7 Langkah Jitu Membuat Strategi Konten Marketing

langkah membuat strategi konten

Daftar Isi

Langkah-Langkah Menyusun Strategi Konten Marketing

Tahapan menyusun strategi konten marketing bisa dimulai dengan memahami prinsip dasar marketing, kemudian tetapkan tujuan, tentukan jenis platform, lakukan brainstorming, tentukan jenis konten, buat jadwal rilis, dan lakukan audit.

Sebelum konten marketing dibuat dan dirilis ke publik, maka harus ada perencanaan yang matang. Untuk lebih jelasnya, pahami langkah-langkah berikut ini:

Langkah Penyusunan Strategi Konten Marketing

1. Pahami Tiga Prinsip

Ada tiga prinsip penting yang harus dipahami sebelum menyusun strategi pembuatan konten untuk keperluan marketing ini. Pertama, pahami target audiens Anda agar pembuatan konten bisa tepat sasaran. Jika sudah dipahami siapa target audiensnya maka akan jauh lebih mudah untuk menyusun konten yang tepat dan menarik.

Kedua, pahami masalah apa yang dihadapi oleh target audiens. Tentu saja produk atau jasa yang ditawarkan ini nantinya akan menjadi solusi dari masalah mereka. Konten yang akan dibuat nanti harus bisa menunjukkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan ini akan menjadi solusi terbaik dari masalah tersebut.

Ketiga, tunjukkan keunikan produk Anda. Pembuatan konten marketing harus bisa menampilkan keunikan dari produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu audiens bisa melihat bahwa produk tersebut unik dan memang layak untuk dibeli.

2. Tetapkan Tujuan

Setelah memahami tiga prinsip tadi, langsung tetapkan tujuan pembuatan strategi konten marketing ini. Tentu saja pembuatan konten marketing harus memiliki tujuan yang jelas agar punya arah yang matang. Tujuannya harus spesifik, apa yang ingin diraih dari strategi pembuatan konten marketing ini. Lalu pastikan tujuan tersebut juga punya arah yang jelas agar lebih terstruktur.

Selanjutnya, gunakan angka pasti dalam menentukan tujuan ini. Misalnya berapa banyak target penjualan yang ingin diraih nantinya. Jangan lupa, sertakan juga deadline atau batas waktu tujuan tersebut bisa tercapai. Langkah ini dilakukan agar proses pembuatan konten benar-benar optimal dan bisa mencapai target.

3. Tentukan Jenis Platform

Jika konten marketing nanti sudah selesai dibuat, kemana konten ini akan didistribusikan? Hal ini tentu saja harus dipikirkan terlebih dahulu agar Anda tahu arah pembuatan konten tersebut. Tentukan platform mana yang akan digunakan untuk mendistribusikan konten.

Ada banyak sekali pilihan platform untuk merilis konten marketing bisnis Anda. Mulai dari media sosial yang jenisnya saja sangat beragam hingga blog. Sebaiknya, pilihan platform ini juga disesuaikan dengan jenis produk yang disediakan dan target audiens yang sudah ditentukan sebelumnya.

strategi content marketing

4. Lakukan Brainstorming

Salah satu langkah strategi konten marketing adalah melakukan brainstorming. Langkah ini sangat penting dan akan menentukan kualitas konten marketing yang akan dibuat nanti. Proses brainstorming atau pencarian ide ini akan menentukan seperti apa konten yang akan Anda sajikan kepada audiens.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan di tahap ini. Mulai dari menonton banyak video konten marketing sebagai inspirasi hingga membaca sumber-sumber terpercaya mengenai konten marketing. Jangan lupa, dalam tahap ini juga harus dilakukan riset kata kunci untuk mengoptimalkan performa konten jika nantinya berhasil dirilis.

5. Tentukan Jenis Konten

Perlu dipahami bahwa ada banyak jenis konten yang bisa dibuat untuk kepentingan marketing. Tentukan dulu jenis konten yang akan dibuat, apakah konten video, blog, e-book, unggahan media sosial, podcast, dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa pilihan jenis konten ini akan bekerja efektif untuk melancarkan strategi marketing Anda.

Setiap jenis konten memiliki performa yang berbeda-beda. Tentu perlu dilihat kembali siapa target konsumen Anda sehingga bisa diambil pilihan jenis konten yang tepat. Pahami juga kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe konten sehingga bisa diambil pilihan terbaik.

6. Buat Jadwal Rilis

Jika semua konsep sudah siap maka segera buat jadwal rilis konten. Penentuan jadwal ini sangat penting dalam perencanaan strategi konten marketing. Jika tidak ditentukan jadwal rilis maka pembuatan konten bisa terlalu lama dan tidak terarah. Kondisi ini bisa menyebabkan strategi marketing jadi berantakan dan akan berpengaruh pada performa bisnis Anda.

Pembuatan jadwal rilis ini juga penting untuk menghindari terjadinya overlapping konten. Perilisan konten yang jaraknya terlalu berdekatan juga tidak akan memberikan hasil yang bagus. Sebaiknya perilisan konten dibuat berjarak supaya audiens bisa menikmatinya dengan baik dan informasi bisa tersampaikan secara optimal.

7. Lakukan Audit

Jika nantinya konten marketing sudah berhasil dirilis, maka jangan lupa untuk merencanakan proses audit. Langkah audit ini sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk evaluasi konten. Cari tahu apakah konten yang dirilis bekerja efektif meningkatkan traffic dan penjualan atau tidak.

Hasil audit ini bisa dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan konten marketing selanjutnya. Penting sekali untuk terus melakukan perbaikan agar konten yang dihasilkan bisa bekerja efektif bagi keberlangsungan bisnis Anda. Jika konten telah bekerja efektif maka susun rencana lain yang bisa memberi keuntungan lebih besar lagi.

contoh ide content marketing

Contoh Ide Content Marketing

Ada banyak sekali contoh ide content marketing yang bisa Anda temukan sebagai inspirasi seperti, menyajikan cerita dalam video, ajak influencer, tampilkan gambar dengan resolusi tinggi, dan gunakan ide personalisasi. Berikut penjelasannya:

  1. Sajikan Cerita dalam Video

Salah satu ide konten yang sangat umum ditemui saat ini adalah sajian cerita dalam bentuk video. Banyak sekali brand yang memanfaatkan jenis konten ini sebagai ide marketing. Perlu diketahui bahwa masyarakat memang sangat menyukai sajian cerita berupa video.

Salah satu contohnya adalah brand sirup Marjan yang sering membuat video iklan berupa alur cerita. Mereka membuat alur cerita bersambung untuk iklan yang ditampilkan. Ini membuat audiens ikut menikmati alur cerita dan memiliki keinginan untuk melihat kelanjutannya.

  1. Ajak Influencer

Ide pembuatan konten marketing berikutnya adalah dengan melibatkan influencer. Zaman sekarang ini influencer punya pengaruh yang sangat besar, bahkan bisa lebih besar daripada public figure atau artis. Salah satu brand yang menggunakan influencer dalam konten marketing-nya adalah Olay. Mereka membuat campaign #FaceAnything dan membagikan video yang menampilkan 9 influencer.

  1. Tampilkan Gambar Resolusi Tinggi

Audiens juga suka melihat gambar-gambar cantik dengan resolusi tinggi. Jenis konten marketing seperti ini juga dapat bekerja efektif. Produk yang ditampilkan bisa terlihat jelas sehingga membuat audiens tertarik. Salah satu brand yang menggunakan strategi konten marketing ini adalah Rolex. Lihat saja akun media sosial mereka yang menampilkan foto-foto produk beresolusi tinggi.

  1. Gunakan Ide Personalisasi

Anda juga bisa membuat ide konten marketing yang mengangkat konsep personalisasi. Salah satu contohnya adalah brand Coca Cola yang sempat menawarkan produk minuman mereka dengan botol bertuliskan nama-nama. Ini bisa menjadi salah satu ide konten marketing yang efektif untuk menarik minat audiens.

Perencanaan strategi konten marketing ini harus dilakukan sebaik mungkin. Tentukan konten marketing seperti apa yang paling sesuai dengan konsep bisnis Anda. Semakin tepat sasaran maka semakin besar juga efektivitas yang akan diberikan oleh langkah marketing ini.

Anda bisa menggunakan jasa content marketing profesional yang banyak tersedia seperti Indonesian Writer. Segera hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan konten yang Anda butuhkan.

Demikian penjelasan tentang langkah pembuatan strategi konten marketing. Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak orang yang tahu tentang informasi ini.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo