Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Content » Content Writer » Apa itu Jasa Content Writer dan Jobdesknya

Apa itu Jasa Content Writer dan Jobdesknya

content writer website

Daftar Isi

Jasa Content Writer – Baca Sampai Habis!!! Ini Ulasan Lengkap Tentang Content Writer

Profesi content writer saat ini sudah dilirik oleh banyak kalangan.

Mengingat banyak sekali perusahaan-perusahaan dalam industri e-commerce yang membutuhkannya.

Content writer adalah seorang penulis konten-konten yang diterbitkan di website, blog ataupun sosial media yang berupa artikel ataupun caption. Job content writer saat ini sudah terbuka lebar. Pasalnya, ada ribuan website dan blog di luar sana yang membutuhkan sebuah tulisan atau artikel.

Tulisan tersebut tentu sangat berpengaruh pada suatu website.

Dengan tulisan, suatu website perusahaan bisa menjelaskan keuntungan jasa atau produknya. Dengan begitu, layanan atau produknya bisa dikenal oleh banyak orang.

konten-portfolio

 

Pengertian Content writer

Secara spesifik, content writer adalah penulis artikel yang dimuat pada website atau blog. Jenis artikelnya bisa bermacam-macam, tergantung target pembaca dari website tersebut.

Penulis konten bisa masuk ke dalam kategori penulis profesional. Meski beberapa di antaranya ada juga yang masih amatir, atau newbie.

Penulis konten tidak hanya membuat sebuah tulisan untuk diposting pada sebuah website. Mereka juga biasanya mencantumkan sebuah gambar yang relevan.

Perpaduan tulisan dan gambar memudahkan pembaca dalam memahami isi konten. Tulisan dibuat untuk menjelaskan suatu topik tertentu, dan gambar memberi visualisasinya.

Tujuan pembuatan konten tulisan ini cukup banyak. Mulai dari konten hiburan, himbauan, ajakan, promosi, pengiklanan, dan lain-lain.

Semua tergantung dengan kebutuhan perusahaan pemilik website atau blog.

Perbedaan Content Writer dan Copywriter

Untuk membedakan kedua bidang tersebut membutuhkan penjelasan yang cukup panjang. Agar lebih jelas, berikut kami sudah merangkumnya secara detail di bawah ini:

1. Perbedaan dari Jenis Tulisan

Umumnya seorang content writer hanya menulis konten terkait tema dan isu yang diminta klien. Jenis tulisannya biasanya bersifat informatif, engaging, dan edukatif.

Tujuan utama dari tulisan seorang penulis konten adalah meningkatkan pengunjung blog.

Selain itu, penulis konten juga biasanya menulis untuk media sosial. Fungsinya masih tetap sama yaitu menulis tema artikel yang informatif.

Sedangkan seorang copywriter, mereka menulis untuk tujuan pemasaran. Tulisan-tulisannya bersifat komersial. Meski begitu, tulisan yang mereka buat bersifat soft selling agar customer tertarik.

Seorang copywriter juga bertugas untuk mempromosikan produk maupun jasa kepada audiens, atau para calon customer. Atau dalam kata lain yaitu kepada para pembaca.

2. Perbedaan dari Media Tulisan

Seorang penulis konten biasanya menulis untuk blog atau website. Namun kini, ada juga yang membuat tulisan untuk media sosial. Fungsi dari tulisan tersebut yaitu tetap sama.

Sedangkan tulisan seorang copywriter akan di-posting pada beberapa media. Selain media sosial dan blog, biasanya juga dimuat pada web banner, social campaign, billboard, email campaign, dan lainya.

3. Perbedaan Gaya Tulisan

Tulisan hasil karya seorang penulis konten biasanya jauh lebih panjang. Pasalnya, content writer adalah penulis yang harus bisa menjelaskan detail suatu tema atau isu tertentu. Umumnya panjang tulisannya yaitu sekitar 500 kata.

Sedangkan hasil tulisan seorang copywriter umumnya pendek-pendek. Pasalnya tulisannya berupa tagline, slogan, dan headline. Meski pendek, seorang copywriter harus mampu menghipnotis pembaca agar mau membeli tau menggunakan layanan.

perbedaan content writer dan copywriter

Apa Itu SEO Writer?

SEO Writer adalah penulis artikel website yang tahu bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Seorang SEO writer juga memiliki pemahaman tentang bagaimana cara membuat artikel yang nyaman untuk pembaca, sekaligus mudah terlacak di mesin pencari.

Seorang content writer juga harus paham tentang SEO (Search Engine Optimization) meski tidak terlalu mendalam. Sederhananya, SEO adalah rangkaian teknik agar website  bisa menempati halaman pertama mesin pencari.

Seorang SEO writer adalah content writer yang tahu cara menulis artikel yang SEO friendly. Artinya, tulisannya sudah sesuai dengan kebutuhan SEO. Tujuannya agar artikel tersebut mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari, atau Google.

Kriteria tulisan yang SEO friendly adalah sebagai berikut:

Melakukan riset kata kunci yang banyak dicari oleh audiens namun tetap relevan dengan website atau brand.  Kemudian menggunakan kata kunci tersebut pada artikel.

Penggunaan kata kunci dalam artikel memiliki density sekitar 2% hingga 3% saja.

  • Artikel harus layak dan nyaman dibaca.
  • Optimasi gambar sesuai kebutuhan.
  • Panjang artikel optimal minimal 500 kata.
  • Memiliki paragraf yang singkat-singkat.
  • Artikel harus bisa menjawab pertanyaan dari pembaca.
  • Menggunakan subheading atau sub judul pada artikel.

Untuk membuat tulisan yang SEO friendly pada dasarnya tidak terlalu rumit. Karena penulis artikel tidak perlu mempelajari SEO secara detail. Hanya saja penulis artikel harus tahu bagaimana cara mengimplementasikan SEO pada tulisan.content-marketing

Apa Sih Jobdesk Content writer?

Selain menulis, ada beberapa persyaratan jobdesk bagi para content writer. Nah, berikut akan kami ulas apa saja tugas-tugas atau jobdesk-nya:

1. Membuat, Mengelola, dan Mendistribusikan Artikel di Website

Tugas pertama penulis konten, sudah pasti membuat artikel. Kemudian, artikel di-posting dan di-share melalui media sosial. Terkait hal ini, masing-masing perusahaan memiliki kebijakan berbeda.

Ada penulis konten yang tugasnya hanya menulis saja. Sementara pendistribusian dilakukan oleh kru lain. Ada juga yang merangkap menulis sekaligus mem-posting.

Namun, pada dasarnya content writer harus selalu meng-update artikel secara rutin. Hal ini untuk meningkatkan kualitas website di mata search engine.

Pasalnya, artikel termasuk ke dalam optimasi SEO on page pada suatu website atau blog.

2. Membuat Deskripsi Produk atau Layanan

Penulis konten juga biasanya akan membuat deskripsi produk atau layanan perusahaan. Tulisannya dimuat pada website sebagai informasi bagi customer, atau calon customer.

3. Melakukan Riset Topik dan Kata Kunci

Riset topik dan kata kunci adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang content writer.

Pasalnya, riset sangat penting untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini. Hasil riset kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

4. Membantu Divisi Lain yang Membutuhkan Sebuah Tulisan

Content writer juga memiliki jobdesk yang berkaitan dengan kerjasama tim. Misalnya, seorang desain grafis membutuhkan sebuah artikel untuk mendukung desain yang dibuatnya.

Nantinya, informasi dipaparkan melalui tulisan dan gambar menjelaskannya secara visual.

5. Memanage Konten-Konten di Social Media

Perusahaan umumnya menggunakan orang berbeda untuk mengelola konten di media sosial. Namun, di beberapa perusahaan content writer merangkap jobdesk tersebut.

6. Mengenal SEO

Seorang penulis konten yang mengenal dan paham SEO akan menjadi nilai tambah. Pasalnya, artikel yang dibuat akan diterbitkan di internet.

Jadi, setidaknya penulis harus kenal bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly. Meski tidak paham SEO secara mendalam, setidaknya penulis tahu cara mengaplikasikannya pada artikel.

7. Memiliki Kemampuan Editorial

Penulis dan editor biasanya berbeda. Tapi, beberapa perusahaan mengharuskan penulis mampu mengedit hasil tulisannya sendiri.

Editorial penting untuk quality control. Setelah selesai dibuat, artikel harus dicek kelayakannya.

Pengecekan biasanya meliputi beberapa hal. Di antaranya seperti link, jumlah keyword, penempatan keyword, apakah artikel human readable atau tidak, dan lain-lain.

Penulis yang bisa merangkap hal ini, tentu akan menjadi nilai plus bagi perusahaan.

Penulis yang merangkap sebagai editor memang sulit ditemukan. Hanya penulis profesional saja yang sanggup melakukannya.

Sulit bukan berarti tidak ada, jika Anda bisa melakukannya, peluang kerja di bidang content writer sangat terbuka lebar.

content-writer-job

 

Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Content writer?

Setiap content writer memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya. Apa saja tanggung jawab yang dipikul oleh penulis konten? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Bisa Membangun Branding Perusahaan

Harapan perusahaan dari artikel yang ditulis oleh content writer tentunya dapat memberi benefit bagi brand-nya.

Tulisan yang dibuat harus bisa meningkatkan branding perusahaan. Setiap tulisan harus meningkatkan kepercayaan dan awareness publik terhadap perusahaan yang bersangkutan.

2. Membuat Konten yang Unik dan Bersih dari Plagiarisme

Artikel yang dibuat tidak hanya harus menarik. Artikel juga harus unik. Unik yang dimaksud yaitu tidak hasil penjiplakan, atau dikenal dengan istilah copy paste.

Terkait penjiplakan, penulis bisa melakukan pengecekan melalui sebuah aplikasi.

Jika tulisan terdeteksi plagiat, maka akan terlihat meski hanya sebesar 5% saja.

Artikel yang tidak lolos copy paste akan berdampak buruk pada website. Salah satunya dapat mengakibatkan website sulit ditemukan di mesin pencari.

Hal tersebut tentu menjadi kerugian besar bagi perusahaan.

Keunikan artikel pun memberi banyak benefit lain bagi perusahaan. Bayangkan, ada banyak perusahaan yang menawarkan produk sama. Strategi marketing yang digunakannya pun sama.

Nah, di sinilah content writer bertugas untuk menjadi pembeda dengan menghasilkan konten yang unik.

3. Konten Harus Bermanfaat

Artikel yang memuat konten bermanfaat mempunyai nilai tambah di mesin pencari. Konten yang valid dan bermanfaat memiliki dua keuntungan sekaligus.

Karena, selain dapat menjadikan suatu website viral, juga memiliki kemungkinan menjadi sumber rujukan oleh penulis lain.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas SEO Website

Seperti yang telah kami singgung di atas, artikel termasuk ke dalam SEO on page. Bahkan, artikel adalah rajanya dari optimasi SEO modern.

Pasalnya, kualitas artikel yang bagus, akan mudah menempati urutan pertama di mesin pencari. Dengan begitu, penulis konten menjadi tulang punggung SEO suatu website.

Itulah alasannya kenapa penulis artikel sedikitnya harus paham optimasi SEO.

Setidaknya hanya pengetahuan dasar saja agar artikel mudah dirayap oleh mesin pencari.

seo-content-writer

 

Syarat Menjadi Seorang Content writer

Pada dasarnya, persyaratan menjadi content writer tidaklah sulit, tapi tidak juga mudah. Bahkan, banyak sekali perusahaan yang tidak mempermasalahkan latar belakang pendidikan.

Lalu, apa sajakah persyaratan-persyaratannya? Simak ulasannya berikut ini:

  • Sering Membaca Agar Banyak Referensi

Seorang content writer harus berwawasan luas. Pasalnya, jenis konten yang dibuat akan berbeda-beda. Anda boleh fokus pada satu bidang tertentu, seperti wisata misalnya.

Namun, Anda wajib membaca semua jenis tema bacaan.

Tujuannya agar Anda mendapatkan banyak inspirasi.

Semakin banyak tema yang Anda kuasai, maka akan semakin baik. Dengan begitu, peluang kerja pun akan semakin luas.

  • Belajar Dasar-Dasar SEO

Bagi pemula dalam bidang content writer, mungkin agar sedikit malas belajar SEO. Pasalnya, SEO adalah optimasi yang cukup rumit dipelajari.

Tapi, setidaknya Anda tanamkan pada diri Anda, bahwa SEO bukanlah hal yang menyeramkan.

Butuh waktu lama untuk menjadi orang yang paham SEO. Anda bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit sambil berbenah.

SEO wajib dipahami agar artikel berkualitas di mata Google dan pembaca.

  • Mampu Menulis Hal yang Relevan dengan Perusahaan

Secara teknis, tulisan yang dibuat tentu harus relevan dengan perusahaan. Entah itu terkait layanan maupun produknya.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak dalam bidang wisata, maka Anda harus bisa menguasai tema wisata dengan baik.

  • Buatlah Artikel Untuk Sample

Buatlah artikel untuk contoh. Karena, pada saat pengajuan lamaran, perusahaan akan meminta portofolio Anda. Untuk contoh lamaran, usahakan artikel yang Anda buat relevan dengan perusahaan yang Anda lamar.

Misalnya, suatu perusahaan membutuhkan content writer untuk membuat artikel teknologi, maka buatlah contoh artikel dengan tema tersebut.

cara-menjadi-content-writer
Sumber : dewaweb.com

 

Keuntungan Menjadi Seorang Content writer

Apa saja sih keuntungan menjadi seorang content writer? Tentu saja banyak, lho. Berikut kami rangkum keuntungan-keuntungannya:

  • Peluang Kerja Rumahan Menguntungkan

Content writer adalah seorang yang berprofesi sebagai penulis rumahan. Kebanyakan penulis artikel melakukan aktivitas kerjanya di rumah masing-masing.

Hal ini tentu menjadi suatu keuntungan bagi mereka yang butuh pekerjaan sampingan, maupun tetap.

  • Fee yang Tidak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Fee content writer Indonesia terbilang cukup menggiurkan. Setiap perusahaan biasanya memasang fee yang berbeda-beda.

Bagi penulis yang berpengalaman, dan sudah pro, fee tentu akan jauh lebih tinggi.

Bahkan, mereka yang berpengalaman bisa saja bekerja menjadi freelancer untuk banyak perusahaan besar.

  • Jam Kerja yang Fleksibel

Bagi para freelancer, content writer adalah pekerjaan yang sangat fleksibel. Selain bisa bekerja di rumah, jam kerjanya pun bisa kita sesuaikan sendiri.

  • Perangkat yang Dibutuhkan Hanya PC/Laptop dan Koneksi Internet

Anda tidak perlu membutuhkan modal besar untuk menjadi content writer. Cukup bermodalkan laptop atau PC dan koneksi internet saja, Anda bisa melakukannya.

Modal terbesar Anda adalah skill menulis artikel untuk kebutuhan perusahaan.

  • Banyak Dibutuhkan

Content writer adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Ada banyak website atau blog yang membutuhkan jasa penulis artikel.

Tema yang bisa dipilih pun sangat banyak sekali. Anda bisa menyesuaikannya dengan kemampuan.

Atau, jika Anda mampu menulis beberapa tema berbeda, tentu menjadi keuntungan tersendiri.

content-writer-indonesia

 

Fungsi Content Writer untuk Media Sosial

Seorang content writer media sosial bertugas untuk membuat konten atau tulisan menarik yang nantinya akan dipost di media sosial. Tulisannya bisa berupa soft selling, informatif, maupun jenis tulisan yang menghibur.

Secara garis besar sebenarnya fungsinya sama seperti membuat tulisan untuk website. Adapun fungsi luasnya untuk media sosial yaitu sebagai berikut:

  • Menjelaskan secara detail terkait informasi produk maupun layanan kepada pembaca.
  • Membuat sebuah konten menarik yang informatif. Contohnya tulisan-tulisan seputar tips, cara memilih produk maupun layanan tertentu, dan jenis-jenis tulisan informatif lainnya.
  • Meningkatkan potensi share pada konten media sosial. Semakin menarik tulisannya, maka akan semakin tertarik para pembaca untuk membagikan ulang.
  • Meningkatkan potensi viral pada sebuah konten media sosial. Seiring dengan viralnya konten tersebut, maka semakin dikenal juga brand perusahaan pemilik media sosial tersebut.
  • Membantu meningkatkan jumlah follower media sosial. Semakin banyak follower, semakin mudah suatu perusahaan menjaring customer.
  • Menjelaskan kelebihan produk maupun layanan perusahaan.
  • Memudahkan pelaku usaha untuk menjaring banyak customer dan meningkatkan keuntungan bisnisnya.

Seorang penulis konten juga bertanggung jawab atas traffic website. Pasalnya, konten pada website berpengaruh pada ranking website itu sendiri di halaman mesin pencari.

Kesimpulan dari tulisan ini yaitu, seorang content writer adalah penulis untuk media digital. Peranannya sangat penting dalam dunia digital marketing. Tulisannya bahkan berpotensi meningkatkan traffic website.  

Bagaimana Cara Mencari Jasa Content Writer Indonesia Berkualitas?

Sebagian orang mengatakan bahwa menulis adalah hal yang sulit dengan alasan tidak pandai merangkai kata atau tidak mempunyai wawasan tentang kepenulisan yang cukup baik.

Karena memang kenyataanya menulis untuk konten sendiri bukanlah hal yang mudah, dan saat ini banyak sekali content writer Indonesia yang menawrkan jasanya. Maka untuk lebih efisiennya tidak sedikit kita jumpai beberapa pemilik website atau toko online memilih untuk mencari jasa penulis konten.

Kenapa Harus Menggunakan Jasa Content Writer?

Perlu Anda ketahui penulis content tidak hanya menulis apa yang Anda mau. Tetapi mereka juga dapat menciptakan sebuah kata-kata berkualitas yang dapat menarik pengunjung ke website Anda sehingga dapat menaikkan kredibilitas yang baik di internet, inilah alasan mengapa Anda harus menyewa jasa penulis konten.

 

Untuk mencari jasa penulis konten itu sangatlah mudah kita temukan, karena sudah banyak bertebaran content writer Indonesia yang menawarkan jasanya di dunia maya.

Namun dalam memilih yang berkualitas tentulah tidak semudah membalikkan telapak tangan karena saat ini banyak jasa penulis artikel yang menawarkan harga murah tapi kualitas yang didapatkan tergolong rendah.

Supaya tidak dilema lagi mengahadapi persoalan ini, mari kita memahami tips untuk mencari jasa penulis konten yang berkualitas:

  1. Amati cara kerja mereka

Cara yang pertama adalah amati cara kerja mereka, Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana kerja mereka selama menggeluti dunia tulis menulis. Apakah mereka bekerja sesuai dengan harapan yang Anda inginkan. Bagaimana dengan pelayanan yang mereka berikan untuk Anda.

Bagaimana respon mereka saat ada komplain dari seorang customer. Dan apakah mereka dapat bekerja tepat waktu, Karena kepuasan pelanggan adalah hal terpenting yang harus Anda peroleh.

  1. Konten yang ditulis tidak plagiarisme

Sering kali content writer Indonesia mengesampingkan orisinalitas dari sebuah tulisan mungkin karena mereka dikejar deadline. Hal tersebut pasti akan merugikan Anda karena pada dasarnya penulis yang profesional akan menjaga kualitas dari sebuah tulisan tersebut salah satunya adalah menjaga orisinalitas dengan melakukan uji copyscape.

Biasanya mereka tidak hanya sekedar menulis tetapi juga memahami tentang SEO dengan baik.

  1. Jangan tergoda dengan harga murah

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah harga. Ingat kata-kata “ada harga ada kualitas”, hal itu memang benar adanya. Kebanyakan content writer Indonesia   menawarkan harga yang sangat murah, tapi kualitas yang dihasilkan sangatlah mengecewakan. Namun jangan pula beranggapan harga mahal akan mendapatkan kualitas yang baik karena tidak ada jaminan akan hal itu.

Maka sebaiknya pilih harga yang standart, kenapa harga standart?

karena itu pilihan aman untuk Anda yang baru pertama ingin menyewa jasa content writer Indonesia. Untuk harga standart yang biasanya 300 kata di hargai dari 15.000, namun itu semua tergantung dari kesepakatan Anda dan penulis content.

  1. Review konten yang sudah di tulis di website lain

Biasanya content writer Indonesia   yang profesional sudah membuat artikel untuk website ternama. Hal ini untuk memastikan bahwa mereka memang sudah bekerja sangat baik dengan isi konten yang tidak bisa dipandang remeh. Ini menandakan bahwa mereka sudah menggeluti dunia konten sejak lama dan memiliki kredibilitas yang baik.

  1. Pastikan mereka menawarkan garansi

Untuk yang terakhir adalah garansi yang mereka tawarkan, garansi ini bisa saja revisi sampai 2x jika Anda kurang cocok dengan artikel yang dibuat bahkan sampai garansi uang kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan.

Kesimpulan

Content writer adalah profesi paling vital dalam internet marketing. Artikel adalah kekuatan terbesar perusahaan untuk menjaring banyak konsumen.

Selain itu, dengan sebuah artikel, branding perusahaan akan semakin meningkat.

Artikel yang relevan dan terarah, mampu menjadi awareness bagi masyarakat. Meski mereka belum melakukan transaksi, setidaknya mereka tahu harus menghubungi ke mana ketika butuh layanan atau produk Anda.

Content writer berbeda dengan content creator. Meski sama-sama pembuat konten, namun jenis konten yang dibuat berbeda.

Content writer membuat sebuah konten dalam bentuk tulisan, sementara content creator membuat content dalam bentuk video, foto, atau gambar.

Menjadi seorang penulis artikel kini menjadi profesi yang menggiurkan. Selain banyak dibutuhkan, penulis artikel pun dibayar dengan fee yang cukup tinggi, lho.

Nah, itulah penjelasan seputar penulis konten. Jasa content writer adalah profesi yang kini cukup dikenal dan banyak dibutuhkan. Seorang penulis artikel dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan produknya.

Seorang content writer juga tahu bagaimana cara menyesuaikan gaya bahasa dengan target audience.   

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

1 komentar untuk “Apa itu Jasa Content Writer dan Jobdesknya”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page