Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » 4 Rekomendasi Website Builder Gratis : Bangun Situs Impianmu dengan Mudah

4 Rekomendasi Website Builder Gratis : Bangun Situs Impianmu dengan Mudah

Daftar Isi

Rekomendasi Website Builder Gratis untuk Situs Web Anda

Apakah Anda berniat untuk membangun website sendiri? Atau bahkan sempat bertanya-tanya buat web gratis dimana untuk bisnis, portofolio, ataupun personal branding? Semuanya menjadi mudah berkat adanya website builder gratis.

Saat ini, website menjadi sebuah kebutuhan pada era internet. Bahkan dalam sehari terdapat ratusan ribu situs web baru di seluruh dunia, jumlah ini tentu tidak sedikit. Hal ini membuktikan bahwa membangun website tidaklah sulit.

Beberapa tahun lalu, orang yang bisa membangun website biasanya akan menyewa developer yang ahli dalam coding atau bahasa pemrograman untuk membuat suatu website.

Namun sekarang semua orang bisa mulai membuat situs web mereka sendiri tanpa harus memiliki skill coding sama sekali. Hanya dengan bantuan website builder gratis, Anda bisa membuat website sendiri dalam waktu yang singkat.

Apa yang Dimaksud dengan Website Builder?

Website builder adalah sebuah program atau platform khusus berisi alat alat yang dirancang untuk membangun sebuah situs web.

website builder gratis

Jika sebuah situs web diibaratkan sebagai rumah, maka website builder seperti pemborong atau mandor yang akan menyelesaikan seluruh pekerjaan sesuai arahan Anda. Sehingga siapapun bisa membuat situs web dengan mudah.

Cara kerja dari website builder juga sangat simpel dan mudah:

1. Memilih template situs yang hendak digunakan
2. Mengedit template tersebut sesuai kebutuhan
3. Mempublikasikan website ke internet

Tiga langkah ini sangat mudah, namun tentunya untuk mendapatkan hasil website terbaik Anda juga perlu menggunakan keterampilan dan pengalaman untuk memaksimalkan web builder.

Dengan begitu website yang dihasilkan benar benar berguna sesuai tujuannya dan dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung situs Anda.

Anda juga tak perlu khawatir dengan biaya yang diperlukan, karena saat ini sudah banyak aplikasi website builder premium yang terjangkau hingga gratis pun banyak tersedia di internet.

Perbedaan Website Builder Gratis dan Premium

Tentu saja ada beberapa perbedaan ketika Anda memilih untuk menggunakan website builder gratis dengan saat menggunakan versi premium yang berbayar.

Untuk memahami perbedaan keduanya secara lebih jelas, simak penjelasannya pada di poin poin di bawah ini

  • Domain

Pada web builder versi gratis, biasanya domain sudah ditentukan dan tidak bisa diganti. Sedangkan pada versi premium Anda bisa bebas menggunakan domain yang Anda inginkan, bahkan juga bisa membeli top level domain seperti ‘.com’.

  • Bandwith dan Ruang Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan serta bandwith yang diberikan untuk versi gratis biasanya lebih sedikit daripada edisi premium.

  • Iklan

Untuk versi premium bebas dari iklan, sedangkan versi gratis biasanya dipenuhi oleh tampilan iklan dan terkadang cukup mengganggu kenyamanan.

  • Respon Pengembang

Biasanya untuk web builder premium akan diberikan dukungan tim VIP ketika terjadi masalah. Untuk versi gratis juga tetap ada, namun tidak secepat layanan yang diberikan kepada premium.

Kalau Anda seorang pemula dan masih ragu dengan fitur-fitur premium, maka bisa mencoba untuk menggunakan website builder gratis terlebih dahulu.

website builder gratis

Manfaat Menggunakan Website Builder untuk Membangun Situs Anda

Lalu apakah ada manfaat atau benefit yang akan didapatkan saat memilih website builder selain kemudahan membuatnya? Tentu saja ada, dan manfaat ini bisa berbeda beda tergantung aplikasi pembuat web yang Anda pilih.

1. Kemudahan Penggunaan

Website builder diciptakan untuk mempermudah proses pembuatan website bahkan untuk orang awam sekalipun.

Salah satu fitur yang ada pada web builder adalah fitur drag-and-drop builder dimana Anda bisa memasang atau melepas fitur apapun yang Anda butuhkan dalam sebuah website.

2. Kemudahan Publikasi

Dengan web builder, Anda tidak perlu pusing mengurusi hosting dan domain. Sehingga situs anda bisa langsung diluncurkan setelah dibuat.

3. Koleksi Template

Template menjadi salah satu daya tarik yang membuat banyak orang memilih menggunakan website builder.

Anda bisa memilih dari beragam template yang telah disediakan, mulai dari template website personal, website bisnis, bahkan website online shop pun tersedia. Kemudian Anda juga bisa mengedit template tersebut sesuai keinginan Anda.

4. Fitur yang Ditawarkan

Setiap website builder menawarkan fitur yang mampu menunjang dalam proses pembuatan website.

Ada tools yang bisa terhubung ke media sosial, opsi desain yang mobile friendly, dan masih banyak lagi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan mudah.

5. Customer Support

Saat ada kendala atau masalah dalam pembuatan website, ada customer support yang siap untuk membantu Anda memberi solusinya.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat menggunakan web builder untuk membangun website. Semua manfaat itu bisa didapat baik pada versi gratis ataupun premium.

Macam Macam Website Builder yang Bisa Anda Pilih

Setelah memahami apa itu website builder dan manfaat yang didapat, maka kini saatnya untuk mencari dan memilih platform pembuat web versi gratis atau versi premium yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan situs Anda.

Berikut ini adalah ulasan dari beberapa contoh dari website builder populer yang sering digunakan oleh banyak orang.

1. Wix

Website builder

Wix adalah salah satu aplikasi website builder gratis berbasis cloud yang bagus dan terkenal. Bahkan sudah ada lebih dari puluhan juta website yang menggunakan Wix sebagai website builder-nya!

Kelebihan utama dari Wix adalah ramah pengguna, khususnya kepada pemula. Selain itu, Wix memiliki ratusan template, fitur drag-and-drop builder, hingga desain yang mobile friendly.

Ada pula support center yang siap membantu ketika terjadi kendala selama proses pembuatan website. Wix sendiri menyediakan website builder versi gratis dan versi premium.

Untuk versi gratis, Anda akan mendapatkan domain .wixsite dan juga akan ada iklan yang muncul dari halaman website Anda.

Jika dirasa mengganggu, Anda bisa upgrade ke versi premiumnya dan mendapatkan tambahan kapasitas penyimpanan dan beberapa fitur premium seperti visitor analytic.

  • Kelebihan Wix
    • Menyediakan tools marketing dan optimalisasi SEO gratis untuk meningkatkan peringkat search engine di Google sekaligus membangun web traffic.
    • Memiliki software jenis Artificial Design Intelligence (ADI) yang akan menanyakan serangkaian pertanyaan kepada anda mengenai kebutuhan situs. Lalu Wix bisa mendesain website secara otomatis sesuai jawaban yang diberikan.
    • Menyediakan lebih dari seratus ribu aplikasi gratis ataupun berbayar di Wix App Market.
    • Ada fasilitas Wix Corvid sebagai platform ‘open development’ yang mampu membangun aplikasi tingkat lanjut dengan bahasa pemrograman Javascript.
  • Kekurangan Wix
    • Ada batasan kapasitas data di tiap paketnya.
    • Butuh membayar lebih untuk membangun situs web pribadi yang lengkap atau jika ingin membangun e-commerce.

2. Weebly

website builder gratis

Weebly adalah sebagai aplikasi pembuat website populer yang fungsional, modern, dan berorientasi pada hasil.

Singkatnya, jika Anda butuh membuat website tetapi malas untuk mengeksplor, mengutak-atik, malas mencoba-coba banyak template kreatif, maka Weebly sangat cocok untuk anda.

Weebly adalah website builder gratis terbaik dan diperuntukkan untuk Anda yang tidak begitu paham mengenai dunia pengembangangan website.

Dengan begitu, seluruh tampilan hingga fitur yang tersedia, semuanya tampil sederhana dan tidak membingungkan meski Anda baru melihatnya pertama kali.

  • Kelebihan Weebly
    • Aplikasi pembuat website yang lengkap menyediakan hosting secara gratis.
    • Cocok jika Anda memiliki bisnis karena memiliki fitur dukungan bawaan untuk e-commerce, agar bisa membuat toko online dan menjual produk dengan mudah lewat website.
    • Menyediakan fitur landing page, kapasitas penyimpanan unlimited, portabilitas situs, dan kemampuan toko online yang terjangkau.
    • Ada forum komunitas, chat dan email support gratis.
  • Kekurangan Weebly
    • Weebly menawarkan platform satu paket dengan hosting sepenuhnya, sehingga pengguna hanya bisa menggunakan fitur hosting yang ditawarkan saja.

3. WordPress

website builder gratis

WordPress adalah aplikasi website builder untuk kebutuhan blogging dengan fitur yang sangat lengkap. Bahkan mayoritas website yang ada di seluruh dunia ini percaya dan menggunakan WordPress sebagai web builder-nya!

Salah satu kelebihan WordPress adalah selain mudah digunakan dan dipahami oleh pemula, juga menyediakan ruang bagi profesional untuk mengembangkan website mereka lebih jauh lagi.

  • Kelebihan WordPress
    • Menyediakan ratusan template gratis dan berbayar dengan lebih dari 60 elemen website yang bebas digunakan sesuai kebutuhan.
    • Memiliki banyak plugin gratis yang memungkinkan untuk mengembangkan blog dari waktu ke waktu.
    • Menyediakan custom domain gratis.
    • Terdapat fitur customizer bawaan untuk menambahkan judul situs, widget, menu navigasi, dan lain sebagainya.
    • Ada fitur Built-in social sharing membuat Anda bisa membagikan konten ke akun media sosial dengan mudah.
  • Kekurangan WordPress
    • Bukan aplikasi pembuat website drag-and-drop yang intuitif seperti Wix atau Weebly.
    • Membutuhkan web hosting terpisah.
    • Tidak direkomendasikan untuk membuat e-commerce.

4. SITE123

website builder gratis

SITE123 adalah salah satu website builder gratis yang mempermudah Anda membangun website.

Bisa dikatakan SITE123 merupakan pembuat website paling simpel dan efisien yang pernah ada, karena tidak menyediakan pilihan template seperti website builder lainnya.

Karena tidak menyediakan template, Anda harus memilih jenis situs web dari kategori berbeda yang menggambarkan website seperti apa yang Anda butuhkan. Apakah website untuk kumpulan portofolio, musik, CV, atau blog?

Setelah itu akan muncul desain situs web standar sesuai yang Anda pilih dan bisa diedit bebas menggunakan alat yang disediakan.

  • Kelebihan SITE123
    • Meski aplikasi pembuat web ini gratis, namun tidak ada iklan dalam platform-nya.
    • Menyediakan bantuan 24/7 melalui fitur chat.
  • Kekurangan SITE123
    • Nama domain yang diberikan berakhiran ‘.me’ dan tidak bisa menggunakan TLD seperti ‘.com’.
    • Pilihan template yang terbatas sehingga tampilannya terkesan monoton.

Rekomendasi Website Builder Gratis Terbaik

Selain keempat aplikasi pembuat situs web yang sudah direview pada bagian atas, sebenarnya masih banyak lagi website builder lainnya.

Lalu jika Anda masih bingung hendak mengambil platform yang mana, maka WordPress adalah website builder gratis terbaik yang direkomendasikan untuk Anda.

Selain digunakan oleh mayoritas situs di seluruh dunia, WordPress dibangun khusus untuk aktivitas blogging sehingga fitur pendukung blog yang luas secara otomatis terintegrasi di dalam builder ini.

Diantaranya seperti fitur analitik, search, komentar, kategori tampilan, pengarsipan, dan masih banyak lagi. Kesemua ini menjadikan WordPress adalah pilihan terbaik sebagai aplikasi pembuat web yang gratis, bahkan untuk pemula sekalipun.

Baca Juga 8 Langkah Mudah Membuat Website dengan Worpdress Disini!

Setelah Anda memahami dan mendapatkan contoh website builder gratis, Anda bisa segera memulai proyek pembuatan website pertama Anda dengan mudah.

jasa website

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada rekan-rekan Anda yang masih bingung memilih website builder gratis bagi situs mereka!

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian