Ingin Tahu Cara Menulis Artikel SEO yang Mudah? Cek Di Sini!

Daftar Isi

Semua Hal Tentang Cara Menulis Artikel SEO

Siapa saja bisa menjadi penulis. Bukankah sedari dulu kita sudah sering menulis di buku harian untuk mencatat apa yang dirasakan dan dilakukan? Namun, untuk Anda yang ingin menggeluti bidang penulisan konten, bagaimana cara menulis artikel SEO yang tepat dan mudah? Adakah triknya?

Mari kita ulas semuanya di sini. Perhatikan baik-baik, ya

Ketahui Dulu Apa itu Artikel SEO Friendly

Sebelum mencari tahu tentang cara menulis artikel SEO, mari kenali dulu apa itu SEO. Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO merupakan proses dalam mengoptimalkan sebuah situs atau halaman tertentu dalam website agar bisa memperoleh trafik tinggi dan organik dari search engine seperti Yahoo, Bing, Google, Yandex, dan lain-lain.

Fungsi Artikel Berbasis SEO

Cara Menulis Artikel SEO

Saat ini, semua orang mencari apapun melalui internet. Misal, mereka membutuhkan resep untuk membuat donat, pasti akan langsung menuliskan kata kunci di laman pencarian dan banyak artikel resep yang bermunculan. Begitu pula untuk hal lainnya.

Artikel SEO friendly yang Anda tulis akan menaikkan nilai trafik dari website tersebut. Namun, artikel tersebut harus organik atau bebas dari plagiarisme.

Sebab, semakin organik dan original konten yang dibuat, akan semakin mudah dikenali oleh mesin pencari dan mendapatkan nilai tinggi. Bahkan, bisa membuat situs berada di halaman pertama pencarian.

Dengan begitu, artikel yang ditulis pun akan lebih banyak dibaca dan dibagikan ke berbagai platform lainnya, seperti media sosial.

Terlebih jika Anda menggunakan jasa penulis artikel SEO, yang artinya akan ada banyak penulis yang mengisi konten blog di website Anda. Sudah pasti, isi artikel akan beragam.

Tingkat orisinalitasnya pun lebih tinggi. Secara otomatis, reputasi website di mata mesin pencari akan lebih baik. Itu akan sangat menguntungkan nantinya.

Konten yang bagus harus sesuai dengan kaidah-kaidah SEO friendly. Di antaranya:

  • Hanya mengandung beberapa kata kunci di dalamnya. Sebab mengisi seluruh konten dengan kata kunci, hanya akan dinilai buruk oleh mesin pencari.
  • Memiliki struktur heading yang jelas agar mudah dipahami. Bukan hanya oleh mesin pencari tetapi juga manusia yang membacanya. Semakin lama mereka bertahan di halaman blog Anda, semakin bagus untuk menaikkan rating.
  • To the point dan tidak banyak basa-basi. Sehingga orang akan langsung paham inti dari konten artikel Anda.

Langkah-Langkah Menulis Artikel Berbasis SEO

Dalam membuat konten yang berbasis SEO friendly, ada beberapa cara atau langkah yang bisa Anda lakukan. Di antaranya:

  • Tentukan Tujuan

Langkah awal dalam cara menulis artikel SEO, Anda harus menentukan dulu tujuan dari situs yang dibuat, apakah untuk bisnis atau hal pribadi. Lantas, apa yang ingin dicapai dari konten-konten yang dibuat?

Untuk pemasaran atau hanya sekadar sharing? Apakah nantinya akan melakukan monetisasi melalui iklan yang muncul di website? Siapa sasaran yang ditargetkan sebagai pembaca?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membawa Anda untuk fokus dalam penulisan artikel. Bila konten ditujukan untuk pemasaran bisnis, Anda dapat menulis tentang tips pemasaran, memberi informatif tentang detail produk, yang mana di setiap artikel bisa disisipkan call to action yang mengarahkan pembeli untuk melanjutkan ke tahap penjualan.

Cara Menulis Artikel SEO

Sebaliknya, bila situs akan menggunakan iklan di dalamnya dan hanya bertujuan untuk bisa menarik pembaca lewat halaman pencarian, ada baiknya untuk fokus membuat konten yang informatif dan menarik.

Misal, menyisipkan video informatif tentang langkah-langkah penggunaan produk di dalam artikel yang dibuat.

  • Tentukan Audiens yang Menjadi Target Pembaca

Agar konten lebih terarah, Anda juga harus menentukan siapa target audiens yang akan membaca artikel yang sudah dibuat. Dalam cara menulis artikel SEO, Anda harus menentukan persona mereka sejak awal.

Misal, konten ditujukan untuk wanita pengusaha yang berusia antara 25 – 35 tahun, maka Anda harus menggunakan bahasa yang semi formal.

Dalam menentukan target audiens, Anda bisa memanfaatkan tools yang dapat membantu dalam menganalisis persona dan demografi pembaca. Dari sana, Anda akan lebih mudah mencari tahu tema artikel apa yang cocok untuk audiens.

Sehingga, kesempatan untuk artikel tersebut dibaca dan masuk dalam laman nomor satu pencarian akan semakin tinggi.

  • Perhatikan dalam Menempatkan Kata Kunci

Kata kunci yang ada di dalam artikel, bisa menjadi poin penting dalam penelusuran search engine. Anda bisa menggunakan tools untuk mempermudah menentukan kata kunci yang relevan dan paling banyak dicari.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Ms. Excel atau Google Spreadsheet untuk mencatat semua kata kunci yang dirasa sesuai dengan tema yang akan ditulis. Sertakan juga kata kunci pendukung yang bisa memberi nilai lebih dalam trafik.

Misal, Anda ingin menulis konten tentang tempat wisata di Yogyakarta. Kata kunci yang bisa dipilih ada banyak.
Tulis semuanya dulu dalam dokumen kemudian sortir kembali. Anda bisa menggunakan tools lain untuk memvalidasi tiap kata kunci tersebut. Seperti Google Trend, Wordstream Keyword, SEM Rush, atau Ubersuggest.

  • Pastikan Kata Kunci Ada di dalam Artikel

Cara menulis artikel SEO yang mudah adalah memastikan kata kunci ada di dalam konten artikel yang dibuat. Umumnya, keyword harus ada di:

  1. Judul
  2. Salah satu sub judul
  3. Paragraf pertama
  4. Meta deskripsi
  5. Tengah artikel
  6. Penutup atau paragraf terakhir

Selain kata kunci utama yang wajib ada di bagian-bagian itu, Anda juga bisa memasukkan kata kunci pendukung yang bisa ditempatkan di mana saja. Idealnya, kata kunci pendukung ini hanya ada 1 – 2 kali pengulangan agar tidak dinilai sebagai bad content oleh mesin pencari.

Pasalnya, search engine akan mempelajari tema dari artikel yang ditemukan melalui keyword yang ditulis berulang di dalam konten. Karena itulah, kepadatan dari kata kunci akan sangat membantu dalam penulisan artikel yang SEO friendly.

Idealnya, frasa kunci ditulis secara alami dengan keyword density sebesar 0,5% – 5%. Segala sesuatu harus tetap imbang. Jadi, tips dalam menulis artikel yang SEO friendly adalah menjaga keseimbangan frasa kunci sesuai jumlah kata dalam artikel.

Bila terlalu sedikit jumlah keyword, akan merusak rating situs. Terlalu banyak juga akan dianggap spam dan bisa di blok oleh mesin pencari.

  • Buat Headlines yang Menarik

Hal yang pertama akan dilihat oleh pembaca adalah judul dan meta deskripsi. Ketika mereka memasukkan kata kunci di halaman pencarian, akan ada banyak daftar artikel yang diberikan oleh search engine.

Cara menulis artikel SEO

Pembaca pasti akan memilih situs mana yang akan diklik berdasarkan judul dan meta deskripsi. Jadi, cara menulis artikel SEO selanjutnya adalah membuat headline atau judul yang efektif dan semenarik mungkin.

Buat judul dengan kalimat yang jelas, to the point ke inti, menarik, dan persuasif. Ajak pembaca untuk berinteraksi melalui judul tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci di dalamnya.

Selain itu, meta deskripsi pun harus diuraikan semenarik dan sesingkat mungkin. Pastikan meta deskripsi berisi topik atau tema yang akan dibahas. Sehingga, pembaca akan semakin penasaran untuk mengetahui isi artikelnya.

  • Pastikan Konten yang Ditulis Berkualitas Tinggi

Tulisan yang baik adalah tulisan yang bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Jadi, sebelum mulai menulis, cobalah untuk bertanya pada diri sendiri tentang:

  1. Apa yang bisa Anda tawarkan ke pembaca dan tidak ada di artikel mana pun?
  2. Layanan unik yang seperti yang mereka inginkan?
  3. Pengetahuan apa yang mereka butuhkan?
  4. Informasi apa saja yang sedang mereka cari?
  5. Permasalahan apa yang sedang mereka hadapi saat ini?

Dari situ, Anda akan bisa menulis sebuah artikel berkualitas yang memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pembaca. Semakin tepat solusinya, pembaca akan semakin betah dan kembali lagi untuk membaca artikel lainnya.

Dari pertanyaan itu, Anda akan bisa menulis artikel yang berbasis pada:

  1. Sesuatu yang dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi pembaca.
  2. Informasi tentang hal-hal yang masih viral atau trend di kalangan audiens.
  3. Tips dari para ahli yang sudah profesional di bidangnya.
  4. Bila kesusahan dalam menulis artikel yang berkualitas tinggi, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel
  5. SEO yang sudah banyak memiliki portofolio.
  • Buat Struktur Konten yang Jelas

Meskipun isi konten yang Anda tulis sudah bagus, tetapi bisa saja akan diabaikan oleh pembaca dan dilewati begitu saja lantaran judul yang tidak menarik atau formatnya yang berantakan atau tidak berstruktur. Untuk itu, Anda harus membuat struktur konten yang jelas dan padat.

Pecah konten menjadi beberapa bagian sub topik yang mendukung topik utama. Cara menulis artikel SEO adalah dengan menggunakan heading tag (H1, H2, H3, dst). Hal ini dilakukan agar lebih jelas apa saja bahasan dalam artikel tersebut.

Anda juga bisa memecah tulisan menjadi paragraf-paragraf kecil. Misal, dalam satu paragraf hanya ada 2 – 3 kalimat. Ini akan memudahkan untuk dibaca dan dipahami. Mata pembaca pun tidak akan sakit lantaran harus melihat banyak tulisan dalam satu paragraf.

  • Optimalkan Judul Maupun Ukuran Gambar

Search engine akan membaca gambar yang ada di dalam artikel melalui judul atau alt name-nya. Jadi, pastikan Anda hanya menuliskan kata kuncinya saja di dalam alt name gambar. Ini dapat meningkatkan rating ketika pengguna mencari artikel melalui pencarian gambar.

Ukuran ideal gambar yang bisa dimuat di dalam artikel adalah kurang dari 70 KB. Jadi, pastikan gambar yang Anda masukkan sudah berukuran kecil. Tujuannya, agar sistem lebih cepat memprosesnya dan pembaca tidak perlu menunggu waktu lama untuk loading pengambilan aset gambar.

Pentingnya SEO dalam website

Artikel yang sudah SEO friendly dapat menaikkan rating sebuah website, baik berupa situs pribadi maupun situs bisnis. Oleh karena itu, sangat penting untuk Anda mengetahui cara menulis artikel SEO yang baik.

Artikel yang berkualitas dan mengandung semua unsur-unsur SEO, akan dapat:

  • Membantu menaikkan rating website.
  • Menjadikan website masuk dalam laman nomor satu pencarian.
  • Meningkatkan pengalaman pembaca.
  • Banyak dicari oleh pembaca untuk dijadikan referensi.

Masih banyak lagi manfaat dari penulisan artikel yang sudah SEO friendly. Kini, saatnya untuk Anda mulai mempraktikkan cara menulis artikel SEO. Namun, jika kesulitan mengimplementasikannya sendiri, Anda bisa menghubungi jasa penyedia penulisan artikel SEO Indonesian Writers.

Penulis yang mengerjakan sudah pasti profesional dan bebas dari plagiarisme. Setiap konten yang dibuat terjamin orisinalitasnya. Jadi, tunggu apa lagi? Sekarang saatnya untuk menaikkan rating website Anda dengan bantuan Indonesian Writers.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian