Junda Yanti

Junda Yanti

Junda adalah seorang penulis dan copywriter berpengalaman 5 tahun. Ia memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan, SEO, dan berbagai bidang lainnya. Junda percaya bahwa dengan berbagi pengetahuan, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » Teknik Black Hat SEO: Definisi dan Cara Menghindarinya

Teknik Black Hat SEO: Definisi dan Cara Menghindarinya

Teknik Black Hat SEO

Daftar Isi

Dalam dunia SEO (Search Engine Optimization), dikenal istilah teknik black hat SEO, yaitu strategi meningkatkan peringkat website dengan cara yang tidak sesuai kaidah mesin pencari. Hal ini sangat ditentang oleh mesin pencari seperti Google, bahkan termasuk dalam kategori pelanggaran.

Jika website Anda menerapkan teknik ini dan berhasil terdeteksi oleh Google, maka performa web Anda bisa menurun, baik dari segi traffic maupun peringkat. Oleh karena itu, kenali apa itu black hat SEO, jenis-jenis teknik, hingga cara menghindarinya.

Definisi Teknik Black Hat SEO

Secara lebih spesifik, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan teknik black hat SEO? Pada dasarnya, black hat SEO adalah tindakan manipulasi yang dilakukan oleh para praktisi SEO untuk meningkatkan peringkat halaman web mereka di mesin pencari.

teknik black hat seo

Teknik ini sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip SEO yang sehat dan dapat menimbulkan risiko pada reputasi dan kredibilitas sebuah situs web. Pasalnya, praktik ini merupakan teknik optimasi yang melanggar pedoman dan aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari seperti Google.

Adapun istilah “black hat” diambil dari dunia kejahatan, di mana pelaku kejahatan menggunakan topi hitam untuk menutupi identitasnya. Hal tersebut serupa dengan para pelaku teknik black hat SEO yang menggunakan teknik tidak etis untuk meningkatkan peringkat webnya.

Lalu, mengapa pegiat SEO yang baik harus menghindari taktik black hat SEO? Berikut beberapa penyebabnya:

  • Melanggar Panduan Webmaster

Mesin pencari seperti Google memiliki panduan webmaster untuk memastikan setiap website mengikuti aturan yang dibuat. Selain itu, mesin pencari juga memiliki algoritma canggih untuk mendeteksi praktik SEO yang tidak sesuai aturan.

  • Traffic dan Ranking Tidak Bertahan Lama

Memang benar bahwa black hat SEO dapat menaikkan traffic dan peringkat di mesin pencari. Tetapi, Google dan search engine lainnya senantiasa memperbarui algoritma mereka, sehingga teknik tersebut tidak lagi relevan dan justru dapat menurunkan ranking pencarian.

  • Memberikan User Experience yang Buruk

Kebanyakan teknik black hat SEO akan memberikan pengalaman user yang buruk, sebab konten yang ditampilkan berbeda dengan search intent. Meskipun awalnya bisa menaikkan trafik, namun user tidak akan tertarik mengunjungi kembali web tersebut.

  • Dapat Diblacklist Mesin Pencari

Mesin pencari selalu menginginkan hasil pencarian terbaik bagi setiap pengguna, agar hasil yang ditampilkan selalu relevan. Jika website Anda terdeteksi melanggar aturan, maka resikonya adalah di-blacklist dari mesin pencari. Jika terlanjur masuk daftar hitam, web tersebut tidak bisa dirangking lagi kecuali melakukan banding manual.

Teknik Black Hat SEO yang Harus Dihindari

Hingga kini, berbagai mesin pencari terus meningkatkan teknologi mereka untuk mengidentifikasi tindakan black hat SEO dan menghapus situs web yang menerapkannya. Jadi, Anda perlu menghindari teknik ini dalam strategi SEO website Anda.

Agar performa website Anda di mesin pencari tetap optimal, sebaiknya ketahui apa saja praktik black hat SEO yang harus dihindari. Berikut ini adalah beberapa jenis taktik black hat SEO yang sering digunakan oleh para oknum tidak bertanggung jawab:

teknik black hat seo

  • Cloaking

Cloaking adalah teknik yang digunakan untuk menampilkan konten yang berbeda pada mesin pencari dan pengguna manusia. Hal ini dilakukan dengan cara mengelabui mesin pencari melalui manipulasi tag HTML atau server. Taktik ini mengambil keuntungan dari kelemahan mesin pencari dalam mengindeks konten halaman web.

  • Keyword Stuffing

Keyword stuffing adalah teknik yang digunakan untuk menempatkan kata kunci secara berlebihan dalam teks atau tag HTML di halaman web. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat halaman web pada mesin pencari.

  • Link Farms

Link farms adalah sekumpulan situs web yang saling terhubung dan didesain dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs web mereka di mesin pencari. Biasanya, situs-situs ini berisi konten tidak berkualitas. tidak relevan dan seringkali menggunakan teknik manipulasi anchor text.

  • Doorway Pages

Doorway pages adalah teknik black hat SEO menggunakan halaman web tertentu berisi kata kunci yang dibuat khusus untuk mesin pencari. Tujuannya adalah menarik traffic dan mengarahkan pengunjung ke halaman web utama.

  • Private Blog Networks (PBN)

Prinsip kerja PBN adalah dengan cara beternak banyak blog sekaligus, lalu saling meletakkan backlink antar setiap blog. Dengan cara ini, setiap blog bisa memperoleh backlink dalam jumlah banyak, kurang lebih sama seperti link farms dan doorway pages.

  • Backlink Purchasing

Selain memperoleh backlink dari PBN, banyak pula pelaku SEO pemula yang membeli backlink untuk meningkatkan performa websitenya. Padahal, backlink purchasing justru termasuk tindak pelanggaran terhadap panduan webmaster Google.

  • Automated Content

Automated content adalah teknik black hat SEO yang digunakan untuk menciptakan konten secara otomatis dan dihasilkan dari program komputer atau bot. Biasanya, konten yang dihasilkan oleh program ini tidak memiliki nilai dan tidak berkualitas.

  • Hidden Text

Hidden text adalah teknik yang digunakan untuk menyembunyikan teks di halaman web dengan tujuan meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari. Biasanya, teks yang disembunyikan menggunakan warna yang sama dengan latar belakang halaman web atau ukuran font yang sangat kecil sehingga tidak terlihat oleh user.

  • Page Swapping

Page swapping adalah taktik untuk mengganti konten halaman web setelah halaman web tersebut berhasil terindeks oleh mesin pencari. Jika terdeteksi oleh Google, maka web tersebut berpotensi diblokir oleh Google untuk periode tertentu.

  • Article Spinning

Article spinning atau content spinning adalah praktik menulis ulang konten orang lain agar pengguna dan Google crawler mendeteksinya sebagai konten orisinil. Praktik spinning merupakan salah satu teknik black hat SEO, sebab bertentangan dengan kebijakan Google.

  • Auto Visitor

Sesuai namanya, auto visitor adalah taktik yang digunakan untuk menambah jumlah pengunjung secara otomatis. Selain menambah kunjungan, teknik ini juga mampu menambah jumlah klik dengan memanfaatkan proxy khusus.

  • Auto Sitemap Bomber

Auto sitemap bomber merupakan salah satu taktik black hat yang melibatkan URL dan sitemap, yaitu halaman yang memuat informasi link web. Normalnya sitemap hanya disubmit satu kali saja, namun teknik ini akan melakukan submit sitemap secara berkali-kali pada setiap artikel yang dipublikasikan.

  • Comment Spamming

Sebenarnya, memberi komentar adalah hal yang normal dan sah untuk dilakukan dalam teknik SEO. Namun jika komentarnya bersifat spamming, tidak sesuai niche, dan tidak ditanam melalui URL komentar, maka hal itu termasuk black hat SEO.

Perbedaan Teknik Black Hat SEO dan White Hat SEO

Selain black hat SEO, terdapat pula white hat SEO. Jika black hat SEO dilakukan dengan cara melanggar kaidah mesin pencari, maka white hat SEO dilakukan dengan tetap mematuhi aturan mesin pencari.

teknik black hat seo

Jika menerapkan black hat SEO, maka website tersebut bisa dihapus dari indeks mesin pencari. Sedangkan white hat SEO adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan dengan cara yang etis, sesuai aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari dan tidak merugikan pengguna.

Cara melakukannya adalah dengan memperoleh traffic secara organik agar peringkat website di mesin pencari naik. Berikut adalah beberapa contoh teknik white hat SEO:

  • Penyajian konten yang berkualitas, bermanfaat dan informatif untuk pengguna, dengan kata kunci yang relevan dengan topik dan tidak berlebihan.
  • Membangun link (link building) ke website utama yang berkualitas dan relevan dengan topik yang dibahas di dalam website. Dapat dilakukan dengan cara membuat konten yang menarik dan bermanfaat sehingga orang lain dapat dengan sukarela mengarahkan link ke website Anda.
  • Penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan dengan konten yang ditampilkan di dalam website, sehingga pengguna dapat menemukan website Anda dengan mudah.
  • Mempromosikan website melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari.

Search engine seperti Google sangat menghargai konten web yang dioptimasi dengan teknik white hat SEO, bahkan website tersebut sering diberi nilai yang tinggi. Sedangkan konten yang dioptimasi dengan teknik black hat SEO dan berhasil terdeteksi akan dikenai sanksi.

Cara Menghindari Black Hat SEO

Agar website Anda tidak di-banned oleh mesin pencari, penting untuk memahami bagaimana cara menghindari praktik black hat SEO. Pada dasarnya, cara menghindari praktik ini adalah dengan tidak melakukan berbagai teknik yang tidak sesuai kaidah Google, misalnya sebagai berikut:

  • Hindari Keyword Stuffing

Terkadang, keyword stuffing dapat dilakukan secara tidak sengaja oleh pegiat SEO pemula. Solusinya, tempatkan kata kunci secara wajar di judul halaman, meta deskripsi, konten, dan anchor text.

Jangan memberi terlalu banyak kata kunci dan hindari penggunaan kata kunci yang tidak relevan agar tidak memberi sinyal negatif ke mesin pencari. Idealnya, Anda bisa menggunakan keyword density sebesar 2-5%.

  • Jangan Membeli Link

Salah satu teknik black hat SEO yang banyak menjebak pemilik website adalah pembelian backlink dari website lain. Sebaiknya, jangan gampang tergoda dengan web yang menawarkan jasa pembelian backlink.

Sebab jika tidak relevan, Google akan menganggapnya sebagai tindak manipulasi link dan web Anda bisa masuk ke daftar hitam. Solusinya, lakukan link building yang organik dari website lain yang kontennya relevan dengan web Anda.

  • Jangan Memanipulasi Metadata

Untuk menghindari cloaking, jangan pernah mencoba menipu mesin pencari dengan cara menampilkan halaman web yang berbeda dari apa yang sebenarnya terlihat oleh pengunjung. Misalnya yaitu membuat meta deskripsi dan tag judul yang menipu user.

Sebaliknya, buatlah konten yang relevan baik untuk mesin pencari maupun pengguna manusia. Pastikan apa yang termuat di meta description mesin pencari sudah sesuai dengan isi konten dalam halaman web Anda.

  • Hindari Duplicate Content

Duplicate content adalah menyalin konten dari situs web lain atau mempublikasikan konten yang sama di beberapa halaman web yang berbeda pada situs web Anda sendiri.

Jika dilakukan, ini dapat merusak reputasi website Anda di mata mesin pencari. Jadi, pastikan konten yang Anda publikasikan adalah original dan bukan hasil copy-paste dari situs web lain.

Baca disini : Cara Membuat Artikel SEO Friendly

  • Buat Konten yang Berkualitas

Agar trafik meningkat secara organik, Anda perlu membuat konten yang berkualitas. Pastikan artikelnya sudah sesuai dengan search intent pengguna dan memenuhi kaidah optimasi SEO yang benar.

Konten yang baik menurut kaidah SEO adalah artikel yang informatif dan memuat kata kunci relevan. Jadi, pastikan untuk selalu melakukan riset keyword dan mengetahui karakteristik calon pembaca.

Untuk menghindari teknik black hat SEO, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel berkualitas dari IndonesianWriter. Dengan penulis profesional yang sudah menguasai kaidah SEO, setiap konten yang dibuat dijamin sesuai dengan aturan mesin pencari. Tingkatkan peringkat web Anda sekarang bersama IndonesianWriter!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page