12 Cara Membuat Iklan di Facebook Gratis Maupun Berbayar untuk Pemula

cara membuat iklan di facebook

Daftar Isi

Berikut Cara Membuat Iklan di Facebook untuk Pemula

Apa Itu Facebook Ads dan Apa Manfaatnya?

Cara Membuat Iklan di Facebook – Facebook Ads merupakan media iklan yang sasaran audiensnya adalah pengguna media sosial Facebook. Iklan dalam Facebook Ads ini nantinya akan ditampilkan pada bagian beranda maupun side bar.

Bentuk iklan Facebook Ads ini sangat beragam mulai dari gambar hingga video.

Cara membuat iklan di Facebook ini juga tergolong sederhana dan akan dibahas di artikel ini.

Sebelum mengetahui seperti apa langkah pembuatan iklan lewat media sosial Facebook, penting untuk paham apa saja manfaat yang akan didapat. Tentunya hal ini penting untuk diketahui agar Anda semakin yakin bahwa Facebook Ads adalah media yang tepat.

Apalagi saat ini platform beriklan semakin banyak dan lebih beragam.

Manfaat beriklan lewat Facebook Ads sangatlah banyak. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

1. Mencapai Target Konsumen yang Efektif

Facebook Ads akan mempermudah Anda mencapai target konsumen secara efektif. Setiap iklan yang dirilis akan memiliki opsi target audiens tertentu. Facebook akan memberikan fitur penayangan yang tepat sasaran. Cukup dengan klik beberapa opsi, Anda bisa menampilkan iklan kepada target audiens yang diharapkan.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Iklan di media ini juga akan membantu meningkatkan brand awareness terhadap produk Anda. Tentunya ini menjadi suatu target yang ingin dicapai oleh semua pelaku usaha.

Facebook Ads akan memungkinkan target audiens bisnis Anda menerima paparan iklan berulang kali. Hal ini akan menumbuhkan value brand atau brand awareness untuk bisnis Anda.

3. Mempermudah Analisis Lanjutan

Strategi beriklan atau marketing tidak hanya dilakukan dalam satu waktu. Tentunya dibutuhkan strategi dan perencanaan yang matang untuk langkah marketing dalam jangka waktu lama.

Facebook Ads akan mempermudah Anda untuk melihat data statistik iklan sehingga mudah melakukan analisis lanjutan.

4. Meningkatkan CTR

CTR merupakan kependekan dari Click Through Rate. Facebook Ads akan membantu meningkatkan CTR yang menguntungkan bagi para pelaku usaha.

Kondisi ini akan meningkatkan keakuratan hasil iklan di Facebook Ads dan bisa menguntungkan brand Anda.

5. Menambah Jangkauan Target

Melalui Facebook Ads, Anda bisa memperluas jangkauan target untuk iklan yang Anda rilis. Zaman sekarang ini koneksi internet semakin luas dan pengguna Facebook juga tersebar di berbagai tempat. Iklan di media ini jelas akan dengan mudah menjangkau lebih banyak orang dari lokasi yang berbeda-beda.

Cara Membuat Iklan  di Facebook Gratis

cara membuat iklan di facebook gratis

1. Manfaatkan Facebook Marketplace

Jika Anda ingin membuat iklan facebook gratis, Anda bisa memanfaatkan marketplace. Anda bisa menentukan lokasi mana tempat jualan ditampilkan.

2. Bagikan Postingan di Grup

Banyak sekali grup grup yang ada pada aplikasi facebook. Anda bisa menyaring grup yang relevan dengan produk atau jasa Anda dan pastikan grup tersebut memiliki banyak anggota yang aktif. Anda bisa memposting dan mempomosikan produk atau jasa disana.

3. Iklan Gratis Pada Fanspage yang Sudah Terkenal

Cari halaman yang sudah terkenal memiliki banyak likers dan menerima postingan promosi. Anda bisa menghubungi admin halaman tersebut. Jika diterima maka konten postingan promosi Anda akan dilihat banyak orang yang telah menyukai halaman tersebut.

4. Tag Teman Facebook

Ketika membuat postingan, Anda bisa menandai orang orang yang Anda kenal. Tujuannya agar kiriman tersebut menjangkau lebih banyak orang yang bisa saja menjadi target market. Namun pastikan orang yang kita tandai itu tidak keberatan ya. Akan lebih baik jika Anda meminta ijin terlebih dahulu.

5. Jalin Interaksi di Facebook

Beranda facebook menampilkan orang orang yang sering berinteraksi dengan Anda. Semakin banyak Anda melakukan like, komentar, kirim pesan dll pada orang orang, maka banyak orang yang akan terjangkau postingan yang Anda buat. Add teman-teman yang potensial membeli produk/jasa dan sering lakukan interaksi/

Cara Memulai Facebook Ads Berbayar dari Awal sampai Akhir

Tak perlu berlama-lama, langsung saja pelajari cara membuat iklan di Facebook Ads ini. Tentu langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Facebook. Kemudian siapkan materi iklan dan langsung ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masuk ke Facebook Ads

Langkah pertama, silakan langsung masuk ke akun Facebook yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu langsung buka laman Facebook Ads Manager agar bisa langsung mengatur pembuatan iklan.

2. Pilih Pembuatan Iklan

Jika sudah masuk ke pengaturan Facebook Ads, langsung saja klik menu Kampanye yang ada di bagian tengah menu utama. Nantinya ada dua pilihan yang ditawarkan yakni Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Sangat disarankan untuk memilih Pembuatan Iklan Terpandu apalagi bagi pemula yang baru akan memasang iklan di media ini.

fb ads

3. Pilih Tujuan Iklan

Langkah berikutnya dalam cara membuat iklan di Facebook adalah memilih tujuan iklan. Tentunya semua jenis iklan yang dipasang di Facebook punya tujuan masing-masing. Nantinya di laman pengaturan tersebut akan ada tiga pilihan tujuan iklan yakni Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi. Berikut penjelasan rincian dari tujuan iklan tersebut:

  • Kesadaran, terdiri dari kesadaran merek dan jangkauan. Kesadaran merek untuk meningkatkan brand awareness lalu jangkauan untuk menampilkan iklan dengan jangkauan yang semaksimal mungkin.
  • Pertimbangan, terdiri dari banyak pilihan mulai dari traffic, interaksi, penayangan video, pemasangan aplikasi, pembuatan prospek, dan pesan.
  • Konversi, bagian ini terdiri dari konversi, penjualan katalog produk, serta kunjungan toko. Konversi artinya iklan bertujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang berbelanja lewat website. Sementara penjualan katalog produk berarti iklan akan menampilkan produk sesuai katalog. Kemudian kunjungan toko bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan ke toko offline.

Pahami dulu konsep iklan yang akan dibuat dan apa tujuan utama dari pembuatan iklan tersebut. Jika sudah dipertimbangkan tujuan beriklan yang paling tepat, segera klik dan lanjut ke cara membuat iklan di Facebook selanjutnya.

fb ads

4. Tentukan Jenis Iklan

Ada dua jenis iklan yang ada di Facebook Ads yaitu Uji Split serta Pengoptimalan Anggaran. Di sini Anda harus memilih satu jenis iklan yang akan digunakan karena keduanya tidak bisa dipakai bersamaan. Berikut penjelasan masing-masing jenis iklan:

  • Uji split, di sini Anda akan diminta membuat 2 iklan yang hampir mirip. Nantinya target iklan akan terbagi menjadi 2 dan bisa dilihat jenis iklan mana yang paling efektif dan menarik banyak traffic. Namun jenis iklan ini membutuhkan anggaran yang lebih besar.
  • Pengoptimalan anggaran, di sini Anda akan diminta memasukkan anggaran iklan. Nantinya ada beberapa pilihan tipe iklan berdasarkan anggaran tersebut seperti cost per click, cost per mille, cost per view, cost per action, juga cost per like. Tinggal disesuaikan saja dengan jumlah anggaran.

Bagi pemula, sangat disarankan untuk memilih jenis iklan Pengoptimalan Anggaran. Tipe ini akan membantu anggaran Anda bisa digunakan secara efektif untuk beriklan. Jenis iklan ini juga bisa lebih tepat sasaran karena ada pilihan kategori yang beragam.

5. Tuliskan Nama Iklan dan Tujuan Arah Trafik

Selanjutnya segera tuliskan nama iklan Anda. Penulisan nama iklan ini dilakukan di kolom yang sudah tersedia. Nantinya setelah ditulis nama iklan bisa diperiksa apakah performa dari iklan tersebut bagus atau tidak. Setelah menulis nama iklan, langsung tuliskan tujuan trafik atau audiens. Pilih kemana trafik nanti akan diarahkan, apakah menuju website, WhatsApp, atau aplikasi lainnya.

fb ads

6. Pilih Tampilan Promo

Dalam setiap langkah marketing pasti ada rencana promo yang akan dijalankan. Jika bisnis Anda juga punya rencana promo maka aktifkan tampilan promo di kolom pengaturan Facebook Ads. Centang saja pilihan promo agar nanti informasi promo bisa ditampilkan bersama dengan iklan.

7. Tentukan Target Audiens

Agar iklan bisa berjalan efektif maka dibutuhkan penentuan target audiens yang tepat dan akurat. Kategori target audiens ini nantinya harus dituliskan secara rinci. Mulai dari lokasi audiens, usia, jenis kelamin, bahasa, profesi, dan masih ada banyak lagi kategori lainnya.

Ingat, semakin rinci dituliskan kategori target audiens ini maka akan semakin efektif iklan tersebut bekerja. Inilah mengapa sangat penting untuk mengenali target audiens atau konsumen Anda. Harus ditentukan dengan jelas siapa orang yang Anda inginkan sebagai audiens atau calon konsumen nantinya.

8. Pilih Lokasi

Langkah berikutnya adalah tentukan pilihan lokasi iklan akan ditampilkan nanti. Ada beberapa titik lokasi penempatan yang bisa dipilih. Namun, sangat disarankan bagi para pemula untuk memilih opsi Penempatan Otomatis. Opsi ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan posisi iklan yang paling efektif menurut penilaian dari Facebook.

Sebelum menentukan pilihan lokasi, coba cari tahu referensi atau lokasi yang direkomendasikan. Apalagi jika Anda masih pemula di dunia digital marketing khususnya pemakaian Facebook Ads. Cari tahu dimana lokasi iklan yang paling dirasa efektif dan bisa menarik perhatian lebih banyak audiens.

9. Tentukan Jadwal Iklan

Anda juga bisa menentukan kapan iklan akan ditayangkan sesuai dengan strategi yang sudah Anda atur sebelumnya. Selain kapan iklan tayang, tentukan juga berapa lama durasi iklan tersebut akan ditampilkan. Pastikan pilihan waktu dan durasinya ini sudah sesuai dengan tujuan dan bisa membuat iklan bekerja secara efektif.

Penentuan waktu dan durasi iklan ini juga sangat krusial. Jika iklan tayang di saat yang tepat maka jumlah audiensnya juga akan semakin banyak. Artinya, semakin besar pula kemungkinan untuk bisa meningkatkan konversi.

10. Tentukan Format Iklan

Ada banyak jenis format iklan yang bisa ditayangkan melalui Facebook Ads. Tentu saja harus dipilih format iklan yang dirasa paling cocok dan bisa bekerja secara efektif. Berikut adalah beberapa pilihan format iklan yang bisa dijadikan pilihan:

  • Gambar tunggal: hanya menampilkan 1 gambar iklan
  • Video tunggal: menampilkan iklan dalam bentuk video
  • Karosel: menampilkan iklan dengan 2 atau lebih gambar maupun video yang bisa digeser dan saling berkelanjutan
  • Tayangan slide: iklan berupa gambar atau video dengan jumlah 10 slide
  • Koleksi: iklan yang hadir dalam bentuk gabungan gambar serta video

Setiap jenis format iklan pasti punya kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Pastikan bahwa format iklan yang digunakan memang bisa memaparkan informasi produk secara efektif. Apapun bentuk iklannya, yang terpenting adalah dikemas secara menarik dan tentu saja informatif.

11. Tuliskan Teks

Tersedia kolom teks yang harus diisikan dengan deskripsi iklan Anda. Deskripsi iklan ini harus dibuat dengan menarik dan singkat. Jangan terlalu panjang karena orang cenderung tidak suka dengan informasi tulisan yang terlalu panjang. Akan jauh lebih baik jika teks iklan singkat dan penyampaian informasinya efektif.

fb ads

Semua pengaturan iklan baru ada pada laman “set iklan baru” Anda bisa terus scroll kebawah untuk melihat pengaturan-pengaturan lainnya.

12. Masukkan Tautan

Berikutnya Anda bisa memasukkan tautan atau link untuk mendukung efektivitas iklan Anda. Sebelum itu, Anda juga harus memilih gambar dan harus menuliskan judul untuk iklan yang akan dimuat. Pastikan judul iklan dibuat semenarik mungkin sehingga akan membuat target audiens ingin melihat iklan Anda lebih lanjut.

Sampai tahap ini Anda sudah bisa dikatakan berhasil mengikuti panduan cara membuat iklan di Facebook. Prosedurnya memang cukup panjang namun jika dipraktikkan secara langsung akan terasa mudah. Bagi para pemula, sangat dianjurkan untuk memilih langkah-langkah serta opsi yang disarankan. Jika sudah mulai akrab nantinya bisa diambil opsi yang lebih variatif.

Tips FB Ads agar Konversi Meningkat

cara membuat facebook ads pemula

Dalam sebuah strategi beriklan, tidak semuanya selalu berjalan mulus dan angka penjualan tidak selalu meningkat. Untuk itu Anda harus memahami cara membuat iklan di Facebook. Mungkin trafik Anda akan meningkat namun belum tentu target penjualannya terpenuhi.

Hal ini disebabkan tidak semua orang yang mengunjungi website Anda langsung melakukan transaksi pembelian.

Setelah memahami cara membuat iklan di Facebook, maka penting juga untuk mengetahui langkah berikutnya. Setelah dilakukan evaluasi, mungkin Anda akan menemukan bahwa angka penjualan tidak mencapai target. Hal ini bisa dipicu oleh konversi yang tidak meningkat atau kondisi dimana banyak audiens tidak menyelesaikan transaksi mereka.

Dibutuhkan konversi untuk mencapai target penjualan bisnis Anda. Agar konversi ini bisa meningkat maka ada tips yang bisa Anda lakukan. Pada dasarnya ada dua teknik yang bisa diterapkan untuk meningkatkan konversi yakni melalui retargeting dan remarketing.

1. Retargeting

Teknik yang pertama dalam cara membuat iklan di Facebook untuk tingkatkan konversi disebut sebagai retargeting. Teknik ini digunakan di bidang digital marketing untuk membawa kembali visitor yang sudah pernah masuk ke situs atau website Anda. Khususnya bagi visitor yang berkunjung namun tidak melakukan transaksi pembelian apapun.

Bagaimana teknik retargeting bisa diwujudkan? Prinsipnya, setiap visitor yang datang berkunjung ke situs Anda akan meninggalkan jejak cookies. Dari sinilah Anda bisa melacak aktivitas digital visitor tersebut di internet. Lewat cookies ini nantinya iklan yang Anda miliki bisa terus terlihat oleh target visitor tersebut.

Facebook Ads disebut sebagai platform iklan yang sangat efektif dalam melakukan teknik retargeting ini. Ada banyak sekali brand yang telah melakukan retargeting melalui platform ini. Bahkan rasio konversi iklan retargeting lewat Facebook Ads bisa mencapai 70% yang artinya sangat efektif.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan retargeting secara efektif:

  • Ingatkan pengunjung website tentang produk yang telah mereka lihat dengan menggunakan Pixel Facebook.
  • Gunakan dynamic retargeting ads yang memungkinkan iklan untuk menampilkan produk sesuai dengan interest user.
  • Ingatkan untuk menyelesaikan keranjang belanja karena rata-rata pengunjung website hanya memasukkan barang ke keranjang tanpa menyelesaikan transaksi.
  • Tawarkan promo bagi pengunjung website yang menonton video iklan hingga batas durasi tertentu.

Tujuan utama retargeting adalah mengajak kembali pengunjung website yang hampir melakukan transaksi namun belum benar-benar melakukannya. Goal akhirnya adalah membuat pengunjung tersebut menyelesaikan transaksi. Semakin banyak retargeting berhasil maka akan semakin efektif dan bisa meningkatkan angka penjualan dengan sangat baik.

2. Remarketing

Selanjutnya ada remarketing yang juga bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan konversi. Sesuai namanya, strategi ini menerapkan prinsip pemasaran ulang. Tujuannya adalah agar target audiens bisa mendapatkan pesan yang ingin disampaikan melalui iklan tersebut.

Prinsipnya sama saja dengan strategi marketing yang dilakukan sebelumnya. Hanya memang strategi tersebut diulang kembali untuk memastikan target audiens benar-benar melakukan transaksi. Lewat teknik ini maka audiens akan mendapatkan kembali exposure dari iklan-iklan yang sudah ditampilkan.

Teknik ini juga cukup efektif namun membutuhkan biaya agar strategi marketing bisa dilancarkan kembali. Target audiensnya tentu sama seperti sebelumnya karena memang tujuannya adalah menjaring audiens yang telah melihat iklan tapi tidak melakukan transaksi. Diharapkan setelah melihat iklan yang sama sekali lagi, konversi bisa terwujud.

Lewat retargeting dan remarketing, nilai konversi diharapkan akan meningkat tajam. Namun hal ini juga butuh dukungan lewat keaktifan pemilik usaha dalam terus melakukan usaha-usaha promosi lainnya. Strategi marketing melalui Facebook Ads harus terus dikembangkan untuk meningkatkan target keuntungan Anda.

Kesimpulan

Facebook Ads memang menjadi media digital marketing yang sangat efektif hingga detik ini. Sampai sekarang platform ini telah banyak digunakan dan membantu banyak pengusaha untuk berkembang. Jutaan jenis iklan bisa kita temui lewat media sosial Facebook dan tentu saja fakta ini tak boleh dianggap sebagai angin lalu.

Peluang yang ditawarkan oleh Facebook Ads harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Segera tentukan konsep iklan yang akan Anda tampilkan dan ikuti cara membuat iklan di Facebook yang telah dibahas di sini. Lakukan evaluasi secara berkala dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.