Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Apa itu Website Marketing? Terapkan Strategi agar Promosi Berhasil

Apa itu Website Marketing? Terapkan Strategi agar Promosi Berhasil

website marketing

Daftar Isi

Website Marketing: Fungsi, Manfaat, Strategi, Contoh dan Optimasinya

Saat ini website marketing sangat dibutuhkan untuk setiap bisnis. Mengandalkan pemasaran melalui situs web terbukti bisa meningkatkan angka penjualan dan mengubah pengunjung situs menjadi pembeli.

Mengapa demikian? Karena melalui website marketing, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Promosi melalui situs web bisa dilihat dan ditemukan oleh target audiens yang menggunakan internet.

Nah, apa saja seluk-beluk pemasaran melalui situs web yang perlu Anda ketahui? Yuk, simak penjelasan mengenai pengertian, fungsi, manfaat, strategi, dan contohnya berikut ini!

Apa itu Website Marketing?

Website marketing adalah promosi strategis untuk mendatangkan banyak pengunjung ke situs web. Lebih banyak pengunjung berarti bisnis Anda memiliki lebih banyak peluang juga untuk menawarkan produk atau layanan. Strategi pemasaran ini bertujuan untuk menarik pelanggan potensial agar membeli produk atau layanan yang sedang dipromosikan.

website marketing

Pemasaran melalui situs web dinilai sangat efektif untuk bisnis, apalagi yang secara penuh merupakan toko online. Hanya dengan satu platform situs web saja, Anda bisa mengandalkan dan membuat berbagai strategi pemasaran.

Contohnya, bisnis Anda bisa menerapkan strategi SEO pada konten dan halaman situs web supaya bisa muncul di halaman pertama Google. Jika Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung (traffic) situs web secara instan, Anda bisa memakai PPC (Pay Per Click) untuk mengiklankan situs web atau produk.

Apa Fungsi Website Marketing?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dibuatnya website marketing berfungsi untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Karena saat ini hampir setiap orang mempunyai akses ke internet. Maka penggunaan website ini dapat menjadi solusi untuk menjangkau lebih banyak orang.

Jika strategi website marketing yang diterapkan berhasil, secara otomatis ini akan membuka peluang bagi bisnis untuk mendapat pelanggan baru atau setidaknya membuat produk atau layanan bisnis lebih dikenal masyarakat luas. Di saat mereka tahu mengenai bisnis Anda, lalu mengunjungi situs web bisnis, hal ini bisa meningkat traffic situs web.

Walaupun mereka belum melakukan pembelian saat itu juga, besar kemungkinan mereka akan kembali lagi pada produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan ketika promosi. Nah, untuk meraih hasil yang optimal, pastikan strategi pemasaran Anda sudah diuji dan siap diluncurkan.

Manfaat Website Marketing

Setelah Anda mengerti pengertian dan tujuan apa yang bisa dicapai melalui strategi pemasaran ini, sekarang saatnya untuk lebih memahami manfaat apa saja yang didapat dari website marketing. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Menekan Dana Pengeluaran

Pemasaran melalui media tradisional atau konvensional membutuhkan biaya berlipat lebih besar dibanding menggunakan pemasaran melalui situs web. Misalnya, pemasangan iklan pada papan reklame atau televisi tiga kali lipat lebih mahal dibanding iklan pada situs web atau media sosial.

Jika bisnis Anda berfokus pada pelanggan lokal, melakukan pemasaran tradisional mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Tetapi, marketing website juga memiliki penerapan strategi SEO pada konten untuk menjangkau target audiens lokal. Hal ini tentu lebih murah dan dapat diterapkan untuk jangka panjang.

  • Lebih Mudah Ditemukan Calon Pelanggan

Pemasaran melalui situs web bisa memudahkan calon pelanggan untuk menemukan produk atau layanan yang saat itu mereka butuhkan. Mengapa demikian? Di saat seseorang ingin membeli sesuatu secara online, dia akan mencari informasi relevan terlebih dahulu di internet.

Kata-kata yang diketik mesin pencari Google akan memunculkan beragam pilihan produk atau layanan yang sedang dibutuhkan. Nah, jika bisnis Anda fokus pada optimasi konten dengan strategi SEO, bisa dipastikan bahwa pelanggan bisa dengan mudah menemukan bisnis Anda.

website marketing

  • Memahami Perilaku Pengunjung Website

Website pemasaran memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data mengenai pengunjung dan mempelajari perilaku mereka. Pengunjung memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Mereka pun akan menggunakan situs web tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini membuat Anda bisa mengumpulkan informasi dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan pengunjung situs web, topik atau produk apa yang dicari, halaman atau artikel mana yang membuat mereka berinteraksi, berapa lama mereka mengeksplorasi situs web Anda, dan sejenisnya.

Nah, pemahaman lebih lanjut tentang pengunjung situs web bisa membantu Anda untuk menerapkan strategi website marketing yang lebih efektif. Misalnya, Anda bisa lebih memfokuskan segmentasi target audiens berdasarkan hasil data demografi pengunjung atau membuat produk yang sangat dicari dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Membangun Relasi Erat dengan Calon Pelanggan

Jika dilakukan dengan benar, website marketing dapat menjadi jembatan untuk membangun relasi yang erat dengan calon pelanggan. Strategi ini tentunya membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang.

Salah satu persiapannya adalah membuat situs web yang profesional dan konten yang mudah dipahami oleh calon pelanggan. Di saat pengunjung situs web mencari sesuatu, mereka lebih memilih bisnis yang memiliki situs web resmi. Mengapa demikian? Karena mereka bisa melihat keseriusan Anda dalam membangun bisnis online.

Dari membeli domain dan hosting, merancang desain apik dan profesional, sistem navigasi yang mudah dipahami, hingga konten yang menarik dan relevan, pengunjung situs web akan lebih mempercayai suatu bisnis yang memiliki hal-hal ini.

Lebih baik lagi jika situs web Anda memiliki halaman portofolio atau testimoni pelanggan lama. Pengunjung bisa langsung melihat hasil kerja terbaik bisnis Anda dan menilai apakah produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas dan kegunaan yang mereka butuhkan. 

  • Aktivitas dan Proses Pemasaran Menjadi Lebih Mudah

Melalui sites marketing, Anda bisa meluncurkan kampanye pemasaran kapanpun dan dimanapun. Tidak ada batasan mengenai jenis konten, karakter maksimal, atau format. Situs web pun memperlancar setiap aktivitas pemasaran karena Anda bisa mengunggah konten promosi dalam bentuk apapun, baik itu video, tulisan, audio, dan e-book

Hal ini berdampak baik juga pada pengunjung karena mereka memiliki akses seharian penuh untuk melihat promosi yang sedang berlangsung atau membaca konten situs web yang Anda tonjolkan. Dua hal inilah yang membuat marketing digital website menjadi pilihan banyak bisnis dalam meluncurkan promosi produk atau layanan mereka. 

Strategi Apa yang Bisa Digunakan dalam Website Marketing?

Ada beragam strategi yang bisa dilakukan dalam website marketing. Masing-masing strategi memiliki spesifikasi dan tujuan yang berbeda. Jadi, Anda perlu memahami pengertian dan dampak yang dapat diwujudkan oleh setiap strategi.

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah praktik yang digunakan untuk mengoptimasi suatu situs web agar direkomendasikan oleh mesin pencari dan ditempatkan pada halaman pertama. Penerapan strategi SEO bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan. Begitu pula sebaliknya, konten SEO bisa lebih mudah ditemukan oleh audiens.

website marketing

Jika Anda menerapkan strategi SEO yang tepat, hal ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic situs web secara organik. Artinya, Anda tidak perlu membuat dan membayar pemasangan iklan karena konten akan ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan SEO, yaitu:

  1. Technical SEO – Memaksimalkan performa situs web, kecepatan loading, navigasi, sitemap situs web, dan lainnya agar tidak menghambat mesin pencari dalam mengindeks situs web bisnis Anda.
  2. On-Page SEO – Memaksimalkan konten situs web agar mudah dibaca oleh crawler mesin pencari mulai dari memperhatikan judul, gambar, densitas dan penyebaran kata kunci, struktur konten, dan sebagainya.
  3. Off-Page SEO – Memaksimalkan SEO di luar situs web Anda seperti membangun link building dan mempromosikan konten ke berbagai media sosial.
  4. Local SEO – Memaksimalkan konten dan situs web Anda agar lebih mudah dicari oleh pelanggan lokal yang bisa mendatangkan banyak pelanggan ke toko offline.
  • SEM (Search Engine Marketing)

Jikalau SEO membutuhkan waktu yang cukup lama agar mendapat peringkat atas di mesin pencari, SEM secara instan bisa memunculkan situs web Anda di halaman pertama mesin pencari. Biasanya, akan ada tulisan iklan di dekat URL situs web.

Strategi website marketing ini cocok dilakukan jika Anda sedang memberikan promo diskon besar-besaran dalam kurung waktu tertentu. Tetapi, SEM membutuhkan biaya jadi Anda perlu mengaktifkan strategi ini di periode tertentu saja. Namun, SEM memiliki satu kelemahan. Pengguna internet lebih akan mempercayai hasil organik mesin pencarian yaitu konten yang menerapkan SEO daripada SEM.

website marketing

  • Email Marketing

Email marketing merupakan cara terumum yang digunakan bisnis untuk melakukan kampanye pemasaran situs web. Biasanya, mereka akan mengirim email mengenai diskon, promosi, keluaran produk baru, atau konten informatif dalam rentang waktu tertentu (1-4 kali per bulan) kepada pengunjung yang berlangganan informasi.

Email marketing dinilai bisa membangun relasi kepada calon pelanggan baru dan mempererat relasi kepada pelanggan lama karena pesan yang dikirim dikostumisasi menjadi lebih personal. Hal ini membuat adanya peningkatan terhadap brand awareness dan mempertahankan loyalitas pelanggan.

website marketing

  • PPC (Pay-per-Click)

PPC merujuk pada model iklan digital di mana pengiklan dikenakan biaya setiap saat iklan mereka diklik oleh pengguna internet. Sederhananya, pengiklan akan membayar untuk setiap kunjungan yang mengarah pada situs web atau halaman tertentu.

Jenis iklan PPC yang paling sering dipakai biasanya memuat informasi mengenai promosi produk atau barang. Iklan ini akan muncul ketika pengguna internet mencari suatu barang tertentu untuk dibeli. Anda bisa menaruh berbagai macam konten pada iklan PPC, baik itu tulisan, gambar, video, atau campuran dari ketiganya.

marketing digital website

Contoh Website Marketing

Website marketing yang efektif bisa diperoleh dengan membuat berbagai jenis konten pendukung. Tentunya koten perlu dioptimalisasi berdasarkan pada SEO agar mudah dicari oleh pengguna internet. Adapun contoh dari konten yang bisa Anda buat, yaitu:

  • Konten Penjualan Hard Selling

Konten hard selling dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan dalam waktu singkat karena konten ini ditujukan untuk pengguna yang ingin membeli produk ketika ada diskon atau promosi saja. Contohnya headlinenya, “Diskon Hingga 60% sampai Besok! Dapatkan Produk Sekarang sebelum Kehabisan!”

  • Konten Penjualan Soft Selling

Konten soft selling mengaplikasikan ajakan pembelian secara harus dan tidak memaksa. Anda bisa memulai membuat konten ini dengan memaparkan masalah dan solusi dengan teknik storytelling. Contoh headlinenya, “Bau parfum cepat hilang ketika Anda beraktivitas seharian di luar? Hal ini pasti membuat Anda jadi nggak nyaman, apalagi kalau ada kencan sama seseorang yang disayang.”

  • Konten Tutorial

Jika bisnis Anda menawarkan produk atau layanan dengan ketentuan pemakaian tertentu, konten tutorial bisa dibuat agar memudahkan calon pelanggan memahami langkah pakai yang tepat. Contohnya, Anda bisa menaruh konten tulisan dan video mengenai cara memakai produk makeup, bagaimana membersihkannya, dan bagaimana cara memilih shade atau warna yang tepat untuk kulit.

  • Konten Tips

Konten tips merupakan salah satu konten yang paling dicari oleh pengguna internet. Sebelum mereka membeli barang, mereka akan melakukan pencarian terlebih dahulu mengenai tips memilih bahan yang berkualitas, tips merawat barang, tips mendeteksi barang yang cepat rusak, dan sebagainya. Nah, Anda bisa membuat tipe konten ini jika bisnis menjual barang seperti sandal, sepatu, tas, teknologi, dan lain-lain.

sites marketing

Optimasi Website Marketing Anda Sekarang dengan Jasa IndonesianWriter.com!

Setelah mengetahui betapa banyak keunggulan dari website marketing, sekarang saatnya bagi Anda untuk menerapkan strategi yang pas. Anda tidak perlu bingung menentukan bagaimana cara menulis konten yang sesuai, pembuatan desain situs web yang apik, dan copywriting-nya.

Karena IndonesianWriter.com menyediakan berbagai jasa penulisan konten, desain dan copywriting halaman situs web agar teroptimisasi dan direkomendasikan mesin pencari. Kunjungi halaman ini jika Anda tertarik untuk melihat portfolio kami. 

jasa website

Tunggu apa lagi? Gunakan jasa website marketing dari IndonesianWriter.com agar promosi produk bisnis Anda berhasil! Jangan lupa untuk membagikan konten ini jika ada kenalan Anda yang membutuhkan.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian