Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » SEO » 10 Cara Optimasi SEO On Page yang Mudah Dilakukan

10 Cara Optimasi SEO On Page yang Mudah Dilakukan

Cara Optimasi SEO On Page

Daftar Isi

Memang, cara optimasi SEO On Page tidak semudah seperti yang kita bayangkan. Tetapi, jika dilakukan dengan baik, tentu akan menunjukkan hasil yang positif.

SEO On Page menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi page rank. Jika semakin baik optimasi yang dilakukan, peluang halaman situs muncul di halaman pertama penelusuran menjadi semakin tinggi. 

Jika situs yang Anda miliki muncul di halaman pertama pencarian, tentu saja peluang kunjungan situs menjadi semakin besar. Lebih-lebih bila situs tersebut ada di peringkat paling atas.

Hal tersebut akan berdampak pada jumlah pengikut atau pengunjung website Anda. Karena, semakin banyak pengunjung, akan semakin tinggilah konversi yang dihasilkan. 

Cara Optimasi SEO On Page

Lantas, bagaimana cara melakukan optimasi untuk SEO On Page? Berikut langkah selengkapnya, antara lain:

  • Kaitkan URL dengan Keyword

Anda dapat membayangkan, bagaimana bila halaman yang berisi ‘resep roti bolu’ dengan kata kunci ‘roti bolu’ mempunyai URL yang tidak sesuai. Sudah pasti pengunjung situs akan merasa jika website yang Anda miliki terlihat aneh. 

Oleh sebab itu, masukkan keyword atau berbagai hal yang erat kaitannya dengan kata kunci di URL. Dengan demikian, para pengunjung website akan lebih yakin dengan situs tersebut.

Baca Juga: Cara Menghindari Keyword Stuffing 

  • Buat Konten Panjang

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus susah payah membuat artikel panjang? Karena, konten panjang bisa membuat banyak LSI keyword serta bisa dianggap sebagai penjelasan serta pemaparan komprehensif dari keingintahuan pengunjung mengenai hal yang dibahas dalam website Anda. 

Lantas, berapa jumlah kata yang dianggap optimal untuk SEO?

Hingga sekarang, jumlah kata yang optimal untuk SEO On Page memang masih menjadi perdebatan. Namun, beberapa pakar menyebutkan bila yang lebih penting adalah kualitas konten yang dimiliki serta menyesuaikannya dengan target khalayak. 

Jumlah ideal dari konten bisa saja 1000 kata, tetapi frekuensi publikasi yang dimilikinya dapat ditingkatkan. 

  • Menggunakan H1 Tag

heading tag

Langkah optimasi SEO On Page berikutnya adalah menggunakan H1 tag. Dibandingkan dengan diletakkan di tengah dan akhir judul, kata kunci jauh lebih baik diletakkan di awal judul. Terlepas dari berbagai hal lain, mesin pencari tentu mengutamakan halaman yang berisi judul yang jelas. 

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang “Heading Tag“, Anda dapat membaca artikel lengkapnya disini “Mengenal Heading Tag Jenis dan Tips Optimasinya

  • Optimalkan Title Tag

Terdapat hal pasti yang bisa meningkatkan click-through rate. Hal tersebut adalah penggunaan angka yang berada di judul maupun halaman. Anda juga dapat menggunakan tanda kurung maupun tanda untuk kata tambahan yang berada di judul. 

  • Gunakan Variasi Konten Multimedia

Cara optimasi SEO On Page yang tidak boleh ketinggalan adalah melampirkan berbagai konten multimedia seperti cuplikan gambar, gambar dan yang lainnya. komunikasi visual jauh lebih disukai pembaca jika sesuai dengan konteks. 

Bila tulisan yang Anda miliki dapat  menjelaskan tahapan pembuatan akun Instagram, tentu akan efektif bila memasukkan konten gambar beserta dengan uraian singkat  yang berkaitan dengan tahapannya. 

Anda dapat membandingkannya dengan kondisi bila Anda tidak menggunakan gambar. Anda harus mendeskripsikan berbagai hal dengan rinci agar pembaca mengerti. 

  • Tambahkan Tombol Share

Sebenarnya, sharing ke media sosial bukan menjadi cara optimasi SEO On Page secara langsung. Tetapi, Anda tidak dapat mengabaikannya. Media sosial nyatanya dapat membantu menjangkau serta membangun audiens baru ke berbagai platform

Lebih-lebih masyarakat Indonesia terkenal aktif menggunakan media sosial. Bahkan 87% pengguna internet menggunakan internet untuk membuka medsos yang mereka miliki. Harapannya, nantinya pembaca akan membagikan konten yang Anda miliki ke pengikutnya di media sosial. 

Agar pembaca dapat membagikan konten dengan praktis, tidak ada salahnya menambahkan tombol share di titik tertentu pada konten website. Sehingga, ketika ingin membaginya di media sosial, mereka hanya perlu menekan tombol share dan langsung dapat berbagi konten di media sosialnya. 

Share artikel

  • Tingkatkan Kecepatan Website

Langkah optimasi SEO On Page lainnya adalah meningkatkan kecepatan situs website. Lambatnya loading website dapat membuat pengunjung frustasi kemudian meninggalkannya. Apabila semakin banyak yang enggan membuka website Anda, bounce rate yang dimiliki website akan semakin tinggi. 

Nilai bounce rate yang tinggi dapat memberikan pengaruh buruk pada kualitas SEO yang Anda miliki. Oleh sebab itu, tingkatkan kecepatan website. Sekarang ini cukup banyak tools yang dapat digunakan untuk melihat kecepatan website

Bila kecepatan loading website yang dimiliki lebih dari 5 detik, Anda harus lebih waspada. Menurut riset dari Google setengah pengunjung akan meninggalkan website bila kecepatan muatannya lebih dari 5 detik. 

  • Ciptakan Konten yang Berkualitas

Bukan hanya jumlah kata, sejumlah hal lain yang harus dijadikan sebagai perhatian adalah kualitas artikel yang ditulis. Jika artikel tidak berkualitas baik, sebanyak apapun jumlah kata yang ditulis, tentu sulit memenangkan persaingan hasil pencarian. 

Lantas, seperti apa konten berkualitas itu? Konten berkualitas merupakan konten yang dapat menjawab seluruh pertanyaan pembaca. Saat mereka mengetikkan kata kunci di mesin pencari, mereka pasti akan mengharapkan jawaban. Oleh sebab itu, beri informasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly yang Berkualitas

  • Buat Link Menjadi Open New Tab

Membuka link agar berada di tab baru mungkin terkesan sepele. Tetapi, siapa yang menyangka bila hal ini akan meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung website. Bila terdapat 3 hingga 4 link yang berada di satu artikel, pembaca harus menekan tombol back hingga berulang kali agar bisa kembali ke konten pertama. 

Bukan hanya itu, menekan tombol back ini tentu sangat melelahkan untuk pembaca, dan ditakutkan dapat meningkatkan bounce rate. Oleh sebab itu, sebisa mungkin atur link agar menjadi ‘open in new tab’. 

  •  Lakukan Evaluasi

Setelah melakukan berbagai hal di atas, Anda dapat melakukan audit. Proses audit ini akan membantu Anda untuk mengevaluasi apakah konten yang digunakan sudah mencapai tujuan. 

Tidak hanya itu, evaluasi ini juga dilakukan untuk melihat apakah informasi atau konten yang berada di dalam website Anda masih relevan atau tidak. Sayangnya, tidak banyak pemilik website yang melakukan evaluasi ini.

Mereka menganggap setelah konten diunggah, maka pembaharuan tidak diperlukan. Padahal, memperbarui konten sangat penting agar website tetap relevan. Anda dapat mengedit konten-konten yang kurang relevan di masa kini. 

Kemudian, Anda dapat melihat efek yang ditimbulkan dari teknik ini. apakah hasil yang diberikan sudah sesuai dengan harapan atau belum.

Bila belum sesuai dengan harapan, lakukan evaluasi, mana saja segi cara optimasi SEO On Page yang harus ditingkatkan. Contohnya seperti kecepatan website, judul konten yang menarik, atau lainnya. 

Pada dasarnya, konten berkualitas merupakan konten yang terdapat angka, serta kata, dan dapat membuat pembaca paham. Saat akan membuat konten dalam bentuk tulisan, aktifkan imajinasi pembaca dengan deskripsi yang jelas. 

Tentu saja untuk membuat konten seperti ini bukan hal yang mudah. Ingin tidak repot menerapkan cara optimasi SEO On Page? Anda dapat mempercayakan kebutuhan website Anda pada IndonesianWriter. Hubungi kami dengan klik jasa penulis artikel berikut untuk melihat fasilitas yang disediakan!

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page