Picture of Afika

Afika

Afika adalah penulis topik sosial media berpengalaman selama 4 tahun. Ia memiliki passion untuk menulis konten sosial media yang informatif dan menarik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Social Media » 7 Cara Membuat Caption Instagram yang Menarik Audiens dan Dapat Meningkatkan Engagement

7 Cara Membuat Caption Instagram yang Menarik Audiens dan Dapat Meningkatkan Engagement

Cara Membuat Caption Instagram

Daftar Isi

Pada saat ini, media sosial dapat digunakan untuk berdagang. Saat menggunakan media sosial untuk kebutuhan bisnis, cara membuat caption Instagram menjadi hal penting yang harus Anda ketahui. 

Mengingat, untuk menjual sebuah produk di media sosial, kita harus menggunakan caption. Adanya caption juga akan membuat gambar berpotensi untuk dilihat banyak netizen. 

Pentingnya Caption untuk Instagram

Bukan menjadi rahasia lagi jika sekarang media sosial adalah sarana hiburan dan tempat yang tepat untuk mencari barang-barang yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Karena hal inilah seseorang mungkin memiliki lebih dari satu media sosial. 

Dalam media sosial instagram, caption menjadi hal yang penting karena dapat mempengaruhi unggahan, apakah nantinya dapat membangun suasana di dalam gambar atau tidak. Oleh sebab itu sekarang setiap pebisnis selalu berusaha membuat caption menarik.

Dengan caption menarik, besar kemungkinan barang atau jasa yang dijual akan memiliki banyak peminat. Caption yang kurang sesuai dengan gambar dapat membuat unggahan menjadi tidak menarik, bahkan akan dikritik oleh netizen. 

Bila hal ini sampai terjadi, tentu saja kualitas unggahan akan menurun. Oleh sebab itu, pastikan memperhatikan caption agar unggahan dapat dilirik oleh banyak orang.  

Baca Juga: Jasa Konten Instagram yang Membantu Membuat Desain IG Terlihat Menarik!

Cara Membuat Caption Instagram

Sebelum membahas mengenai pembuatan caption yang tepat, terlebih dahulu kita harus membahas mengenai caption menarik.

Ketika membuat caption, kalimat yang digunakan harus menunjukkan konteks serta citra yang ingin disampaikan baik dari video maupun foto yang diposting. 

cara membuat caption Instagram

Kata-kata ini harus menarik perhatian dari audience, sehingga mereka mau membacanya.

Namun, akan lebih baik lagi bila caption juga disertai dengan Call to Action sehingga dapat mendorong pengikut untuk memberi komentar, mempromosikan postingan hingga membagikan ulang postingan. 

Bukan hanya itu, caption juga harus terdiri dari 2000 karakter, jumlah ini termasuk hastag dan penyertaan emoji yang dapat memperluas jangkauan dari postingan.

Tetapi, Anda tidak boleh memasukkan emoji dengan berlebihan karena bisa merusak kualitas caption yang dimasukkan. 

Berikut cara membuat caption instagram yang menarik, antara lain:

  • Kenali Pengikut Bisnis Anda

Ketika ingin membuat caption yang menarik, pastikan mengenali audience yang Anda miliki terlebih dulu.

Mengapa harus demikian? Saat sudah mengenali audience di Instagram, Anda akan lebih mudah membuat strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan. 

Hal tersebut juga mempengaruhi kepentingan bisnis, mengingat strategi content marketing untuk pemasaran yang baik merupakan strategi yang sesuai dengan keperluan audience. 

  • Tunjukkan Brand Personality Anda

Kemudian, tunjukkan brand personality. Saat akan membuat caption, pastikan mengingat seperti apa brand personality yang dimiliki perusahaan. 

Bila Anda menampilkan konten instagram menggunakan karakter yang santai dan lucu, Anda dapat menggunakan bahasa sehari-hari serta referensi yang popular dan ringan.

Namun, bila Anda memiliki perusahaan dengan citra yang serius serta berwibawa, gunakan kalimat formal, tetapi mudah dimengerti. 

Pastikan semua kalimat yang digunakan sesuai dengan personality yang dimiliki oleh brand. Sehingga akan lebih mudah diterima oleh audience. 

  • Hindari Menggunakan Caption Terlalu Panjang

Audience yang Anda miliki tentu saja bukan hanya menjadi pengikut dari akun Instagram perusahaan Anda, tetapi juga mengikuti banyak akun.

Oleh sebab itu, mereka tentu tidak mau meluangkan waktu untuk membaca postingan yang Anda miliki saja.

Sehingga hindari menciptakan caption yang panjang, hal ini hanya akan membuat pengikut merasa malas serta menganggap postingan yang Anda miliki membosankan.

Tetapi, bila terdapat cerita yang menarik dibaliknya, pertimbangkan setiap kalimat agar semakin efektif dibaca. 

Selain itu, pastikan juga narasi yang ada di dalam caption benar-benar menggugah sehingga pengikut tertarik membaca teks panjang.

Membuat caption yang menarik dan informatif memang tidak mudah. Butuh waktu, riset, dan keahlian khusus untuk menghasilkan caption yang benar-benar menggugah dan mendorong audiens untuk bertindak.

Sehingga untuk mempersingkat waktu, Anda dapat menggunakan Jasa caption instagram yang profesional.

  • Susun Kalimat Pertama yang Bombastis

Erat dengan poin cara membuat caption Instagram yang sebelumnya, pengguna Instagram tentu saja tidak ingin menghabiskan waktu lama di satu postingan saja. oleh sebab itu, pastikan langsung mencuri perhatian mereka dari kalimat pertama. 

Kalimat pertama menjadi aspek yang dapat menentukan apakah audience nantinya akan terus membaca caption atau tidak. Agar kalimat pertama ini apat menarik, letakkan informasi yang penting dengan susunan yang persuasive. 

Kemudian, jika Anda ingin menyebutkan akun lain serta menyertakan hastag, pastikan meletakkannya di akhir kalimat.

Bila Anda meletakkannya di awal kalimat, nantinya perhatian dari audience akan terpotong, kemudian focus mereka bisa langsung teralihkan pada hastag dan profil akun. 

  • Sertakan CTA

Cara membuat caption Instagram yang tepat lainnya adalah menyertakan CTA. CTA merupakan instruksi dalam bentuk kalimat.

Adapun CTA dibuat agar nantinya audience memberi suatu tanggapan serta mengambil tindakan pada postingan yang Anda miliki. CTA yang ada di dalam caption bisa berupa kalimat ajakan maupun pertanyaan. 

Contohnya, CTA di akhir kalimat. Di sini, Anda dapat melempar pertanyaan relevan sesuai dengan topic yang berada di foto. Hal ini dapat memicu audience menjawab pertanyaan dengan cara meninggalkan komentar. 

Anda juga dapat menggiring audience untuk mengambil tindakan dan respons. caranya, Anda dapat membentuk kalimat ajakan serta perintah ke audience untuk me-mentions teman yang mereka miliki di kolom komentar. 

  • Gunakan Tagar

Agar dapat membantu postingan yang Anda miliki menjangkau banyak orang, menambahkan hastag atau tagar di caption menjadi salah satu strategi yang tepat. Tagar menjadi penerapan metode SEO di Instagram

SEO Instagram

Tagar bisa mengaitkan serta mengumpulkan konten yang mirip. Dengan menggunakan tagar, hal ini akan memastikan postingan dapat berpotensi muncul di explore. Sehingga, orang yang sebelumnya tidak mengetahui perusahaan Anda, akan menjadi tahu. 

Namun, hindari menggunakan tagar dengan asal, atau hanya menggunakan tagar yang sedang trending. Gunakan tagar yang relevan dengan bisnis. 

  • Jangan Sampai Ada Typo

Sebisa mungkin hindari typo. Percuma jika sudah mengikuti berbagai tips di atas, tetapi ketika penulisan caption terdapat typo. Walaupun typo ini bisa diedit, tetapi akan tetap ada satu atau orang yang melihat typo tersebut. 

Sehingga, sebelum memposting, pastikan membaca ulang dengan teliti sehingga dapat meminimalisir kekeliruan dan langsung memperbaikinya.

Meskipun hanya menyangkut satu huruf, tetapi bila berkaitan dengan informasi penting atau nama, tentu akan menyebabkan salah persepsi.

Fungsi Caption dalam Pemasaran di Instagram 

Dengan kemajuan teknologi yang kian meningkat, fungsi dari media sosial pun kian beragam. Tidak hanya digunakan sebagai media untuk bertukar momen, pesan, dan hal-hal lainnya.

Namun, Instagram juga memiliki fungsi bisnis yang peluangnya cukup menjanjikan. 

Itu sebabnya, penting bagi pebisnis online untuk memahami bagaimana membuat sebuah caption yang mampu menaikkan omset penjualan. Dalam dunia marketing, caption di Instagram memiliki tiga peranan penting, yaitu

1. Mengartikan Sebuah Gambar atau Video

Dalam melakukan promosi di media sosial biasanya berupa gambar atau video singkat. Namun, terkadang kedua hal tersebut kurang memberikan gambaran tentang apa makna yang terkandung di dalamnya. 

Dengan cara membuat caption Instagram aesthetic yang disematkan pada gambar atau video durasi pendek tersebut. Maka, audiens akan lebih mudah memahami maknanya dan bisa mendapatkan gambaran dari postingan Anda tersebut. 

Selain itu, sebuah caption juga bisa digunakan untuk menjelaskan secara singkat tentang bagaimana cara melakukan pemesanan produk yang ditawarkan.

Intinya, membuat sebuah caption di Instagram sudah merupakan hal utama yang harus dipelajari bagi para pebisnis online. 

2. Memberi Pesan

Dengan rangkaian kata-kata yang tepat di setiap postingan Ig, Anda juga bisa memberikan pesan kepada para pembaca dalam berbagai bentuk. Misalnya saja meminta audiens untuk tidak lupa klik like pada postingan tersebut. 

Bisa juga untuk mengingatkan para follower agar menggunakan voucher diskon yang mendekati expired, ikut melakukan pemesanan dengan sistem PO, atau ikut serta meramaikan flash sale.

Intinya, dengan adanya caption tersebut pesan Anda akan tersampaikan kepada seluruh pembaca Instagram.

3. Interaksi dengan Audiens

Dengan sebuah caption, secara tidak langsung Anda bisa berinteraksi dengan para audiens. Seperti, berbagi cerita atau membuat cerita humor receh. Nantinya, di dalam caption tersebut diselipkan promosi tentang produk yang Anda jual. 

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan, menawarkan peluang, atau meminta saran kepada para audiens.

Kesimpulan

Meskipun sudah belajar cara membuat caption Instagram di atas, tetapi langsung membuat caption yang bagus tentu bukan hal yang mudah. Bila Anda masih kesulitan untuk membuat caption, IndonesianWriter dapat diandalkan. 

IndonesianWriter menyediakan jasa konten media sosial profesional, salah satunya seperti caption Instagram. Dengan caption menarik yang dibuat, performa akun dan engagement akan semakin meningkat.

Bersama dengan IndonesianWriter, ubah follower Anda menjadi customer. Hubungi customer service kami sekarang juga!jasa konten sosial media

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian