Afika

Afika

Afika adalah penulis topik sosial media berpengalaman selama 4 tahun. Ia memiliki passion untuk menulis konten sosial media yang informatif dan menarik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Social Media » 12 Cara Membuat Iklan di Facebook Raih Kesuksesan Bisnis dengan Strategi Iklan Efektif

12 Cara Membuat Iklan di Facebook Raih Kesuksesan Bisnis dengan Strategi Iklan Efektif

Daftar Isi

Cara Membuat Iklan di Facebook – Facebook menjadi salah satu platform media sosial yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang emas untuk pengguna internet marketing sehingga dapat mempromosikan bisnisnya melalui Facebook.

Lebih-lebih cara membuat iklan di Facebook juga tidak sulit seperti yang dibayangkan. 

Beriklan dengan menggunakan Facebook Ads memang dapat memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis. Bahkan, tidak sedikit bisnis yang jauh lebih sukses sesudah melakukannya. 

Pengertian Facebook Ads

Sebelum membahas mengenai cara membuat iklan di Facebook, terlebih dahulu kita akan membahas pengertian dari Facebook Ads. Facebook Ads adalah media iklan dengan sasaran audience pengguna Facebook. 

Iklan yang berada di dalam Facebook Ads akan ditampilkan di sidebar atau beranda. Bentuk dari iklan Facebook Ads ini cukup  beragam mulai dari bentuk video sampai gambar.

cara membuat iklan di facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook Gratis

Bila ingin memasang iklan di Facebook dengan gratis, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Beriklan di Fanspage

Saat ingin membuat iklan di Facebook secara gratis, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah beriklan di fanspage yang telah terkenal. Anda dapat mencari halaman yang terkenal dan mempunyai banyak like. 

Kemudian, hubungi admin yang berada di halaman tersebut, bila diterima nantinya konten postingan promosi yang Anda lakukan akan dilihat oleh banyak orang yang menyukai fanspage tersebut. 

  • Tag Teman di Facebook

Cara membuat iklan di FB secara gratis lainnya adalah men-tag teman. Saat membuat postingan, Anda dapat menandai orang yang Anda kenal. Tentu saja tujuannya agar kiriman yang dilakukan menjangkau lebih banyak orang serta menjadi target market

Tetapi, bila ingin melakukan cara ini, pastikan terlebih dahulu jika orang yang ditandai tidak keberatan. Untuk memastikannya, Anda dapat meminta izin dahulu. 

  • Jalin Interaksi dengan Baik

Di dalam beranda Facebook pada dasarnya akan menampilkan orang-orang yang sering menjalin interaksi dengan Anda. Bila semakin banyak melakukan komentar, like dan mengirim pesan, akan semakin banyak orang yang menjangkau postingan yang dibuat. 

Anda dapat meng-add teman-teman yang potensial menggunakan jasa atau membeli produk Anda. 

  • Membagikan Postingan di Grup

Cara membuat iklan di FB yang keempat adalah membagikan postingan melalui grup. Ada begitu banyak grup yang berada di aplikasi Facebook. Anda dapat menyaring grup yang benar-benar relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. 

Ketika beriklan menggunakan grup Facebook, pastikan terlebih dahulu grup tersebut mempunyai banyak anggota yang aktif. Anda dapat memposting serta mempromosikan produk di sana. 

  • Gunakan Facebook Marketplace

Bila Anda ingin membuat iklan di Facebook dengan gratis, gunakan Facebook Marketplace. Tentukan lokasi serta barang dagangan yang ingin ditawarkan.

Cara Membuat Iklan di Facebook Berbayar

Selain gratis, Anda juga dapat beriklan di Facebook dengan bentuk berbayar. Berikut langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Masuk di Facebook Ads

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk di akun Facebook yang sebelumnya sudah dibuat. Kemudian, Anda dapat membuka halaman Facebook Ads Manager, agar dapat mengatur pembuatan iklan. 

  • Klik Kampanye

Bila sudah masuk di pengaturan Facebook Ads, cara membuat iklan di Facebook berikutnya adalah klik menu kampanye yang lokasinya berada di bagian tengah menu. Di sana, terdapat 2 pilihan yang ditawarkan, yaitu pembuatan iklan cepat dan terpandu. 

Jika sebelumnya belum pernah membuat iklan Facebook, lebih baik memilih pembuatan iklan terpandu.

fb ads

  • Pilih Tujuan Iklan

Berikutnya adalah pemilihan tujuan iklan. Semua jenis iklan yang terpasang di Facebook memiliki tujuannya masing-masing. Di laman pengaturan tersebut terdapat 3 pilihan tujuan iklan yaitu konversi, pertimbangan, dan kesadaran. 

  1. Jenis konversi ini terdiri dari penjualan katalog produk dan kunjungan toko. Konsep iklan ini memiliki tujuan meningkatkan  jumlah orang yang membeli melalui website. Sedangkan penjualan dari katalog produk, nantinya iklan akan ditampilkan sesuai dengan katalog.
  2. Pertimbangan. Konsep ini terdiri dari berbagai pilihan seperti interaksi, traffic, penayangan video, pembuatan prospek, pemasangan aplikasi dan yang lainnya.
  3. Kesadaran terdiri dari jangkauan dan kesadaran merek. Kesadaran merek agar meningkatkan brand awareness, kemudian jangkauan menampilkan iklan yang maksimal.

fb ads

  • Tentukan Jenis Iklan yang Diinginkan

Terdapat 2 jenis iklan yang berada di Facebook Ads yaitu pengoptimalan anggaran dan uji split.

Untuk jenis iklan pengoptimalan anggaran, nantinya Anda akan diminta memasukkan anggaran, akan terdapat beberapa pilihan tipe iklan sesuai dengan anggaran seperti cost per mille, cost per click, cost per action, dan lainnya. 

Sedangkan uji split, Anda akan diminta untuk membuat 2 iklan yang mirip, kemudian target iklan akan dibagi menjadi 2. Anda dapat melihat mana iklan yang efektif untuk menarik traffic. 

  • Tulis Nama Iklan serta Tujuan Traffic

Cara membuat iklan di Facebook Ads berikutnya, Anda dapat menuliskan nama iklan. Penulisan nama iklan tersebut dilakukan pada kolom yang telat tersedia.

Setelah ditulis, nama iklan dapat diperiksa, apakah performa tersebut sudah sesuai dengan harapan atau tidak.

fb ads

  • Pilih Tema Promo

Setiap proses marketing, tentu saja akan terdapat rencana promosi yang dijalankan. Bila bisnis yang Anda miliki mempunyai promo, jangan lupa aktifkan tampilan promo.

  • Tentukan Target 

Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah menentukan target audience. Penentuan target ini dilakukan agar iklan dapat berjalan dengan tepat, efektif, dan akurat. 

Target audience ini nantinya harus ditulis dengan rinci seperti usia, lokasi, jenis kelamin, profesi, bahasa dan lainnya. Nantinya, jika semakin rinci Anda menuliskan target, akan semakin efektif juga iklan tersebut. 

  • Memilih Lokasi

Langkah lainnya adalah memilih lokasi dimana iklan akan ditampilkan. Terdapat sejumlah titik lokasi penempatan yang dapat dijadikan sebagai pilihan. tetapi, disarankan untuk pemula memilih penempatan otomatis. 

Pilihan ini akan membuat Anda memperoleh posisi iklan yang efektif menurut penilaian Facebook. Sebelum menentukan lokasi, cari tahu lokasi atau referensi yang direkomendasikan. Lebih-lebih bila Anda masih pemula di dunia digital marketing. 

  • Tentukan Jadwal

Anda juga dapat menentukan kapan jadwal penayangan iklan serta strategi yang telah diatur sebelumnya. Tidak hanya menentukan kapan iklan tayang, lama durasi iklan juga harus ditentukan. Pilih waktu dan durasi yang sesuai dengan tujuan. 

  • Tentukan Format dari Iklan

Ada berbagai macam format iklan yang dapat ditayangkan di Facebook Ads. Sudah tentu pilih format yang cocok dan dapat bekerja dengan efektif. Format tersebut seperti tayangan slide dengan gambar atau video, kemudian video tunggal, gambar tunggal karosel dan yang lainnya.

  • Masukkan Teks

Nantinya, Anda juga akan melihat kolom teks yang harus diisi dengan deskripsi iklan. Deskripsi iklan ini harus dibuat secara menarik serta singkat. Hindari membuat deskripsi terlalu panjang karena audience kurang menyukai informasi yang terlalu panjang. 

fb ads

  • Masukkan Tautan

Anda juga dapat memasukkan tautan atau link pendukung yang akan membuat efektivitas iklan semakin meningkat. Pilih gambar dan tuliskan judul untuk iklan yang akan dimuat.

Tips Menggunakan Iklan di Facebook Ads yang Benar

Beriklan di Facebook memang memberi sejumlah keuntungan, sayangnya tidak sedikit yang gagal beriklan di sini. Tentu saja Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Berikut tips beriklan di Facebook dengan benar, antara lain: 

  • Menentukan Tujuan

Tentukan satu tujuan yang ingin dicapai saat membuat iklan tersebut.  Nantinya, ketika mendaftar di Facebook Ads, Anda akan diminta memasukkan tujuan yang sudah disediakan. Oleh sebab itu, tentukan tujuan terlebih dulu. 

  • Tentukan Target Audience dengan Baik

Meskipun sudah mengikuti cara di atas, tetapi jika tidak menentukan target audiens dengan baik, tentu akan percuma. Oleh sebab itu pastikan tentukan siapa yang akan menjadi target audience Anda. 

  • Buat Konten yang Menarik

Konten juga menjadi faktor sukses atau tidaknya Facebook Ads yang dilakukan. Oleh sebab itu buat konten yang menarik perhatian sehingga audiens tertarik menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan. 

Meskipun sudah mengantongi cara membuat iklan di Facebook, tetapi tetap saja tidak mudah bagi pemula untuk melakukannya. Bila ingin membuat iklan Facebook lebih mudah dan efektif, Anda dapat menyerahkannya pada IndonesianWriter. 

Bersama dengan IndonesianWriter, perluas pasar bisnis yang Anda miliki. untuk informasi lebih lengkap, hubungi customer service kami sekarang juga!

jasa konten sosial media

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page