Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Landing Page » UPDATE! 9 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2023

UPDATE! 9 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2023

landing page facebook

Daftar Isi

Cara Membuat Landing Page Facebook

Meningkatkan promosi dan konversi bisnis Anda di era digital kini semakin penting, terutama melalui platform sosial media populer seperti Facebook. Memahami bagaimana membuat landing page Facebook yang efektif adalah langkah penting untuk memaksimalkan potensi promosi Anda.

Facebook menawarkan jenis landing page gratis, sehingga Anda tidak perlu memiliki website untuk menawarkan sesuatu. Untuk membuat landing page di Facebook, Anda harus memahami setiap langkah yang diperlukan dan mengikuti penjelasan detail yang tersedia.

Landing page berfungsi untuk menyambut pengunjung dengan daya tarik unik sebelum mereka masuk ke blog atau website Anda. Mengapa Anda membutuhkan landing page? Pasalnya, konten yang ditampilkan dalam iklan memiliki batasan.

Jadi, jika tidak menggunakan landing page, audiens iklan atau orang yang melihat iklan Anda mungkin kurang memiliki pemahaman mendalam, terutama untuk produk baru atau unik.

Untuk mengatasi keterbatasan konten di iklan, Anda bisa menggunakan landing page. Di dalam landing page, konten tidak terbatas, dan Anda dapat menambahkan teks, gambar, dan video yang menjelaskan fungsi, kelebihan, dan kekurangan produk Anda.

Artikel ini akan membahas cara membuat landing page di fanpage Facebook, serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk memahami pentingnya membuat landing page di Facebook dalam konteks iklan, lanjutkan membaca artikel ini hingga akhir.

landing page facebook

Manfaat Landing Page Facebook untuk Iklan

Landing page untuk Facebook memiliki beberapa manfaat penting untuk iklan, di antaranya:

  • Meningkatkan Konversi

Dengan desain yang fokus pada tujuan iklan dan konten yang relevan, landing page pada Facebook dapat membantu meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan atau prospek.

  • Mengurangi Biaya Per Klik (CPC)

Apakah Anda tahu, landing page yang dioptimalkan dengan baik dapat menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka bertahan lebih lama di halaman, sehingga mengurangi biaya per klik dan meningkatkan efisiensi anggaran iklan.

  • Personalisasi

Landing page Facebook memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konten dan tampilan sesuai dengan audiens yang Anda targetkan, sehingga meningkatkan relevansi iklan dan menghasilkan hasil yang lebih baik.

  • Membangun Brand Awareness

Landing page yang dirancang dengan baik dapat mencerminkan identitas merek Anda dan membantu meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  • Memudahkan Pengukuran dan Analisis

Dengan menggunakan alat analitik yang tersedia di Facebook, Anda dapat melacak performa landing page Anda, seperti jumlah klik, konversi, dan lama waktu kunjungan, sehingga Anda dapat mengoptimalkan strategi iklan Anda secara efektif.

  • Integrasi dengan Platform Iklan Facebook

Landing page yang dibuat di Facebook memudahkan integrasi dengan iklan Facebook Ads dan Instagram Ads, sehingga memungkinkan Anda untuk merancang kampanye pemasaran yang lebih terpadu dan efisien.

  • Fokus pada Panggilan Tindakan (CTA)

Landing page pada Facebook memungkinkan Anda untuk menonjolkan CTA yang jelas dan menarik, seperti “Daftar Sekarang,” “Beli Sekarang,” atau “Hubungi Kami,” yang memandu pengunjung untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

diskon

Cara Membuat Landing Page Gratis di Fanpage Facebook

Facebook Canvas adalah sebuah fitur iklan interaktif yang ditawarkan oleh Facebook untuk perangkat mobile. Canvas sekarang telah digantikan dan diperbarui menjadi Instant Experience.

Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk menciptakan pengalaman visual yang menarik dan interaktif melalui kombinasi gambar, video, teks, dan tombol call to action.

Fitur iklan interaktif dirancang untuk memuat dengan cepat pada perangkat mobile dan menyajikan konten secara penuh layar, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan menarik bagi pengguna.

Berikut adalah 9 cara untuk membuat landing page gratis di Fanpage Facebook menggunakan Instant Experience:

1. Buka Facebook Ads Manager

Untuk memulai, Anda perlu mengakses Facebook Ads Manager dengan akun Facebook Anda.

2. Pilih “Create” (Buat)

Setelah Anda berada di Ads Manager, klik tombol “Create” untuk membuat iklan baru.

3. Pilih Tujuan Iklan

Di halaman “Choose a Campaign Objective” (Pilih Tujuan Kampanye), pilih tujuan iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti “Traffic” atau “Conversions”.

4. Setel iklan

Di halaman “Ad Set”, atur target audiens, anggaran, dan jadwal iklan Anda

5. Pilih Format Iklan

Di bagian “Ad” (Iklan), Anda akan melihat opsi untuk memilih format iklan. Pilih opsi “Instant Experience” (Pengalaman Instan), yang merupakan nama lain untuk Facebook Canvas.

fb canvas

Baca artikel : Cara Meningkatkan Konversi Penjualan

6. Buat Instant Experience

Setelah memilih opsi “Instant Experience”, klik tombol “Build a Custom Instant Experience” untuk mulai membuat landing page Anda.

Di sini, Anda akan melihat berbagai pilihan elemen yang dapat Anda tambahkan, seperti gambar, teks, video, tombol, dan lainnya.

membuat fb canvas

7. Susun elemen

Seret dan letakkan elemen yang ingin Anda gunakan pada landing page Anda. Sesuaikan elemen tersebut dengan mengunggah gambar atau video, mengatur teks, dan menyesuaikan tata letak.

8. Tambahkan Tindakan atau Call-to-Action

Jangan lupa untuk menambahkan tindakan (action) yang ingin Anda dorong pengunjung untuk melakukan, seperti mengklik tombol “Shop Now” (Belanja Sekarang) atau “Sign Up” (Daftar).

Pastikan untuk mengatur tautan yang relevan agar pengunjung diarahkan ke halaman yang tepat setelah mereka mengklik tombol tersebut.

9. Pratinjau dan Simpan

Setelah Anda selesai menyusun dan mengedit elemen, pratinjau Instant Experience untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tampil dengan benar.

Pratinjau Canvas Anda di perangkat desktop dan seluler untuk memastikan tampilan dan fungsionalitasnya optimal. Lakukan tes untuk memastikan semua elemen bekerja dengan baik, dan tautan mengarah ke halaman yang benar.

Jika Anda puas dengan hasilnya, klik “Save” (Simpan) untuk menyimpan landing page Facebook Anda.

Setelah Anda menyimpan Instant Experience, Anda dapat melanjutkan dengan mengatur dan meluncurkan iklan Facebook Anda. Ingat, konten yang menarik dan copywriting yang efektif adalah kunci untuk membuat landing page yang sukses dan meningkatkan konversi.

Jika Anda merupakan pemilik bisnis skala kecil atau menengah dan tidak ingin kerepotan membuat iklan di Facebook, Anda bisa menggunakan jasa landing page UMKM dari IndonesianWriter yang menawarkan solusi desain dan optimasi iklan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Jika penjelasan diatas kurang jelas, Anda bisa menonton video dibawah ini!

Kelebihan dan Kelemahan Facebook Canvas

Terdapat berbagai kelebihan memakai Instant Experience yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mudah Digunakan dan Disesuaikan

Instant Experience menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan disesuaikan sehingga pengiklan dapat merancang konten yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka.

  • Sangat Responsif pada Perangkat Mobile

Canvas dirancang khusus untuk perangkat mobile, memastikan bahwa konten akan tampil dengan baik di berbagai ukuran layar dan perangkat.

  • Kecepatan Memuat

Dibandingkan dengan situs web eksternal, Facebook Canvas memiliki waktu muat yang lebih cepat, memberikan pengalaman yang mulus dan responsif bagi pengguna.

  • Mengintegrasikan Berbagai Jenis Multimedia

Fitur iklan interaktif ini mendukung berbagai jenis konten multimedia seperti gambar, video, teks, dan tombol call to action, yang memungkinkan pengiklan untuk menciptakan pengalaman yang kaya dan menarik bagi pengguna.

Instant Experience juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat menjadi bahan pertimbangan, seperti:

  • Hanya Tersedia di Perangkat Mobile

Karena Instant Experience hanya dirancang untuk perangkat mobile, konten pada landing page Facebook yang dibuat menggunakan fitur ini tidak akan tampil dengan baik atau sama sekali di perangkat desktop.

  • Tidak Ada Fitur Analitik Bawaan

Meskipun fitur ini memungkinkan pengiklan untuk menciptakan pengalaman yang menarik, fitur ini tidak menyediakan alat analitik bawaan yang memungkinkan pengiklan untuk mengukur kinerja konten secara langsung.

  • Tidak Mendukung Integrasi dengan Alat Pemasaran Lain Secara Langsung

Instant Experience tidak mendukung integrasi langsung dengan alat pemasaran lain seperti CRM atau alat otomatisasi email.

Hal ini dapat menyulitkan pengiklan untuk mengkombinasikan data dari Canvas dengan data dari sumber lain untuk mengoptimalkan strategi pemasaran mereka

Ciri Landing Page Facebook yang Benar

Berikut ini beberapa ciri landing page yang benar dan efektif untuk meningkatkan konversi serta mencapai tujuan pemasaran Anda:

  • Judul yang Menarik

Judul landing page harus jelas, menarik, dan relevan dengan penawaran atau tujuan yang ingin dicapai. Judul yang baik akan membuat pengguna tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang penawaran Anda.

  • Desain yang Responsif

Landing page harus responsif, artinya tampilan dan fungsinya harus bekerja dengan baik di berbagai perangkat dan ukuran layar. Hal ini penting karena banyak pengguna mengakses Facebook melalui perangkat mobile.

  • Kesan Visual yang Kuat

Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi yang relevan dengan penawaran Anda untuk meningkatkan daya tarik visual landing page. Hal ini akan membantu mempertahankan perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk menjelajahi lebih lanjut.

  • Teks yang Jelas dan Ringkas

Teks pada landing page harus jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Gunakan kalimat pendek dan paragraf singkat untuk menyampaikan informasi penting secara efisien.

  • Call-to-Action Menonjol

Sertakan tombol call to action (CTA) yang jelas dan menonjol, yang mengarahkan pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti mendaftar, mengunduh, atau membeli.

  • Formulir yang Simpel

Jika landing page Anda meminta informasi dari pengguna, pastikan formulirnya simpel dan mudah diisi. Mintalah informasi yang paling penting dan jangan membuat formulir terlalu panjang atau rumit, karena hal ini dapat mengurangi tingkat konversi.

  • Kecepatan Pemuatan Halaman

Optimalkan kecepatan pemuatan halaman untuk memastikan pengalaman pengguna yang mulus dan cepat. Halaman yang memuat lambat dapat meningkatkan tingkat pentalan dan mengurangi konversi.

  • Testimonial atau Ulasan

Sertakan testimonial atau ulasan dari pelanggan yang puas untuk meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas penawaran Anda. Ulasan positif dapat meyakinkan pengguna yang ragu-ragu untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

  • Pelacakan dan Analisis

Pasang alat pelacakan dan analisis, seperti Facebook Pixel atau Google Analytics, untuk mengukur kinerja landing page Anda. Analisis data ini akan membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan tingkat konversi.

Membuat landing page untuk Facebook yang efektif merupakan kunci sukses dalam strategi pemasaran digital. Dengan memahami manfaat, cara membuat, serta ciri-ciri landing page yang benar, Anda akan lebih mudah menciptakan landing page yang dapat meningkatkan kesadaran merek, mengumpulkan prospek, dan meningkatkan konversi.

Bagi Anda yang baru memulai, memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk belajar, merancang, dan meluncurkan halaman landing yang efektif. Namun, jangan khawatir, sekarang sudah tersedia layanan desain landing page Facebook maupun website di IndonesianWriter dengan harga terjangkau! 

IndonesianWriter adalah penyedia jasa penulisan konten yang terpercaya. Kami telah berhasil menangani ribuan permintaan klien untuk pembuatan landing page.

Tersedia berbagai paket, mulai dari jasa copywriting hingga kombinasi jasa desain landing page Facebook. Tertarik dengan penawaran? Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga, klik di sini!

jasa copywriting

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

2 komentar untuk “UPDATE! 9 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2023”

  1. Newsteen

    owh jadi Log In pakai akun facebook yah

    1. Indonesian Writer

      Iya benar kak, harus punya akun facebooknya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page