Mengenal Layanan Jasa Penulis Artikel SEO dan Fungsinya

jasa penulis artikel dan fungsinya

Daftar Isi

Apa Itu Jasa Penulis Artikel?

Sederhananya, jasa penulis artikel merupakan salah satu jasa yang menyediakan layanan penulisan. Umumnya jenis artikel yang dibuat yaitu tipe artikel SEO friendly yang digunakan untuk kebutuhan blog maupun website.

Perlu Anda ketahui, penulisan artikel website maupun blog, berbeda dengan jenis artikel konvensional. Sistem penulisan artikel untuk website umumnya harus sesuai dengan standar SEO namun tetap human readable dan nyaman ketika dibaca oleh manusia.

Artinya, artikel tersebut harus mudah terdeteksi oleh mesin pencari, dan juga nyaman dibaca oleh manusia. Tujuannya yaitu agar artikel tersebut bisa menempati ranking teratas di halaman mesin pencari, seperti Google.

Apa Fungsi dan Tugas Jasa Penulis Artikel?

Fungsi dan tugas utama seorang penulis artikel adalah membuat konten yang menarik di mata pembaca dan Google. Berikut penjelasan lebih detail tentang fungsi dan tugas jasa penulis artikel online:

1. Membuat Konten yang Menarik

Konten menarik yang dimaksud adalah konten yang dibutuhkan dan disukai oleh pembaca. Seorang penulis artikel harus tahu mana saja topik yang sedang populer dan banyak dicari oleh para pembaca atau pengguna internet.

Ada banyak cara untuk dapat menemukan topik yang cocok untuk pembuatan artikel. Salah satunya yaitu dengan menggunakan Google Trends dan memilih topik yang sedang trending namun relevan dengan niche website Anda.

2. Menulis Artikel yang SEO Friendly

SEO (Search Engine Optimization) merupakan optimasi agar halaman website menempati peringkat pertama di mesin pencari. SEO bisa diimplementasikan ke dalam sebuah artikel. Tujuannya agar artikel tersebut mudah dicari di mesin pencari.

Seorang penulis artikel untuk blog harus paham sedikitnya tentang SEO. Meski tidak paham secara mendalam, yang penting tahu bagaimana cara mengimplementasikan SEO di dalam tulisannya. Karena hal ini merupakan syarat wajib penulis artikel blog atau website.

3. Mengetahui Struktur Penulisan Artikel untuk Website/Blog

Perlu Anda ketahui, menulis untuk blog atau website berbeda dengan menulis di media cetak. Struktur artikelnya pun berbeda. Itulah kenapa, seorang penulis artikel setidaknya harus paham hal ini karena merupakan standar penulisan artikel website.

Beberapa contoh perbedaannya seperti panjang paragraf dan penggunaan subheading pada artikel. Panjang paragraf artikel SEO tidak boleh lebih dari 4 baris agar tidak mudah membuat mata lelah.

Selain itu, penggunaan subheading pada artikel juga dapat membantu pembaca untuk memahami isi artikel. Selain itu, adanya subheading  ini akan membantu pembaca untuk memahami alur artikel yang dibuat.

4. Mengerjakan Job Sesuai Deadline

Perkembangan pengguna website di Indonesia tergolong begitu pesat. Itu artinya, kecepatan informasi di internet pun terus meningkat. Jika pemilik website telat ‘mengangkat’ suatu topik di website miliknya, maka berpotensi ‘diangkat’ oleh kompetitor.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa pengguna jasa pembuatan artikel memberikan deadline yang tergolong singkat. Itu artinya, seorang pembuat artikel harus siap dengan deadline yang pendek.

Meski begitu, ada juga topik-topik yang santai dan memiliki deadline cukup panjang. Semua tergantung dari kebutuhan pengguna layanan.

5. Mengikuti Update Mesin Pencari

Umumnya teknik SEO akan berubah-ubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku dari platform mesin pencari seperti Google. Biasanya Google melakukan update secara berkala. Update yang dilakukan biasanya akan berpengaruh pada optimasi SEO.

Suatu waktu bisa jadi update yang dilakukan akan mengubah strategi beberapa kebijakan SEO. Hal tersebut tentu saja berpengaruh pada optimasi SEO.

Contohnya seperti pada penggunaan kata kunci. Kini penggunaan kata kunci pada artikel harus dimasukkan se-natural mungkin agar nyaman dibaca.

Selain itu, penggunaannya pun tidak boleh lebih dari 3% tingkat density keyword pada suatu artikel.

Jasa penulis artikel website harus tahu perkembangan perubahan kebijakan mesin pencari. Ketahui juga apakah update terbaru tersebut berdampak pada strategi SEO atau tidak? Jika berdampak, maka optimasi SEO pada artikel pun harus segera disesuaikan.

jasa penulis artikel

Bagaimana Cara Menjadi Jasa Penulis Artikel?

Untuk menjadi penulis artikel wajib memahami kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar, mengenal artikel SEO friendly, mempunyai website untuk penawaran jasa, dan rajin mengikuti pelatihan untuk meningkatkan skill. Berikut ulasannya:

  1.  Belajar Membuat Artikel Sesuai Kaidah Bahasa Indonesia

Untuk menjadi seorang penulis, hal pertama yang harus dipelajari yaitu bagaimana menulis sesuai kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ada beberapa kaidah yang digunakan dalam bahasa Indonesia. Adapun kaidah-kaidahnya yaitu seperti kaidah sintaksis, semantik, ejaan, dan morfologi.

Kaidah pertama yang harus Anda pahami yaitu kaidah ejaan. Kaidah tersebut berkaitan dengan peraturan yang melambangkan penggabungan kata, pemisahan kata, tanda baca, dan unsur serapan huruf.

  1.   Mengetahui Cara Pembuatan Artikel yang SEO Friendly

Untuk memahami cara pembuatan artikel yang SEO friendly, pertama-tama Anda harus mengetahui dulu kriterianya.

Kriteria artikel yang SEO friendly yaitu minimum 500 kata, menggunakan kata kunci yang sudah diriset terlebih dahulu, menggunakan keyword turunan, menggunakan subheading, dan membuat meta deskripsi maksimal 160 karakter.

  1.  Memiliki Website untuk Penawaran Jasa  

Layanan jasa penulis artikel, saat ini harus punya sebuah website. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan dan memudahkan calon customer untuk menemukan dan menggunakan jasa Anda.

Website yang dibuat tersebut tidak hanya sekedar untuk promosi dan penjualan jasa saja. Gunakan juga untuk menampilkan testimoni dari pelanggan yang sudah puas dengan jasa Anda.

Selain itu, buatlah blog pada website Anda untuk portofolio artikel. Posting artikel di website tersebut yang terdiri dari berbagai tema. Tujuannya agar calon customer tahu kualitas artikel Anda.

  1.  Mengikuti Pelatihan Pembuatan Artikel

Seorang penulis wajib untuk terus mengasah kemampuan dan keahliannya. Terlebih penulis artikel yang tidak hanya sekedar menulis saja tapi harus tahu sedikitnya tentang optimasi SEO.

Meningkatkan skil penulis bisa dengan mengikuti pelatihan-pelatihan maupun seminar. Atau bisa juga mengikuti kursus yang tersedia secara online maupun offline.

Mengikuti pelatihan tidak hanya untuk pemula saja. Bagi yang sudah lama bergelut dalam bidang tersebut juga masih harus terus belajar. Terlebih teknik SEO yang sering update sesuai dengan kebijakan Google.

Bagaimana Cara Mencari Jasa Penulis Artikel untuk Web dan Blog?

Saat ini untuk mencari jasa penulis artikel tidaklah susah, Anda bisa mencarinya di berbagai platform seperti, sosial media, website, maupun komunitas freelancer. Cari yang sesuai kebutuhan Anda, berikut ulasan lebih jelasnya:

  1.   Cari Menggunakan Berbagai Platform

Penyedia layanan jasa penulis artikel saat ini menawarkan layanannya di berbagai platform. Ada yang menggunakan media sosial, website, platform freelancer berbasis website, dan masih banyak lainnya.

Agar menemukan yang terbaik, gunakanlah semua platform untuk menemukannya. Tujuannya agar Anda juga bisa mempertimbangkan dan menilai mana jasa yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan.

  1.   Cek Portofolio Penyedia Layanan

Jika Anda sudah menemukannya, jangan langsung memilih dan menggunakannya. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek portofolio penyedia jasa penulisan tersebut.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, portofolio merupakan contoh hasil pekerjaan yang sudah mereka kerjakan. Anda bisa menilai kualitas tulisan mereka dari portofolio tersebut.

  1.   Sesuaikan Keahlian dengan Kebutuhan Anda

Umumnya semua jasa penulis artikel untuk website bisa menulis banyak tema. Karena jenis tulisan mereka umumnya yaitu rewrite dari sumber yang kredibel. Namun cara rewrite mereka bersih dari copy paste konten.

Meski bisa menulis banyak tema, tapi nyatanya penulis-penulis tersebut punya keahlian di salah satu atau beberapa tema saja. Contohnya penulis A ahli menulis topik tentang otomotif, namun tidak terlalu pandai dalam menulis topik wisata.

Cara menilainya cukup mudah, Anda hanya perlu membaca portofolio yang mereka miliki. Kemudian nilai sendiri apakah karakter tulisan mereka sesuai dan cocok dengan kebutuhan Anda atau tidak?

  1.   Paham Tentang Brand Marketing

Kebanyakan konten artikel yang dibuat saat ini biasanya untuk kebutuhan bisnis. Meski begitu ada juga beberapa di antaranya yang hanya untuk kebutuhan konten yang bersifat informatif saja tanpa embel-embel penjualan dan promosi.

Jika Anda membutuhkan penulis yang jago soft selling dan hard selling, maka wajib mempertimbangkan keahlian brand marketing. Keahlian ini akan bermanfaat untuk konten promosi dan penjualan Anda.

jasa penulis artikel seo

Kelebihan Artikel SEO Friendly untuk Website

Artikel yang SEO friendly dapat meningkatkan kualitas website, bagus untuk optimasi SEO, dan mampu menjaring calon customer. Berikut penjelasannya:

1. Meningkatkan Traffic Website

Mesin pencari seperti Google biasanya akan merekomendasikan artikel pada pembaca sesuai dengan kata kunci yang dicari. Artikel yang ditampilkan oleh Google adalah rekomendasi yang sudah memenuhi standar kualitas bagus oleh mesin pencari tersebut.

Semakin bagus kualitas SEO pada website dan artikel, tentu akan semakin besar potensi Google merekomendasikannya. Dengan begitu, website tersebut berpotensi untuk mengalami peningkatan pengunjung.

2. Sebagai Pondasi SEO

Artikel merupakan konten yang wajib ada pada setiap website atau blog. Itulah kenapa, artikel menjadi pondasi SEO pada suatu website.

Contohnya pada saat berencana membangun backlink, maka kualitas artikel utama pada website harus memiliki kualitas bagus.

Jika pondasi artikel suatu website kuat, maka optimasi SEO lainnya pun akan menjadi lebih powerful dan optimal.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Website

Dibandingkan jenis artikel biasa, jenis artikel SEO friendly jauh lebih berkualitas dari artikel biasa. Hal tersebut dikarenakan pembuatan artikelnya yang tergolong beda.

Artikel SEO umumnya nyaman dibaca oleh manusia dan juga mudah terdeteksi oleh Google. Itu artinya, artikel ini bersahabat untuk manusia maupun mesin pencari. Hal inilah yang membantu meningkatkan kualitas suatu website.

4. Sebagai Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian. Pertama optimasi SEO On Page dan kedua optimasi SEO Off Page. Sedangkan artikel SEO friendly masuk ke dalam optimasi SEO On Page .

SEO on page merupakan optimasi yang penting dan berkaitan dengan kenyamanan pengunjung website.

5. Konten yang Mampu Menghipnotis Pembaca

Artikel untuk pemasaran akan membantu Anda untuk mengoptimalkan penjualan. Karena konten artikel bisa dibuat untuk menghipnotis pembaca supaya bisa menjadi seorang customer.

Kriteria Artikel SEO Friendly Berkualitas

Artikel SEO friendly biasanya memiliki keyword yang populer dan tersebar di seluruh badan artikel, sesuai kaidah SEO terikini, menggunakan beberapa subheading, dan setiap paragraf tidak terlalu panjang. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Kata Kunci yang Populer

Penggunaan kata kunci pada artikel berfungsi untuk meningkatkan potensi peningkatan traffic. Itulah kenapa, artikel SEO friendly berkualitas biasanya memiliki kata kunci populer yang banyak dicari.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, maka diperlukan proses riset yang optimal. Riset kata kunci juga mencakup LSI (latent symantec indexing) atau kata kunci turunan.

2. Jumlah Kata Sesuai Standar SEO

Artikel SEO friendly memiliki setidaknya minimal 500 kata. Maksimal bisa mencapai 3.000 kata atau bahkan lebih.

Jumlah kata harus disesuaikan juga dengan kelengkapan informasi yang disampaikan. Contohnya, jika 500 kata belum bisa menjelaskan topik secara keseluruhan, maka Anda boleh menambahnya.

3. Menggunakan Subheading   

Sub judul atau subheading adalah struktur yang penting di dalam artikel SEO  friendly. Fungsinya yaitu untuk memudahkan dan memperjelas konten kepada pembaca.

Selain itu, subheading juga berfungsi untuk membagi konten ke dalam beberapa bagian. Namun, pembagiannya tetap relevan dengan topik yang ditulis.

4. Paragraf Tidak Lebih dari 4 Baris

Penggunaan satu paragraf pada artikel SEO friendly tidak boleh lebih dari 4 baris. Tujuannya agar pembaca tidak mudah lelah saat membacanya. Karena membaca artikel melalui smartphone maupun website akan membuat mata merasa cepat lelah.

Untuk mengatasi mata yang mudah lelah saat membaca artikel, maka dibuatlah paragraf yang pendek-pendek. Dengan begitu, pembaca akan merasa nyaman pada saat membacanya.

5. Kata Kunci Tersebar di Seluruh Badan Artikel

Penggunaan keyword atau kata kunci pada artikel harus ada di judul, paragraf pertama, dan paragraf terakhir. Jumlah ideal untuk penggunaan kata kunci yaitu memiliki tingkat density 2% hingga 3% saja.

Semakin banyak jumlah katanya, maka akan semakin banyak juga jumlah kata kunci yang tersebar. Namun jumlahnya tetap harus memperhatikan tingkat density-nya.

harga jasa penulisan artikel

Berapa Harga Jasa Penulis Artikel SEO Friendly Saat Ini?

Harga jasa penulis artikel berkisar mulai dari Rp4.000 hingga 10.000 per 100 kata. Harga yang ditawarkan biasanya juga disesuaikan dengan tingkat kesulitan penulisan artikel dan juga pemilihan bahasa.

Khusus untuk Bahasa Inggris, biasanya harganya bisa lebih mahal dari artikel Bahasa Indonesia. Harganya 20% lebih tinggi dibandingkan dengan jasa pembuatan artikel Bahasa Indonesia.

Tips Sukses Menjadi Penulis Artikel Website atau Blog

Jika ingin sukses menjadi seorang penulis artikel, Anda harus terus belajar menguasai berbagai topik, jangan malu untuk menawarkan jasa, patuh dengan deadline, Anda juga bisa bekerjasama dengan agency digital marketing.

  1.   Belajar Menguasai Berbagai Topik  

Semakin banyak topik yang dikuasai, semakin banyak juga job yang bisa didapatkan. Untuk menguasai banyak topik, maka harus menambah wawasan dari berbagai bidang yang berbeda-beda.

  1.   Aktif Menawarkan Jasa

Pilih salah satu atau beberapa platform untuk menawarkan layanan jasa penulis artikel. Platform yang Anda gunakan bisa berupa media sosial, website, marketplace untuk freelancer, dan sebagainya.

  1.   Selesaikan Artikel Sesuai Deadline

Kualitas bukan hal utama yang menjadi daya pikat customer. Pelayanan Anda juga harus ditingkatkan, salah satunya dalam penyelesaian pengerjaan artikel. Pastikan Anda menyelesaikannya sesuai deadline yang disepakati.

  1.  Selalu Mengecek Tulisan Setelah Dibuat

Jangan dulu mengirim artikel yang sudah Anda buat kepada customer. Cek kembali untuk memastikan bahwa artikel tersebut sudah sesuai dengan brief yang diberikan oleh klien atau customer. Cek juga tata bahasa termasuk typo pada tulisan.

  1.  Menawarkan Jasa dengan Harga Kompetitif

Sesuaikan harga dengan tulisan yang Anda buat. Cek juga berapa harga pasaran artikel SEO friendly yang ada di pasaran. Pastikan Anda menawarkan jasa dengan harga yang kompetitif. Harga yang ditawarkan tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi dengan kompetitor.

  1.  Bekerjasama dengan Agency Digital Marketing

Jika Anda seorang penulis artikel perorangan, maka bergabunglah dengan agency digital marketing. Atau bisa juga bergabung dengan agency atau perusahaan layanan jasa penulis artikel yang besar. Tujuannya agar Anda dapat dengan mudah mendapatkan job.

Kesimpulan

Layanan penyedia jasa penulis artikel saat ini tergolong banyak dibutuhkan. Khususnya penulis artikel untuk kebutuhan web maupun blog. Ada beberapa alasan kenapa jasa ini banyak dicari, salah satu alasannya yaitu pemilik website yang saat ini sudah semakin banyak.

Website tidak hanya menarik para pelaku usaha kelas kakap untuk pemasaran online. Bahkan website juga sudah digunakan oleh para pelaku usaha menengah yang ingin mengembangkan usahanya secara online.

Demikian penjelasan seputar berbagai hal terkait jasa penulis artikel. Tertarik untuk menggeluti bidang tersebut? Mulailah dengan mengasah kemampuan menulis Anda dan memahami SEO sejak dini. Selamat mencoba.

 

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo