Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Weebly vs WordPress: Mana yang Terbaik untuk Website Anda?

Weebly vs WordPress: Mana yang Terbaik untuk Website Anda?

Weebly vs WordPress

Daftar Isi

Membangun website impian bisa Anda wujudkan dengan menggunakan Content Management System (CMS) atau website builder. Untuk mengerucutkan pilihan, Anda bisa mempertimbangkan dua yang terbaik, yakni Weebly vs WordPress.

Lantas apa saja aspek yang perlu dilihat sebagai perbandingan di antara keduanya? Anda bisa simak artikel ini hingga akhir agar tidak bingung saat mengambil keputusan untuk menggunakan salah satu di antara kedua opsi tersebut. Mari cari tahu bersama berikut ini!

Apa itu Weebly dan WordPress?

Jika berbicara mengenai website builder, Weebly termasuk pilihan platform pembuatan website yang tidak kalah populer dan menjadi andalan saat dibutuhkan.

Weebly vs WordPress

Website builder menjadi platform yang menyediakan berbagai tools untuk pembuatan website. Penggunaan platform tersebut tidak memerlukan pemahaman tentang coding untuk memulainya.

Contoh tools yang tersedia pada Weebly mulai dari website building tools, domain registration, hosting, hingga sertifikat SSL.

Pembaruan dan pengembangan tools tersebut relatif cepat, sehingga menjadi pilihan yang praktis untuk membangun website profesional.

Lalu, terdapat WordPress sebagai salah satu CMS terpopuler yang fiturnya beragam dan sering digunakan untuk menciptakan konten secara online, contohnya dalam bentuk website.

WordPress membutuhkan waktu lebih lama hingga Anda bisa mengoperasikannya saat ingin membuat website.

Sebab, Anda memiliki sepenuhnya kontrol terhadap source code pada WordPress.

Tidak hanya itu, WordPress pun memiliki sistem self-hosted yang mampu menciptakan website dengan skala besar yang kompleks. Itulah mengapa, opsi ini dinilai lebih serbaguna dan fleksibel.

Perbandingan Weebly vs WordPress

Tidak cukup hanya memahami gambaran umum mengenai Weebly dan WordPress, Anda bisa mempertimbangkan aspek-aspek berikut ini ketika ingin membangun website sendiri.

Kemudahan Penggunaan

Anda bisa menilai seberapa mudah penggunaan dari Weebly vs WordPress melalui dashboard keseluruhan serta fitur editornya.

Sebab, bagian tersebut adalah tempat yang akan Anda paling banyak gunakan mulai dari pembuatan dan pengelolaan konten, pengaturan theme serta add-on website, hingga analisis performa website.

Jadi, yang paling mudah digunakan adalah yang paling intuitif bagian dashboard platform nya.

  • Weebly

Praktis dan cepat merupakan dua kelebihan Weebly, sebab Anda tinggal klik ini dan itu saja untuk mendapatkan yang dibutuhkan. Ketersediaan hosting dalam versi gratis pun bisa diakses akan memudahkan Anda memulai pembuatan website.

Kemudian, pembelian domain serta instalasi sertifikat SSL juga bisa langsung Anda selesaikan dalam sekali klik. Apabila setup dasar website tersebut telah selesai, Anda tinggal unduh template yang sudah ada dan bisa langsung membuat konten menggunakan fitur seperti image editor hingga drag-and-drop editor.

Kemudahan penggunaan pada weebly

Untuk CSS, HTML, hingga Javascript pun bisa Anda tambahkan ke page website tanpa perlu keahlian coding.

  • WordPress

Platform satu ini bersifat open source, sehingga mengatur website tidak akan sepraktis Weebly. Instalasi perangkat lunak adalah langkah awal, belum termasuk provider hosting serta domain yang harus Anda beli sendiri agar website dapat Anda jalankan.

Pembuatan konten dan desain web baru bisa Anda lakukan setelah tahap di atas selesai. Lalu, untuk tema website terdapat lebih banyak pilihannya di bagian dashboard dan bisa diunduh juga.

kemudahan pengguna pada wordpress

Selain itu, terdapat editor yang bisa drag, drop, serta block pada WordPress. Jika ingin membuat halaman dan post pun bisa Anda lakukan tanpa pengetahuan mengenai coding. 

Baca juga: Cara Mudah Membuat Blog di WordPress

Fitur

Terkait fitur, antara Weebly vs WordPress bervariasi dan relatif penilaiannya tergantung pada kebutuhan Anda membuat website.

Untuk kebutuhan umum seperti konten yang meliputi fitur teks, gambar, hingga video, dua-duanya menyediakan fitur tersebut dengan baik dan  memiliki plus minus tersendiri seperti berikut ini.

  • Weebly 

Pada platform ini, tersedia lebih dari enam puluh template yang bisa Anda gunakan secara gratis. Template tersebut sangat variatif, mulai dari desain sederhana sampai template warna-warni. 

fitur yang ada pada weebly

Selain itu, Weebly memiliki elemen konten yang meliputi teks, gambar, video, audio, hingga formulir, cukup lengkap dan memadai untuk Anda yang ingin menerbitkan dan menyunting posts. 

Fitur drag and drop builder pun bisa Anda manfaatkan agar mengedit website lebih mudah. Namun, Weebly memiliki batasan halaman sebanyak lima puluh pages saja pada website. Sehingga, fitur halaman Weebly belum memadai untuk website skala besar.

Lalu, pada Weebly terdapat aplikasi sejumlah 350 aplikasi, serta 50 aplikasi gratis yang bisa Anda manfaatkan jika ingin menambahkan fitur yang lebih beragam pada situs web Anda. Akses aplikasi berada di App Center dan tersedia dalam beberapa kategori.

Contoh fitur yang bisa Anda tambahkan mulai dari fitur gulir ke atas (scroll back to top), content color box, tabel sederhana, hingga tabs. 

  • WordPress

Untuk WordPress, fitur dasar yang tersedia sangat lengkap. Terdapat fitur Post, Media, Pages, Comments, Appearance, Plugins, lalu Users, hingga Settings.

Isi dari fitur Post, Media, hingga Pages tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Weebly, terutama jika dilihat dari tujuan untuk buat, sunting, dan unggah konten.

Sedangkan, fitur tema di repository WordPress tersedia secara gratis sebanyak lebih dari tujuh ribu varian. Anda bisa desain dan kustomisasi website dengan mengubah font, layout, hingga warna tulisan dengan praktis dalam beberapa kali klik.

Adapun WordPress memiliki lima puluh enam ribu add-ons gratis untuk memperkaya fitur website Anda. mulai dari Page Builder, WooCommerce, hingga Yoast SEO, yang akan memudahkan operasional website sesuai tujuan pengadaannya.

plugin pada wordpress

Harga 

Aspek selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah value for money yang tentunya disesuaikan dengan tujuan pengadaan website.

Pada aspek harga, biaya berlangganan agar mendapatkan fitur maksimal dari masing-masing platform adalah sebagai berikut.

  • Weebly

Meskipun layanan versi gratis Weebly sudah mencakup website bisnis, blog, hingga e-commerce, serta komponen desain, sertifikat SSL, hingga statistik web, namun ada satu yang membuat website Anda kurang kredibel bila memakai versi gratis.

Yaitu penggunaan subdomain berupa namawebsite.weebly.com. Untuk mendapat domain yang khusus namun masih ada iklan, Anda dapat berlangganan paket premium sejumlah $6 atau kurang lebih Rp94 ribu per bulan.

Harga berlangganan weebly

Apabila ingin menghilangkan iklannya, tersedia paket profesional dengan harga $12 per bulan, yang setara dengan Rp.188 ribu, dengan sistem pembayaran per tahun.

Harga tersebut akan memberi Anda domain gratis di satu tahun pertama langganan, serta fungsionalitas lebih modern dan penyimpanan tak terbatas.

  • WordPress

Adapun untuk platform satu ini, Anda perlu membeli hosting serta domain sendiri. Harga berlangganan hosting di WordPress per bulan mulai dari $3 hingga $35, atau mulai dari Rp47 ribu hingga Rp548 ribu.

Sedangkan, biaya untuk mendaftarkan domain berkisar pada harga $10 sampai dengan $15 per satu tahun, atau sekitar Rp156 ribu hingga Rp234 ribu per tahun.

harga domain wordpress

Apabila ingin menggunakan tema premium, Anda harus mengeluarkan biaya mulai dari $60 atau Rp939 ribu. Sama halnya dengan penggunaan plugin premium yang bisa mencapai ratusan dollar agar mendapatkan fitur fungsional yang optimal.

Baca juga: Jasa Pembuatan Website WordPress Profesional

SEO 

Aspek perbandingan Weebly vs WordPress satu ini penting Anda perhatikan, terutama yang ingin memperoleh peringkat website yang bagus di Google.

Sebab, bila peringkat web Anda tinggi maka akan menambah organic traffic serta visibilitas web Anda juga.

  • Weebly

Platform ini memungkinkan Anda untuk membuat deskripsi meta, judul, hingga URL yang unik. Hal tersebut akan meningkatkan performa konten serta peringkat halaman website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

SEO pada Weebly

Namun, sayangnya selain fitur standar tersebut tidak ada lagi fitur yang akan membantu optimasi SEO pada konten Anda. 

Sebenarnya, Weebly menyediakan aplikasi SEO di platformnya. Tetapi, harganya relatif tinggi dengan rating yang tidak meyakinkan sehingga bukan menjadi opsi yang efisien bagi semua orang.

Jadi, Weebly akan lebih cocok digunakan oleh Anda yang sudah ahli dan menguasai SEO.

  • WordPress

Aspek SEO adalah kelebihan WordPress yang bisa diandalkan, sebab terdapat banyak tools serta fitur untuk mendukung pembangunan website ramah SEO.

Pada WordPress, Anda bisa menambahkan alt-text pada gambar, heading, meta description, URL yang unik, hingga tema yang responsif untuk dijadikan layout website.

WordPress memungkinkan Anda menyunting underlying code di bagian manapun pada website Anda, serta menghapus kode tidak penting yang memperlambat kinerja website.

Jadi, WordPress mendukung aplikasi skill coding agar bisa mengoptimalkan SEO website.

SEO WordPress

Lalu, tersedia pula plugin seperti Yoast SEO, Redirection, hingga WP Rocket, yang membantu optimasi SEO melalui faktor seperti konten, redirect, hingga page speed.

E-commerce

Anda bisa mencari tahu mana platform yang bisa membantu Anda dengan efektif dalam menjual produk maupun jasa secara online.

  • Weebly

Apabila budget Anda terbatas, maka Weebly menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Sebab, Weebly menawarkan paket yang di dalamnya meliputi fitur optimasi website toko online, seperti keranjang belanja, inventory management, gift card, kupon, hingga penghitung pajak otomatis.

  • WordPress

Walaupun tidak ada fitur e-commerce bawaan, namun WordPress menyediakan berbagai plugins yang fungsinya khusus untuk e-commerce tersebut.

Salah satu contohnya adalah WooCommerce, yang memungkinkan Anda menyusun situs toko online Anda di WordPress.

Fitur fungsional yang built-in pada WooCommerce bervariasi, mulai dari opsi filtering produk, rating dan review produk, akun untuk konsumen, hingga fitur pembayaran. 

Baca juga: 10+ Plugin WooCommerce yang Wajib Digunakan

Tidak hanya itu, Anda pun dapat mengunduh plugin serta tema untuk WooCommerce agar lebih optimal. Contohnya, menambahkan abandoned cart hingga marketing automation.

WooCommerce pun memungkinkan Anda melakukan alih bahasa konten di website ke dalam lebih dari seratus bahasa, yang membuka peluang ke pasar internasional.

Plugin e-commerce tersebut memiliki biaya transaksi serta add-ons yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan juga sebelum menggunakannya.

Fleksibilitas 

Satu lagi aspek dalam pertimbangan memilih Weebly vs WordPress, yaitu fleksibilitas. Nyatanya, fleksibilitas tidak bisa beriringan dengan kemudahan penggunaan. Jadi, simak perbandingannya berikut ini.

  • Weebly

Bila Anda bandingkan dengan WordPress, Weebly kalah dalam aspek fleksibilitas. Sebab, user serta developer pihak ketiga platform tidak memiliki akses yang cukup ke source code platform.

Ini membuat user kesulitan kustomisasi web dan menghalangi developer untuk ekstensi dengan pihak ketiga.

Meskipun Anda bisa kustomisasi web dengan HTML, Javascript, serta CSS, namun underlying source code Weebly tetap tidak bisa disunting.

Jadi, platform kurang fleksibel karena hanya menyediakan apa yang sudah tersedia dan siap digunakan saja.

Sehingga, platform ini lebih cocok bagi Anda yang pemula dengan pengetahuan teknis minim. Sebab, sudah terdapat seratus add-ons yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan fungsionalitas website.

  • WordPress

Berbeda dengan Weebly, WordPress bersifat open source. Anda dapat menyunting source code di bagian apa pun pada platform. Ini juga memberikan Anda akses dan kontrol sepenuhnya terhadap website, terutama bagi Anda dengan skill coding yang mumpuni.

Selain itu, fungsionalitas website pun tetap bisa ditingkatkan dari plugin yang bisa Anda unduh kapan saja. Jadi, walau tidak memiliki skill coding Anda tetap bisa mengoptimalkan fungsi website dari puluhan ribu plugins gratis maupun premium.

Kesimpulan

Setelah menyimak aspek-aspek pada perbandingan Weebly vs WordPress, apakah Anda sudah menemukan yang terbaik untuk website Anda? Tentu saja Anda yang tahu betul sebab kebutuhan website dan kemampuan pengelolaan website Anda berbeda dengan yang lain.

Namun, jika Anda memilih platform dengan kemudahan penggunaan yang praktis, maka Weebly menjadi solusi yang bisa Anda coba.

Sedangkan, dari aspek fitur, SEO, e-commerce, hingga fleksibilitas, platform WordPress unggul dari Weebly karena lebih efisien dan ekonomis dari segi value for money.

Berbicara tentang value for money, Anda pun dapat menyerahkan pembuatan website profesional kepada IndonesianWriter, yang menyediakan layanan All In One dalam menjawab kebutuhan website maupun konten digital Anda.

Masalah budget? Tentu bisa Anda kustomisasi sesuai keinginan!

Kami pastikan paket yang tersedia terjangkau, namun tidak mengesampingkan kualitas pelayanannya. Mari terhubung langsung melalui kontak IndonesianWriter dan konsultasikan kebutuhan website Anda!

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page