Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Mengenal Apa itu Google E-E-A-T dan Perbandingannya dengan AI

Mengenal Apa itu Google E-E-A-T dan Perbandingannya dengan AI

google eeat

Daftar Isi

Dalam ranah SEO, Google E-E-A-T atau EEAT memainkan peran krusial dalam menentukan kualitas dan kredibilitas halaman web. Sebelumnya, Google menerapkan indikator lain yang disebut sebagai E-A-T.

Namun, apa sebenarnya EEAT, apa bedanya dengan EAT, dan mengapa aspek ini begitu penting dalam optimasi mesin pencari? Untuk memahami lebih lanjut, Anda bisa membaca ulasan berikut ini sebagai panduan lengkapnya!

Mengapa E-E-A-T Itu Penting?

Pada dasarnya, EEAT menjadi krusial karena Google menggunakan Quality Raters, yaitu manusia yang mewakili pengguna untuk menilai kualitas suatu halaman web. Panduan Quality Rater dari Google sangat menekankan penggunaan EEAT sebagai faktor penilaian.

Google bekerja bersama sekitar 16.000 Search Quality Raters yang bertugas menilai suatu halaman berdasarkan ketentuan Google. Ketika Quality Raters menilai suatu halaman, mereka akan mempertimbangkan sejauh mana halaman tersebut memenuhi kriteria EEAT.

Jadi, secara keseluruhan E-E-A-T adalah pondasi untuk menilai kualitas konten secara holistik. Apalagi saat ini, Google dan mesin pencari lainnya semakin menyesuaikan algoritma mereka untuk menghargai konten yang tidak hanya informatif tetapi berkualitas.

Konten tersebut harus dihasilkan oleh individu atau entitas yang memiliki pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan dalam topiknya. Inilah mengapa penerapan prinsip EEAT sangat penting untuk mencapai peringkat lebih baik dalam hasil pencarian.

Apa itu google EEAT

Apa itu Google E-E-A-T dalam SEO?

Secara lebih spesifik, ini singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Sederhananya, ini merupakan pilar fundamental dalam menilai kualitas sebuah halaman web.

Hal ini berbeda dengan konsep E-A-T yang hanya mencakup Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness saja. Lalu, apa maksud dari keempat poin tersebut? Berikut ini hal yang harus Anda pahami:

  • Experience (Pengalaman)

Cakupan konsep Experience dalam E-E-A-T adalah sejauh mana pembuat konten memiliki pengalaman langsung yang relevan terhadap topik yang dibahas. Pengalaman di sini tidak hanya mencakup pengetahuan, tetapi juga kedalaman pengalaman praktis.

Artinya, seorang pembuat konten artikel berbasis SEO harus mampu menyajikan informasi dengan cara yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna, agar informasinya tersampaikan secara lebih jelas, ringkas, dan mudah dipahami.

  • Expertise (Keahlian)

Selanjutnya, aspek Expertise dalam E-E-A-T menuntut evaluasi terhadap pengetahuan dan keterampilan pembuat konten terkait dengan suatu topik yang ditulis atau diulas.

Penulis harus memiliki pemahaman komprehensif tentang materi yang dibahas, dan informasi yang disajikan harus didukung keahlian faktual. Jadi, keahlian penulis harus lebih tinggi untuk memastikan kontennya dapat diandalkan (reliable) dan bermanfaat.

  • Authoritativeness (Otoritas)

Menurut konsep E-E-A-T, authoritativeness melibatkan penilaian sejauh mana seorang pembuat konten atau suatu situs web dianggap sebagai sumber yang terpercaya dalam topik yang sedang dibahas.

Otoritas yang tinggi biasanya dibangun melalui kombinasi dari berbagai faktor seperti Experience, kredibilitas, dan rekam jejak yang konsisten dalam memberikan informasi yang akurat dan valuable (berharga).

  • Trustworthiness (Kepercayaan)

Terakhir, Trustworthiness merupakan kriteria paling penting dalam Google E-E-A-T. Ini membantu mengevaluasi sejauh mana sebuah halaman atau situs web dapat dipercaya oleh audiens dari segi akurasi dan informasi yang disajikan.

Saking pentingnya, sebuah halaman web dengan tingkat kepercayaan yang rendah akan memiliki skor E-E-A-T yang rendah meskipun tingkat Experience, Expertise, dan Authoritativeness yang dimiliki cukup tinggi.

Baca Juga: Strategi SEO Tahun 2024

Level Evaluasi Google E-E-A-T

Lalu, bagaimana cara Google menilai atau mengevaluasi tingkat Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness dari suatu halaman website? Secara spesifik, tingkat evaluasi Google terkait prinsip ini dibagi menjadi 4 level berikut:

Evaluasi google eeat

  • Lowest E-E-A-T

Tingkat ini mencerminkan bahwa suatu halaman atau konten memiliki kekurangan dalam satu atau lebih pada aspek EEAT.

Lowest E-E-A-T Ini bisa disebabkan oleh tidak adanya pengalaman pengguna yang relevan, keahlian yang tidak memadai, kurangnya otoritas, atau kurangnya tingkat kepercayaan audiens terhadap informasi yang disajikan

Perlu diperhatikan bahwa konten dengan level terendah kemungkinan besar akan mendapatkan peringkat rendah dalam hasil pencarian.

  • Lacking E-E-A-T

Jika suatu halaman dianggap sebagai kategori Lacking EEAT oleh Google, hal itu menunjukkan bahwa sudah ada upaya untuk memenuhi beberapa kriteria yang ada, tetapi masih ada kelemahan yang signifikan.

Contoh upaya dalam level E-E-A-T ini yakni kemungkinan adanya kekurangan dalam memberi pengalaman pengguna yang maksimal, kurangnya expertise, atau ketidakjelasan dalam membuktikan otoritas dan kepercayaan.

Meski sudah sedikit lebih baik dibanding level sebelumnya, halaman dengan kategori ini kemungkinan masih akan mendapatkan peringkat rendah hingga sedang.

  • High Level E-E-A-T

Tingkat ini mencerminkan bahwa suatu halaman atau konten artikel sudah memenuhi standar yang baik dalam hal Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness.

Dalam hal ini yaitu sudah ada bukti yang kuat tentang pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan audiens terhadap web tersebut.

Secara umum, konten dengan skor High Level E-E-A-T memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, bahkan cenderung akan direkomendasikan oleh mesin pencari.

  • Very High Level E-E-A-T

Dibanding tiga kategori sebelumnya, ini adalah tingkat tertinggi dari semua level evaluasi Google Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness.

Halaman dengan kategori Very High Level E-E-A-T umumnya sudah memberikan bukti yang sangat kuat tentang adanya pengalaman mendalam, keahlian tinggi dari pembuat konten, memiliki otoritas yang jelas, dan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Itu sebabnya, halaman dengan tingkat ini memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan peringkat puncak dalam hasil pencarian.

Cara Mengetahui Website Sudah Menerapkan E-E-A-T

Dengan memahami 4 tingkatan evaluasi di atas, diharapkan pembuat konten dan pengelola situs web dapat meningkatkan kualitas konten mereka.

Lalu, bagaimana cara mengetahui suatu website sudah menerapkan keempat aspek tersebut? Ini dia rinciannya:

  • Cara Cek Experience

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek tingkat Experience dalam E-E-A-T, di antaranya:

  • User Experience: Gunakan tools seperti Pagespeed untuk mengevaluasi sejauh mana halaman web memberikan pengalaman yang cepat dan responsif bagi pengguna.
  • Mobile Friendliness: Cek apakah web tersebut sudah bersifat mobile-friendly dengan cara mengaksesnya melalui perangkat mobile.
  • Pengalaman Penulis: Telusuri latar belakang penulis di halaman web untuk memeriksa apakah mereka memiliki pengalaman dan pengetahuan yang relevan dengan topik yang dibahas.
  • Cara Cek Expertise

Untuk memeriksa tingkat Expertise dalam E-E-A-T, Anda bisa menerapkan 2 cara berikut ini:

  • Visual Konten: Periksa setiap konten secara visual, terutama pada topik Your Money or Your Life (YMYL). Contohnya untuk konten di niche medis, sebaiknya diulas atau ditulis langsung oleh seorang dokter.
  • Konsensus Google: Pada beberapa kasus, Google dapat menggunakan konsensus untuk mengevaluasi keakuratan informasi pada halaman web.
  • Cara Cek Authoritativeness

Selanjutnya untuk aspek otoritas atau Authoritativeness dalam E-E-A-T, Anda bisa mengeceknya dengan 2 metode berikut:

  • Pemeriksaan Visual: Tinjau otoritas situs web dengan memeriksa konten secara visual. Coba periksa sitemap.xml untuk melihat apakah ada konten yang tidak relevan dengan kategori dari suatu niche.
  • Prioritas Google: Pada topik YMYL, Google dapat memberikan prioritas kepada situs resmi. Contohnya kata kunci medis akan diprioritaskan ke web rumah sakit atau lembaga pemerintahan tertentu.
  • Cara Cek Trustworthiness

Terakhir, tingkat kepercayaan suatu halaman dalam E-E-A-T bisa diketahui dengan menerapkan 2 cara berikut ini:

  • Ulasan Pelanggan: Periksa review atau ulasan pelanggan untuk mendapatkan pandangan tentang reputasi website tersebut.
  • Pencarian Google: Gunakan pencarian Google dengan sintaks tertentu. Contohnya [Jasa Penulis Artikel Agency-site:https://indonesianwriter.com/jasa-penulis-artikel-seo/], atau [Contoh Artikel dan Strukturnya-site:https://indonesianwriter.com/contoh-artikel-dan-strukturnya/].
  • Reputasi Penulis: Coba cari nama penulis (author) di mesin pencari untuk menilai reputasi penulis dari sumber eksternal.

E-E-A-T dan AI, Mana yang Lebih Baik?

Salah satu hal yang disorot oleh Google saat ini adalah penggunaan AI untuk menulis artikel website. Jadi, sebenarnya bagaimana pandangan Google terkait penggunaan AI, dan mana yang lebih baik antara artikel E-E-A-T vs AI?

Satu hal yang pasti, pihak Google menyatakan bahwa penggunaan AI atau tools otomatis lain sebenarnya tidak melanggar ketentuan mereka. Dengan syarat, konten tersebut faktanya sudah dicek dan sudah melalui proses review oleh editor.

Jadi, Google sangat melarang publikasi konten AI seperti Chat GPT yang langsung dibuat dan diterbitkan tanpa dicek terlebih dahulu. Menurut mereka, 100 konten AI yang tidak di-review tidak sebanding dengan 1 konten buatan manusia.

Itu artinya, meskipun AI memiliki potensi besar dalam menciptakan konten, namun konsep Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness tetap relevan. Kombinasi antara AI dan kemampuan manusia adalah salah satu opsi yang diterima oleh Google.

Oleh karena itu, pastikan seluruh konten di halaman Anda sudah memenuhi syarat dan prinsip E-E-A-T! Sebagai solusi, Anda bisa memesan artikel SEO di IndonesianWriter. Pelajari juga informasi menarik lainnya seputar dunia SEO di sini!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page