Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Redirect Website: Tips dan Trik untuk Meningkatkan CTR

Redirect Website: Tips dan Trik untuk Meningkatkan CTR

Daftar Isi

Redirect menjadi salah satu cara meningkatkan CTR, atau Click-Through Rate, pada website Anda. Melalui teknik pengalihan ini, SEO pada website akan mendapatkan dukungan yang dibutuhkan untuk mempertahankan website pada halaman mesin pencari.

Bahkan, tingkat efektivitasnya pun mampu mencapai 99%. Oleh sebab itu, memanfaatkan teknik ini untuk meningkatkan traffic adalah keputusan tepat.

Lalu, bagaimana cara menggunakan teknik pengalihan? Ketahui dengan menyimak terlebih dahulu pengertian, manfaat, hingga jenis pengalihan berikut ini.

Apa Itu Redirect Website

Teknik redirect, atau bisa Anda pahami sebagai pengalihan, merupakan teknik yang bertujuan untuk mengalihkan pengunjung suatu website ke alamat web (URL) yang berbeda dari alamat web asalnya.

Ilustrasi penerapan pengalihan dapat Anda bayangkan ketika terdapat sebuah blog yang alamatnya merupakan nama.website.com, lalu apabila Anda alihkan maka alamat akan menjadi website.com/nama.

Jadi, pengunjung yang mengakses blog tersebut diarahkan dan dipindahkan ke situs lain.

Teknik redirect pada website diterapkan bisa dikarenakan beberapa sebab, mulai dari sedang merencanakan perubahan pada website, ingin menghapus halaman tertentu pada website, ingin menyederhanakan struktur URL, hingga ingin mengganti domain dengan mempertahankan isi websitenya.

Manfaat Menggunakan Redirect Website

Setelah memahami apa itu redirect, Anda pun perlu memahami manfaat dari penggunaan teknik pengalihan tersebut.

Selain dapat mendukung optimasi SEO pada website, teknik pengalihan memiliki kegunaan sebagai berikut.

  • Menjaga Aksesibilitas Sebuah Website

Apabila sebuah website mengalami pergantian atau penghapusan domain, maka risiko terjadi Error 404 saat pengunjung mengakses website cukup tinggi.

error 404

Bila hal tersebut terjadi, maka tinggi pula risiko web mengalami penurunan pengunjung sebab seringkali pengunjung tidak berinisiatif mencari alternatif alamat web.

Nantinya, kredibilitas website akan semakin melemah jika dibiarkan terus menerus. Tentunya hal tersebut sangat merugikan, terutama bagi Anda yang memiliki toko online.

Baca Juga: Cara Membuat Website E-Commerce yang Mudah

Maka dari itu, teknik redirect perlu Anda gunakan untuk menjaga kredibilitas web.

Sehingga, pengunjung yang mengakses web dengan alamat yang sudah kedaluwarsa akan dikirim ke alamat website yang benar dan terkini.

  • Menjaga Reputasi Sebuah Website

Suatu website yang sudah memiliki reputasi dengan memiliki peringkat yang bagus di mesin pencari, khususnya Google, perlu Anda jaga dan pelihara sebab mencapai titik tersebut butuh usaha yang tidak mudah.

Namun, ketika terjadi perubahan pada website yang mengharuskan pengalihan, Anda tidak perlu khawatir reputasi website akan sia-sia.

Anda bisa menerapkan redirect domain, yang memungkinkan pemindahan website atau halaman ke domain baru dengan permanen tanpa mengorbankan reputasi website.

Bahkan, pengalihan domain tersebut akan membantu website untuk mempertahankan reputasinya dengan tingkat efektivitas yang mencapai 99%.  

  • Mengenalkan Domain Baru Website pada Mesin Pencari

Tidak hanya pengunjung website yang akan diuntungkan dari penerapan teknik pengalihan, namun juga mesin pencari. Algoritma mesin pencari terhadap website Anda akan menyadari bahwa domain sudah berubah.

Sehingga, secara bertahap algoritma akan memunculkan domain baru sebagai alamat domain yang utama ketika terdapat kata kunci yang mengarah kepada website Anda.

Jenis-jenis Redirect Website

Terdapat beberapa jenis teknik redirect atau teknik pengalihan yang bisa Anda gunakan, namun umumnya jenis redirect berikut ini paling banyak berlaku dengan ketentuan status dan durasi yang berbeda.

redirect

1. Redirect 301

Jenis teknik pengalihan ini memindahkan secara permanen suatu website atau halaman pada situs dari satu alamat ke alamat yang lain.

Lebih tepatnya, pengalihan ini memindahkan isi website dari domain yang lama ke website dengan domain baru secara permanen.

Umumnya, website dengan penerapan teknik pengalihan 301 akan butuh waktu yang cukup panjang hingga akhirnya dapat dikenali oleh mesin pencari, khususnya Google.

Adapun kondisi yang mengharuskan penerapan pengalihan 301 adalah sebagai berikut:

  • Ingin membuat alamat situs perusahaan yang terpusat, agar domain utama dapat naik peringkatnya
  • Ingin melakukan penggantian nama domain lama menjadi domain baru
  • Ingin mengoptimalkan salah satu dari dua website yang dimiliki
  • Ingin mengalihkan domain yang bukan ‘www’, ke domain dengan ‘www’ di depannya

2. Redirect 302 Temporary

Selain 301, terdapat redirect 302 temporary atau pengalihan 302 sementara. Seperti namanya, teknik yang satu ini memiliki sifat sementara.

Jadi, tidak permanen seperti jenis pengalihan 301 sebab memiliki rencana untuk kembali ke alamat sebelumnya.

Penerapan pengalihan jenis ini akan diidentifikasi dengan alamat asli dan bukan indeks tujuan seperti yang terjadi pada pengalihan 301. Kondisi yang bisa menggunakan pengalihan jenis ini yaitu:

  • Website sedang dalam pemeliharaan atau maintenance
  • Halaman penjualan website berada pada halaman yang alamatnya dialihkan
  • Ingin pengguna berkunjung ke halaman website lain dengan tetap membuat alamat asli diindeks

Cara Menggunakan Redirect Website

Pengalihan website dapat Anda lakukan melalui fitur Redirect yang terdapat pada control panel hosting, atau cPanel.

Untuk ilustrasi, contoh penggunaan akan memakai nama domain website berupa percobaanwebsite.com lalu google.com sebagai tujuan pengalihan nya.

Masuk ke cPanel

Gunakan akun hosting yang Anda miliki untuk masuk, atau login, ke cPanel. Cari area member untuk melakukannya.

Setelah itu, Anda bisa klik ‘Kelola Layanan’ di akun hosting. Ketika sampai di halaman selanjutnya, klik pilihan ‘Lihat Semua Menu cPanel’. Anda akan menuju ke dashboard cPanel secara otomatis. 

Pilih Opsi Redirects

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah mencari menu Redirects, kemudian klik dan buka menu tersebut.

cara melakukan redirect website

Tentukan Tipe Redirect 

Terdapat tipe pengalihan temporary (sementara) dan tipe permanent (selamanya).

Masing-masing penjelasan dari dua tipe tersebut yakni sebagai berikut:

  • Tipe Temporary

Pengalihan tipe ini fungsinya untuk memberitahu mesin pencari bahwa alamat website telah diubah. Pada pengunjung browser, tampilan alamat lama akan muncul lebih dahulu sebelum dialihkan.

  • Tipe Permanent

Sedangkan, pengalihan tipe permanen berfungsi agar mesin pencari dan pengunjung mengetahui alamat website telah diubah secara tetap.

Sehingga, setiap pengunjung yang mengakses web akan diarahkan ke alamat web yang baru.

redirect pada website

Arahkan ke Domain Baru

Pilih menu dropdown dengan tulisan https?://(www.)? Untuk menentukan domain yang akan Anda alihkan. Bila Anda memilih ‘All Public Domains’, maka redirect berlaku pada semua domain yang berada di control panel hosting.

Sedangkan, untuk opsi ‘Your chosen domain name’, Anda akan memilih domain tertentu sebagai target pengalihan. Kemudian, masukkan slug website Anda pada kolom yang tertera apabila ingin mengalihkan subfolder spesifik.

Bila memasukkan subfolder, maka link pengalihan akan terlihat sebagai https://percobaanwebsite/subfolder. Namun, Anda bisa mengosongkannya bila Anda ingin mengarahkan pengalihan ke domain pusat atau utama.

Pada kolom ‘Redirects to’, ketik alamat tujuan pengalihannya. Sesuai ilustrasi, maka Anda bisa memasukkan alamat http://google.com. Tahap inilah yang membuat pengunjung website otomatis teralihkan ke web Anda yang baru.

Sebagai catatan, Anda wajib tambahkan http:// di depan nama domain sehingga hal tersebut wajib dan jika tidak akan muncul peringatan.

Konfigurasi ‘www’

Setelah itu, akan ada penentuan ‘www.redirection’, yang mengharuskan Anda memilih satu dari tiga pilihan berikut ini:

cara melakukan redirect website

  • Only redirect with www

Opsi pertama akan memproses redirect jika akses domain dengan penggunaan ‘www’.

Misalnya, pengalihan akan terjadi bila Anda mengetik www.percobaanwebsite.com/subfolder pada browser.

  • Redirect with or without www

Opsi kedua menggabungkan opsi pertama dan ketiga, yang artinya pengalihan tetap akan terjadi tanpa memperhatikan keberadaan ‘www’.

Pilihan ini adalah yang paling disarankan sebab lebih efektif dan efisien penerapannya, serta bisa meningkatkan CTR ke alamat tujuan pengalihan.

  • Do Not Redirect www

Opsi ketiga bertujuan mengalihkan alamat yang tidak terdapat ‘www’ di depan nama domainnya. Misalnya, redirect akan terjadi pada saat Anda mengetik percobaanwebsite.com/subfolder di browser.

Pengecekan Redirect

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, Anda bisa mengecek apakah alamat yang Anda gunakan dalam pengalihan bekerja atau tidak.

Caranya sederhana, cukup akses alamat atau URL yang telah Anda atur sebagai tujuan pengalihan melalui browser.

Kesimpulan

Demikian cara-cara redirect website lengkap dengan pengertian, manfaat, serta jenis dari redirect website tersebut. Anda sebaiknya segera menerapkan teknik ini apabila melakukan perubahan pada website, seperti khususnya perpindahan domain.

Sebab, jika tidak segera mengatur dan menerapkan pengalihan website maka akan cukup signifikan dampaknya pada kredibilitas website maupun SEO di dalamnya.

Namun, tetap pastikan Anda sudah riset terlebih dahulu agar menemukan teknik pengalihan yang paling tepat untuk kondisi website Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menyediakan informasi yang Anda butuhkan tentang redirect website. Kunjungi blog kami untuk mengakses artikel menarik lainnya seputar website.

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page