Contoh Artikel dan Strukturnya yang Benar

contoh-artikel-dan-strukturnya-yang-benar

Daftar Isi

Contoh Artikel dan Strukturnya yang Baik dan Benar

Struktur Artikel secara Umum

Contoh artikel dan strukturnya – Setiap tipe artikel akan ditulis secara runtut sesuai dengan struktur yang tepat. Penulisan sebaiknya mengikuti aturan struktur untuk mempermudah kerja penulis sekaligus pembaca. Berikut adalah struktur artikel secara umum: 

  1. Tesis

Bagian pertama dalam sebuah artikel adalah tesis. Tesis bisa diartikan sebagai gagasan utama dari sebuah permasalahan yang akan dibahas dalam artikel. Tesis ini diambil dari fakta yang ada dan akan dijadikan topik pembahasan.

  1. Argumentasi

Setelah tesis ada bagian argumentasi. Bagian ini akan menyampaikan pendapat dari penulis. Namun pendapat yang disampaikan di bagian argumentasi ini harus sesuai dengan fakta yang ada.

  1. Penegasan Ulang

Bagian berikutnya yang juga merupakan bagian terakhir dari artikel adalah penegasan ulang. Bagian ini akan menjadi penutup artikel yang memperkuat argumentasi di bagian sebelumnya. Sekali lagi, bagian penegasan ulang ini juga harus sesuai dengan fakta.

Agar lebih mudah memahami teori struktur artikel ini maka penting sekali untuk melihat langsung contoh artikel dan strukturnya. Setiap harinya kita mungkin melihat dan membaca banyak artikel namun seringkali tidak memperhatikan struktur yang digunakan.

Jika dilihat secara sederhana, struktur artikel meliputi bagian pembuka, isi, dan penutup. Tesis menjadi bagian pembuka artikel, argumentasi merupakan isi, dan penegasan ulang adalah bagian penutup artikel. Semua bagian ini ditulis berdasarkan fakta dan bisa memasukkan argumen dari penulis dengan catatan tidak melenceng dari fakta.

contoh artikel dan strukturnya

Struktur Artikel Ilmiah

7 Struktur artikel ilmiah yang wajib ada yaitu, judul artikel, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, dan daftar pustaka. Sebelum bicara lebih banyak tentang contoh artikel dan strukturnya, mari mulai dulu dari jenis artikel ilmiah ini. Menurut Suyitno (2011), artikel ilmiah merupakan suatu karya tulis yang dibuat agar bisa dimuat di buku kumpulan artikel maupun jurnal. Artikel ini juga akan ditulis dengan aturan penulisan ilmiah.

Artikel ilmiah yang biasa kita temui bisa hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari artikel asli, review, maupun mini review. Berikut adalah beberapa ciri dari artikel ilmiah:

  • Bersifat objektif dan dikembangkan dari kondisi aktual
  • Rasional
  • Reserved (penulis tidak overclaiming)
  • Memakai gaya bahasa formal
  • Diberikan pengutipan sumber

Perlu diperhatikan bahwa artikel ilmiah pada umumnya ditulis untuk tujuan tertentu. Biasanya artikel ini digunakan untuk kepentingan akademis. Setiap penulisan artikel ilmiah bisa menerapkan struktur yang berbeda tergantung template yang digunakan. Jadi, bisa saja struktur ini berbeda dengan aturan yang ditetapkan oleh lembaga akademis.

Pada jenis artikel ilmiah modern, seringkali dituliskan dalam struktur yang lebih ringkas. Biasanya hanya terdiri dari bagian pembuka, isi, dan penutup. Selama tujuan dari penyampaian informasi ilmiah tercapai maka struktur ini bisa digunakan. Anda harus mengetahui contoh artikel dan strukturnya agar dapat menulis secara baik dan benar.

Baca juga : Ciri Artikel Blog/Website yang Baik dan Benar

artikel-bahasa-indonesia-yang-baik

Berikut Beberapa Contoh Artikel – Contoh Artikel dan Strukturnya

Contoh Artikel Ilmiah

Bahaya Konsumsi Internet Berlebih bagi Remaja

Koneksi internet bisa memberikan banyak manfaat dan kemudahan. Akses informasi jadi lebih mudah dan cepat. Namun, fasilitas ini justru bisa memberikan dampak negatif khususnya bagi remaja. Pemakaian internet yang berlebihan dan tidak terkontrol bisa menyebabkan remaja mengalami gangguan mental bahkan depresi.

Latar Belakang Masalah

Fasilitas internet kini begitu melekat dengan kehidupan sehari-hari, termasuk di kalangan remaja. Internet bisa membantu mendukung proses belajar remaja dan mempermudah remaja mengakses media sosial. Namun, pemakaian internet juga bisa memberikan dampak buruk terkait gangguan kondisi mental. Arus informasi yang berlebihan dapat menyebabkan stress dan depresi.

Pembahasan

Bagi remaja saat ini internet bisa menjadi sebuah kebutuhan pokok. Internet bisa membantu remaja untuk mengakses kebutuhan belajar. Namun, di kalangan remaja sendiri internet lebih sering digunakan untuk mengakses media sosial. Mereka lebih mudah melihat kehidupan pribadi orang lain mulai dari teman sendiri hingga influencer.

Arus informasi yang berlebihan lewat media sosial ini bisa menimbulkan masalah mental. Salah satu penyebabnya adalah karena muncul perasaan insecure. Perasaan ini kemudian bisa berkembang menjadi minder yang berlebihan dan memicu depresi. Rasa iri berlebihan terhadap kehidupan orang lain yang ditemui di media sosial dapat menyebabkan tekanan mental berbahaya.

Penutup

Kontrol pemakaian internet pada remaja sangat dibutuhkan. Kondisi mental remaja dengan akses berlebih pada internet dapat mengalami penurunan yang mengarah kepada depresi. Selain membatasi pemakaian internet, mengendalikan akses ke media sosial juga sangat penting dilakukan sebagai solusi terbaik.

Contoh Artikel Berita

Greysia Polii-Apriyani Rahayu Berhasil Raih Emas di Olimpiade Tokyo

Pasangan pemain bulu tangkis ganda putri, Greysia Polii-Apriyani Rahayu menuliskan sejarah baru setelah meraih emas di Olimpiade Tokyo 2020. Pasangan junior dan senior ini memenangkan pertandingan final melawan pasangan China Chen Qingchen-Jia yifan. Pertandingan tersebut berakhir hanya dalam dua set dan dimenangkan mudah oleh pasangan Indonesia.

Kemenangan Greysia dan Apri ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia. Keduanya menjadi pasangan pertama yang bisa meraih medali emas dalam kategori ganda putri. Tak hanya itu, pencapaian ini juga membuat Indonesia tercatat pernah memenangkan semua kategori di pertandingan bulu tangkis Olimpiade.

Sepanjang pertandingan di Olimpiade Tokyo ini, Greysia dan Apri memang selalu menunjukkan penampilan terbaik. Perjalanan menuju babak final memang tidak mudah namun bisa dilalui dengan sangat baik oleh pasangan ini. Babak demi babak pertandingan dilalui dengan kerja keras dan kekompakan. Sampai akhirnya mereka bisa mencapai kemenangan puncak dengan skor akhir 21-19 dan 21-15.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menjadi pasangan yang memberikan kejutan besar dalam event Olimpiade ini. Tercatat mencetak sejarah setelah masuk ke babak semifinal, nyatanya pasangan ini justru membuat pencapaian yang lebih tinggi. Bahkan di babak final pun keduanya memberikan banyak kejutan mulai dari aksi ganti raket Greysia hingga pengembalian dramatis dari Apriyani.

Contoh Artikel Fakta dan Opini

PPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang demi Mengatasi Pandemi COVID-19

Pada awal bulan Juli lalu pemerintah membuat keputusan besar sebagai langkah penanganan pandemi COVID-19. Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan aturan pembatasan aktivitas masyarakat yang dikemas dalam program PPKM. Hingga detik ini, PPKM masih terus berjalan karena berulang kali diperpanjang oleh Presiden Jokowi.

Perpanjangan PPKM ini menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Masyarakat tentu merasa sangat terbebani dengan adanya aturan PPKM. Belum lagi para buruh dan wirausaha yang kondisi finansialnya terbentur PPKM. Banyak yang mempertanyakan kapan PPKM ini akan berakhir dan tidak diperpanjang lagi.

Sebenarnya kondisi pandemi saat ini cukup membingungkan bagi banyak pihak. Di satu sisi memang dibutuhkan pengendalian aktivitas demi menekan laju penularan. Namun di sisi lain aturan PPKM ini perlahan-lahan membunuh masyarakat terutama yang mendapatkan penghasilan harian. Terlebih bagi para buruh yang tetap harus beraktivitas di masa pandemi seperti sekarang.

Penerapan protokol kesehatan masih menjadi kunci penting dalam usaha pengendalian penularan COVID-19. Kegiatan masyarakat mungkin bisa dibuka kembali selama dilakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jika masyarakat bisa menjaga diri sendiri dengan mengikuti protokol kesehatan maka angka penularan juga pasti bisa dikendalikan.

Selain itu, kesadaran untuk mendapatkan vaksin juga sangatlah penting. Pemerintah memegang tanggung jawab besar untuk menumbuhkan kesadaran vaksinasi di kalangan masyarakat. Semakin banyak yang divaksin maka semakin kecil risiko penularan yang terjadi.

Contoh Artikel yang Menarik

Walking Meditation, Solusi Terbaik untuk Melapangkan Pikiran

Meditasi merupakan salah satu langkah yang bisa diambil ketika pikiran mulai penat dan stres. Jika tidak diatasi secepatnya, kondisi stres ini bisa mengarah ke situasi yang lebih parah yakni depresi. Salah satu langkah meditasi yang bisa dicoba adalah walking meditation atau meditasi berjalan.

Selama ini Anda mungkin mengenal meditasi sebagai aktivitas yang dilakukan dalam kondisi tenang dan tubuh dalam posisi rileks seperti duduk atau berbaring. Ternyata meditasi juga bisa dilakukan sambil berjalan. Walking meditation ini bisa jadi solusi terbaik untuk melapangkan hati maupun pikiran agar lebih tenang dan bahagia.

Walking meditation ini dilakukan dengan cara berjalan seperti biasa. Anda bisa memilih lokasi yang sepi dan nyaman untuk berjalan-jalan. Fokuskan pikiran pada posisi tubuh dan cara tubuh berjalan. Hilangkan semua pikiran negatif dan berikan afirmasi positif pada diri sendiri.

Sangat tidak disarankan untuk memilih lokasi berjalan yang berisik karena bisa mengganggu proses meditasi. Anda juga disarankan untuk memakai pakaian yang nyaman dan tidak membawa berbagai barang. Pastikan postur tubuh sudah benar untuk mengoptimalkan manfaat meditasi yang akan dirasakan tubuh maupun pikiran.

Walking meditation sangat cocok dilakukan bagi Anda yang tengah mengalami stres. Aktivitas ini juga bisa dilakukan secara rutin demi menghindari kondisi stres. Metode meditasi ini pun tidak akan terasa membosankan karena Anda bisa melihat lingkungan sekitar untuk menyegarkan pikiran.

Contoh Artikel Kesehatan

Cara Mengontrol Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk selalu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Sekali saja kadar gula darah meningkat maka bisa menyebabkan komplikasi yang berakibat fatal. Berikut adalah beberapa cara mengontrol kadar gula darah yang bisa diterapkan oleh penderita diabetes:

  1. Atur Pola Makan

Jenis makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kadar gula darah dalam tubuh. Usahakan untuk mengatur pola makan sebaik mungkin demi menjaga kadar gula darah tetap di angka normal. Hindari makanan yang mengandung tinggi gula dan batasi porsi makan sesuai anjuran diet dari dokter.

  1. Olahraga Teratur

Lakukan olahraga secara teratur setiap hari demi mengontrol berat badan dan kadar gula dalam darah. Jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes sangat beragam. Mulai dari jogging, senam, yoga, berenang, dan lain sebagainya.

  1. Kelola Stres

Kondisi pikiran juga bisa berpengaruh pada kadar gula dalam darah. Stres bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat tajam. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengelola stres dengan berpikir positif, tidur yang cukup, dan melakukan meditasi.

  1. Konsumsi Obat

Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi obat rutin untuk mengendalikan kadar gula darah. Konsumsi obat harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Jika memang dibutuhkan konsumsi obat, konsumsi secara rutin setiap hari tanpa terlewat.

Itulah pembahasan singkat mengenai contoh artikel dan strukturnya. Setiap jenis artikel memiliki struktur yang pada dasarnya berupa pembuka, isi, dan penutup. Jika ditulis sesuai urutan yang tepat maka pembaca pun akan jauh lebih mudah untuk menangkap isi artikel yang ditulis. Jangan lupa selalu update informasi tentang contoh artikel dan strukturnya.
BACA JUGA : Ciri artikel seo friendly

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo