Apa itu Copywriting? Ini Dia Pentingnya Copywriting Iklan

Apa itu Copywriting? Ini Dia Pentingnya Copywriting Iklan

No ratings yet.

Yuk, Kenali Copywriting Iklan Lebih Dekat!

Copywriting iklan merupakan konten khusus yang diciptakan untuk penjualan dengan target konversi. Berbeda dengan artikel biasa, copywriting berisikan tentang ajakan untuk membeli sesuatu.

Kata-kata yang digunakan pun tak biasa. Selain menarik, kata-kata yang digunakan harus mampu memengaruhi minat pembeli.

Sesuai dengan tujuan copywriting iklan itu sendiri, yakni konversi.

Agar Anda lebih paham, simak penjelasan lengkap mengenai copywriting berikut ini.

Pengertian Copywriting

Copywriting merupakan gabungan dari dua kata, yakni Copy dan Writing. Dalam dunia advertising, copy dapat diartikan sebagai tulisan, naskah, atau iklan produk yang hendak dipublikasikan.

Sedangkan writing artinya tulisan atau penulisan.

Copywriting adalah teknik penulisan yang tujuannya untuk iklan. Copywriting merupakan bentuk lain dari pemasaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran merek pada konsumen dengan konversi sebagai tujuan akhir.

Secara umum, copywriting juga dapat diartikan sebagai seni menulis untuk meraih respon dari pembacanya.

Biasanya, copywriting sering menggunakan berita, brosur, surat penjualan, dan website sebagai media.

copywriting adalah

Singkatnya, copywriting adalah teknik menulis yang tujuannya utamanya adalah menarik pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Copywriting sering digunakan oleh blogger, pengusaha, dan karyawan bagian marketing untuk memperoleh atau memperluas pangsa pasar melalui tulisan.

Barangkali Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa tulisan memengaruhi pembeli? Tentu saja bisa. Namun, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa copywriting berbeda dengan tulisan biasa, di sinilah seorang copywriter berperan penting.

Seorang copywriter harus memiliki kemampuan dalam merangkai kata yang mampu menyihir para pembacanya. Teks copywriting yang dibuat haruslah memiliki karakter seolah-olah tengah berbicara langsung kepada pembacanya.

Hanya dengan copywriting, Anda bisa menghasilkan tindakan nyata dari pembaca, seperti pendaftaran ataupun pembelian.

Mengapa Copywriting Sangat Penting?

Lantas, mengapa copywriting sangat penting dan diperlukan?

Saat ini, setiap hari lebih dari 28 juta konten dibagikan di seluruh dunia. Angka ini sangat fantastis. Dapat Anda bayangkan berapa banyak keuntungan yang bisa Anda kantongi jika mampu menarik 1 persen saja dari angka tersebut?

Sangat banyak!

Tingginya peluang untuk mendapatkan keuntungan telah menciptakan kesadaran baru mengenai pentingnya copywriting. Untuk menarik lebih banyak konsumen dan mengembangkan merek yang lebih kuat, pengusaha mulai beralih ke konten copywriting.

Alih-alih mengejar pembaca, copywriting lebih berfokus pada pembuatan blog, sales latter,  landing page, caption, artikel, atau info grafis yang dirancang khusus untuk menarik minat konsumen.

Pada intinya, copywriting adalah bentuk pemasaran inbound.

fungsi copywriting iklan

Fungsi dan Tujuan copywriting Dalam Advertising atau Iklan

Agar lebih paham, simak fungsi dan tujuan copywriting iklan berikut ini.

  • Membentuk perilaku konsumen, yakni membeli produk.
  • Memenuhi pesan menjual, yang merupakan tujuan utama dari copywriting iklan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, copywriting iklan baik google ads ataupun FB ads harus memiliki struktur berikut ini.

  • Informatif
  • Persuasif
  • Menarik
  • Menggugah
  • Menggerakkan
  • Memiliki Penyelesaian Hingga Akhir

Copywriting yang ideal haruslah memuat target audiens, konsep produk, komunikasi media, dan pesan promo penjualan. Sementara media yang sering digunakan sangat bervariasi dan dapat ditempatkan di mana pun asalkan dapat menarik minat konsumen.

Kendati demikian, copywriting yang memanfaatkan media cetak sebagai tempat berpromosi haruslah eyes catcher. Sementara ears catcher harus dimiliki konten copywriting audio.

Lain lagi dengan audio visual copywriting yang wajib memadukan kekuatan mata dan telinga dalam waktu bersamaan.

Adapun beberapa kategori Copywriting, antara lain sebagai berikut.

  • PRINT AD

Jenis copywriting ini tercatat dalam golongan visual based.  Kekuatan print ad atau iklan cetak terdapat pada headline, copy, dan visualisasi unik yang dapat menarik perhatian pembaca.

Dibandingkan dengan jenis ikan lain, iklan cetak sangat sederhana. Namun, untuk membuat iklan cetak diperlukan ketelitian.

Maklum saja, jika konten telah naik cetak, kesalahan penulisan, misalnya salah nomor telepon, alamat, harga, atau perhitungan tidak dapat diperbaiki.

  • TV COMMMERCIAL

TV commercial tercatat dalam golongan copywriting audio visual based.  Kekuatan tv commercial terdapat pada keyword yang disempurnakan dengan suara, sound effect, dan visualisasi atraktif.

Untuk membuat copywriting jenis ini, seorang copywriter harus memiliki daya imajinasi audio visual yang tinggi dan mampu menempatkan diri layaknya seorang penulis skenario film.

  • RADIO COMMERCIAL

Radio commercial masuk dalam golongan copywriting audio based.  Kekuatan radio commercial terdapat pada keyword yang dilengkapi dengan percakapan, monolog dengan suara, dan sound effect atraktif.

Seorang copywriter yang hendak membuat copywriting jenis ini harus memiliki daya imajinasi audio visual tinggi dan mampu membayangkan kejadian sebenarnya dengan memanfaatkan empati.

  • BELOW THE LINE

Below the line dibedakan ke dalam tiga kategori, yakni printing material, outdoors, dan theatre of mind.

Printing materials berfokus pada copy sehingga dalam pembuatannya haruslah hati-hati dan detail.

Sementara  outdoors berfokus pada  visual yang disempurnakan dengan copy, headline menjanjikan, splash yang kuat dengan tampilan eyecatching, dan minim tulisan.

  • ADVERTORIAL

Advertorial merupakan jenis iklan yang disajikan menggunakan bahasa jurnalistik. Berasal dari dua kata, yakni advertising dan editorial, copywriting iklan ini menyajikan copy secara persuasif melalui media massa.

Tujuannya untuk mengenalkan produk atau jasa pada khalayak umum.

Jika dulu media copywriting cukup terbatas, maka di masa kini media yang tersedia sangat banyak. Bahkan, Anda dapat menggunakan media sosial untuk mempublikasikan copywriting.

Adapun media sosial yang sering dimanfaatkan untuk copywriting, antara lain sebagai berikut.

  • FACEBOOK

Facebook tercatat sebagai salah satu media yang paling disukai untuk mempromosikan barang atau produk. Dengan fasilitas berupa fb ads, Facebook menjadi media terbaik untuk membangun kesadaran merek.

  • TWITTER

Selain Facebook, Twitter pun dapat digunakan untuk mempromosikan produk dan jasa Anda tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

  • INSTAGRAM

Satu lagi media sosial terbaik untuk mempromosikan copywriting produk baku maupun nonbaku adalah Instagram. Berbeda dengan Facebook yang lebih berfokus pada teks, Instagram justru lebih berfokus pada gambar yang dilengkapi dengan tulisan atau caption sehingga lebih menarik.

teks copywriting

Iklan yang Menggunakan Copywriting VS yang Tidak Menggunakan Copywriting

Kendati teknik copywriting benar-benar membantu Anda mencapai tujuan utama, yakni penjualan, faktanya masih banyak orang yang masih ragu menggunakan copywriting iklan. Padahal iklan yang menggunakan teknik copywriting memiliki sederet keunggulan sebagai berikut.

  • Iklan Lebih Menggoda

Salah satu ciri copywriting adalah memiliki kalimat yang menarik sehingga dapat mengundang calon konsumen untuk melakukan transaksi.

Semakin banyak orang yang “terhipnotis” dengan iklan Anda, semakin luas jangkauan bisnis dan semakin banyak pula penghasilan yang bisa Anda dapatkan.

  • Komunikasi Dapat Tersampaikan

Copywriting merupakan karya artistik yang bersifat persuasif dengan tujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Misalnya membeli produk atau menggunakan jasa tertentu. Dalam copywriting, kalimat yang digunakan tidak hanya persuasif dan praktis. Namun, juga bisa sangat inspiratif.

Tidak jarang copywriting yang hebat menggunakan kombinasi dari beberapa jenis copywriting. Tak heran jika copywriting sangat efektif membuat pesan tersampaikan kepada pembaca.

  • Transaksi Bisa Dilakukan Dalam Waktu Singkat

Lantaran menggunakan kalimat persuasif yang mudah dipahami, copywriting memungkinkan calon pembeli melakukan sesuatu saat itu juga, seperti berkomentar, menyukai postingan, melakukan repost, mengirim Direct Message (DM) hingga berakhir dengan melakukan transaksi.

  • Hemat Waktu

Iklan dengan copywriting membuat promosi menjadi lebih efektif dan hemat waktu. Hal ini merupakan salah satu keuntungan apabila Anda membuat iklan dengan menggunakan copywriting.

  • Pemasaran Lebih Efektif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa copywriting dapat membuat iklan menjadi lebih efektif. Hal ini dikarenakan copywriting merupakan karya artistik yang dibuat dengan kreativitas serta riset atau uji coba terlebih dahulu.

Hal yang paling menonjol dalam copywriting adalah judul yang menarik dan tepat sasaran. Judul yang menarik dapat mengundang calon pembeli untuk membaca iklan tersebut. Tak perlu menggunakan kalimat panjang, kalimat pendek asalkan persuasif sangat efektif membuai konsumen.

Sementara iklan yang tidak menggunakan teknik copywriting memang lebih mudah dibuat, tetapi lebih sulit mencapai tujuan.

Pasalnya, di dalam iklan tanpa copywriting tidak terdapat kata-kata ajaib yang mampu “menyihir” konsumen untuk membeli produk atau mendaftarkan kontak.

Kata-kata yang digunakan dalam iklan tanpa copywriting pun terkesan monoton dan membosankan.

contoh copywriting landing page

Contoh Heading dalam Copywriting Iklan

Pada dasarnya, cukup banyak teknik penulisan heading copywriting, beberapa di antaranya sebagai berikut.

  • Pengalaman Pribadi

Calon pembeli lebih mempercayai dan tertarik mencoba produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kredibilitas produk atau jasa lebih meningkat dan tidak dianggap sebelah mata oleh para calon pembeli.

Contoh: “Jangan Kalah! Seribu Orang Sudah Buktikan Cara Ini untuk Raup Ribuan Dollar!”

  • Pertanyaan

Pertanyaan basa-basi yang dapat memicu penonton untuk menjawabnya di dalam hati. Mereka akan merasa tersindir sekaligus penasaran, solusi apa yang akan Anda berikan. Pasalnya, penonton merasa lebih diperhatikan dan diberi solusi mudah untuk segala keresahan yang dihadapi.

Contoh: “Sudahkah Anda hidup sehat selama ini?”

  • Pengalaman Sensasional

Ubah pengalaman sensasional Anda menjadi headline yang mematikan dan menarik perhatian penonton. Meskipun pengalaman sensasional memiliki nilai jual yang tinggi, Anda tetap harus mempertimbangkan konten dan cara penyampaiannya.

Jika pengalaman tersebut tidak dikemas dengan cara yang menarik, penonton pun tidak akan melirik produk atau jasa Anda.

Contoh: “Terbukti Berkhasiat! Madu Pelangsing Tanpa Diet, Sudah Saya Buktikan Sendiri!”

  • Klaim Sepihak

Klaim semacam ini lumrah dilakukan oleh para pemilik usaha. Dalam promosi pun, klaim sepihak tidak dilarang sama sekali. Apa pun yang ditujukan untuk menaikkan nilai jual, berhak dilakukan oleh pengusaha.

Selama Anda tidak menjatuhkan produk atau jasa orang lain, konten Anda akan melekat di benak pembeli.

Contoh: “Mie Ayam Bakso Terenak seantero Jakarta”.

  • Meremehkan untuk Membuktikan

Calon pembeli merasa ada pembuktian dari proses perjuangan tersebut yang mengkonversi pemikiran mereka ke aksi pembelian.

Contoh: “Mereka Pikir Saya Tidak Mampu? Saya Patahkan Anggapan Mereka dengan Sukses Luar Biasa!”

BACA JUGA : Ini Dia Jasa Copywriting dan Jasa Landing Page Profesional. BERGARANSI!

Agar Anda lebih paham, simak sejumlah contoh heading copywriting untuk setiap jenis iklan berikut ini.

contoh copywriting iklan

Contoh Heading Copywriting Iklan Properti

Sesuai namanya, heading copywriting ini ditunjukkan untuk menarik minat konsumen terhadap produk atau jasa di bidang properti.

Contoh:

  • “Rahasia! Begini Cara Saya Membeli Rumah Modal Dengkul!”
  • “Cung! Siapa yang Mau Rumah 100 Juta Rupiah Tanpa DP?”
  • “Beli Rumah Dapat Hadiah TV? Villa Kebon Raya yang Bisa!”
  • “Ingat, Kesempatan Terbatas! Ayo, Investasi Tanah Sekarang, Cuma 10 Jutaan!”

Contoh Heading Copywriting Iklan Gamis

Heading copywriting ini cocok diaplikasikan untuk menarik minat konsumen agar membeli gamis yang ditawarkan.

Contoh:

  • “Beli Satu dapat Dua! Ayo, Order Gamis Annata Sekarang!”
  • “Cari Gamis Busui Friendly Harga Murah? Gamis An-Nur Jawabannya!”
  •  “Ayo, Tunjukkan Pesonamu dengan Gamis Rose Amaris!”
  • “Jangan Sampai Kehabisan! Stok Gamis Syari Az-Zahra Tinggal 10 Pcs!”

Contoh Heading Copywriting Iklan Umroh

Sesuai namanya, heading copywriting ini ditunjukkan untuk menarik minat konsumen agar memesan paket umroh.

Contoh:

  • “Paling Hemat! Umroh Murah Cuma 20 Jutaan!”
  • “Hot Promo! Umroh + Jalan-jalan di Mekkah Mulai dari 25 Jutaan Saja!
  •  “Yuk, Kunjungi Baitullah Bersama Zalva Umroh!”

Contoh Heading Copywriting Iklan Fashion Kaos

Heading copywriting ini cocok diaplikasikan untuk menarik minat konsumen terhadap fashion, utamanya produk kaos.

Contoh:

  • “Mau Cetak Kaos Satuan Kualitas Unggulan? Harva Printing Solusinya!”
  • “Cuma Di Sini! 50 Ribu Bisa Dapat Kaos Murah Grade Distro!”
  •  “Mau Cepat Dapat Pacar? Yuk, Tampil Keren dengan Kaos Arion!”
  • “Hari Gini Nggak Zaman Kaos Pasangan! Pakai Kaos Keluarga!”

Contoh Heading Copywriting Iklan Makanan

Heading copywriting ini ditunjukkan untuk menarik minat konsumen terhadap produk makanan, baik makanan kemasan maupun non-kemasan.

Contoh:

  • “Perut Keroncongan Tengah Malam? Jangan Cemas, Kan Ada Kriuk-kriuk!”
  • “Mau Diet Tanpa Diet? Yuk, Konsumsi Nasi Merah Koki!”
  • “Hati Panas? Yuk, Ademkan dengan Semangkuk Es Teler 999!”

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai copywriting iklan beserta jenis dan contohnya. Bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dan penghasilan bulanan atau ingin memperkenalkan merek, jangan ragu untuk mengaplikasikan teknik copywriting.

Jika Anda kurang menguasai teknik copywriting, Anda bisa memesan jasa copywriting profesional untuk bisnis Anda.

Ayo, bagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat!

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Anda!

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu