Junda Yanti

Junda Yanti

Junda adalah seorang penulis dan copywriter berpengalaman 5 tahun. Ia memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan, SEO, dan berbagai bidang lainnya. Junda percaya bahwa dengan berbagi pengetahuan, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Copywriting » 8 Contoh Copywriting Iklan: Menjual Lebih dari Sekedar Produk

8 Contoh Copywriting Iklan: Menjual Lebih dari Sekedar Produk

jasa copywriting iklan profesional

Daftar Isi

Dalam dunia marketing, copywriting terdiri atas berbagai jenis. Salah satunya yaitu copywriting iklan yang berfokus pada kepentingan periklanan.

Sesuai namanya, jenis teks ini melibatkan penggunaan bahasa kreatif dan persuasif untuk menarik perhatian pelanggan.

Sebagaimana jenis teks promosi lainnya, copywriting periklanan juga harus memperhatikan target audiens sebagai sasaran iklannya. Selain itu, media untuk beriklan juga harus ikut diperhatikan, misalnya media cetak, televisi, media sosial, atau internet.

Untuk mencapai tujuannya dalam mempengaruhi minat calon pembeli, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh para copywriter iklan. Sebagai panduan, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Copywriting Periklanan?

Sebagaimana penjelasan singkat di awal, copywriting iklan adalah salah satu jenis promosi yang berfokus pada penulisan teks atau tulisan untuk kepentingan periklanan.

Tujuannya adalah membuat pesan iklan yang menarik dan efektif untuk mempengaruhi perilaku konsumen.

Jenis copywriting dalam iklan dapat dilakukan dalam berbagai format. Di antaranya seperti iklan media cetak, iklan televisi, iklan radio, iklan online, iklan media sosial, dan banyak lagi.

Jenis-jenis media periklanan tersebut memerlukan pendekatan yang berbeda-beda dalam penulisannya. Meskipun sedikit berbeda, tetapi semuanya tetap harus menggunakan teknik copywriting yang efektif untuk mencapai tujuan pemasaran, yaitu meningkatkan konversi.

Secara lebih rinci, berikut beberapa kategori copywriting iklan yang paling banyak digunakan:

  • Print Ads

Sesuai namanya, print ad merupakan iklan yang dicetak (di-print), dan ditempatkan dalam media cetak seperti koran, majalah, brosur, atau selebaran. Bentuk dan ukurannya bervariasi, mulai dari iklan setengah halaman hingga full page.

Tujuan utama dari print ad adalah untuk menarik perhatian target pasar dan mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Untuk itu, copywriter harus mampu menulis teks yang menarik dan kreatif, dengan berfokus pada pesan utama yang ingin disampaikan.

  • TV Commercial

TV commercial adalah iklan yang disiarkan di televisi selama beberapa detik atau menit. Karena iklan TV biasanya memiliki durasi yang singkat, maka copywriter harus mampu menyampaikan pesan utama dalam waktu yang terbatas.

Selain itu, copywriting iklan untuk TV juga harus bisa menarik perhatian pemirsa dengan kombinasi audiovisual yang menarik.

TV Commercial

Jadi, copywriter iklan TV harus mampu menulis skenario yang menarik dan efektif, yang bisa menyampaikan pesan produk dengan jelas dan mudah dipahami.

  • Radio Commercial

Sesuai namanya, radio commercial adalah iklan yang disiarkan di radio. Karena tidak ada visual yang bisa digunakan, copywriter iklan radio harus mengandalkan suara dan teks untuk menarik perhatian pendengar.

Iklan radio sendiri biasanya memiliki durasi yang lebih singkat dari iklan TV, sehingga copywriter harus mampu menulis teks yang ringkas, namun tetap efektif dalam menyampaikan pesan produk.

  • Below the Line (BTL)

Selanjutnya ada Below the Line (BTL), yaitu kategori iklan yang tidak menggunakan media konvensional seperti TV, radio, atau media cetak.

BTL menggunakan cara-cara yang lebih kreatif dan tidak konvensional, seperti pemasangan iklan di tempat-tempat strategis.

Misalnya seperti di lift atau stasiun kereta api, promosi di media sosial, atau promosi langsung ke konsumen. Karena itu, pesan dan gaya penulisan untuk copywriting iklan jenis ini harus disesuaikan dengan media yang digunakan.

  • Advertorial

Terakhir, ada advertorial, yaitu iklan yang disajikan dalam bentuk artikel atau tulisan yang mirip dengan konten editorial. Advertorial biasanya ditempatkan di media cetak seperti koran atau majalah. 

Tujuannya adalah untuk mempromosikan produk atau layanan, namun dengan cara yang lebih halus dan tidak langsung. Jadi, copywriter advertorial harus mampu menulis teks menarik dan informatif agar pembaca tertarik. 

Baca Juga: Jasa Copywriting yang Bagus untuk Bisnis

Peran dan Fungsi Copywriting dalam Iklan

Sebagai seni dan ilmu menulis teks atau kata-kata yang persuasif dan kreatif, copywriting dalam iklan juga memiliki beberapa peran dan fungsi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menarik Perhatian Konsumen

Copywriting berfungsi menarik perhatian konsumen dan membuat mereka tertarik dengan iklan yang disajikan.

Dengan kata-kata yang tepat, copywriting iklan dapat membangkitkan minat pembaca dan membuat mereka ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Menjelaskan Manfaat Produk

Dalam iklan, copywriting berfungsi untuk menjelaskan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan secara jelas dan mudah dipahami.

Hal ini penting untuk membuat konsumen memahami mengapa produk atau layanan tersebut bermanfaat bagi mereka.

  • Membangun Kepercayaan Konsumen

Copywriting juga dapat membantu membangun kepercayaan antara konsumen dan brand.

Agar konsumen lebih yakin dan percaya, maka copywriting yang baik harus mampu menonjolkan keunggulan brand dan mengkomunikasikan pesan yang positif.

  • Mendorong Tindakan Konsumen

Dalam copywriting, dikenal adanya CTA (Call to Action). Dengan kata-kata yang persuasif dan memotivasi, copywriting dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan mendorong mereka untuk bertindak.

Seperti membeli produk atau layanan, mendaftar ke newsletter, mengunjungi situs web, dan lain sebagainya.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Terakhir, copywriting iklan juga berfungsi penting untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness).

Dengan membuat iklan yang kreatif dan menarik, copywriting dapat membantu brand menonjol dan dikenal oleh lebih banyak orang.

teknik copywriting iklan

Tips Membuat Copywriting Iklan yang Menjual

Ada beberapa alasan mengapa copywriting dapat mempengaruhi tindakan pembaca.

Salah satunya karena penulisannya melibatkan emosi, menonjolkan manfaat, dan memberi informasi yang jelas dan mudah dipahami.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips menulis copywriting periklanan yang efektif dan menjual:

  • Sesuaikan dengan Target Audiens

Sebelum mulai menulis, pastikan Anda paham siapa target audiens dari iklan yang dibuat.

Dengan memahami siapa target audiens, Anda dapat menyesuaikan bahasa, tone, dan gaya penulisan agar lebih relevan dan memikat bagi konsumen yang dituju.

  • Gunakan Headline yang Menarik Perhatian

Headline adalah hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Sehingga, penting untuk membuat headline yang menarik perhatian dan mampu menonjolkan nilai jual dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Baca Juga: 10 Jenis Copywriting yang Bisa Digunakan untuk Iklan.

  • Fokus pada Manfaat

Konsumen lebih tertarik dengan manfaat produk atau layanan daripada fiturnya. Oleh karena itu, fokuslah pada manfaat dan hasil yang akan didapat oleh konsumen ketika menggunakan produk atau layanan tersebut.

  • Pesan yang Jelas dan Mudah Dipahami

Pesan dalam copywriting iklan harus dijelaskan dengan detail dan mudah dipahami oleh konsumen. Jadi, gunakan bahasa yang sederhana dan hindari penggunaan kata-kata teknis yang sulit dipahami.

  • Beri Testimoni atau Bukti Sosial

Menampilkan testimoni atau bukti sosial seperti jumlah pelanggan atau penghargaan yang pernah diraih dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen, keputusan pembelian mereka juga akan terpengaruh.

  • Terapkan Prinsip Persuasi

Prinsip persuasi seperti authority, social proof, dan scarcity dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas iklan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Berikut penjelasannya:

  1. Contoh penerapan prinsip authority dalam iklan adalah penggunaan testimoni dari seorang ahli atau selebriti untuk merekomendasikan produk atau layanan tertentu.
  2. Contoh penerapan prinsip social proof dalam iklan adalah penggunaan testimoni pelanggan yang puas atau penggunaan rating produk yang tinggi pada web ulasan.
  3. Contoh penerapan prinsip scarcity dalam iklan yaitu penggunaan penawaran khusus atau promo yang berlaku untuk waktu terbatas atau info stok terbatas.
  • Gunakan CTA yang Jelas

Setiap copywriting iklan harus memiliki call to action yang jelas dan menarik bagi konsumen untuk membuat keputusan pembelian.

Gunakan kata-kata yang kuat dan menekankan manfaat dan hasil yang akan didapat jika konsumen menggunakan produk/layanan.

  • Perhatikan Aspek Visual

Terakhir, perhatikan perpaduan antara teks dan visual yang saling mendukung dan terintegrasi. Gunakan desain visual yang menarik dan sesuai dengan merek atau produk yang ditawarkan.

Promo jasa copywriting

8 Contoh Copywriting Iklan sebagai Referensi

Selain mengikuti tips di atas, Anda juga bisa belajar langsung dari contoh iklan yang dibuat oleh penyedia jasa copywriting iklan.

Berikut ini beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi:

  • Contoh Iklan Gadget

Butuh gadget yang tepat untuk menunjang performa fotografi? A-Phone XL adalah solusinya!

Dengan teknologi dual pixel dan fitur Optical Image Stabilization (OIS), ciptakan foto berkualitas dengan harga ekonomis.

  • Contoh Iklan Agen Travel

Wujudkan impian Anda menjelajahi dunia bersama Travelina! Dari tempat eksotis hingga situs bersejarah, pilih paket wisata terbaik sesuai anggaran dan kebutuhan. Liburan tanpa khawatir biaya? Travelina solusinya!

  • Contoh Iklan Pusat Perbelanjaan

Hadiah spesial Ramadhan dari kami khusus untuk Anda pelanggan setia: ekstra diskon 30% untuk setiap pembelian di atas Rp150.000.

Yuk, tampil menarik di Idul Fitri bersama koleksi fashion Ramadhan dari Ramayani!

  • Contoh Iklan Jasa Audit

Untuk menjamin implementasi K3, setiap perusahaan wajib memperoleh sertifikasi di bidang SMK3. Mutu Auditor adalah badan audit dan penilaian SMK3 resmi dengan fasilitas lengkap dan tim profesional.

Butuh audit akurat? Hubungi kami sekarang!

  • Contoh Iklan Mie Instan

Terobosan baru! Mienesia varian Dendeng Balado, untuk Anda penggemar cita rasa eksotis ala kuliner Indonesia. Nikmati topping yang beda, nagih, dan pedas menggigit sekarang juga!

  • Contoh Iklan Provider Internet

Data mencatat, pengguna internet dunia sudah melebihi angkat 4,95 miliar orang. Ingin selalu terhubung dengan dunia? Koneksi internet super kencang dengan kuota berlimpah dari Telkomasia adalah solusinya.

  • Contoh Iklan Cat Tembok

Kualitas produk adalah faktor utama yang mempengaruhi tampilan warna cat. Sebagai pelopor cat tembok anti bocor, kami menyediakan cat berformulasi khusus dengan 50+ pilihan warna.

Kunjungi informasi produknya di website resmi berikut!

  • Contoh Iklan Investasi

Saatnya mengalokasikan sebagian pendapatan Anda untuk berinvestasi dengan imbal hasil maksimal. Sebagai solusi, terapkan strategi investasi yang tepat dan akurat bersama Investonesia!

Kesimpulan

Tujuan utama copywriting iklan yaitu membentuk perilaku konsumen agar membeli produk atau menggunakan layanan. Untuk mencapai tujuan tersebut, copywriting periklanan harus memiliki karakter sebagai berikut:

  1. Informatif
  2. Persuasif
  3. Menarik
  4. Menggugah
  5. Menggerakkan
  6. Memiliki penyelesaian atau solusi hingga akhir

Kesulitan membuat copywriting sendiri? Anda bisa menggunakan jasa copywriting profesional dari IndonesianWriter.

Dengan tim berpengalaman dan garansi revisi, ubah target customer menjadi pelanggan loyal dan tingkatkan branding Anda bersama IndonesianWriter!

jasa copywriting

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page