Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Mengenal Strategi SEO Link Building dan Cara Menerapkannya

Mengenal Strategi SEO Link Building dan Cara Menerapkannya

seo link building

Daftar Isi

Salah satu strategi yang efektif untuk menaikkan traffic website adalah SEO link building. Google akan memberi penilaian lebih jika website Anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dari situs lain. 

Karena Google akan menilai bahwa website Anda dapat dipercaya, kredibel dan berisi konten bermanfaat. Dilihat dari banyaknya website lain yang menyematkan link menuju web Anda di konten mereka. 

Namun untuk melakukan link building, Anda perlu berhati-hati dan teliti. Hal yang terpenting adalah kualitas link bukan jumlah backlink yang didapat. 

Mengenal SEO Link Building

Link building adalah strategi agar website lain menaruh link web Anda di situs mereka. Dalam SEO, tautan ini lebih sering disebut dengan istilah backlink. Jadi di samping menyematkan internal link dan eksternal link dalam konten website, Anda juga memerlukan backlink dari situs lain. 

Dengan melakukan link building, peringkat website Anda akan meningkat signifikan. Asalkan backlink yang Anda dapat berasal dari website yang jelas, berkualitas, dikenal, dan memiliki performa yang baik. 

Jika website memperoleh backlink dari situs yang tidak jelas, isi kontennya spam, dan topiknya tidak relevan, maka yang terjadi justru kebalikannya. Google akan memberi penilaian buruk pada website Anda. Sehingga sulit bagi website untuk ditemukan di mesin pencari.

seo linkbuilding

Manfaat SEO Link Building

Manfaat utama dari strategi link building yaitu untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Setiap orang yang melakukan pencarian di Google, cenderung hanya membuka website di halaman-halaman awal hasil pencarian. 

Beberapa website yang berada di peringkat atas tersebut adalah web yang berhasil melakukan optimasi SEO. Google menilai situs-situs tersebut memiliki konten yang relevan dan dibutuhkan pembaca. 

Salah satu cara Google mengetahui suatu halaman website “bagus” adalah melalui backlink. Yaitu dengan melihat banyak web yang menjadikan situs Anda sebagai rujukan atau menjadi sumber untuk dibaca lebih lanjut. 

Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di awal link building berhasil jika backlink didapat dari situs yang berkualitas dan bisa dipercaya.

Jenis-jenis Link Building

Secara garis besar SEO link building dibagi jadi tiga jenis, yaitu terdiri dari:

  • Natural Backlink

Backlink yang natural adalah ketika orang memasukkan link halaman web Anda tanpa diminta. Mereka melakukannya karena konten dari web Anda dapat dipercaya dan informatif.

Biasanya orang memberikan backlink karena menjadikan situs Anda sebagai sumber referensi atau informasi tambahan. Atau bisa juga karena menyebut website Anda sebagai sumber untuk data tertentu seperti hasil survei dan infografis. 

Cara untuk mendapatkan natural link building  adalah dengan membuat konten berkualitas, informatif, mengikuti isu atau tren terkini. Serta menyajikan konten bermanfaat yang dibutuhkan para pembaca. 

  • Outreach Backlink

Jenis link building ini yaitu meminta pemilik website lain untuk menaruh link website Anda di konten mereka. Strategi ini sering dilakukan terutama untuk website baru yang belum dikenal orang.

Cara ini tidak sepenuhnya salah, selama Anda melakukannya dengan benar. Selain itu perlu ada alasan yang tepat agar pemilik website mau menyematkan link website Anda di situs mereka. 

Anda bisa memanfaatkan tool khusus untuk menjangkau situs-situs lain yang relevan agar menerima permintaan backlink.  Namun cara ini juga lumrah dilakukan bagi  bisnis yang menjadi sponsor kemudian meminta websitenya disebut. 

Selain itu, SEO link building tipe outreach juga sangat mungkin dilakukan jika Anda membuat press release yang di dalamnya menyebutkan brand dan website Anda. Bisa juga dilakukan melalui strategi guest blogging, yang akan dibahas lebih lanjut di bawah .

  • Wrong Backlink 

Wrong backlink adalah jenis link building yang harus Anda hindari. Karena bisa menyebabkan rangking web Anda turun. Google akan memberikan sanksi dan akhirnya berdampak ke traffic website yang terus menurun. 

Contoh dari wrong backlink yaitu membuat spam di kolom komentar dan menyertakan link website Anda sendiri. Jika dilakukan beberapa kali, hal ini bisa terhitung sebagai spam. 

Selain itu membuat postingan di forum online dengan thread berisi penuh dengan backlink ke website Anda, juga bisa disebut sebagai spam. Melakukan spamming hanya akan membuat pengguna internet lain merasa terganggu. Mereka justru tidak akan tertarik untuk meng-klik tautan website Anda. 

Kemudian jenis backlink lain yang harus dihindari adalah backlink berbayar. Google melarang aktivitas jual beli backlink. Jadi sebaiknya Anda jangan pernah merasa penasaran untuk mencoba.

Cara Menerapkan SEO Link Building

Melakukan link building untuk meningkatkan traffic web membutuhkan strategi dan dilakukan secara sistematis.

Mulai dari membuat konten berkualitas secara konsisten, mempromosikan nya, kemudian menemukan peluang untuk memperoleh backlink berkualitas.

Berikut ini cara-cara menerapkan SEO Link Building yang bisa Anda praktekkan sendiri:

seo linkbuilding

  • Mengunggah Konten Berkualitas

Cara pertama dan yang paling penting adalah konsisten dalam mengunggah konten berkualitas. Supaya web Anda juga mendapatkan backlink yang berkualitas. Khususnya untuk jenis natural backlink.

Supaya website Anda dijadikan rujukan, referensi, atau direkomendasikan oleh orang lain, buatlah konten yang bermanfaat dan berbasis data. Pilih keyword yang tepat dan relevan. Ciptakan konten menarik yang bisa membangun interaksi dengan pembacanya.

Selain itu, sebaiknya lengkapi konten website Anda dengan konten berupa aset visual seperti, infografis, diagram, gambar, dan video. Data dan hasil riset dalam bentuk hasil survey dan data statistik

Anda juga bisa membuat konten tutorial atau panduan dan laporan mendalam. Serta jika memungkinkan buat tools online yang bisa digunakan. Karena konten-konten jenis ini yang akan menghasilkan backlink berkualitas. 

Baca juga : cara menulis artikel SEO berkualitas.

  • Guest Blogging

Apabila website Anda masih belum dikenal, Anda dapat melakukan guest blogging untuk mendapatkan outreach backlink. Guest blogging atau guest post adalah artikel yang Anda tulis, diterbitkan di website lain. Anda menjadi tamu di situs milik orang lain. 

Kemudian di artikel tersebut sertakan link menuju website Anda, maka situs Anda otomatis mendapatkan backlink. Namun pastikan Anda mengunggah artikel di website yang jelas dan kredibel. Selain itu artikel yang dibuat juga harus yang berkualitas. Bukan sekadar artikel untuk mempeoleh backlink. 

Buatlah konten guest post yang masih relevan dengan isi website Anda. Sehingga saat pengunjung website tersebut membaca artikel kemudian masuk ke website Anda, pembahasannya masih berkaitan. 

  • Bagikan Link

Bagikan link website Anda di berbagai platform, supaya semakin mudah bagi orang untuk menjangkau website atau halaman web. Masukkan link di profil media sosial, komentar blog, forum online, dan postingan media sosial. 

Ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Meskipun kurang efisien dari trik SEO link building lainnya, tapi tidak ada salahnya jika Anda menyebarkan link web di berbagai kesempatan selama hal tersebut masih relevan dan tidak spamming. 

  • Reclaim Lost Link

Dengan memanfaatkan tool, Anda bisa menemukan website yang memberikan backlink. Namun Anda perlu memastikan kembali link website yang mereka sematkan masih ada. 

Karena pasti Anda pernah menemukan tautan web yang ketika di-klik tidak memuat halaman apapun. Biasanya ditandai dengan keterangan error 404. Itu berarti halaman yang dituju melalui link tersebut sudah tidak ada atau telah dihapus. 

Hal tersebut tentu akan merugikan Anda. Maka dari itu sebaiknya Anda menghubungi pemilik website, untuk meminta mereka mengganti link yang disematkan dengan link yang benar. 

  • Temukan Unlinked Mention

Selain itu terkadang ada pemilik website yang menyebutkan brand atau website Anda, tapi mereka tidak menyertakan link di dalamnya. Kondisi ini disebut unlinked mention, jika Anda berhasil menemukannya maka bisa sangat membantu strategi SEO link building yang sedang Anda lakukan. 

Setelah menemukan unlinked mention, langkah selanjutnya adalah menghubungi pemilik website atau orang yang mengunggah konten. Kemudian minta mereka untuk berkenan menyertakan link website Anda di konten mereka. 

Hal ini juga berlaku untuk penggunaan gambar. Seringkali ada orang yang menggunakan gambar dari website Anda untuk konten mereka tanpa seizin Anda. Misalnya mereka menggunakan infografis dan diagram, namun tidak ada keterangan sumber gambar dari website Anda. 

Anda dapat menghubungi pengunggah konten tersebut. Kemudian minta mereka untuk mencantumkan nama website sebagai sumber. Beserta link yang mengarah ke situs Anda. 

  • Broken Link Building

Strategi SEO link building berikutnya yang tidak kalah efektif adalah mencari broken link building.  Broken link adalah tautan yang tidak bisa diakses. Ketika Anda menemukan website milik orang lain menyematkan link yang ternyata sudah rusak, Anda bisa memberikan tautan ke web milik Anda sebagai gantinya. 

Anda bisa membuat konten sesuai dengan tautan yang sudah rusak tersebut. Selanjutnya cari tahu apakah web lain sudah membahas topik yang sama dengan broken link atau belum. 

Jika ternyata belum ada maka itu akan sangat menguntungkan Anda. Hubungi pemilik website dan tawarkan link website Anda untuk mengganti broken link.

Poin yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Link Building

Ketika Anda melakukan strategi link building, perhatikan poin-poin penting di bawah ini:

  • Buat Link Building Tampak Natural

Backlink dapat terjadi secara alami, tapi hal tersebut membutuhkan waktu. Maka dari itu Anda ditawarkan cara-cara membuat outreach backlink. Dengan membagikan tautan, membuat guest post, memanfaatkan broken link, dan lain sebagainya. 

Meski backlink sengaja dibuat, tetap lakukan dalam jumlah yang wajar. Jangan melakukan spamming dan bentuk kecurangan lainnya. 

  • Pilih Topik yang Relevan

Pilih website dengan topik yang masih relevan dengan website Anda. Misalnya web Anda membahas tentang produk sepatu kulit, cari halaman web yang juga membahas tentang sepatu, kerajinan dari kulit, dan lain sebagainya. 

  • Pertimbangkan Kualitas Website

Pastikan Anda memperoleh backlink dari website berkualitas. Anda dapat melihatnya dari trafik website tersebut yang cukup tinggi, interaktif,  update secara konsisten, dan mengunggah konten berkualitas serta menarik. 

Membanguan SEO link building, memang membutuhkan strategi yang tepat. Supaya website bisa mendapatkan backlink berkualitas tanpa menyalahi aturan atau mengganggu kenyamanan pengguna internet. 

Membuat link building dan melakukan strategi SEO pada umumnya, membutuhkan pemahaman dan kemampuan teknis. Karena optimasi  tidak cukup dilakukan sekali dan harus selalu ditinjau performanya. Untuk meningkatkan atau mempertahankan rangking website di mesin pencari 

Itulah mengapa banyak pemilik website yang akhirnya menyerahkan urusan optimasi website termasuk salah satunya SEO link building  kepada orang yang lebih berpengalaman. 

Apabila Anda membutuhkan jasa pembuatan website dan artikel SEO, Anda bisa menghubungi IndonesianWriter, jasa marketing pemasaran berpengalaman. Konsultasikan kebutuhan Anda dan dapatkan solusinya segera!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page