Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » 10 Teknik SEO On Page yang Dapat Dilakukan untuk Website!

10 Teknik SEO On Page yang Dapat Dilakukan untuk Website!

Daftar Isi

Agar peringkat website dapat mengalami kenaikan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menggunakan teknik SEO On Page. Ini merupakan praktik SEO yang dilakukan di konten website

Untuk melakukan optimasi pada SEO On Page, Anda harus berfokus pada berbagai faktor yang ada di dalam konten.

Bila dilihat secara sederhana, SEO On Page bisa diartikan sebagai langkah melakukan optimasi agar kualitas konten meningkat serta mudah dipahami oleh pembaca website. 

Teknik SEO On Page

Ada berbagai macam teknik yang dapat dilakukan dalam SEO On Page. Mulai dari memperbaiki hal yang sederhana hingga berbagai hal kompleks lain di dalam konten.

Adapun teknik dalam SEO On Page adalah sebagai berikut:

  • Pilih Permalink Sederhana

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin melakukan optimasi SEO On Page adalah menggunakan permalink yang sederhana. Aspek satu ini dapat mempermudah mesin pencari dalam mengenali topik yang dibahas. 

Lantas, seperti apa permalink yang sederhana?

Jawabannya yakni mereka yang mengandung focus keyword yang akan ditargetkan. Anda dapat mengubahnya sendiri, dengan membuka dashboard WordPress kemudian klik pengaturan dan pilih permalink

teknik SEO On Page yang pertama

  • Focus Keyword Ada di 100 Kata Awal

Bukan hanya harus memperhatikan judul. Tetapi, paragraf pertama juga harus memberi kesan yang baik untuk pembaca. Pastikan isinya ‘to the point’ mengulas apa yang ingin disampaikan di artikel tersebut. Oleh sebab itu focus keyword berada di 100 kata awal. 

Meskipun demikian, tidak semua focus keyword cocok diletakkan pada 100 kata awal. Bila tidak memungkinkan, hindari memaksakan keyword.

Tetapi, pastikan untuk membuat paragraf pertama yang jelas dan menarik sehingga pembaca mengetahui apa yang nantinya dibahas di dalam artikel. 

  • Buat Judul Menarik

Saat sedang mencari suatu keyword di Google, orang-orang biasanya hanya melihat judul serta deskripsi singkat konten. Sehingga, pastikan Anda membuat judul dengan semenarik mungkin sehingga orang-orang akan langsung tertarik dengan membaca konten yang Anda miliki. 

Anda dapat menambahkan angka serta kata sifat ketika membuat judul artikel. Judul yang disertai dengan angka dapat menghasilkan performa hingga 45% lebih baik jika dibandingkan dengan judul yang tidak disertai dengan angka. 

Contohnya ‘50+ Peluang Bisnis Masa Kini’. Meskipun demikian, tidak semua konten dapat menggunakan angka di bagian judul. Sehingga, tidak perlu terus menggunakan angka di judul. Banyak variasi judul lain yang menarik perhatian pembaca. 

Teknik SEO On Page - Membuat judul

  • Gunakan Tema yang Responsif

Maksud dari tema responsif ialah mereka yang kompatibel dengan berbagai perangkat. Sehingga, meskipun dibuka di perangkat tablet, desktop, hingga perangkat mobile, website akan berjalan dengan responsive dan baik. 

Sayangnya, tidak semua website dapat responsif. Oleh sebab itu pastikan untuk lebih teliti ketika akan memilih tema website. Pastikan pula jika nantinya tema website responsif untuk semua perangkat. 

  • Tambah Video Atau Gambar

Teknik SEO On Page yang lainnya adalah menambahkan gambar. Konten yang hanya berisi teks tentu akan terlihat membosankan untuk pembaca.

Bahkan, bukan hanya membosankan, tetapi konten yang tidak mempunyai media visual apapun akan terkesan melelahkan untuk disimak. 

Oleh sebab itu pastikan menambahkan 1 atau 2 gambar di setiap konten. Akan lebih baik lagi bila menambahkan konten visual seperti video.

Menariknya, artikel yang disertai dengan konten gambar dan video mendapatkan kesempatan hingga 53 kali lebih besar muncul di halaman pertama Google.

Teknik SEO On Page - Menambahkan Gambar 

  • Lakukan Optimasi Gambar

Seperti teknik SEO On Page yang sudah disinggung sebelumnya, agar lebih terlihat menarik, konten harus disertai dengan gambar.

Agar gambar yang ditambahkan dapat meningkatkan kualitas SEO, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan. 

Contohnya, lakukan optimasi gambar seperti gambar yang tidak begitu besar. Gambar dengan ukuran besar  membuat loading suatu website menjadi lebih lambat. Anda dapat memperkecil ukuran gambar menjadi 100 KB.

Kemudian, teknik dalam SEO On Page yaitu memberikan nama file sesuai focus keyword yang ditargetkan. Kesesuaian penamaan file dapat membantu gambar agar muncul di Google Image Search. 

Terakhir, ubah alt text sehingga sesuai dengan focus keyword. Alt text berguna membantu Google untuk melakukan identifikasi topik yang dibahas di konten.

Tidak hanya itu, penggunaannya yang tepat juga akan memudahkan gambar muncul pada hasil pencarian. 

Teknik SEO On Page - Optimalkan gambar

  • Gunakan Heading serta Subheading

Teknik SEO On page berikutnya adalah menggunakan heading serta subheading. Dua aspek penting ini mampu mempermudah pembaca dalam mengetahui isi keseluruhan konten.

Heading dan subheading digunakan untuk memecah artikel menjadi bagian-bagian lebih spesifik.

Bila dilihat secara sederhana, dengan menggunakan heading serta subheading, pembaca dapat lebih mudah menemukan poin penting yang diperlukan.

Tidak hanya itu, heading dan subheading nyatanya dapat membantu mesin pencari memahami konten. 

Heading nantinya akan memudahkan search engine melakukan crawling pada konten serta melihatnya sebagai pokok pembahasannya.

Teknik SEO On Page - Heading, Sub Heading

  • Sisipkan Outbound Link

Saat membuat konten, pastikan menyisipkan satu tautan ke website lain. Teknik ini disebut dengan outbound link. Tetapi, Anda tidak boleh menggunakan website yang asal-asalan, kemudian pastikan jika website yang dijadikan sebagai sumber rujukan memiliki reputasi positif. 

Outbound link digunakan untuk menunjukkan bila konten yang dibuat menggunakan sumber kredibel. Selain itu dengan mengarahkan link ke sumber rujukan yang sesuai, konten juga dianggap memiliki topik yang sama dengan website rujukan.

Baca Juga: “Tips membuat konten yang beperingkat dengan artikel SEO friendly”.

  • Gunakan Internal Link dengan Baik

Teknik SEO On Page yang lainnya adalah menggunakan internal link secara maksimal. Internal link merupakan tautan yang nantinya mengarah ke konten lain pada website.

Jenis link ini sangat penting karena akan memudahkan pembaca berpindah dari sebuah konten ke konten lain di website.

Bukan hanya itu, internal link juga akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks serta hubungan di halaman website. Google sendiri juga mengutamakan website dengan konten yang saling berhubungan.

Baca Juga: Strategi SEO di Tahun 2024 

  • Gunakan LSI

Teknik SEO On page yang terakhir adalah menggunakan LSI. Meskipun sudah menemukan keyword yang tepat, Anda tetap harus mengulangnya tersebut dalam beberapa kali di satu konten. Tetapi, bukan berarti pengulangan bisa dilakukan dengan berlebihan. 

Mengulang kata kunci dengan berlebihan justru mengakibatkan Google beranggapan bahwa konten tersebut merupakan spam. Agar dapat menyiasatinya, Anda dapat menggunakan LSI keyword. Ini merupakan kata kunci yang masih memiliki makna mirip sesuai dengan target keyword

Mengapa harus menggunakan LSI?

Hal ini disebabkan karena kata kunci diberikan keyword tool umumnya merupakan hasil penyeragaman berbagai kata kunci mirip, akhirnya keyword yang diberi sangat terbatas. 

Padahal, tidak semua orang menggunakan satu kata kunci. Tidak sedikit orang yang menggunakan sejumlah variasi kata kunci. Variasi inilah yang disebut dengan LSI.

Melakukan optimasi SEO On Page menjadi salah satu solusi agar lalu lintas blog mengalami peningkatan. Selain itu, SEO On Page juga bukan menjadi hal yang sulit dengan melakukan sejumlah langkah di atas. 

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam teknik SEO On Page adalah artikel yang digunakan. Agar mendapatkan artikel yang berkualitas, Anda dapat menggunakan jasa penulis artikel profesional IndonesianWriter!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page