Ciri Artikel yang Baik dan Benar

Ciri Artikel yang Baik dan Benar

No ratings yet.

Bagaimana Ciri Artikel yang Baik dan Benar?

Menampilkan artikel yang menarik dalam website sangat penting dilakukan. Artikel yang menarik akan meningkatkan pengunjung website, sehingga artikel akan semakin mudah dicari di mesin pencarian Google.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah artikel Anda menarik?

Untuk menentukan apakah artikel menarik atau tidak, Anda bisa membandingkan artikel Anda dengan ciri-ciri artikel yang berkualitas.

Agar mengetahui bagaimana artikel yang tepat, simak penjelasan berikut ini.

Ciri Ciri Artikel yang Berkualitas

Menampilkan artikel yang berkualitas akan meningkatkan lalulintas pengunjung website, sehingga artikel Anda akan mudah ditemukan di mesin pencarian Google.

artikel berkualitas

Untuk mengetahui apakah artikel berkualitas atau tidak, Anda bisa membandingkannya dengan ciri artikel yang baik dan benar berikut ini:

1. Memiliki headline yang clickable

Artikel yang berkualitas memiliki judul atau headline yang membuat banyak orang untuk mengklik artikel tersebut.

Jika artikel Anda memiliki isi yang informatif dan menarik, tetapi jika tidak memiliki judul yang menarik, maka jangan harap pembaca akan mengklik artikel Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat judul yang menarik, yaitu specifity (kespesifikan), helpfullness (kemanfaatan), immediacy (ketergesaan), newsworthiness (konten yang berharga), dan entertainment value (nilai hiburan).

2. Tidak berbelit-belit

Salah satu ciri artikel yang baik dan benar adalah tidak berbelit belit. Saat menulis artikel, sebaiknya to the point dan langsung ke intinya.

Pembahasan yang langsung ke intinya akan membuat pembaca merasa nyaman dan mudah memahami. Meskipun harus to the point dan tidak berbelit-belit, Anda tetap harus membuat artikel dengan bahasa yang menyenangkan.

Sebaiknya hindari menggunakan bahasa yang terlalu kaku.

3. Melekat di pikiran

Artikel yang berkualitas akan melekat di pikiran, bahkan membuat pembaca untuk men-share atau menceritakan artikel Anda.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat artikel menarik, yaitu penggunaan gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca. Selain itu, Anda juga perlu memilih kosakata yang sesuai dengan gaya bahasa yang dipilih.

Sudut pandang yang tepat juga diperlukan untuk membuat artikel yang berkualitas.

Jika artikel bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam, Anda bisa menggunakan sudut pandang ilmiah. Artikel yang berkualitas biasanya menggunakan kata kunci dalam artikel.

4. Isi sesuai dengan judul artikel

Dengan judul yang menarik, Anda juga harus menyajikan isi artikel yang menarik dan berkualitas. Jangan sampai judul artikel menarik, tetapi isinya tidak sesuai.

Jika membuat judul yang menarik tentang pendidikan, maka isinya juga harus berkaitan dengan pendidikan.

5. Search engine friendly

Ciri artikel yang baik dan benar adalah harus search engine friendly.

Artikel harus memiliki kata kunci yang general, sehingga mudah dicari di mesin pencarian Google. Selain itu, meta deskripsi juga penting untuk membuat artikel mudah dicari.

Cara menulis artikel yang baik di google

Cara Membuat Artikel Berkualitas

Banyak orang yang sudah memahami tentang struktur artikel bahasa Indonesia maupun bahasa inggris, tetapi masih banyak pula yang merasa kesulitan mengembangkan struktur artikel.

Meskipun sudah banyak contoh artikel yang ada di internet, namun untuk membuat artikel ilmiah ataupun opini diperlukan penguasaan materi terhadap tema atau topik yang dipilih.

Jika telah menguasai topik yang dipilih, maka Anda tidak akan kesulitan dalam membuat artikel. Agar dapat membuat artikel yang berkualitas, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Memilih tema

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum menulis artikel adalah menentukan tema. Anda bisa memilih tema tentang pendidikan, kesehatan, atau lingkungan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih tema yang mengganggu pikiran ataupun tema yang sedang populer.

  • Memilih judul

Setelah menentukan tema, Anda perlu menentukan judul artikel. Sebaiknya pilihlah judul yang menarik untuk dibaca.

Anda dapat menggunakan angka, atau pertanyaan untuk membuat judul yang menarik.

  • Menyusun alinea pertama dan penjelas

Selanjutnya ciri artikel yang baik dan benar yaitu pada bagian paragraf pembuka, giringlah pembaca untuk masuk ke pembahasan yang akan dipaparkan. Setelah itu, Anda harus memberikan informasi sejelas mungkin pada bagian inti.

Sebaiknya buatlah kerangka karangan sebelum untuk mempermudah pembahasan. Sebelum masuk ke bagian inti paragraf, carilah data atau rujukan yang sesuai, agar informasi yang disampaikan lebih valid.

  • Mengolah gaya bahasa

Pilihlah gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca.

Pilihlah gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca, sebaiknya jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal.

  • Alinea penutup

Alinea penutup berisi kesimpulan tentang informasi yang Anda sampaikan. Pada alinea penutup, sebaiknya hindari menggunakan kalimat yang memaksakan kehendak.

  • Mengedit tulisan

Sebelum mempublikasikan artikel, sebaiknya baca kembali artikel yang ditulis, apakah sudah enak dibaca atau belum. Selain itu, Anda juga perlu mengedit kesalahan ejaan, tanda baca, atau konteks kalimat yang mungkin terjadi.

Artikel berkualitas dan menarik sangat penting untuk meningkatkan pengunjung website.

Artikel yang berkualitas memiliki ciri artikel yang baik dan benar, yaitu judul menarik, tidak berbelit-belit, melekat di pikiran, isi sesuai judul, dan search engine friendly.

Semakin berkualitas artikel yang dibuat, maka semakin banyak pengunjung website dan semakin mudah artikel dicari di mesin pencarian Google.

Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak orang yang tahu!

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu