Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Meta Description: Cara Meningkatkan Click-through Rate (CTR) Website Anda

Meta Description: Cara Meningkatkan Click-through Rate (CTR) Website Anda

meta description

Daftar Isi

Meta description atau deskripsi meta bisa diandalkan untuk menarik pengunjung agar klik konten Anda. Itulah mengapa, deskripsi tersebut harus berisi frasa dan/atau kalimat yang mengundang, serta membuat pengunjung penasaran akan isi konten yang lebih lengkap.

Deskripsi meta yang berkualitas pun akan menjadi cara menaikkan CTR, atau click-through rate, pada website secara organik. Ketika CTR website tinggi, maka Google pun akan menilai bahwa situs Anda memiliki performa yang bagus dan relevan bagi pengunjung.

Maka dari itu, pahami lebih jauh tentang deskripsi meta dengan tidak melewatkan informasi dalam artikel ini!

Apa itu Meta Description

Deskripsi meta merupakan ringkasan singkat yang menjelaskan keseluruhan konten Anda. Letak deskripsi umumnya di bawah judul dari konten ketika muncul pada halaman hasil di sebuah mesin pencari.

Deskripsi tersebut memiliki bentuk asli berupa kode HTML. Adapun kodenya dapat Anda lihat pada gambar berikut:

script meta description

Kode tersebut lebih sering digunakan bagi Anda yang telah terbiasa mengedit pada file inti WordPress. Sedangkan, umumnya deskripsi meta dibuat dengan memanfaatkan plugin bernama Yoast SEO dan Rankmath. Jadi, Anda bisa lebih mudah menyusun deskripsinya.

Idealnya, panjang meta description adalah 150 hingga 160 karakter, serta tidak melebihi 960 pixels. Ketika Anda menggunakan Yoast SEO, terdapat indikator yang berubah menjadi merah apabila deskripsi yang Anda masukkan melebihi panjang idealnya.

Hal tersebut membantu Anda menyusun deskripsi yang singkat dan informatif agar deskripsi meta bisa lebih optimal.

Mengapa meta description harus ringkas dan informatif? Sebab, deskripsi tersebut membantu pengguna menyeleksi konten yang akan dipilih dan dibaca lebih lanjut dengan praktis tanpa memakan waktu terlalu banyak. 

Sebuah deskripsi meta yang menarik juga akan membuat konten Anda dipilih dari sekian banyak konten yang muncul di halaman pencarian.

Ini kemudian akan berdampak positif pada CTR atau click-through rate dari website Anda serta traffic organik website tersebut.

Jadi, meta deskripsi juga berguna dalam optimasi teknik SEO on page  situs web Anda dan bisa membantu meningkatkan ranking konten pada hasil pencarian.

Manfaat atau Fungsi Meta Description

Setelah mengenal lebih dekat tentang deskripsi meta, berikut ini manfaat yang akan website Anda dapatkan ketika mengoptimalkan isi dari deskripsi meta sesuai standar idealnya.

  • Meningkatkan Click-through Rate Situs Web

Sebelum deskripsi meta, hal pertama yang akan pengunjung lihat ketika memilih konten di halaman pencarian adalah judulnya. Namun, judul belum membuat Anda cukup puas hingga akhirnya memilih konten tersebut untuk dibaca lebih lanjut.

Formula CTR

Perlu deskripsi meta yang menarik agar pengunjung terdorong mengklik konten Anda dan membaca keseluruhan isi konten. Oleh sebab itu, deskripsi meta menjadi cara mengoptimalkan CTR website yang umum dilakukan.

Meskipun deskripsi meta tidak langsung berpengaruh pada SEO, namun melalui CTR akan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kenaikan peringkat website dalam mesin pencari.

  • Menaikkan Tingkat Relevansi Konten

Ketika muncul di halaman pencarian, meta description memiliki kata dengan cetak tebal. Kata tersebut tidak lain merupakan kata kunci (keyword) yang relevan dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna.

Sebagai contoh, bila pengguna mencari dengan kata kunci ‘apa itu deskripsi meta’, maka konten Anda yang berisi frasa tersebut di deskripsi meta akan muncul dengan cetak tebal.

Jadi, sesuaikan isi pada meta deskripsi dengan kata kunci yang umumnya dicari oleh pengguna. Sehingga, konten pun bertambah tingkat relevansinya. 

  • Mengoptimasi Konten pada Media Sosial

Selanjutnya, meta description juga bermanfaat untuk mempromosikan dan mengoptimasi konten ketika dibagikan ke media sosial.

Isi deskripsi akan muncul bersamaan dengan postingan yang membagikan konten, atau muncul melalui iklan ketika konten dipromosikan secara berbayar.

Jadi, jumlah klik pun tidak hanya Anda dapatkan melalui mesin pencari, namun bisa juga melalui media sosial.

Tips Membuat Meta Description yang Baik

Untuk mendapatkan manfaat dari deskripsi meta tersebut, Anda perlu memperhatikan dan menerapkan tips-tips berikut ini agar efektif untuk optimasi serta meningkatkan traffic website.

  • Patuhi Panjang Ideal Karakter

Sebelumnya telah disebutkan bahwa sebuah deskripsi meta yang ideal memiliki panjang mulai dari 150 hingga 160 karakter. 

Anda perlu mematuhi standar tersebut, sebab bila melebihi 160 karakter deskripsinya akan terpotong dan tidak muncul dengan lengkap. Informasi yang ingin disampaikan pun berakhir kurang jelas.

Jadi, buat deskripsi sepanjang maksimal 160 karakter agar informasi konten jelas. Seperti contoh deskripsi meta yang tidak akan terpotong berikut ini:

panjang meta description

Untuk memastikan panjang deskripsi meta ideal, gunakan Google SERP Simulator yang akan memuat ilustrasi tampilan konten Anda di hasil pencarian.

  • Mengandung Kata Kunci

Tips agar deskripsi meta lebih efektif adalah dengan menambahkan keyword atau kata kunci di dalamnya. Melalui kata kunci, deskripsi meta akan lebih relevan dengan pengguna yang sedang mencari topik serupa.

Contoh meta description dengan kata kunci ‘artikel SEO’ adalah sebagai berikut:

Artikel SEO yang baik harus mampu memenuhi algoritma mesin pencari dan mengandung konten berkualitas yang human friendly atau ramah pembaca.

Pastikan Anda sudah riset keyword dulu sebelumnya, agar meta deskripsi mengandung jawaban yang pengguna cari.

  • Gunakan Kalimat Aktif

Kalimat pasif akan membuat meta description kurang efektif dan efisien karena terkesan bertele-tele. Maka dari itu, menggunakan kalimat aktif akan membantu pengguna cepat memahami inti dan isi konten yang dibahas.

Berikut contoh deskripsi meta dengan kalimat aktif:

Cara menulis artikel SEO bagi pemula tidaklah sulit. Anda cukup mengikuti delapan langkah menulis artikel yang SEO-friendly dengan praktis pada artikel ini.”

Kalimat aktif juga membantu Anda mematuhi panjang karakter ideal dari meta deskripsi, karena isinya langsung pada inti pembahasan.

  • Selipkan Call to Action

Mengingat tujuan meta description adalah untuk mengundang pengguna agar mengklik dan membaca konten Anda, maka menggunakan CTA (call-to-action) pada deskripsi jadi tips berikutnya. Adapun CTA adalah ajakan untuk melakukan suatu aksi. Misalnya: 

  • Klik artikel ini!
  • Cek di sini!
  • Temukan informasinya di sini!

Berikut contoh deskripsi meta yang menyelipkan CTA di dalamnya:

“Butuh inspirasi topik artikel yang menarik? Dapatkan sederet contoh topik artikel yang menarik di sini agar membuat pembaca tertarik menikmati tulisan Anda!”

Demikian pembahasan mengenai meta description serta manfaat dan tips membuat deskripsi yang baik. Anda bisa memanfaatkan deskripsi meta untuk meningkatkan CTR website hingga promosi konten di media sosial.

Jadi, optimalkan deskripsi dengan mematuhi panjang ideal, memuat kata kunci, hingga menggunakan CTA di dalamnya!

Menerapkan deskripsi meta yang efektif juga bisa Anda lakukan melalui jasa penulis artikel SEO dari IndonesianWriter. Anda bisa memesan Paket Advance yang sudah termasuk penulisan meta deskripsi pada artikelnya. 

Meningkatkan click-through rate situs web Anda kini lebih praktis bersama IndonesianWriter, pesan sekarang lewat form order artikel ini!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page