingga hasil konten Anda pun akan lebih cocok untuk kebutuhan berbagai kalangan audiens.

  • Analisis Kompetitor

Langkah berikutnya, jangan lupa untuk melakukan analisis terhadap kompetitor yang menyuguhkan konten serupa. Perhatikan dengan baik apa saja keunggulan dan kekurangan konten lainnya, lalu bandingkan dengan konten yang Anda buat.

Hal ini dapat membuat Anda lebih memahami ada atau tidaknya content gap dalam berbagai halaman di website Anda.

Namun, perlu dipahami bahwa Anda tidak perlu mengikuti secara keseluruhan strategi dari kompetitor. Sebaiknya, justru Anda pelajari apa saja kekurangan dari mereka, sehingga Anda bisa menampilkan konten yang lebih baik dari mereka dengan menghilangkan berbagai kekurangannya.

Kesimpulan

Jadi bagaimana, apakah Anda sudah lebih paham tentang analisis content gap?

Secara umum, ini adalah sekumpulan proses untuk melakukan evaluasi konten secara mendalam, sehingga Anda dapat menemukan gap atau kesenjangan yang ada di sana.

Selanjutnya, kesenjangan tersebut perlu diperbaiki, supaya konten yang disajikan akan memiliki kualitas yang lebih baik serta lebih mudah untuk terbaca oleh mesin pencari.

Semakin mudah konten Anda ditemukan oleh mesin pencari, maka semakin tinggi pula peringkat yang bisa dicapai oleh website Anda.

Pada dasarnya, ada berbagai manfaat dari analisis content gap sehingga sebaiknya Anda pun menerapkannya ketika sedang membuat konten ataupun melakukan pengelolaan website.

Meski ada berbagai tantangan dalam mengelola website, namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya, silakan baca di sini untuk mendapatkan tips dan informasi lainnya!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page