Picture of Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Landing Page » UPDATE 11 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2024

UPDATE 11 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2024

landing page facebook

Daftar Isi

Cara Membuat Landing Page Facebook – Platform digital seperti Facebook kini menjadi andalan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan. Hal tersebut diupayakan melalui penerapan pemasaran digital yang tepat pada setiap platform. 

Bahkan, sebanyak 72% anggaran pemasaran bisnis dialokasikan ke platform digital. Ini membuktikan bahwa kini para pebisnis semakin melek dengan dampak promosi melalui platform digital. Itulah mengapa, preferensi pemasaran lebih dominan pada platform digital.

Facebook termasuk platform digital teratas yang dipilih untuk mempromosikan bisnis. Rata-rata konversi iklan Facebook adalah 9,21%. Jumlah tersebut lebih tinggi dari rata-rata untuk konversi iklan melalui iklan Instagram yang hanya 1,08%.

Salah satu penyebab Facebook dipilih sebagai platform digital untuk mengiklankan bisnis adalah biayanya yang relatif terjangkau. Mengoptimalkan iklan di Facebook juga bisa Anda lakukan menggunakan landing page. 

Mari mengenali manfaat Facebook sebagai landing page hingga cara pembuatannya berikut ini untuk meningkatkan konversi bisnis Anda!

Kenapa Harus Menggunakan Landing Page Facebook? 

Sebuah landing page pada Facebook merupakan halaman khusus yang sengaja dirancang dengan tujuan mengonversi pengunjung yang berasal dari iklan bayar per klik (Pay per Click) di Facebook. 

Landing page melengkapi iklan Facebook Anda karena mengarahkan audiens yang klik iklan untuk melakukan tindakan khusus. Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi tujuan seperti mengumpulkan email hingga mencapai target pendaftaran event bisnis.

Lalu, mengapa Anda harus menggunakan landing page Facebook untuk promosi bisnis? Sebab, landing page didesain minim distraksi sehingga pengunjung lebih berpeluang terdorong melakukan tindakan tertentu. 

Membuat landing page Facebook jadi opsi ideal jika Anda ingin meningkatkan penjualan. Bila dirancang dengan unik, menarik, dan tepat sasaran, maka landing page Facebook jadi sarana yang akan membantu capai target dan tujuan bisnis Anda. 

landing page facebook

Manfaat Landing Page Facebook

Facebook menduduki peringkat pertama sebagai platform digital terpopuler di seluruh dunia. Pengguna aktifnya mencapai lebih dari 3 juta per bulan.

Melihat angka tersebut, mengarahkan pengunjung iklan Facebook menuju landing page akan lebih menguntungkan. 

Sebab, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat berikut ini bagi bisnis:

  • Konversi Meningkat

Manfaat utama yang akan bisnis Anda dapatkan adalah peningkatan konversi. Landing page yang dipersonalisasi akan menciptakan pengalaman yang lebih relevan bagi pengunjung iklan. 

Hal tersebut berkaitan dengan sifat landing page yang to-the-point dan minim distraksi. Jadi, perjalanan mereka menjadi pembeli dan menghasilkan konversi pun lebih mulus. 

Anda bisa menyesuaikan CTA dengan segmen landing page Facebook. Ini akan menghasilkan dampak signifikan, mengingat arahan dipersonalisasi. Konversi yang dihasilkan 202% lebih baik dibandingkan arahan iklan yang umum dan tidak spesifik.

  • Penargetan Lebih Tepat

Fitur penargetan pada iklan Facebook lebih spesifik berdasarkan minat, demografi, hingga perilaku. Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat landing page yang cocok sesuai target tersebut. 

Menyesuaikan konten pada landing page dengan target iklan Facebook bisnis Anda memberikan pengalaman yang lebih relevan. Ini juga sesuai dengan data yang menyebutkan 72% konsumen hanya berinteraksi dengan pesan iklan yang dipersonalisasi.

Oleh karena itu, pastikan Anda menyesuaikan penargetan iklan dengan landing page Facebook untuk meningkatkan efektivitasnya.

  • Mudah Menganalisis dan Melacak Performa

Pelacakan dan analisis performa landing page Facebook lebih mudah melalui alat seperti Google Analytics. Anda bisa menentukan tingkat keberhasilan landing page melalui pengukuran dengan metrik utama. 

Setelah itu, Anda bisa menganalisis dan mengevaluasi lebih lanjut landing page Facebook tersebut. Jadi, pelaksanaan promosi dengan landing page di masa mendatang jauh lebih optimal.

  • Skor Relevansi Iklan Bertambah

Pada setiap iklan, Facebook memberikan skor relevansi. Salah satu faktor yang memengaruhi penghitungan skor relevansi adalah pengalaman pengunjung pada landing page Facebook.

Facebook akan menilai berdasarkan masukan positif serta negatif yang iklan bisnis Anda dapatkan. Bila nilainya semakin tinggi, maka manfaatnya pun akan semakin bertambah. 

Salah satu contohnya adalah penghargaan dari Facebook terhadap iklan dengan pengalaman pengunjung terbaik. Facebook akan menurunkan biaya iklan bisnis Anda serta memaksimalkan performanya.

  • Bebas dan Fleksibel

Halaman beranda website atau halaman produk biasanya memiliki desain dan rancangan yang monoton. Melalui landing page Facebook, Anda mendapatkan kebebasan untuk membentuk pengalaman audiens.

Lakukan eksperimen melalui pemilihan desain, penyusunan konten, pengaturan tata letak, hingga CTA landing page. Ini membantu Anda menemukan kombinasi paling menarik yang disukai pelanggan. Konversi pun berpeluang semakin meningkat. 

point-point sebelum membuat landing page facebook

Cara Membuat Landing Page Facebook yang Efektif 

Bagi Anda yang ingin membuat landing page Facebook agar meningkatkan konversi bisnis, terdapat cara efektif yang bisa diikuti. Cara tersebut bisa Anda lakukan melalui Facebook Canvas.

Apa itu Facebook Canvas? Fitur ini merupakan iklan interaktif yang Facebook tawarkan pada perangkat mobile. Kini, Facebook memperbarui fitur Canvas sebagai Instant Experience. 

Melalui Facebook Canvas, Anda sebagai pengiklan tidak hanya bisa menghasilkan iklan dengan visual menarik. Namun, iklan tersebut juga menjadi lebih interaktif. Sebab, elemen seperti teks, gambar, video, hingga tombol CTA (Call to Action) dapat dikombinasikan.

Pada perangkat mobile, iklan interaktif tersebut akan dimuat secara cepat. Konten iklan akan disajikan penuh satu layar. Jadi, pengalaman pengunjung iklan lebih eksklusif serta intens. 

Adapun cara membuat landing page Facebook yang efektif bagi bisnis Anda melalui Instant Experience terdiri dari langkah-langkah di bawah ini:

1. Masuk ke Facebook Ads Manager

Awali dengan membuka akses masuk ke Facebook Ads Manager. Pastikan bisnis telah memiliki fanpage di Facebook. Bila belum memiliki fanpage, maka Anda perlu membuatnya. Berikut langkah praktisnya untuk Anda:

  • Masuk menuju akun Facebook;
  • Pilih opsi ‘Akun’, lalu pilih ‘Halaman’;
  • Lengkapi berbagai data diri bisnis, seperti nama halaman, sampul foto, hingga kategori bisnis;
  • Hubungkan ke nomor Whatsapp bisnis bila ingin fanpage terintegrasi dengan Whatsapp;
  • Fanpage telah selesai dan bisa Anda gunakan untuk membuat landing page Facebook.

cara membuat halaman di faceook

2. Klik Opsi ‘Create’ dan Tentukan Tujuan Iklan

Untuk membuat iklan baru bisnis Anda, klik opsi ‘Create’ pada halaman Ads Manager

Kemudian, terdapat halaman yang mengharuskan Anda memilih tujuan iklan atau campaign objective. Anda perlu menyesuaikan tujuan iklan dengan kebutuhan yang ingin bisnis Anda penuhi.

Misalnya, konversi (conversions) atau lalu lintas ke website bisnis (traffic). Menentukan tujuan iklan perlu Anda lakukan dengan benar agar performa iklan lebih mudah Anda ukur. 

Tidak hanya mengetahui tujuan, penting juga bagi Anda untuk mengidentifikasi target audiens. Mendefinisikan tujuan serta target audiens memudahkan Anda menciptakan landing page yang serasi dengan kebutuhan bisnis dan juga minat audiens.

Beberapa pertanyaan yang bisa membantu Anda menentukan tujuan iklan, yaitu:

  • Siapa yang ingin Anda jangkau?
  • Apa tindakan pengunjung yang Anda inginkan saat berada di landing page?
  • Tipe konten seperti apa yang cocok dengan mereka?

Pertanyaan tersebut dapat Anda jawab dalam bentuk persona pembeli (buyer persona). Jadi, Anda mendapatkan yang paling ideal untuk dijadikan panduan.

3. Atur Ad Set dengan Tepat

Bila telah menentukan apa tujuan iklan bisnis Anda di Facebook, lanjutkan dengan mengatur ‘Ad Set’. Halaman ini mengharuskan Anda menentukan berbagai aspek. Contohnya, anggaran iklan hingga penjadwalan iklan.   

4. Putuskan Format Iklan yang Sesuai

Untuk format iklan, Anda bisa mengaturnya pada bagian iklan (ad). Opsi yang harus Anda pilih adalah ‘Instant Experience’. Nama tersebut menjadi nama lain dari Facebook Canvas.

cara membuat landing page facebook

5. Mulai Buat Landing Page

Apabila telah menentukan opsi ‘Instant Experience’, Anda bisa memilih opsi ‘Build a Custom Instant Experience’. Opsi tersebut memungkinkan landing page Facebook Anda bisa segera dibuat.

cara membuat landing page facebook

Pada halaman ini, terdapat macam-macam elemen yang bisa Anda pilih dan tambahkan. Mulai dari video, foto, teks, hingga tombol-tombol. 

Pastikan bahwa elemen yang Anda pilih selaras dengan citra brand dari bisnis Anda. Ini demi membantu pesan yang ingin bisnis Anda sampaikan pada landing page diterima dengan baik oleh audiens.

6. Sesuaikan Letak Elemen

Jika elemen landing page telah Anda siapkan, tambahkan melalui opsi yang tersedia. Atur dan letakkan berbagai elemen tersebut pada landing page Facebook. 

cara membuat landing page facebook

Unggah visual seperti gambar dan video ke dalam landing page. Lalu, lengkapi dengan teks persuasif yang berisi pesan tentang promosi bisnis. Aturlah tata letak elemennya agar cocok dan sesuai satu sama lain.

7. Cantumkan Call to Action

Setelah itu, proses pembuatan landing page dapat Anda lanjutkan dengan mencantumkan CTA. Pemilihan CTA perlu selektif agar dampaknya sesuai dengan frasanya, yakni mendorong audiens untuk beraksi. 

Contoh CTA yang umum digunakan adalah ‘Sign Up’. CTA tersebut sesuai jika tujuan dari bisnis Anda membuat landing page adalah mengumpulkan pendaftar sebanyak-banyaknya. 

Berbeda lagi jika Anda ingin meningkatkan penjualan. CTA seperti ‘Shop Now’ akan lebih ampuh memikat audiens potensial agar segera melakukan pembelian.

Sebagai catatan, Anda perlu memerhatikan tautan atau link yang Anda masukkan ke CTA. Tautan perlu relevan agar audiens diarahkan menuju halaman yang sesuai setelah klik tombol CTA tersebut. 

8. Tinjau dan Simpan

Bila Anda telah menyusun serta mengedit elemen landing page dengan, tinjau melalui opsi ‘Mobile Preview’ atau ‘Desktop Preview’. Bentuk pratinjau tersebut berfungsi sebagai tahap konfirmasi bahwa semua telah terlihat baik dan berfungsi optimal.

Anda pun bisa melaksanakan pengujian demi memastikan seluruh elemen dapat bekerja dengan maksimal. Cek pula tautannya dan pastikan link mengarah menuju halaman yang tepat saat diklik.

Setelah puas dengan semuanya, pilih opsi ‘Save’ agar landing page tersimpan dengan baik. 

cara membuat landing page di facebook

9. Gabungkan Alat Analisis dan Pelacakan

Menggabungkan alat pelacakan dan analisis akan memudahkan Anda mengukur performa landing page. Ini tentu penting Anda miliki. Terutama jika ingin bisnis berkembang dan mendapatkan konversi yang semakin tinggi.

Pada Facebook, terdapat alat pelacakan bawaan bernama Meta Pixel. Alat tersebut memudahkan Anda memahami aspek seperti tingkat efektivitas iklan Facebook hingga tindakan yang dilakukan oleh pengunjung pada landing page.

Selain itu, ada Google Analytics yang mampu menganalisis lebih dalam performa landing page. Alat ini mengumpulkan dan menelusuri data yang lebih relevan. Misalnya, sumber traffic, perilaku pengguna, hingga rasio konversi. 

10. Luncurkan Landing Page

Peluncuran iklan dan landing page Facebook jadi langkah penyelesaian yang perlu Anda lakukan. Sebelum meluncurkan landing page, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada lagi error pada halaman tersebut. 

Verifikasi bahwa setiap elemen berjalan sesuai fungsinya. Lalu, perhatikan dan periksa kembali kejelasan pesan serta informasi pada landing page Facebook Anda. jika Anda mendapati ada tautan yang rusak, segera ganti dan perbarui tautan tersebut.

11. Pantau secara Berkala dan Optimalkan

Setelah landing page diluncurkan, Anda perlu memastikan keefektivitasannya. Maka dari itu, lakukan pemantauan secara berkala. Metrik yang bisa Anda gunakan untuk melacak dan mengukur performa landing page di antaranya:

  • Tingkat konversi;
  • Tingkat klik-tayang (click-through);
  • Durasi kunjungan;
  • Tingkat pantulan (bounce rate).

Berbagai metrik tersebut menggambarkan bagaimana audiens berinteraksi pada landing page Anda. Kemudian, data dari pemantauan dan analisis metrik tersebut bisa Anda jadikan panduan untuk perbaikan. 

Jadi, pengambilan keputusan di masa mendatang lebih optimal karena dibuat berdasarkan data yang valid.  

Jika Anda merupakan pemilik bisnis skala kecil atau menengah dan tidak ingin kerepotan membuat iklan di Facebook, Anda bisa menggunakan jasa landing page UMKM dari IndonesianWriter yang menawarkan solusi desain dan optimasi iklan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Penutup

Landing page Facebook jadi solusi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan konversi bisnis. Melalui fitur penargetan audiens Facebook yang tepat sasaran, mempromosikan bisnis melalui landing page efektif membantu Anda mencapai tujuan.

Baik itu meningkatkan konversi atau menambah traffic, penting juga untuk mengidentifikasi audiens Anda. Ini demi memastikan pesan dan informasi yang Anda sampaikan pada landing page selaras satu sama lain. 

Sebab, landing page ada untuk membantu audiens mendapatkan informasi spesifik dari iklan Facebook yang mereka kunjungi. Itulah mengapa, fokus Call to Action (CTA) pada landing page sebaiknya hanya pada satu tujuan saja.

Menentukan fokus CTA landing page akan lebih mudah dengan Jasa Copywriting IndonesianWriter. Kami siap menciptakan copy landing page Facebook autentik dan personal yang cocok dengan identitas bisnis Anda. 

Orientasi bisnis pada konversi akan kami dukung melalui copywriting yang persuasif dan atraktif. Mari konsultasikan tujuan bisnis Anda secara detail!

Hubungi kami agar copy landing page Facebook Anda tepat sasaran dan tinggi konversi!

jasa copywriting

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

2 komentar untuk “UPDATE 11 Cara Membuat Landing Page Facebook Gratis 2024”

  1. Newsteen

    owh jadi Log In pakai akun facebook yah

    1. Indonesian Writer

      Iya benar kak, harus punya akun facebooknya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian