Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Web Portofolio: Kunci Sukses Bisnis dengan Branding yang Efektif!

Web Portofolio: Kunci Sukses Bisnis dengan Branding yang Efektif!

cover web protofolio

Daftar Isi

Apakah Bisnis Butuh Web Portofolio? Ini Alasannya!

Bisnis bisa membentuk branding yang positif jika memiliki website yang menyediakan informasi lengkap serta dan akurat. Apalagi jika Anda membuat web portofolio dengan maksimal dan mudah diakses. 

Pada dasarnya web ini berisi portofolio digital yang bisa diakses oleh siapapun dan berisi karya serta pengalaman seseorang atau instansi. Hal ini dikatakan dapat menjadi salah satu cara menarik perhatian klien bagi bisnis atau mendapatkan pekerjaan untuk individu. 

Sudah ada banyak cara pembuatan dan contoh portofolio web yang bisa Anda temukan di internet. Kali ini akan dibahas mengenai portofolio yang dikhususkan bagi sebuah bisnis. Simak penjelasan lengkapnya disini!

Mengapa Web Portofolio Penting untuk Bisnis Anda?

Sebagai branding identity, portofolio dianggap sangat penting bagi seseorang maupun perusahaan. Dengan akses yang mudah, menampilkan portofolio akan meningkatkan value dari website Anda.

Ada beberapa alasan lain mengapa Anda perlu memiliki web ini.

  1. Menjadi Wajah Digital Bisnis

Sebagai gambaran yang menunjukkan hasil karya dari pekerjaan yang digeluti oleh perusahaan, web portofolio adalah wajah digital bagi sebuah bisnis. Hal ini juga menunjukkan profesionalitas dari bisnis tersebut.

Contohnya saja jika bisnis Anda adalah salah satu penyedia jasa, pelanggan yang potensial akan menilai profesionalitas Anda dari portofolio tersebut. Banyaknya portofolio yang berkualitas akan menunjukkan bisnis Anda cukup profesional. 

web portofolio

  1. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan Potensial

Portofolio yang disusun dengan baik tentu akan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda di mata konsumen. Dengan begitu Anda juga dapat meningkatkan kepercayaan dari pengunjung yang sedang mencari informasi mengenai bisnis Anda. 

Anda juga tak perlu menggunakan kata-kata yang terlalu tinggi untuk menarik pelanggan, hanya dengan portofolio yang menjadi bukti nyata dari hasil kerja. Secara tidak langsung pelanggan akan menilai sendiri kualitas produk atau jasa Anda. 

  1. Memperlihatkan Kemampuan dan Keahlian Bisnis Secara Visual

Dalam web portofolio, Anda harus menampilkan konten yang menggambarkan berbagai proyek bisnis Anda. Contohnya saja Anda menunjukkan foto hasil kerja, klien yang pernah bekerja sama atau bahkan video tentang proyek yang dijalankan. 

Pastikan gambar serta video yang disertakan memiliki kualitas tinggi. Berikan juga deskripsi yang jelas bagi setiap foto atau video tersebut. Anda juga harus memastikan bahwa desain website mencerminkan brand dari bisnis Anda.

Jika Anda masih bingung bagaimana membuat desain website yang menarik, Anda dapat memesannya di jasa desain website profesional indonesianwriter! Kunjungi Jasa Desain Website berikut ini!

  1. Membantu Membedakan Bisnis dari Pesaing

Alasan terakhir mengapa website portofolio sangat penting karena menampilkan gaya unik dari bisnis Anda. Hal ini menjadi cara terbaik menunjukkan perbedaan bisnis Anda dari pesaing.

Memamerkan hasil kerja akan memberi perbedaan besar dalam membantu Anda lebih menonjol dalam kompetisi bisnis. 

Dengan alasan pentingnya memiliki website portofolio untuk bisnis, maka Anda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk membuatnya. Bisnis akan memperoleh banyak dampak positif dari adanya portofolio.

Manfaat memiliki Website Portofolio yang Efektif

Menjadi sesuatu yang penting bagi bisnis menunjukkan bahwa web portofolio memiliki banyak manfaat.

Berikut adalah manfaatnya:

  1. Meningkatkan Prospek Bisnis dan Kesempatan Kerjasama

Merancang dan memamerkan hasil kerja melalui website portofolio adalah cara profesional untuk menarik klien baru.

Website portofolio memungkin klien yang ingin bekerja sama untuk melihat produk atau jasa Anda sebelum membuat keputusan.

Anda bisa membangun koneksi dengan klien atau pelanggan potensial melalui portofolio digital. Tunjukkan kepada profesional lainnya di bidang industri yang sama mengenai pengalaman serta proyek yang pernah Anda tangani.

  1. Memperkuat Identitas Bisnis

Adanya identitas brand mempermudah klien untuk mengenali bisnis Anda. Sebagai suatu hal yang pertama kali diingat oleh pelanggan penting untuk menonjolkan brand identity.

Web portofolio akan memperkuat kepribadian serta identitas bisnis Anda, dengan menunjukan berbagai pencapaian yang telah diraih.

web portofolio

  1. Memudahkan Proses Presentasi Produk atau Layanan Kepada Klien

Kepercayaan pelanggan tidak bisa diraih begitu saja dengan mudah. Anda harus mempresentasikan produk atau layanan dengan baik. Maka dari itu Anda membutuhkan web portofolio. 

Hasil kerja yang ditampilkan membuktikan kepada setiap pengunjung bahwa produk atau jasa Anda sesuai dengan apa yang mereka cari. Ketika melihat hasil kerja Anda, pelanggan akan mempercayai produk atau jasa Anda. 

  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Bisa dikatakan jika portofolio adalah penghubung termudah antara Anda dengan klien, pelanggan dan bisnis lain. Anda bisa membagikan keterampilan, pengetahuan serta memunculkan peluang baru bagi bisnis Anda. 

Membangun jaringan koneksi melalui situs web portofolio akan membantu Anda mengembangkan bisnis.

Banyaknya manfaat website portofolio bagi bisnis, membuktikan bahwa Anda tidak perlu ragu lagi untuk memamerkan hasil kerja Anda. Menunda-nunda hanya akan memperlambat jalannya bisnis. 

Tips Membuat Website Portofolio yang Menarik 

Untuk mempermudah pembuatan web portofolio, simak tips berikut ini:

  1. Tetapkan Tujuan

Anda harus menentukan tujuan dari pembuatan website portofolio terlebih dahulu. Dengan begitu Anda lebih mudah mengetahui arah serta sasaran yang akan dicapai. Tujuan ini harus ditentukan sebelum proses pembuatan. 

Hal ini karena tujuan pembuatan website portofolio bisa mempengaruhi konten yang Anda buat. Misalnya saja tujuan dari website adalah sekedar menunjukkan hasil karya atau menjual produk. 

  1. Buat Tampilan Sederhana

Jika tujuan sudah di tentukan, maka Anda bisa mulai memilih desain dan membuat tampilan website. Untuk membuat web portofolio, Anda perlu memilih tampilan yang simple atau sederhana agar bisa dipahami oleh pengunjung. 

Tampilan yang sederhana juga akan menarik lebih banyak pengunjung karena dinilai lebih menarik. Jika desain terlalu rumit dan ramai, setiap pengunjung bisa mengerti dengan mudah mengenai produk atau jasa Anda. 

  1. Menyesuaikan Resource Server

Konten serta template yang Anda gunakan bisa disesuaikan dengan resource server atau hosting yang dipilih. Penggunaan portofolio web mengharuskan Anda membuat resource.

Pilih hosting yang 24 jam mampu memenuhi kebutuhan Anda.

  1. Menarik dan Unik

Portofolio yang menarik tentu akan lebih mudah diingat dan dikenal oleh pengunjung website. Tambahkan foto yang terbaik dan juga tampilan yang lebih simple, namun tetap unik agar disukai. 

Desain yang kekinian namun kreatif juga diperlukan. Lebih utama lagi isi konten dengan gambar dan judul serta tambahan lain yang tak kalah menarik. Tunjukkan hasil karya terbaik Anda agar bisnis makin sukses. 

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak keuntungan yang didapatkan jika Anda memiliki web portofolio. Dengan meningkatnya penggunaan internet dalam bidang apapun, website portofolio menjadi salah satu hal yang penting bagi bisnis. 

Website portofolio menunjukkan dedikasi serta profesionalisme bisnis Anda terhadap setiap proyek atau karya dengan jelas. Tak hanya sebuah kasus, tapi menjadi contoh nyata. Website portofolio Anda menawarkan karya yang terbaik. 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuatnya website portofolio yang baik, Anda bisa mempertimbangkan bantuan dari Indonesianwriter. Sebagai jasa pembuat website profesional, IndonesianWriter siap membantu Anda membuat website portofolio yang efektif.

Hubungi IndonesianWriter untuk informasi selengkapnya dan berkonsultasi mengenai pembuatan website serta halaman portofolio.

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

2 komentar untuk “Web Portofolio: Kunci Sukses Bisnis dengan Branding yang Efektif!”

  1. Digital Marketer

    artikel info seputar web portofolio sungguh bermanfaat untuk bisnis. Ada banyak strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas merek. Dengan membuat web portofolio maka akan membentuk citra merek yang kuat dan meningkatkan daya ingat bagi pelanggan.

    1. Indonesian Writer

      Benar sekali kak. Web portofolio memang sangat penting apalagi bagi bisnis.

      terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page