Contoh Artikel dan Strukturnya yang Benar

Contoh Artikel dan Strukturnya yang Benar

No ratings yet.

Contoh Artikel dan Strukturnya untuk Karya Ilmiah Banyak Dicari

Bagi anak SMA atau kuliah yang sering berkecimpung dalam dunia ilmiah mungkin tidak asing dengan karya tulis ilmiah atau yang sering disingkat KTI. KTI merupakan sebuah kegiatan yang sering dilakukan oleh instansi atau pun event.

Selain itu karya tulis ilmiah juga sering disebut dengan publikasi, jurnal, tesis, hingga skripsi. Pada dasarnya, karya tulis ilmiah ialah hasil pemikiran ilmiah dari berbagai macam bidang tertentu dan disertai dengan data fakta yang tersusun dengan utuh, logis dan sistematis.

Saat ini contoh artikel dan strukturnya untuk karya ilmiah begitu banyak dicari.

Struktur Karya Tulis Ilmiah

Untuk membuat contoh artikel dan susunannya yang benar di dalam karya tulis, Anda harus mengetahui kaidah penulisannya terlebih dahulu. Kaidah penulisan karya tulis ilmiah seperti valid, ilmiah, baku serta logis.

Dalam contoh karya ilmiah dan strukturnya terdapat tiga bagian penting yang dibuat, berikut bagian selengkapnya, antara lain:

1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi informasi karya ilmiah yang sedang dilakukan. Poin penting yang dipaparkan dalam pendahuluan cukup banyak seperti latar belakang masalah, latar belakang masalah menceritakan mengapa penelitian tersebut diambil sebagai judul.

Cerita mengenai latar belakang menjadi sebuah poin penting, sehingga di dalam pengambilan solusi penelitian akan lebih terarah.

Selain latar belakang, ada pula tujuan permasalahan.

Dengan adanya tujuan, kita memiliki batasan yang jelas mengenai apa saja yang harus dikerjakan serta menjaganya agar tak keluar dari inti utama penelitian.

Di dalam pendahuluan, intinya kita harus memaparkan hal-hal awal yang harus dilakukan berkaitan dengan penelitian.

2. Isi

Isi merupakan bagian inti dari sebuah karya tulis ilmiah. Isi akan memaparkan penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil studi kasus di pendahuluan.

Dalam bagian inti pembahasan diuraikan berkaitan dengan landasan teori yang akan mendukung penelitian.

Pengambilan landasan teori dapat dilakukan dari perkataan ahli yang mengatakan bidang studi tersebut, atau membuat landasan teori baru bila studi penelitian tersebut adalah studi yang menarik serta unik.

Di bagian inti penulisan karya ilmiah, pokok-pokok juga diambil dalam penelitian.

Apakah penelitian tersebut menggunakan rumus khusus atau kuesioner studi lapangan yang dipaparkan dengan jelas, sehingga data yang ditampilkan akan lebih gamblang dan jelas.

3. Penutup

Penutup memaparkan kesimpulan yang berada di bagian akhir penelitian, apakah penelitian dapat memberi solusi pada permasalahan yang diangkat atau sebagai sebuah batu loncatan awal untuk penelitian lanjutan.

Contoh artikel dan strukturnya bisa dibuat runtut jika kita mengikuti berbagai kaidah yang terlampir dengan baik. Tema karya ilmiah yang Anda ambil sebenarnya bisa beragam mulai dari kesehatan, teknologi hingga kuliner.

Banyak website atau blog yang menulis karya ilmiah dengan tema-tema yang menarik seperti wisata.

Baca juga : Ciri Artikel yang Baik dan Benar

artikel-bahasa-indonesia-yang-baik

Contoh Artikel

Berikut ini merupakan contoh dari artikel bahasa Indonesia tema wisata:

Pesona Yogyakarta, Kota Wisata yang Tak Pernah Berhenti Menawarkan Keindahannya

Yogyakarta, kota ini mungkin tidak asing di telinga Anda. Untuk masalah vakansi, kota yang terkenal dengan sebutan “kota gudeg” adalah destinasi yang tak pernah membosankan untuk dikunjungi.

Memiliki kekayaan alam yang indah, kekayaan budaya yang kental, hingga begitu banyak torehan sejarah di sana.

Siapa saja yang berwisata di kota ini pasti kembali dengan pengalaman baru yang berkesan.

Musik Jalanan di Sudut Kota

Bukan hanya terkenal dengan kulinernya, daerah ini juga terkenal dengan budaya yang sangat unik. Salah satunya ialah musik jalanan. Dulunya, musik jalanan hanya berada di kawasan Malioboro, namun kini musik jalanan telah banyak ditemukan di lampu merah sudut-sudut kota.

Lagu yang dimainkan pun bukan hanya lagu-lagu zaman dulu, namun banyak lagu hits kekinian yang dimainkan.

Berbagai Wisata Budaya yang Tak Membosankan

Jangan heran jika Anda akan melihat banyak turis mancanegara di sini. Wisatawan asing dari Malaysia, Jepang, hingga Belanda menjadi penyumbang turis asing yang paling banyak Yogyakarta.

Mereka begitu menyukai hal-hal yang berbau kebudayaan dan sejarah. Dan saat mengunjungi Yogyakarta, mereka bisa menyalurkan hasrat belajar budaya mulai dari belajar tarian Jawa, belajar membatik, menikmati lukisan Affandi, melihat pertunjukan wayang kulit hingga sendratari Ramayana.

Bahkan, wisatawan dapat melihat berbagai pertunjukan seniman lokal secara gratis.

Berbagai Wisata Berkelas Dunia

Ketika mendengar kalimat “obyek wisata Jogja”, hal apa yang langsung terlintas di benak Anda? Mungkin Anda langsung menyebut Candi Borobudur serta Candi Prambanan. Dua destinasi budaya ini begitu populer di seluruh dunia.

Kedua wisata ini juga berada di dalam daftar “world heritage” dari UNESCO.

Sajian Makanan Khas Jogja yang Murah dan Lezat

Setiap daerah pada dasarnya mempunyai rasa makanan yang khas. Di Yogyakarta, gudeg serta bakpia menjadi magnet bagi wisatawan untuk terus berkunjung dan menikmati dua sajian makanan ini.

Ingin menghabiskan malam bersama dengan teman dan keluarga sembari menikmati suasana malam Jogja?

Angkringan bisa menjadi pilihannya. Berbagai menu sederhana seperti sate, aneka bacem, nasi kucing, ayam goreng di banderol terjangkau.

Tidak puas rasanya jika hanya mendengar cerita dari mulut ke mulut. Untuk membuktikannya, Anda bisa langsung datang ke kota dengan berbagai sebutan ini.

Dengan contoh artikel dan strukturnya yang tepat, pembuatan artikel yang akan dilakukan bisa lebih tersusun dengan baik, artikel-artikel yang Anda tulis pun bisa dimasukkan ke dalam blog atau website pribadi.

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu