Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Technical SEO: Dasar-Dasar yang Perlu Diketahui Pemilik Website

Technical SEO: Dasar-Dasar yang Perlu Diketahui Pemilik Website

Technical SEO

Daftar Isi

Dalam memaksimalkan SEO, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Salah satu faktor penting dalam menilai peringkat suatu website yaitu melalui technical SEO.

Meski Anda telah membuat berbagai konten yang bagus, namun rasanya akan sia-sia atau kurang maksimal jika konten tersebut tidak dapat dikunjungi dengan mudah.

Maka dari itu, sebaiknya Anda memastikan bahwa website Anda telah optimal untuk mencapai peringkat tinggi. SEO teknis akan membuat Anda lebih mudah mencapai hal tersebut.

Temukan penjelasan selengkapnya melalui artikel satu ini dan pastikan lebih banyak orang berkunjung ke website Anda!

Apa Itu Technical SEO?

Technical SEO merupakan salah satu upaya penting yang dapat dilakukan supaya mesin pencari akan lebih mudah untuk menemukan sebuah website.

Selanjutnya, mesin pencari pun akan lebih mudah untuk memahami lebih lanjut tentang isi halaman dan dapat memicu untuk meningkatkan peringkatnya.

Dengan adanya penerapan SEO teknis ini, maka Anda dapat memastikan bahwa tidak ada kendala dalam website yang menghambat mesin pencari untuk menemukan halaman Anda.

Technical SEO

Mengapa Technical SEO Penting?

Technical SEO adalah upaya dalam menguatkan fondasi dari sebuah website, sehingga tidak ada kendala teknis yang membuatnya sulit ditemukan oleh mesin pencari. 

Meski sebuah website telah menyajikan konten yang bagus dengan penulisan yang menerapkan berbagai aspek SEO, namun jika masih ada masalah secara teknis, maka konten tersebut bisa jadi terhambat untuk mendapat peringkat tinggi di mesin pencari.

Baca Juga: 5 Cara Menulis Artikel SEO Bahasa Indonesia yang Efektif

Maka dari itu, technical SEO adalah hal yang sebaiknya Anda perhatikan dengan serius.

Berikut adalah berbagai manfaat lain dari SEO teknis yang juga penting untuk diketahui:

  • Website Anda akan lebih sejalan dengan Guidelines Webmaster dari mesin pencari Google;
  • Mencegah mesin pencari untuk menemukan berbagai halaman yang sebenarnya tidak ingin dipaparkan kepada pengunjung;
  • Mempermudah mesin pencari untuk melakukan penelusuran menyeluruh terhadap setiap halaman yang ada di website;
  • Dengan loading yang menjadi lebih cepat, maka berbagai interaksi bersama pengguna pun dapat lebih ditingkatkan;
  • Tampilan website dapat menjadi lebih menarik sehingga pengunjung tidak mudah bosan;
  • Pengguna akan merasa lebih nyaman ketika berkunjung, lalu dapat memicu mereka untuk berkunjung lagi lain waktu;
  • Konten yang telah dibuat dan disajikan dalam website akan lebih mudah untuk dipahami oleh mesin pencari;
  • Tampilan website dapat lebih menyesuaikan dengan berbagai perangkat yang digunakan oleh pengunjung, sehingga tetap terlihat menarik dan nyaman dinikmati.

Macam-Macam Aspek Technical SEO

Ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan optimasi terhadap SEO teknis, yaitu sebagai berikut:

Aspek technical seo

  • Crawlability

Pertama, ada crawlability yang menentukan seberapa mudahnya mesin pencari untuk melakukan crawling terhadap suatu website.

  • Indexing

Kedua, ada indexing yang yang menilai seberapa baik suatu halaman dapat di-index dan dipahami oleh mesin pencari.

  • Renderability

Selanjutnya, ada rendarability yang merupakan kemampuan dari mesin pencari untuk mengakses atau melakukan rendering, menilai konten yang ada di dalam website, memahami layout atau tata letak yang telah dibuat, serta menjalankan berbagai kode di sana.

  • Ranking

Terakhir, tentu saja ada ranking yang merupakan peringkat dari suatu website di mesin pencarian.

Baca Juga: Cara Meningkatkan SEO dengan Konten yang Berkualitas

Tips untuk Optimasi Technical SEO

Sebenarnya, ada berbagai tips untuk melakukan optimasi terhadap SEO teknis ini, berikut penjelasan lebih lengkapnya untuk Anda:

Optimasi technical seo

  • Manfaatkan HTTPS

Jika ingin mendapatkan keamanan yang baik untuk website Anda, maka HTTPS adalah hal yang tepat untuk dimanfaatkan.

Berbagai informasi sensitif dapat terlindungi dengan menggunakan HTTPS, misalnya kata sandi dan data pribadi yang diberikan ketika membuat atau mengelola website.

  • Tingkatkan Kecepatan

Untuk menerapkan technical SEO dan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, maka kecepatan adalah faktor penting yang tidak bisa diabaikan.

  • Pastikan Anda Hanya Memakai Satu Versi Website

Sebagian orang mungkin memiliki lebih dari satu website. Namun, untuk jenis atau konten yang sama atau serupa, pastikan bahwa Anda hanya memiliki satu versi website.

Jika Anda memiliki lebih dari satu, dengan nama dan konten serupa, maka hal tersebut akan mempersulit pengguna untuk melakukan akses yang tepat.

Selain itu, website Anda juga dapat berpotensi menjadi konten plagiasi, sehingga dapat berdampak buruk terhadap technical SEO dan kinerja di mesin pencari.

  • Perbaiki jika Ada Masalah Duplikasi

Ketika mengelola konten website, maka penting untuk memastikan bahwa tidak ada konten duplikat di sana. Maksud dari konten duplikat adalah konten yang sama persis atau serupa, namun diunggah lebih dari satu kali sehingga terdeteksi sebagai duplikasi.

Hal ini bisa menjadi masalah untuk technical SEO, sehingga website Anda menjadi lebih sulit untuk mencapai peringkat atas di mesin pencari. Maka dari itu, jika ternyata ada konten duplikat, sebaiknya Anda segera melakukan perbaikan.

Baca Juga: Cara Menerapkan SEO Link Building yang Baik

  • Pastikan Website Ramah untuk Pengguna Seluler

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan dalam technical SEO yaitu pastikan bahwa website Anda telah diatur untuk dapat dibuka dari berbagai jenis perangkat, termasuk perangkat seluler.

Dalam hal ini, tampilan menjadi aspek yang langsung terlihat oleh pengguna. Jika tidak diatur dengan baik, maka website tersebut akan bermasalah atau tidak nyaman untuk diakses melalui seluler.

Padahal, inilah salah satu indikator penilaian yang dilakukan oleh mesin pencari.

  • Terapkan Sistem Data Terstruktur

Selanjutnya, pastikan bahwa Anda telah menerapkan sistem data yang terstruktur. Dengan struktur yang baik, maka mesin pencari akan lebih mudah untuk membaca dan memahami isi halaman dari website Anda.

  • Perbaiki Halaman yang Rusak

Halaman yang rusak dapat menyebabkan berbagai masalah pada technical SEO, salah satunya yaitu menyebabkan website memberikan pengalaman pengguna yang buruk.

Selain itu, hal ini juga bisa membuat halaman atau website akan lebih sulit untuk terbaca mesin pencari.

Segera perbaiki jika memang ada permasalahan halaman ini, atau Anda juga bisa menghapus halaman tersebut jika diperlukan. 

  • Untuk Konten dalam Berbagai Bahasa, Pakai HReflag

Jika ada berbagai bahasa yang Anda gunakan dalam satu website, maka penting untuk menggunakan tag HReflag yang merupakan atribut untuk penentuan bahasa.

Selain itu, hal ini juga dapat berpengaruh terhadap penargetan pengunjung jika dilihat dari aspek geografis.

Kesimpulan

Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, maka tentunya Anda telah lebih memahami tentang technical SEO. Secara umum, inilah sebuah upaya yang dapat membantu Anda untuk memperkuat fondasi website dan meminimalisir berbagai kendala teknis.

Website dan berbagai halamannya pun selanjutnya akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Ada berbagai alasan penting atau manfaat dari SEO teknis ini, sehingga berbagai upaya optimasi di atas pun layak untuk diperhatikan dan diterapkan. Dengan lebih memahami hal ini, maka pengelolaan website pun dapat berjalan dengan lebih maksimal.

Pada dasarnya, setiap pemilik atau pengelola website sebaiknya memang memahami technical SEO. Anda pun dapat menyebarluaskan informasi ini kepada orang-orang terdekat yang berkutat di bidang tersebut.

Selain itu, berbagai informasi dan tips tentang SEO dan Konten dapat Anda baca di sini!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page