Junda Yanti

Junda Yanti

Junda adalah seorang penulis dan copywriter berpengalaman 5 tahun. Ia memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan, SEO, dan berbagai bidang lainnya. Junda percaya bahwa dengan berbagi pengetahuan, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Copywriting » Lengkap! 5 Teknik Copywriting Paling Mudah dan Efektif

Lengkap! 5 Teknik Copywriting Paling Mudah dan Efektif

Teknik copywriting

Daftar Isi

Dalam pemasaran digital, teknik copywriting merupakan salah satu cara ampuh untuk ‘menyihir’ audiens agar tertarik dengan suatu produk atau layanan. Dengan teknik ini, Anda bisa membuat iklan yang menarik walau hanya dalam bentuk tulisan. 

Agar copywriting bisa tepat sasaran, tentu ada tekniknya. Tidak sembarang orang bisa membuat copywriting yang menarik dan efektif. Meskipun begitu, teknik ini bisa dipelajari dengan mudah di sini.

Penggunaan kata yang menarik merupakan salah satu magnet dari copywriting agar audiens memberikan respons yang Anda inginkan. Misalnya, membeli, mendaftar, mengingat, atau tujuan lainnya.

Apa yang Dimaksud dengan Teknik Copywriting?

Copywriting adalah salah satu teknik pemasaran yang digunakan untuk membujuk atau merayu calon pelanggan agar mau bertransaksi di suatu perusahaan.

Teknik ini juga bisa menjadi penunjuk arah terhadap respons yang perusahaan harapkan dari audiens.

Secara sederhana, copywriting adalah aktivitas menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Copywriting biasanya ditujukan untuk menjual atau mengenalkan produk atau jasa.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Copywriting Profesional bagi Bisnis

Sementara itu, copywriter adalah orang yang bertanggung jawab untuk menulis copy. Copywriter harus memiliki keterampilan menulis yang baik, pemahaman tentang kebutuhan konsumen, dan pengetahuan tentang pemasaran.

cara menjadi copywriter

5 Teknik Copywriting Paling Jitu untuk Menarik Audiens

Seorang copywriter yang baik harus dapat menggunakan kata-kata dan kalimat untuk menarik perhatian, meningkatkan minat, dan mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu. 

Ada banyak teknik copywriting yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut, di antaranya:

  • Tulis Headline Menarik

Headline merupakan bagian paling awal dari bagan copywriting. Pembaca dari media online maupun offline pasti akan membaca bagian ini terlebih dahulu. Oleh karena itu, bagian ini harus dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik minat pembaca. 

Tulislah sebuah headline dengan kata-kata yang tidak rumit dan berlebihan. Sebisa mungkin tampilkan headline yang unik dan bersahabat sehingga mampu menjadi magnet bagi pembaca.

Bila headline yang Anda buat kurang menarik, daya copywriting menjadi kurang kuat. Pasalnya, headline merupakan bagian yang akan menjadi first impression bagi pembaca.

  • Buat Konten yang Bermanfaat

Teknik copywriting berikutnya yaitu dengan membuat sebuah konten yang bermanfaat bagi audiens. Konten yang bermanfaat ini bisa hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Dengan memberikan konten bermanfaat, audiens akan tertarik kembali pada produk yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda menjual sayuran organik, bagikanlah tips-tips mengenai cara mengolah dan manfaat dari mengonsumsi sayuran tersebut.

Dengan cara ini, Anda bisa membangun hubungan dan kepercayaan antara brand dan audiens. Pada akhirnya, mereka akan menggunakan produk atau layanan Anda.

  • Pilih Gaya Bahasa yang Tepat

Dalam membuat konten yang bermanfaat, Anda perlu memilih gaya bahasa yang tepat. Gunakanlah gaya bahasa yang paling sesuai dengan target market Anda. Tujuannya, agar mereka lebih mengerti dengan apa yang Anda jelaskan. 

Selain itu, gaya bahasa yang tepat juga akan membuat mereka merasa lebih akrab dengan brand tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengenali terlebih dahulu target market yang dituju.

Anda juga perlu menerapkan prinsip bahwa karakter yang dihadirkan dalam tulisan merupakan gambaran produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

  • Sematkan Kata Ajaib

Dalam teknik copywriting, ada beberapa kata ajaib yang selalu tampak menarik bagi konsumen. Kata-kata ini mampu menyihir mereka untuk memberikan respons sesuai harapan. 

Adapun kata-kata ajaib yang dimaksud yaitu “Rahasia”, “Ampuh”, “Sakti”, dan masih banyak lagi kata-kata lainnya yang memiliki efek dramatis, tapi masih relevan digunakan.

Anda bisa menggunakan kata-kata tersebut untuk “menyihir” calon konsumen agar memberikan respons sesuai tujuan copywriting tersebut.

Sebagai contoh artikel dari IndonesianWriter berikut ini: “WAJIB TAHU! Inilah Alasan Kenapa Harus Menggunakan Jasa Copywriting Surabaya!”

  • Pakai Kata “Tanpa”

Sebuah copy yang menarik harus mampu menyampaikan solusi atau manfaat dari suatu produk dengan baik. Salah satu cara yang sering digunakan oleh seorang copywriter yaitu dengan menggunakan kata “tanpa”.

Kata ini mampu memantik beragam respons pembaca pada iklan yang Anda layangkan atau produk yang Anda tawarkan. 

Selain itu, kata “tanpa” juga memiliki kesan mampu memberikan solusi ekstra, menepis sangkalan, hingga menjawab keraguan audiens.

5 Formula Copywriting Paling Tembus untuk Bisnis

Dalam teknik copywriting, ada yang disebut “formula copywriting”. Formula ini bisa dikatakan sebagai acuan dalam membuat sebuah copywriting agar lebih menarik dan efektif. Berikut penjelasan lengkapnya.

Formula Copywriting

  • AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

AIDA merupakan salah satu formula yang sangat populer di kalangan copywriter. Formula ini terdiri dari Attention, Interest, Desire, dan Action. Berikut penjelasannya:

  1. Attention: Menarik perhatian pembaca di awal copy. Contohnya, “Tas Anak Motif Candy Cane!”.
  2. Interest: Menarik minat dan memantik rasa penasaran pembaca. Contohnya, “Hadiah manis untuk si kecil makin semangat bersekolah”.
  3. Desire: Tawarkan jawaban dan solusi yang membuat audiens makin tergoda. “Tas anak ini bermotif permen warna-warni dan memiliki ukuran yang pas dengan untuk membawa peraltan sekolah si kecil. Tersedia berbagai pilihan warna.”
  4. Action: Arahkan pembaca mengambil tindakan yang diharapkan. “Segera masukkan ke keranjang sekarang!”.
  • PAS (Problem, Agitate, Solution)

Dibanding AIDA, formula dalam teknik copywriting yang satu ini terbilang cukup simpel karena hanya terdiri dari 3 bagian saja, yaitu Problem, Agitate, dan Solution. Adapun penjelasannya yaitu:

  1. Problem: Mengajak pembaca menyadari suatu masalah;
  2. Agitate: Kaitkan masalah tersebut dengan pembaca;
  3. Solution: Tawarkan solusi dan buat mereka yakin untuk menggunakan produk Anda.

Contoh copywriting yang menggunakan formula PAS yaitu:

Frustasi karena penjualan yang segitu-gitu aja? Belum lagi tekanan dari bos karena belum mencapai target bulanan? Jangan risau, ada IndonesianWriter yang punya segudang ide untuk meningkatkan penjualan. Ilmu ini hanya bisa didapat oleh orang terpilih, lho! Yuk, jadi bagian dari salah satunya. Baca artikel lengkapnya disini “5 Cara Membuat Copywriting yang AMPUH Tingkatkan Penjualan”.

  • IDCA

Formula IDCA adalah teknik copywriting yang langsung mulai dari bagian yang dapat memancing penasaran audiens. IDCA ini berfokus pada empat langkah utama, yaitu:

  1. Interest: Menarik perhatian pembaca;
  2. Desire: Menciptakan keinginan;
  3. Conviction: Membangun keyakinan;
  4. Action: Mengarahkan pembaca untuk bertindak.
  • ACCA

Formula ACCA adalah formula copywriting yang berfokus pada pemahaman audiens.

Dimana, formula ini beranggapan bahwa audiens perlu memahami masalah yang mereka hadapi sebelum mereka dapat mengambil tindakan untuk mengatasinya. ACCA adalah singkatan dari:

  1. Awareness: Menciptakan kesadaran pembaca terhadap masalah yang bisa Anda atasi. Contohnya, “Udah pakai banyak produk, tapi kulit wajah masih tetap kusam?”
  2. Comprehension: Membantu audiens memahami realita masalah tersebut. Contohnya, “Ternyata hal ini juga dialami oleh wanita lainnnya.”
  3. Conviction: Yakinkan audiens untuk mengatasi masalah tersebut. Contohnya, “Faktanya, pakai produk saja tidak cukup untuk mencerahkan kulit kusam. Kamu juga perlu melakukan treatment A, B, dan C.” 
  4. Action: Ajak audiens bertindak. Contohnya, “Ini sudah waktunya kamu memiliki wajah bebas kusam dengan melakukan treatment di (nama brand). Dapatkan diskon 20% untuk 5 costumer pertama di minggu ini. Booking slot-nya melalui kontak di bawah ini.”
  • QUEST

Formula copywriting yang satu ini bisa dimulai dengan memaparkan sebuah fakta yang menarik atau langsung menuju inti copy. Formula ini terdiri dari:

  1. Qualify: Beberkan info menarik bagi pembaca. Contohnya, “Menurut penelitian, content writer akan jadi profesi yang menjanjikan hingga 10 tahun ke depan”.
  2. Understand: Cobalah untuk memahami pembaca melalui copy serta tunjukkan empati. Contohnya, “Meskipun profesi tidak pandang latar pendidikan, tapi kita harus tetap meningkatkan skill agar bisa bersaing dengan peminat lainnya.”
  3. Educate: Informasikan solusi permasalahan pembaca. “Lagipula, content writer juga tidak hanya harus punya skil menulis saja, tetapi juga kemampuan dalam riset tren dan memahami strategi untuk membuat konten yang oke.”
  4. Stimulate: Pengaruhi pembaca agar memilih solusi yang Anda tawarkan. Contohnya, “Di (nama brand), kamu bisa dapat semua ilmu tersebut untuk jadi content writer profesional.
  5. Transition: Arahkan pembaca untuk menjadi pelanggan. Contohnya, “Dengan berlangganan kelas di (nama brand), kamu bukan hanya akan jadi content writer andal, tetapi juga content writer yang diperhitungkan. Yuk, gabung sekarang!”

Cara Membuat Copywriting yang Menarik

Setelah mengetahui formula dan teknik copywriting di atas, tentunya Anda semakin penasaran bagaimana caranya membuat copywriting yang menarik. Anda bisa mulai dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini:

cara membuat copywriting

  • Pahami Produk atau Layanan

Sebelum Anda mulai menulis, pastikan Anda memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan. Apa yang membuat produk atau layanan Anda unik? Apa manfaat yang ditawarkannya? Siapa target audiens Anda?

Semakin baik Anda memahami produk atau layanan Anda, semakin mudah Anda untuk menulis copy yang menarik dan relevan.

Setelah Anda memahami produk tersebut dengan baik, mulailah untuk menuliskan informasi tersebut dalam bentuk deskripsi. Tujuannya untuk mempermudah saat proses penulisan copywriting.

  • Cari Tahu Kebutuhan Audiens

Copywriting yang efektif harus mampu seolah berbicara langsung dengan target audiens Anda. Apa yang mereka inginkan? Apa yang mereka butuhkan? dan Apa yang mereka khawatirkan?

Ketika Anda memahami kebutuhan audiens, Anda dapat menulis copy yang menyentuh emosi mereka dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Selain itu, dengan memahami kebutuhan audiens Anda akan bisa menerapkan teknik copywriting yang terasa seperti ditujukan untuk personal. Jika berhasil membuatnya, copy tersebut pasti akan mampu menarik minat konsumen.

  • Buat Headline Menarik

Seperti yang sudah diketahui, headline adalah elemen terpenting dari copywriting. Headline yang menarik adalah headline yang mampu memikat perhatian dan membuat pembaca ingin membaca lebih lanjut.

Gunakan bahasa yang kuat dan persuasif untuk membuat headline yang menarik. Sebutkan manfaat yang ditawarkan produk atau layanan Anda, atau ajukan pertanyaan yang menarik perhatian.

Untuk membuat headline yang menarik, Anda bisa mencoba tiga trik rahasia ini. Mulai dengan jelaskan manfaat yang ditawarkan, buat pembaca ingin segera membeli, serta cantumkan persentase.

  • Dukung dengan Lead Memikat

Untuk menambah daya tarik dari headline yang sudah memikat, Anda harus mendukungnya dengan lead yang menarik. Bagian ini yang dapat menentukan pembaca akan menyimak artikel, newsletter, atau landing page Anda lebih lanjut atau tidak.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat lead atau pembukaan semenarik mungkin. Anda bisa melakukannya dengan mulai menunjukkan empati, mulai dengan fakta, atau membuat mereka penasaran.

Dengan mengikuti teknik copywriting tersebut, Anda bisa membuat sebuah lead memikat untuk mendukung headline. Harapannya audiens akan menyimak konten tersebut hingga selesai. 

  • Tulis Copy Berkualitas

Memang benar bahwa headline dan lead merupakan bagian penting dalam teknik copywriting. Namun, Anda tetap tidak boleh melupakan bagian inti dari tulisan. Dalam copywriting, bagian ini disebut sebagai copy.

Ada beberapa formula sederhana yang bisa Anda coba untuk membuat copy yang berkualitas, di antaranya:

  • Gunakan kata dan kalimat sederhana;
  • Tujukan hanya untuk satu orang;
  • Jelaskan manfaat produk;
  • Manfaatkan subheading.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam sebuah teknik copywriting terdapat formula dan trik rahasia yang bisa diikuti. Pilihlah formula yang paling sesuai dengan jasa atau layanan yang Anda tawarkan agar lebih tepat sasaran.

Selain itu, jangan lupa untuk sering melatih kemampuan copywriting Anda. Dengan begitu, Anda akan semakin luwes dalam memilih kata-kata untuk menyihir audiens. 

Bila Anda merasa informasi ini bermanfaat, jangan sampai menyimpannya sendiri. Bagikan ke teman-teman Anda dan jangan lupa berlangganan newsletter kami untuk mendapat informasi menarik lainnya.

Anda juga dapat meminta bantuan kami sebagai “Jasa Copywriting Profesional” untuk membuat copywriting yang menarik dan memikat. Hubungi kami sekarang!

FAQ

Berikut merupakan sejumlah pertanyaan beserta jawaban yang membahas mengenai teknik copywriting:

  • Apa itu teknik copywriting?

Copywriting adalah seni menulis teks yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan. Copywriting yang menarik dapat menarik perhatian target audiens dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk atau berlangganan layanan.

  • Skill copywriting apa saja?

Seorang copywriter tentunya harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni, perbendaharaan kata yang baik, memahami kebutuhan konsumen, serta pengetahuan tentang pemasaran.

  • Apa Formula 4U dalam copywriting?

Salah satu formula copywriting yang populer adalah formula 4U. Formula ini terdiri dari empat elemen penting yang harus ada dalam setiap copywriting yang Anda buat, yaitu:

  1. Useful (berguna)
  2. Unique (unik)
  3. Ultra-specific (sangat spesifik)
  4. Urgent (mendesak)

jasa copywriting

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page