Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Buat Company Profile Perusahaan, Solusi Praktis Representasikan Bisnis!

Buat Company Profile Perusahaan, Solusi Praktis Representasikan Bisnis!

Daftar Isi

Company profile perusahaan menjadi salah satu media wajib yang harus dimiliki perusahaan di masa kini. Company profile akan menjadi sarana bagi Anda untuk memperkenalkan dan mengemas citra perusahaan Anda di hadapan banyak orang. 

Saat ini, company profile dibuat dalam bentuk website ataupun pdf yang mudah diakses melalui online. Karena era digital membuat segalanya harus beralih ke internet dan perusahaan harus terus berupaya untuk membangun eksistensi digitalnya.

Apakah Anda sedang mencoba untuk membuat company profile bagi perusahaan Anda? Maka Anda sudah datang ke artikel yang tepat.

Di sini, akan kami berikan ulasan mengenai company profile perusahaan yang bisa menjadi pengetahuan awal bagi Anda dalam membuat company profile versi Anda sendiri.

Mengenal Company Profile Perusahaan

Company profile seringkali disingkat dengan penyebutan compro. Akan menjadi satu hal yang ditanyakan atau dicari begitu orang mendengar nama perusahaan Anda untuk pertama kalinya. Bagi Anda yang mungkin saat ini baru merintis perusahaan, atau tengah melakukan rebranding, tentu membutuhkan media yang satu ini.

company profile perusahaan

Company profile biasanya berisikan tentang profile perusahaan Anda secara singkat yang disajikan dalam minimal satu halaman. Sesungguhnya, semakin lengkap konten yang Anda muat dalam company profile maka semakin banyak informasi yang bisa didapatkan oleh audience Anda.

Namun, bukan berarti Anda harus meletakkan semua informasi. Dalam menyusun company profile tentu tak bisa sembarangan.

Mengapa demikian? Sebab company profile akan merepresentasikan dan memperkenalkan perusahaan Anda pada khalayak.

Tujuan utama dibuatnya company profile selain untuk memperkenalkan perusahaan juga sebagai media marketing dan disertakan dalam proposal untuk menarik para investor ataupun customer baru.

Mengenai apa saja yang harus dimuat di company profile serta bagaimana cara pembuatannya akan diulas di section berikutnya!

Apa Saja yang Harus Dimuat Dalam Company Profile Perusahaan?

Saat ini mungkin Anda masih meraba-raba, kira-kira apa saja yang dapat dimasukkan dalam konten company profile?

Poin penting mana saja yang wajib tercantum pada company profile milik perusahaan Anda? Berikut ini adalah daftarnya!

  • Detail Perusahaan

Disebut juga dengan basic information, merupakan detail informasi mengenai perusahaan Anda yang harus dicantumkan pada company profile.

Detail informasi dasar ini meliputi hal-hal umum seperti: nama perusahaan, lokasi perusahaan, nomor telepon aktif, website resmi perusahaan serta alamat email.

Hal-hal mendasar ini untuk memudahkan siapa saja mengakses lokasi perusahaan dan juga menghubungi perusahaan Anda.

  • Informasi Dasar Perusahaan

Informasi dasar perusahaan biasanya menceritakan secara singkat mengenai sejarah perusahaan, sejak kapan perusahaan berdiri. Dilatarbelakangi oleh apa sehingga muncul perusahaan Anda, dan siapa pendiri perusahaan. Jangan sampai terlewat untuk memaparkan pertumbuhan bisnis Anda dari sejak berdiri hingga saat ini.

Selanjutnya, dicantumkan juga mengenai visi dan misi yang diemban oleh perusahaan Anda. Karena setiap perusahaan tentu memiliki tujuan dan cara-caranya masing-masing demi mencapai tujuan besarnya.

Kemudian Anda perlu juga untuk mencantumkan informasi singkat mengenai produk-produk atau jasa apa saja yang disediakan oleh perusahaan Anda. Memperkenalkan siapa saja tim inti di balik beroperasinya perusahaan Anda.

  • Pencapaian Perusahaan

Untuk membuat klien, customer, rekan, ataupun calon investor semakin yakin akan kredibilitas perusahaan Anda, maka cantumkan highlight pencapaian yang pernah didapatkan. Pencapaian tidak melulu tentang penghargaan yang pernah didapatkan perusahaan saja. 

Tapi juga sertifikasi yang pernah dilakukan, kumpulan testimoni dan penilaian yang begitu memuaskan dari pelanggan. Adanya proyek besar atau program besar khusus yang berhasil diselesaikan dengan membanggakan. Hingga kumpulan kliping berita atau publikasi perusahaan Anda di media massa jikalau ada.

  • Portofolio Perusahaan

Tak boleh sampai ketinggalan juga untuk mencantumkan portofolio klien Anda. Agar semakin meyakinkan audience akan eksistensi perusahaan Anda.

Dengan menampilkan portofolio akan memudahkan calon pelanggan dalam melihat hasil kerja dan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini akan menambah nilai plus bagi perusahaan Anda di mata audience

  • Konten Opsional

Konten yang bersifat opsional berarti terserah Anda saja hendak dicantumkan atau tidak. Biasanya berisikan laporan penjualan tahunan, target finansial, demografi customer, jumlah keseluruhan karyawan dan partner perusahaan serta galeri foto-foto perusahaan dan aktivitasnya. 

Gunanya menampilkan laporan penjualan berikut target finansial adalah sebagai tolok ukur juga untuk calon investor. Target dan capaian apa yang sudah diperoleh perusahaan Anda dan yang ingin dicapai.

Isi Company Profile Perusahaan

Cara Membuat Company Profile Perusahaan

Apakah sudah terbayang oleh Anda untuk mencantumkan konten apa saja dalam company profile yang akan Anda buat?

Maka, kini saatnya untuk membahas bagaimana caranya supaya Anda bisa mewujudkan company profile yang paling merepresentasikan perusahaan Anda sekarang? Simak sampai bawah!

  • Mengenali Perusahaan dengan Baik

Dalam membuat company profile, tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset. Riset tentang perusahaan berarti Anda harus benar-benar mengenali perusahaan sebelum dapat membuat profilnya.

Anda harus mendapatkan data-data dan memahami mengenai tujuan, visi dan misi serta banyak hal mengenai seluk beluk perusahaan. 

Sehingga semangat perusahaan bisa tersampaikan melalui profile yang akan segera Anda wujudkan. Apabila Anda hendak membuat company profile untuk perusahaan Anda sendiri bagian ini tentu akan sangat mudah, karena Anda jelas sudah mendalami mengenai perusahaan Anda.

Sementara itu, jika Anda adalah jasa pembuatan company profile, maka Anda harus melakukan riset agar lebih memahami perusahaan tersebut.

  • Membuat Konsep

Tahap selanjutnya adalah membuat konsep company profile perusahaan. Pemilihan konsep tentu saja tidak bisa asal-asalan, harus dapat merepresentasikan perusahaan serta bisa menunjukkan keunggulan yang dimiliki perusahaan.

Konsep ini menyangkut media apa saja yang akan dijadikan company profile, website online based atau laman yang bisa diakses tanpa sambungan internet.

Proses ini tentu membutuhkan brainstorming dan ide kreatif dengan mencari sebanyak mungkin referensi.

  • Pembuatan Konten Pendukung

Konten pendukung berupa foto-foto dan video yang mungkin dibutuhkan dalam pembuatan company profile. Kebutuhan desain yang digunakan juga harus dipersiapkan pada tahapan ini.

Sehingga nantinya saat proses eksekusi menjadi lebih mudah dengan konten pendukung yang sudah siap pakai.

  • Copywriting

Tentu saja dibutuhkan copywriting yang powerful untuk bisa memperkenalkan perusahaan Anda. Selain itu, pastikan juga diksi dan ejaan yang dipakai sudah sesuai.

Jangan sampai ada kesalahan ketik yang bisa menimbulkan efek yang kurang profesional. 

  • Storyboard dan Timeline

Tahapan ini merupakan persiapan terakhir sebelum Anda melakukan eksekusi terhadap pengerjaan company profile perusahaan. Storyboard ini akan menampilkan konsep keseluruhan dari company profile yang telah disusun hampir mirip dan seperti mock up

Jika Anda hendak membuat untuk perusahaan lain, Anda bisa menunjukkan storyboard kepada pemilik perusahaan. Jika sudah sesuai, Anda bisa lanjutkan ke timeline pengerjaan. Menggunakan timeline memudahkan Anda untuk mengontrol progress pekerjaan agar dapat selesai sesuai target atau kesepakatan.

  • Proses Pengerjaan

Pada tahapan eksekusi ini dimulailah pengerjaan company profile sesuai dengan storyboard dan timeline yang telah diberikan.

  • Revisi dan Finalisasi

Apabila sudah selesai melalui tahapan pengerjaan, maka bisa memberikan kepada klien. Bisa saja terjadi kesalahan atau kekurangan saat pengerjaan yang disebabkan beberapa hal. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan koreksi. 

Setelah itu, akan kembali ke tahapan revisi sebelum akhirnya bisa difinalisasi setelah sudah mencapai kesepakatan akhir. Maka jadilah company profile yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh Company Profile Perusahaan

Company profile sebagai media untuk memperkenalkan perusahaan tentu bisa dibuat dalam berbagai macam bentuk. Pastikan Anda memilih media yang memang paling sesuai dengan perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda banyak bermain aktif di online market, maka bisa alokasikan dana company profile ke bentuk digital. 

Contohnya seperti website atau aplikasi. Sementara jika aktif di ranah konvensional bisa membuat dalam bentuk buku ataupun brosur. Nah, di sini akan dibahas beberapa contoh company profile yang umumnya dipakai.

  • Company Profile Buku

desain-company-profile

Untuk perusahaan yang memang berskala nasional dengan cakupan market yang telah luas, banyak menggunakan company profile berupa buku.

Sehingga dapat diberikan kepada customer, calon klien atau pelanggan, rekan bisnis, investor dan banyak lagi.

Biasanya dipilih bentuk buku karena banyak juga memuat informasi penting yang mana membutuhkan berlembar lembar halaman. 

  • Company Profile Brosur

Company Profile Brosur

Selanjutnya adalah company profile dalam bentuk brosur, biasanya memang berisi banyak informasi namun pada versi yang lebih ringkas dan pendek.

Sehingga hanya menghabiskan satu halaman bolak-balik saja. Dapat menjadi versi singkat dari company profile bentuk buku. 

  • Company Profile Presentation

Company Profile Presentation

Untuk company profile yang satu ini biasanya digunakan untuk presentasi oleh perusahaan. Format filenya pdf atau slide power point yang mudah diakses dan dibagikan.

Sehingga dalam format ini dapat juga menampilkan video, tidak hanya berupa teks atau gambar saja.

  • Company Profile Website Resmi

company profile website

Contoh company profile perusahaan berikutnya adalah berbentuk website resmi. Website khusus untuk memuat profil perusahaan saja.

Pada website ini akan terdiri dari konten tulisan, video dan juga foto. Selain itu, akan ada banyak menu seperti kontak, Frequently Asked Question, bahkan juga dapat meletakkan penjelasan produk dan testimoni produk atau jasa di sini. 

Tak sedikit juga yang menampilkan portofolionya. Itulah mengapa banyak yang kemudian memiliki company profile dalam bentuk website. Selain dapat diisi dengan lebih banyak konten, interaktif, mudah diakses dan terkesan lebih modern.

  • Company Profile Mobile Apps

Company Profile Apps

Lebih modern lagi dari website, ada perusahaan yang membuat company profilenya dalam bentuk aplikasi. Sehingga harus mengunduh terlebih dahulu, sehingga bisa mendapatkan informasi penting dan lengkap mengenai profile perusahaan.

Kesimpulan

Sekarang, Anda telah mengetahui lebih lengkap mengenai company profile perusahaan. Mulai dari pengertiannya, isi kontennya, cara pembuatan, hingga contohnya.

Ternyata dibutuhkan proses yang panjang untuk mewujudkan satu media yang merepresentasikan perusahaan. Kerepotan tahapan di atas dapat dipersingkat dengan jasa pembuatan company profile. 

Untuk mewujudkan company profile yang sesuai kebutuhan Anda, dapatkan copywriting powerful sekaligus pembuatan website perusahaan Anda di IndonesianWriter.

Percayakan proses pembuatan company profile Anda kepada tim kami, semua akan disajikan dengan orisinalitas dan kualitas yang menonjolkan value bisnis Anda. Anda dapat mengunjungi kami di sini “jasa pembuatan website profesional” atau hubungi kami di sini untuk konsultasi dan mendapatkan penawaran terbaik!

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian