Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Wajib Tahu! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Error 404 Di Sini

Wajib Tahu! Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Error 404 Di Sini

error 404

Daftar Isi

Jika Anda sering menjelajah internet, maka Anda pasti pernah mengalami error 404. Masalah koneksi ini sering terjadi dan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Masalah ini sering membuat pengguna internet malas untuk melanjutkan pencarian. Pasalnya, setelah muncul tanda ini biasanya pengguna akan sulit mencari sesuatu yang ia inginkan.

Terjadinya error ini akan sangat berdampak bagi sebuah website bisnis. Karena jika hal ini terjadi, maka calon pelanggan akan mempertimbangkan kembali keputusannya untuk membeli produk atau layanan Anda.

Oleh sebab itu, sebagai upaya keamanan Anda perlu mengetahui apa arti error 404 ini. Agar jika menemui kasus seperti ini, Anda tidak panik melainkan bisa mengatasinya dengan cepat.

Apa Itu Error 404?

error 404

404 Not Found atau Error 404 Not Found atau Error 404 adalah situasi ketika server tidak bisa menemukan halaman yang Anda konstruksikan. Tanda ini adalah kode dari status halaman yang tidak dapat ditemukan oleh server.

Munculnya 404 Not Found ini dapat berdampak negatif pada user experience pengunjung, karena pengunjung tidak bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Apalagi jika Anda merupakan sebuah website bisnis, hal ini akan mempengaruhi citra dan reputasi bisnis Anda.

Selain itu, dampak 404 Not Found juga tidak bagus bagi SEO website. Karena kejadian ini akan dapat menghambat web crawler ketika mengindeks halaman website.

Penyebab Error 404 Not Found

404 Not Found terjadi bukan tanpa alasan. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai macam penyebab, seperti:

1. Salah Ketik URL

Penyebab pertama dari terjadinya 404 Not Found adalah salah ketik URL. Karena URL suatu website biasanya panjang, maka hal seperti ini sering terjadi.

Misalnya Anda harusnya mengetik MediaIndonesia.co.id, tetapi Anda memasukan URL MediaIndonesia.com.

2. Caching Error

Berikutnya, 404 Not Found bisa terjadi karena adanya caching. Hal ini terjadi ketika browser tidak bisa menemukan file cache website sehingga muncullah Error 404.

3. Plugin atau Tema Bermasalah

Selain masalah cache, 404 Not Found juga bisa terjadi karena terdapat masalah pada plugin atau tema sehingga berpengaruh pada link URL website Anda. 

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka kemungkinan error ini bisa muncul ketika Anda memproses URL yang telah diinput.

4. Pengaturan DNS Bermasalah

Terakhir, munculnya 404 Not Found bisa terjadi akibat masalah pada domain yang belum di propagasi ke Domain Name System (DNS) yang Anda gunakan.

Hasilnya 404 Not Found muncul di layar komputer atau laptop Anda ketika mengakses suatu website.

Dampak Error 404 pada Website Bisnis

404 Not Found merupakan kode status HTTP yang berarti server tidak dapat memuat halaman atau sumber daya yang diminta oleh pengguna.

Dalam konteks bisnis, dampak 404 Not Found bisa menjadi dapat besar, diantaranya dapat mempengaruhi reputasi, menurunkan kepercayaan pengguna bahkan performa bisnis kita secara keseluruhan.

Adapun dampak-dampak lain yang bisa mempengaruhi website bisnis, antara lain:

1. Pengalaman Pengguna yang Buruk

Ketika mengakses suatu website, pengguna berharap bahwa halaman dan tautan yang dicari dapat cepat muncul dihadapannya. Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka akan timbul rasa frustasi dan kesulitan bagi pengguna.

Pengalaman pengguna yang buruk dapat menyebabkan potensi calon customer yang beralih ke website kompetitor. Sehingga untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda segera mengatasi hal tersebut.

Baca juga : Alasan kenapa website Anda harus mobile friendly!

2. Penurunan SEO

Error 404 dapat menyebabkan peringkat website di mesin pencari menurun. Ketika halaman atau situs website kita mengalami 404 not found artinya mesin pencari akan menilai bahwa situs website Anda tidak responsif atau tidak dipelihara dengan baik. 

3. Dampak Citra dan Kepercayaan

Website yang sering mengalami 404 Not Found dapat memberikan kesan bahwa bisnis yang dilakukan tidak berkualitas dan tidak professional.

Hal ini tentu akan merusak citra merek dan mengurangi kepercayaan pelanggan ke pada bisnis.

Cara Mengatasi Error 404

Sebagai website bisnis, Anda harus mencegah terjadinya Error 404 pada situs online Anda. Jika sudah terlanjur mengalami masalah ini, maka Anda harus tahu cara mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Periksa dan Identifikasi

Untuk mengatasi suatu permasalahan pada website, maka Anda perlu tahu dulu apa penyebab masalahnya. Lakukan beberapa pemeriksaan pada website untuk mengetahui di mana sumber masalah 404 Not Found tersebut.

Agar proses pemeriksaan lebih mudah, Anda bisa menggunakan beberapa alat pemantau website supaya sumber masalahnya cepat teridentifikasi.

2. Pengalihan dan Perbaikan

Setelah mengetahui sumber masalah pada website dan tahu apa penyebab error 404 maka Anda bisa melakukan pengalihan ke halaman terkait.

Seperti misalnya jika Anda mengunjungi halaman yang sudah lama dihapus, maka Anda bisa dialihkan ke halaman lain untuk sementara (302) atau bahkan pengalihan permanen (301).

3. Penanganan Tautan yang Rusak

Ketika tautan rusak, maka Anda harus segera memperbaikinya. Salah satunya dengan cara pengalihan terlebih dahulu ke beberapa halaman pengganti atau menggantinya ke tautan yang baru.

Jika Anda sudah benar-benar menggantinya, maka Anda harus lebih hati-hati. Periksa dengan baik struktur URL agar masalah yang pernah terjadi tidak terulang.

4. Penyusunan Desain 404 yang Efektif

Penyusunan desain 404 dapat membantu Anda menginformasikan pengguna dengan positif, sehingga desain-nya harus dipikirkan dengan matang.

error 404

Gunakan pesan kesalahan yang jelas, ringkas dan ramah agar pengguna tidak terbawa emosi ketika mengalami error 404.

Untuk mempercantik, Anda juga bisa menggunakan ilustrasi atau gambar yang mendukung agar tampilan-nya semakin menarik.

Mengapa desain 404 ini penting? Hal ini karena pada desain tersebut, Anda akan membantu pengguna menemukan konten yang mereka cari dengan tepat.

Kesimpulan

Error 404 bukan merupakan hal yang sepele bagi website bisnis, hal tersebut dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja lalu menyebabkan masalah besar bagi bisnis.

Agar hal mengerikan seperti itu tidak terjadi, tidak ada salahnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Jangan pernah sekalipun Anda membiarkan hal ini terjadi, karena bila terjadi secara terus-menerus akan sangat merugikan bisnis Anda ke depannya.

Pengunjung akan kesulitan menemukan website Anda dan mereka akan malas untuk berkunjung lagi.

Dengan cara di atas, diharapkan Anda bisa mengatasi permasalahan ini jika sewaktu-waktu terjadi. Semakin Anda memperhatikan website dengan baik, maka 404 Not Found tidak akan terjadi pada website Anda.

Jika Anda menginginkan website bisnis yang berkualitas tinggi dan terjamin perawatan-nya, maka jasa website IndonesianWriter solusinya! Dengan tim yang profesional dan ahli di bidangnya, Anda bisa mewujudkan website bisnis yang terbaik untuk bisnis online yang dimiliki.

Tunggu apa lagi? Jika Anda ingin memiliki website bisnis berkualitas nomor satu, maka segera hubungi kami melalui link berikut ini! Kontak IndonesianWriter.

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page