LENGKAP! Ini Fungsi dan Cara Membuat Artikel SEO Friendly

apa itu artikel seo friendly

Daftar Isi

Ulasan Lengkap Tentang Artikel SEO Friendly yang Harus Anda Ketahui!!!

Apa Itu Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO friendly adalah sebuah artikel yang dibuat untuk kebutuhan website. Jenis artikel ini nyaman dibaca oleh pembaca dan juga mudah ditemukan oleh mesin pencari. SEO (Search Engine Optimization) sendiri merupakan rangkaian teknik agar website memiliki banyak pengunjung setiap harinya.

Meski begitu, seorang penulis artikel untuk website tidak perlu belajar SEO secara mendalam. Hanya saja perlu mengetahui bagaimana cara membuat artikel yang ramah SEO.

Jadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa artikel yang SEO friendly, adalah artikel yang ramah SEO. Atau artikel yang sudah mengikuti rules atau aturan-aturan teknik SEO. Tujuannya agar disukai oleh pembaca maupun oleh mesin pencari.

Namun, perlu Anda ketahui, Google selalu melakukan pembaruan algoritma. Pembaruan ini membuat beberapa teknik SEO sudah tidak bisa digunakan kembali. Jadi, penulis harus tahu update terkini agar penulisan artikel terus update sesuai pembaruan Google.

Apa Itu Penulisan SEO?

Penulisan artikel yang sudah sesuai dengan aturan SEO, disebut dengan istilah artikel SEO. Penulisan harus sesuai dengan pedoman search engine optimization terkini. Dengan begitu, tulisan tidak hanya disukai oleh pembaca saja, juga disukai oleh mesin pencari.

Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat pembuatan artikel SEO. Aspek-aspek tersebut juga akan kami bahas di sini pada bagian terpisah.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO Friendly?

Ada banyak tahapan untuk bisa menulis jenis artikel yang SEO friendly. Mulai dari memilih keyword & LSI, membuat judul yang menarik, dan lain sebagainya.

Berikut lebih jelasnya terkait aturan pembuatan artikel SEO friendly.

1. Melakukan Riset Kata Kunci dan LSI

Penulis artikel untuk website harus memiliki kemampuan untuk meriset kata kunci dan LSI. Meski begitu, hal ini tidak bersifat wajib. Namun setidaknya tahu bagaimana cara melakukan riset dengan cara sederhana.

Untuk mencari kata kunci atau LSI (latent semantic indexing) bisa menggunakan cara sederhana. Salah satunya yaitu melalui Google suggestion, atau menggunakan tools pencari kata kunci gratisan yang ada di internet.

2. Penempatan Kata Kunci yang Tepat Pada Artikel     

Setelah menemukan keyword dan LSI yang cocok, maka selanjutnya Anda implementasikan keduanya pada artikel. Pastikan penempatannya tepat dan jumlahnya sesuai.

Untuk  penempatan kata kunci, wajib ada pada judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Jika jumlah katanya banyak, sisanya bisa dimasukkan di tengah artikel.

Sedangkan untuk LSI, Anda bebas menempatkannya asalkan tidak satu paragraf dengan kata kunci dan LSI lainnya.

Sedangkan untuk jumlah keyword yang ideal yaitu berada pada range density 2% hingga 3%. Anda bisa mengecek tingkat density tersebut melalui website Word Counter.

3. Buat Judul yang Menarik

Judul merupakan bagian penting yang dapat Anda jadikan sebagai ‘pemikat’. Buatlah judul yang menarik namun tetap akurat dengan isi artikel. Hindari pembuatan judul-judul yang bersifat clickbait dan tidak sesuai antara judul dengan isi tulisan.

4. Membuat Meta Tag Description

Meta tag adalah deskripsi singkat yang menjelaskan secara singkat tentang isi artikel. Buat maksimum 160 karakter. Masukkan juga kata kunci di dalamnya. Pastikan deskripsinya juga sesuai dengan isi artikel.

5. Tulisan Enak dan Nyaman Dibaca

Artikel SEO friendly tidak hanya dibuat untuk mesin pencari. Sebagian besar isi artikel dibuat untuk pembaca. Jadi pastikan artikel yang Anda buat nyaman dan enak dibaca.

Artikel yang readable dan human friendly juga termasuk salah satu teknik SEO dalam tulisan. Karena Google tahu kualitas sebuah tulisan dari kenyamanan pembaca saat membacanya.

7. Artikel Wajib Menggunakan Gambar

Penggunaan gambar pada artikel tergolong sangat penting. Terutama untuk artikel-artikel yang bersifat tutorial. Gambar juga membuat para pembaca menjadi lebih tertarik. Silahkan Anda cari gambar yang sesuai dan legal.

Selain seo friendly, artikel yang harus human friendly. Artinya artikel tersebut tidak hanya dibuat untuk kepentingan mesin pencari namun juga enak dibaca oleh pembaca.

Apa saja yang harus dilakukan untuk menulis artikel seo yang human friendly? Berikut caranya!

  • Pelajari Bagaimana Karakter Pembaca Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari karakter calon pembaca. Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk memeriksa umur dan jenis kelamin mayoritas pengunjung blog Anda.

Secara umum, umur dan jenis kelamin ditentukan berdasarkan tema tulisan yang Anda buat. Untuk memaksimalkan hal ini, gunakan tema yang berbeda dan bahasa yang sesuai target pembaca.

Misalnya, untuk anak muda, gunakan bahasa kasual yang santai. Topik yang dipilih pun ringan, bisa seputar percintaan, kehidupan kampus atau sekolah, cara mengejar impian, dan meningkatkan nilai ulangan di sekolah. 

Contoh lain, jika Anda menargetkan ibu rumah tangga dengan topik parenting, tips pernikahan, peluang usaha dan jasa, atau tema berat lainnya, maka gunakan bahasa formal. Tone artikel pun harus lebih formal, tidak santai seperti artikel yang ditujukan untuk anak muda.

  • Gunakan Judul yang Menarik Rasa Penasaran

Pilihlah judul artikel yang memicu rasa penasaran pembaca. Namun judul harus tetap relevan dengan isi artikel yang akan disampaikan, bukan klikbait. Selain itu, jumlah kata di dalam judul baiknya terdiri tidak lebih dari dua belas kata. Hindari judul bombastis yang biasa digunakan situs hoaks atau berita abal.

Apabila ada seratus orang pengunjung website Anda, maka setidaknya ada delapan puluh orang yang akan membaca judul artikel Anda. Sementara orang yang akan membaca artikel Anda hingga tuntas, hanyalah sebagian kecil, sekitar dua puluh orang saja.

Jika Anda tidak dapat memancing pembaca dengan judul yang menarik, bagaimana pembaca tersebut mau membaca isi tulisan Anda?

  • Format Tulisan Sesuai

Pastikan untuk selalu menggunakan jenis huruf yang mudah dibaca dengan ukuran antara 12 hingga 22 px. Sementara lebar horizontal sekitar 480 hingga 720 px. Jangan lupakan line height dan margin bawah antara 1.5 hingga 2 em.

Dengan format ini, artikel Anda akan lebih nyaman dibaca. Selain itu, huruf yang besar memungkinkan Anda terhindar dari salah pengetikan.

Umumnya jumlah kata ideal yang dapat menarik minat pembaca berkisar antara 400 hingga 1.700 kata. Namun, perlu diingat bahwa membuat pembaca senang lebih penting dari menghitung banyaknya kata pada artikel.

  • Isi Artikel Harus Berbobot

Artikel SEO yang human friendly harus berbobot. Artinya, isi artikel Anda tidak hanya menarik dibaca, melainkan juga bermanfaat. Untuk mendapatkan hasil artikel berkualitas, jangan segan melakukan riset terhadap sumber bacaan dan informasi terkait lainnya.artikel human friendly

Berapa Kata Artikel SEO Friendly?

Artikel SEO umumnya dibuat minimal 500 kata dan maksimal 3000 kata. Meski begitu, Ada juga yang kurang dari 500 dan juga ada yang lebih dari 3000 sesuai dengan isi penjelasan artikel.

Pada dasarnya bukan jumlah kata yang harus diperhatikan. Namun, sejauh mana artikel tersebut bisa menjelaskan suatu tema atau isu kepada pembaca. Jika 500 kata belum cukup untuk menjelaskannya, maka lebih banyak lebih bagus.

Meski begitu, 500 kata juga bisa menjadi pilihan yang ideal. Asalkan informasi yang disampaikan padat dan lengkap dibandingkan ribuan kata namun pembahasannya bertele-tele.

Sesuaikan jumlah kata dengan informasi yang ingin disampaikan. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin bagus untuk SEO. Namun pastikan artikel tersebut tidak hanya memiliki jumlah kata yang banyak, tapi juga kaya akan informasi.

Apa Kriteria Artikel yang SEO Friendly?

Kriteria artikel SEO friendly tentu harus mengikuti aturan SEO yang terkini, seperti artikel harus orisinal, keywoord banyak dicari, kualitas gambar bagus, struktur artikel baik, dll.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sudah merangkum kriteria-kriterianya.

  • Artikel tidak copy paste.
  • Menggunakan kata kunci yang banyak dicari.
  • Sebaran kata kunci yang optimal di judul, paragraf pertama dan paragraf terakhir.
  • Menggunakan LSI atau kata kunci turunan.
  • Artikel harus berisi informasi yang mampu menjawab pertanyaan pembaca atau para pencari.
  • Density keyword pada artikel tidak lebih dari 3%.
  • Artikel enak dibaca.
  • Optimasi gambar bagus dan tidak buram.
  • Memiliki sub heading atau sub judul.
  • Artikel memiliki struktur yang baik.
  • Panjang artikel optimal dan sesuai dengan informasi yang disampaikan.
  • Menggunakan paragraf yang singkat, maksimal 4 baris.
  • Kata kunci maupun LSI harus ditempatkan se-natural mungkin dan relevan dengan isi artikel.

Apa Perbedaan Artikel SEO dengan Artikel Biasa

Artikel SEO dibuat dengan mengikuti pedoman SEO dari mesin pencari agar mudah terlacak. Sedangkan artikel biasa tidak menggunakan pedoman-pedoman tersebut, dan fokus hanya kepada tema atau isi yang akan ditulis.

Dalam penulisan artikel SEO, penulis harus memperhatikan banyak aspek. Selain memperhatikan keterbacaannya, juga harus memperhatikan pedoman SEO sesuai dengan update Google terkini.

Perbedaan lainnya yaitu pada kata kunci. Jenis artikel biasa tidak perlu repot riset kata kunci maupun LSI. Selain itu juga tidak perlu memperhatikan penempatan dan jumlah kata kunci pada artikel.

Berapa Jumlah Kata untuk Artikel?

Jenis artikel biasa umumnya memiliki jumlah kata mulai dari 300 hingga 2000 kata, atau bisa saja lebih.

Dari segi jumlah kata, baik artikel biasa maupun artikel SEO tidak jauh berbeda. Penulis harus bisa menyesuaikannya dengan informasi yang akan disampaikan.

Contohnya, jika 500 kata masih belum cukup, Anda bisa menambah kata lagi agar artikel kaya akan informasi.

Namun, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, tetap perhatikan relevansi artikel. Pastikan bahasan tetap pada jalurnya atau tidak membahas hal-hal di luar tema hanya sekedar untuk menambah jumlah kata.

Artikel seo tidak boleh bertele-tele. Karena pembaca umumnya sangat suka dengan artikel yang ‘on point’ namun tetap menarik dan enak untuk dibaca.

Mengapa Artikel SEO Harus Human Friendly?

Anda tentu sudah akrab dengan artikel SEO friendly, bukan?

Namun, pernahkah Anda mendengar tentang artikel human friendly? Dibandingkan SEO, artikel human friendly masih jarang diketahui.

Pada dasarnya, tujuan artikel human friendly tak jauh berbeda dengan konsep SEO, yakni agar dibaca banyak orang, meningkatkan jumlah pengunjung blog atau website, meningkatkan jumlah share artikel, dan tampil di halaman utama mesin pencari Google.

Perbedaan paling mendasar dari kedua konsep tersebut adalah penggunaan bahasa. Terkadang artikel yang menggunakan konsep SEO kurang enak dibaca lantaran terlalu banyak menyisipkan kata kunci atau LSI. Bahkan, tak jarang penempatan kata kunci atau LSI ini dipaksakan.

Jika artikel SEO fokus pada kata kunci, maka lain halnya dengan artikel human friendly. Artikel ini lebih mengutamakan kenyamanan pembaca. Artikel jenis ini enak dibaca, mudah dipahami, dan isinya pun menarik.

Bayangkan, jika Anda mampu menulis artikel SEO yang human friendly tentu hasilnya akan jauh lebih baik. Apalagi jika ditulis oleh jasa artikel seo yang terpercaya.

Mengapa demikian? Berikut alasannya.

  • Menarik Pembaca

Artikel human friendly sangat efektif untuk menarik minat pembaca. Dengan pembahasan yang ringan, artikel artikel human friendly akan membuat pengunjung Anda ketagihan. Dampaknya, jumlah pengunjung tetap akan mengalami peningkatan signifikan.

  • Disukai Mesin Pencari

Artikel SEO memang disukai oleh mesin pencari. Namun, artikel human friendly jauh lebih disukai. Kombinasi antara SEO dengan human friendly akan membuat artikel Anda bercokol di halaman utama mesin pencari.

  • Memiliki Kesan Tersendiri

Artikel human friendly pengunjung dapat menimbulkan kesan yang baik. Pengunjung akan senantiasa menunggu tulisan Anda. Hal ini tak lepas dari fakta bahwa tulisan Anda sesuai dengan kebutuhan para pembaca.

  • Bermanfaat Bagi Pembaca

Lantaran tidak berfokus pada SEO, artikel human friendly lebih banyak menawarkan manfaat secara langsung bagi pembaca, yakni informasi dan hiburan. Intinya, setelah membaca Anda akan merasakan kepuasan dan manfaat besar.

Artikel SEO yang human friendly akan menghasilkan manfaat dua kali lipat. Tidak hanya untuk pembaca, melainkan untuk Anda sendiri. Selain memberikan manfaat pada pengunjung blog atau website, artikel Anda pun akan terdeteksi mesin pencari lebih cepat.

Dengan hal tersebut, peluang artikel Anda untuk dibaca oleh lebih banyak pengunjung pun terbuka lebar.

Seberapa Penting Penerapan SEO?

Penggunaan SEO yang tepat dapat memaksimalkan pencarian website Anda pada mesin pencari dan meningkatkan peluang terpampang pada halaman utama mesin pencari. Semakin baik peringkat Anda, artinya semakin ramah pula website Anda di mata mesin pencari.

Banyak orang awam bertanya-tanya, pentingkah SEO?

Apa manfaat menggunakan SEO? Bagaimana cara mengoptimalkan SEO?

SEO sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki situs website, blog, atau toko online. Meskipun tampak sepele, SEO dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang sehingga dapat memenuhi tujuan bisnis yang Anda tetapkan.

Ingat! Setiap hari, mesin pencari melayani jutaan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna di seluruh dunia. Hampir sebagian besar pengguna cenderung memilih salah satu dari lima artikel teratas yang terpampang di halaman hasil.

Semakin tinggi peringkat website atau blog Anda dalam mesin pencarian, semakin tinggi pula persentase pengunjung Anda. Inilah mengapa optimasi mesin pencari sangat penting.

Agar Anda lebih mudah memahami, simak sejumlah alasan mengapa SEO itu penting berikut ini.

  • SEO sangat bagus untuk mempromosikan situs website, blog, atau toko online Anda.
  • SEO dapat meningkatkan arus lalu lintas mesin pencari. Tidak hanya di Google, melainkan juga Bing, Yahoo, dan sejumlah mesin pencari lainnya.
  • SEO dapat meningkatkan kepercayaan situs website atau blog, baik di mata mesin pencari maupun pengguna.
  • Bagi pebisnis, SEO dapat memperbesar peluang closing. Semakin banyak penjualan, semakin besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
  • SEO dapat memudahkan Anda untuk mengambil keputusan terkait bisnis yang Anda jalankan.

Itulah penjelasan seputar artikel SEO friendly. Jenis artikel ini, berperan penting untuk meningkatkan ranking website di mesin pencari. Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda dalam dunia digital marketing.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.