Anda Pemula? Cari tahu Cara Menulis Artikel SEO Friendly Disini

Anda Pemula? Cari tahu Cara Menulis Artikel SEO Friendly Disini

No ratings yet.

Bagaimana Cara Menulis Artikel SEO?

Tahukah Anda bahwa banyak orang tertarik menghasilkan uang dari internet?

Tak heran jika sebagian besar di antara mereka mulai mempelajari cara menulis artikel SEO. Namun, sebelum mempelajari bagaimana cara menulis artikel SEO, Anda wajib memahami SEO lebih dulu.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau dikenal juga dengan sebutan optimasi mesin pencari.

SEO adalah seperangkat aturan yang digunakan untuk mengoptimalkan situs website agar lebih mudah terindeks mesin pencari.

SEO sendiri dapat dianggap sebagai sebuah kerangka kerja yang lengkap. Pasalnya, seluruh proses SEO terdiri dari sejumlah aturan, tahapan, dan kontrol.

tahapan artikel seo
Tahapan Artikel SEO

Pentingkah SEO?

Penggunaan SEO yang tepat dapat memaksimalkan pencarian website Anda pada mesin pencari dan meningkatkan peluang terpampang pada halaman utama mesin pencari. Semakin baik peringkat Anda, artinya semakin ramah pula website Anda di mata mesin pencari.

Banyak orang awam bertanya-tanya, pentingkah SEO?

Apa manfaat menggunakan SEO? Bagaimana cara mengoptimalkan SEO?

SEO sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki situs website, blog, atau toko online. Meskipun tampak sepele, SEO dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang sehingga dapat memenuhi tujuan bisnis yang Anda tetapkan.

Ingat! Setiap hari, mesin pencari melayani jutaan pertanyaan yang diajukan oleh pengguna di seluruh dunia. Hampir sebagian besar pengguna cenderung memilih salah satu dari lima artikel teratas yang terpampang di halaman hasil.

Semakin tinggi peringkat website atau blog Anda dalam mesin pencarian, semakin tinggi pula persentase pengunjung Anda. Inilah mengapa optimasi mesin pencari sangat penting.

Kelebihan-SEO

Agar Anda lebih mudah memahami, simak sejumlah alasan mengapa SEO itu penting berikut ini.

  • SEO sangat bagus untuk mempromosikan situs website, blog, atau toko online Anda.
  • SEO dapat meningkatkan arus lalu lintas mesin pencari. Tidak hanya di Google, melainkan juga Bing, Yahoo, dan sejumlah mesin pencari lainnya.
  • SEO dapat meningkatkan kepercayaan situs website atau blog, baik di mata mesin pencari maupun pengguna.
  • Bagi pebisnis, SEO dapat memperbesar peluang closing. Semakin banyak penjualan, semakin besar keuntungan yang bisa Anda dapatkan.
  • SEO dapat memudahkan Anda untuk mengambil keputusan terkait bisnis yang Anda jalankan.

Ciri-Ciri Artikel SEO

Banyak orang beranggapan bahwa belajar cara menulis artikel sangat melelahkan padahal tidak demikian. Asalkan Anda dapat menguasai hal-hal yang berkaitan erat dengan SEO.

Untuk membuat sebuah artikel yang menarik, Anda harus dapat membedakan artikel biasa dengan artikel SEO. Sekilas, keduanya tampak sama, tetapi artikel SEO memiliki ciri khusus.

Adapun ciri-ciri artikel SEO, di antaranya sebagai berikut.

  • Mengandung Keyword

Artikel SEO pasti menggunakan keyword. Keyword adalah kata kunci yang ditulis oleh pengguna untuk menemukan informasi, baik dalam betuk teks, gambar, grafik, audio, maupun video.

Keyword memudahkan mesin pencari menemukan halaman website yang sesuai.

Untuk mengoptimasi mesin pencari, terdapat beberapa jenis keyword yang dapat Anda gunakan, antara lain:

  • Short Tail Keyword

Short tail keyword merupakan kata kunci yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

Contohnya:

  • Matematika
  • Bisnis
  • Gadget
  • Smartphone Murah
  • Cara Berenang
  • Cat Dinding

Lantaran hanya terdiri dari satu atau dua kata, kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Short tail keyword biasanya digunakan oleh pengguna yang menguasai ilmu SEO dengan baik.

  • Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih.

Contohnya:

  • Daftar Ponsel Murah Dua Jutaan
  • Perbandingan iPhone vs Samsung
  • Tips Belajar Kimia
  • Tips Membeli Kamera untuk Pemula
  • Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Berbeda dengan short tail keyword, long tail keyword lebih sering digunakan. Hal ini tak lepas dari tingkat persaingan  yang cenderung rendah sehingga memudahkan Anda untuk menguasai halaman utama mesin pencari.

Selain tidak mudah untuk mendapatkan long tail keyword yang bagus, jumlah trafik yang ditawarkan tidak sebanyak ketika menggunakan short tail keyword.

  • Keyword Abadi

Keyword abadi merupakan kata kunci yang tidak pernah dimakan zaman. Artinya, kata kunci ini selalu digunakan oleh pengguna internet untuk mencari informasi tertentu.

Contohnya:

  • Cara Menyembuhkan Demam
  • Cara Mengatasi Sakit Kepala
  • Penyebab Masuk Angin
  • Ciri-ciri Anak Tumbuh Gigi
  • Cara Mengasuh Anak yang Tepat

Sejumlah contoh di atas merupakan kata kunci abadi yang selalu dicari oleh pengguna. Pasalnya, orang pasti pernah mengalami demam, sakit kepala, atau masuk angina.

Sebagian besar orang tua pun mengalami masa ketika anak tumbuh gigi atau kesulitan mengasuh anak.

  • Keyword Musiman

Keyword musiman merupakan kata kunci yang berkebalikan dengan keyword abadi. Sesuai namanya, kata kunci ini hanya populer di waktu tertentu saja.

Contohnya:

  • Hasil Pertandingan Persib vs Persebaya
  • Hasil Pertandingan Moto GP Assen
  • Hasil Pertandingan Bulu Tangkis Tunggal Putra

Ingat! Apa pun pilihan keyword Anda, hal yang paling penting adalah menemukan kata kunci yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan membawa website Anda ke peringkat atas halaman utama mesin pencari.

  • Sebaran Keyword Cukup

Banyak orang mengira bahwa keyword hanya perlu dicantumkan di bagian judul saja, faktanya kata kunci haruslah tersebar di seluruh bagian artikel. Tujuannya, agar artikel yang ditulis semakin jelas.

Kendati demikian, Anda wajib membatasi penggunaan keyword. Pasalnya, terlalu banyak menggunakan kata kunci berulang dapat menyebabkan mesin pencari mendeteksi artikel Anda sebagai spam.

Oleh karena itu, pastikan kata kunci tersebar dengan baik, seperti meletakkannya di bagian judul, subbab, awal kalimat paragraf pertama, pada bagian tengah artikel, dan paragraf terakhir.

  • Memiliki Meta Keyword

Artikel SEO tidak hanya terdiri dari kata kunci, melainkan juga memiliki meta keyword atau dikenal juga dengan sebutan meta deskripsi. Meta keyword ini merupakan kalimat yang muncul di halaman mesin pencari, tepat setelah judul.

Singkatnya, meta keyword merupakan gambaran singkat mengenai isi artikel. Dengan mencantumkan meta keyword, pengunjung akan lebih mudah menemukan artikel yang tepat.

Hal ini sekaligus meminimalisasi jebakan keyword yang biasa dibuat untuk menjaring pengunjung.

  • Dilengkapi Gambar

Artikel SEO yang baik pasti dilengkapi dengan gambar. Meskipun tampak sepele, gambar merupakan alat yang digunakan untuk memperkuat konten.

Dengan gambar, artikel yang Anda buat semakin menarik dan tegas.

  • Mempunyai Tautan URL Pendek

Selain sejumlah ciri di atas, artikel SEO pun memiliki ciri lain berupa tautan URL pendek. URL ini berguna untuk memperkuat kata kunci pada artikel.

Contohnya:

  • cara-menulis-artikel-seo-berkualitas.
  • ciri-ciri-demam-pada-anak
  • daftar-smartphone-satu-jutaan

Dengan URL pendek, ketika pengguna mengetikkan kata kunci, mesin pencari akan lebih mudah menampilkan artikel relevan yang Anda buat di urutan pertama.

seo-friendly-permalink
Buat Permalink yang Pendek

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Agar optimasi mesin pencari lebih optimal, pastikan artikel yang Anda buat tidak hanya menarik minat pengunjung, melainkan juga SEO Friendly. Semakin bagus kualitas artikel yang Anda hasikan, semakin tinggi pula persentase kunjungan ataupun potensi penjualan produk.

Lantas, bagaimana cara menulis artikel yang baik? Berikut uraiannya.

1. Riset Kata Kunci

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menulis adalah mencari kata kunci. Cari tahu mengenai kata kunci dan frasa yang paling banyak dicari di internet.

Gunakan tools gratis yang dapat memudahkan Anda meriset kata kunci terbaik.

Usahakan kata kunci tersebut relevan dengan kata kunci lainnya. Hal ini dilakukan agar proses pencarian lebih optimal. Selain kata kunci, Anda harus memastikan bahwa judul yang digunakan dapat menarik minat orang lain untuk mengunjungi website atau blog Anda.

Pembuatan judul memang tidak mudah, tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mempelajarinya.

Jika Anda ingin berhasil mempelajari cara menulis artikel, maka Anda wajib untuk belajar bagaimana cara menulis judul, memilih topik, menentukan keyword, dan menyesuaikan gambar.

 2. Masukkan Kata Kunci

Sebagaimana Anda ketahui, salah satu cara menulis artikel di blog tak lepas dari kata kunci. Baik artikel mengenai berita, bisnis, kesehatan, maupun gosip pasti memiliki keyword.

Agar artikel Anda mudah dideteksi mesin pencari, pastikan untuk menyelipkan kata kunci di dalam judul, paragraph pertama, pada Heading Satu (H1) atau Heading Dua (H2), badan, dan akhir paragraf.

Pastikan pula keyword tercantum pada meta deksripsi.

Idealnya, kata kunci Anda harus tampak alami. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menggunakan variasi kata kunci yang masih terkait dengan topik artikel.

3. Menulis Tema yang Banyak Dicari

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, keyword artikel terbagi dalam beberapa jenis. Begitu pula dengan tema artikel. Pilih tema yang sedang menjadi trending topik alias banyak dicari.

Namun, pastikan bahwa tema tersebut sesuai dengan tema blog atau website yang Anda miliki.

4. Tulis Artikel yang Disukai Mesin Pencari dan Manusia

Satu hal yang penting sebelum Anda mulai menulis adalah fakta bahwa tidak semua artikel disukai mesin pencari dan manusia.

Hanya sedikit artikel yang berhasil mendapatkan label SEO Friendly dan Human Friendly sekaligus.

Jangan sampai tulisan yang Anda buat tidak layak untuk dibaca, seperti susunannya asal, kalimatnya ambigu, terlalu banyak tipo, penggunaan tanda baca yang tidak tepat, dan parafgaf yang terlalu panjang.

Pastikan pula tulisan yang Anda buat bukan hasil plagiasi.

5. Pelajari Dasar SEO

Selalu ingat bahwa optimasi kata kunci tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika tulisan Anda tidak terindeks mesin pencari. Oleh karena itu, snagat penting untuk mengetahui dasar SEO.

Pertama, Anda harus memahami bagaimana mesin pencari seperti Google menjelajah halaman dan membagikan otoritas tautan.

Kedua, selalu ingat bahwa konten bukan hanya tentang menulis, tetapi lebih daripada itu, yakni untuk menghasilkan sesuatu.

Ketiga, selalu perhatikan letak keyword dan beri gambar yang sesuai. Keempat, gunakan meta deskripsi untuk memudahkan mesin pencari mengindeks artikel yang Anda tulis. Kelima, bagikan artikel melalui media sosial.

6. Tentukan Panjang Artikel

Anda memang bebas menentukan berapa banyak jumlah kata yang hendak ditulis. Namun, sangat disarankan untuk menulis artikel yang panjang. Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa artikel bersifat mendalam, minimal memiliki 2000 kata sangat disukai oleh mesin pencari.

Jika Anda merasaka kesulitan, cobalah untuk membuat artikel 600 kata lebih dulu.

Setelah Anda mulai terbiasa, tambahkan sedikit demi sedikit, menjadi 700 kata kemudian 800 kata, lalu 900 kata, hingga 1000 kata atau lebih.

7. Lakukan Pengeditan Naskah Artikel

Sebelum memposting artikel di blog atau website, Anda harus mengecek ulang artikel yang telah Anda tulis.

Tak perlu khawatir, sebab sejumlah program, seperti OpenOffice, Microsoft Word, dan Google Documents memberikan opsi koreksi otomatis.

Selama pengeditan naskah berlangsung, jangan hanya terpaku pada kalimat yang salah tulis saja, melainkan juga tanda baca, kesesuaian isi, dan panjang paragraf. Jika paragraf dirasa terlalu panjang, maka bagi menjadi dua atau tiga bagian.

Kendati mesin pencari menyukai artikel panjang, bukan berarti manusia menyukai paragraf yang panjang. Kalimat yang terlalu panjang tidak hanya membuat artikel kurang sedap dipandang mata, tetapi juga membuat pembaca merasa malas.

Bahkan, sebelum artikel tersebut dibaca.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengedit naskah, maka Anda dapat menggunakan jasa edit artikel profesional. Meskipun harga yang dibanderol cukup mahal, sesuai dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

Untuk harga yang lebih murah, Anda dapat memilih jasa edit artikel freelance.

8. Optimalkan Tulisan Menggunakan Tools SEO

Terkadang tidak semua orang mampu memahami SEO dalam waktu singkat. Cara termudah untuk memastikan bahwa tulisan Anda tergolong SEO Friendly adalah dengan menggunakan Tools SEO.

Tak perlu khawatir karena cukup banyak Tools SEO gratis yang dapat Anda pasang langsung di website atau blog, baik WordPress, Blogspot, dan sejumlah blog lainnya.

Cukup dengan mengunduh Tool SEO dan klik instal, Anda dapat memanfaatkan tools ini untuk memaksimalkan SEO pada artikel di blog.

Warna hijau merupakan salah satu tanda bahwa artikel yang Anda tulis sudah memenuhi syarat SEO.

Sementara warna oranye, menandakan bahwa ada beberapa bagian yang perlu Anda tambahkan, misalnya, internal link, gambar yang kurang, peletakkan keyword yang kurang tepat, atau judul yang tidak mengandung keyword.

Warna merah menunjukkan bahwa tulisan Anda kurang ramah, baik bagi pembaca maupun mesin pencari. Selain paragraf yang terlalu panjang, tidak adanya keyword yang relevan pun menjadi salah satu penyebabnya.

Agar Tools SEO Anda menunjukkan warna hijau, pastikan bahwa artikel Anda telah mengandung keyword, memiliki meta keyword, link internal (jika diperlukan), gambar terkait, dan judul yang mengandung kata kunci.

9. Cek Analitik

Jangan berpikir bahwa menulis artikel SEO semudah membalikkan telapak tangan. Setelah Anda memposting, Anda dapat meninggalkannya begitu saja.

Faktanya, SEO tidak terbatas pada penggunaan keyword pada artikel. Mengecek analitik pun masih bagian dari SEO.

Lakukan pengecekan website atau blog Anda secara berkala menggunakan Google Analytics. Menurut sejumlah ahli SEO, waktu di website, bounce rate (rasio pentalan), dan halaman per sesi tak kalah penting dengan kepadatan keyword di dalam artikel.

data-google-analytics

Jika situs Anda memiliki bounce rate yang tinggi, maka artinya pengunjung tidak menghabiskan waktu lama di situs Anda. Kemungkinan utama, Anda tidak memberikan informasi sesuai keinginan pengunjung.

Kemungkinan lain, Anda menggunakan kata kunci yang kurang relevan.

Demikianlah informasi mengenai cara menulis artikel SEO yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Bagi Anda yang ingin menghasilkan rupiah atau meningkatkan penjualan, pastikan untuk mempelajari cara membuat artikel yang menarik.

Namun jika Anda tidak ada waktu untuk menulis artikel yang berkualitas, Anda bisa memesan pada jasa penulis artikel terpercaya seperti Indonesian Writer. Hubungi 0813-7930-39908

Yuk, bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat!

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Anda!

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu