Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » 3 Pertanyaan Umum seputar Website E Commerce

3 Pertanyaan Umum seputar Website E Commerce

website e commerce

Daftar Isi

Website e commerce merupakan lapak berjualan online yang sangat bermanfaat bagi bisnis. Dengan menyediakan website satu ini, maka suatu bisnis dapat  menyajikan kredibilitas yang baik dan menjadi alternatif bagi pembeli dari mancanegara.

Apakah itu saja? Tentu saja tidak!  

E commerce website juga bisa menjadi back up bagi bisnis Anda. Lebih tepatnya, website ini dapat menjadi lapak cadangan jika sewaktu-waktu marketplace yang Anda jadikan lapak online saat ini mengalami kebangkrutan!

Tidak bermaksud untuk menakut-nakuti, namun memang faktanya ada banyak marketplace gulung tikar! Lebih lengkap mengenai fakta ini beserta apa itu situs e commerce, maka sebaiknya jangan lewatkan pertanyaan dan jawaban berikut!

Apa Itu Website E Commerce?

Untuk mengenal tentang apa itu situs web e commerce, Anda perlu memahami terlebih dahulu pengertian, fungsi, dan contoh-contohnya. Dengan begini, miskomunikasi dan salah pemahaman dapat tercegah saat mencoba mencerna pembahasan kali ini!

Pengertian Website E-Commerce

Pertama, mari memahami pengertiannya secara terpisah!

Jadi, website‘ merupakan sekumpulan halaman situs web yang tersedia dalam suatu domain atau subdomain dalam jaringan WWW (World Wide Web) di internet. 

Sedangkan,electronic commerce atau ‘e commerce merupakan seluruh aktivitas perdagangan atau transaksi yang diterapkan melalui sarana internet. Dapat dikatakan bahwa kegiatan jual beli melalui e commerce terjadi lewat teknologi digital.

Tidak sedikit khalayak awam yang salah paham tentang e commerce. Mereka menyangka bahwa e commerce adalah marketplace. Faktanya kedua hal tersebut berbeda!

Memang apa yang membuat keduanya tidak sama?

website e commerce

Lebih jelasnya, marketplace hanya berperan menjadi platform perantara atau pihak ketiga yang menghubungkan bisnis dengan konsumen atau pelanggan. Marketplace bekerja layaknya pasar dalam dunia maya yang mempertemukan para penjual serta pembeli.

Demikian, setelah membahas tentang pengertiannya secara terpisah, maka dapat disimpulkan bahwa website e commerce adalah media perdagangan melalui World Wide Web. Sifatnya lebih indie ketimbang e commerce

Fungsi website E-Commerce

Situs e commerce menawarkan sejumlah fungsi utama bagi pegiat bisnis atau UMKM. Adapun di antaranya yakni sebagai tempat jual beli, menerima pembayaran, memproses pesanan, melakukan kelola pengiriman hingga logistik, dan menyediakan customer care.

Contoh Website E-Commerce

Ada beberapa contoh situs web e commerce dari UMKM yang sukses dan produknya terkenal!

Apa saja itu? Untuk mengetahuinya Anda dapat menilik pemaparan singkat berikut ini!

  • Liunic on Things (LoT)

Beralamatkan liuniconthings.com, ini merupakan merek seni independen merangkap studio desain yang memproduksi wearable art products. Adapun contohnya mulai dari pakaian, topi, tas, hingga stiker-stiker imut.

website e commerce

Liunic on Things didirikan oleh Martcellia Liunic beserta timnya di Jakarta. Web e commerce label ini sangat khas dalam menggambarkan profilnya. Pelanggan dapat menemukan berbagai produk dengan price tag $USD.

  • WOODKA

Sama seperti Liunic on Things, WOODKA merupakan brand lokal yang kini tengah go international. Beralamatkan woodka.fun, Anda dapat menemui berbagai jam tangan kayu yang quirky dan kekinian!

website e commerce

Produk jam tangan kayu WOODKA merupakan inovasi dari mahasiswa ITB yang dipelopori oleh Savhira Mayola pada tahun 2013. Selain jam tangan, kini WOODKA juga menjajakan knick knacks dalam website-nya.

  • Aye & Co

Contoh  web e commerce UMKM selanjutnya adalah dari Aye & Co. Beralamatkan di ayeandco.shop, ini pun merupakan bisnis yang sukses dan go international. Adapun produk-produk yang dijual adalah denim dan apparel.

website e commerce

Berasal dari Jakarta, Aye & Co memproduksi pakaian secara handmade. Material produknya mengandalkan bahan impor dan lokal eksklusif. Jika mengunjungi website-nya, Anda bisa memahami branding yang cukup santai dan maskulin.

Apa Saja Manfaat yang Ditawarkan Website E-Commerce bagi UMKM?

Adanya situs web e commerce sungguh sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis, khususnya UMKM. Memang apa saja manfaat-manfaat tersebut? Anda dapat mengetahuinya melalui poin-poin dan penjelasan di bawah ini:

  • Membantu Pengelolaan Bisnis Online

Bersama website ini, maka Anda dapat lebih mudah dalam mengelola UMKM secara daring. Tidak hanya bebas dari gangguan para kompetitor, bisnis Anda pun dapat melakukan penyesuaian fitur sesuai kebutuhan.

  • Menjangkau Lebih Banyak Audiens dan Pelanggan

Melalui website e commerce, Anda sebagai pegiat UMKM bisa menjangkau semakin banyak audiens dan pelanggan. Jadi, Anda dapat menjajakan produk-produk bisnis pada mereka yang berada di dalam maupun luar negeri.

  • Mengakses Kapan dan di Mana Saja

Dengan situs web e commerce, bisnis Anda bisa mengakses pesanan dan pembayaran tanpa terbatas waktu dan tempat. Sebaliknya juga terjadi pada pelanggan. Mereka dapat mengakses situs tersebut dengan bebas!

  • Menghemat Biaya

Dibanding toko fisik, UMKM dengan situs web e commerce dapat lebih terjangkau. Khususnya dalam segi operasional. Sebab, Anda tidak perlu untuk menyewa atau membeli bangunan untuk menjual dan mendistribusi produk.

  • Membebaskan Waktu Operasional 

Jika Anda menjalankan UMKM dengan membuka toko fisik, maka jam operasional wajib ditentukan dan tentunya diikuti dengan batasan durasi.

Namun dengan website e commerce, bisnis Anda bisa siaga kapan saja sebab tidak memerlukan karyawan.

  • Mengukur Penjualan dengan Mudah

Manfaat situs web e commerce selanjutnya yaitu mampu membantu Anda dalam pengukuran penjualan produk secara akurat dan tentunya lebih mudah! Sebab, situs web ini dilengkapi oleh fitur analitik.

  • Meningkatkan Kenyamanan Audiens dan Pelanggan

Manfaat situs web e commerce berikutnya yakni memberikan kenyamanan yang lebih, daripada toko fisik. Hal ini dikarenakan bahwa berbelanja daring dapat menghemat waktu tanpa repot datang ke outlet. Selain itu, mereka dapat melakukan check out dengan cepat.

  • Memahami Audiens dan Pelanggan Lebih Baik

Sejalan dengan fitur analitik, website e commerce menawarkan pemahaman pelanggan yang lebih baik. Sebab, situs web mampu melakukan pengumpulan data secara real time lewat pelacakan keterlibatan pelanggan pada bisnis online Anda.

  • Mengizinkan Beragam Metode Pembayaran

Adanya situs web e commerce mengizinkan Anda untuk menyediakan beragam metode pembayaran! Adapun contoh-contoh umumnya yakni m-banking virtual account, kredit, debit, e-wallet, hingga pembayaran lewat minimarket.

  • Memperbaiki Komunikasi dengan Audiens dan Pelanggan

Penggunaan situs commerce untuk bisnis online UMKM mengizinkan Anda untuk menjangkau pelanggan melalui komunikasi yang lebih baik. Hal ini disebabkan adanya fitur customer care yang mudah untuk diakses.

Bukan hanya itu saja. Di zaman digital saat ini, memiliki website adalah kunci sukses bagi UMKM. Jadi, jika ingin tahu betapa pentingnya website untuk mengembangkan bisnis Anda, jangan ragu untuk baca artikel berikut ini! “Pentingnya Website UMKM dan Tips Membuatnya”.

Apa Tujuan dari Eksistensi Website E-Commerce?

Jika fungsi dari situs website ini yakni sebagai lapak berjualan yang efisien, maka sedikit berbeda dengan tujuannya.

Jadi secara garis besar, situs web ini bertujuan agar para pegiat UMKM dapat lepas ketergantungan dengan marketplace.

Hal ini dikarenakan marketplace yang tersedia di Indonesia saat ini berbentuk perusahaan startup dan persaingannya semakin ketat, maka tidak heran jika terdapat sikut-menyikut satu sama lain.

Tentunya, ini bermuara pada ‘pemenang’ sejati dan ‘kebangkrutan’ pihak yang kalah.

Merujuk pada tahun 2023, ada banyak sekali marketplace yang telah tumbang. Adapun para marketplace tersebut adalah Blanja.com, Elevenia, Qlapa, Rakuten, Cipika,  Multiply, MatahariMall.com. Tokobagus, hingga JD.ID.

Sejauh ini, ada dua marketplace yang bersaing sengit, yaitu Tokopedia dan Shopee. Kedua startup ini tengah memperebutkan tahta pertama! Lambat laun, tentu saja ada satu pemenang yang merajai pasar online!

Jika ada satu marketplace yang menang, tentu saja terdapat potensi monopoli. Anda dapat memahami satu contoh yakni Amazon.

website e commerce

Karena telah mendominasi hampir segala sektor, marketplace ini bisa menyulitkan bisnis-bisnis untuk berkompetisi.

Selain itu, apabila tahta tunggal telah jelas ‘siapa’, maka lapak UMKM Anda yang tersedia dalam marketplace sebaiknya bersiap mengucapkan selamat tinggal pada diskon dan tawaran-tawaran lainnya. 

Lebih parah lagi, bersiaplah jika sewaktu-waktu marketplace kesayangan Anda gulung tikar dan tutup! Jika sudah begini, Anda sendiri bukan yang repot dan kewalahan?

Mengetahui hal ini, maka lebih baik sediakan lapak back up berupa situs web e commerce!

Ingin Menciptakan Website E Commerce untuk UMKM? IndonesianWriter Jasa Buat Web Terandal!

Sekarang, Anda tidak perlu repot-repot untuk menciptakan situs web e commerce. Cukup andalkan saja IndonesianWriter!

Melalui layanan pembuatan website yang ditawarkan, bisnis Anda bisa mendapatkan e commerce independen tanpa bergantung pada marketplace!

Bersama IndonesianWriter, maka UMKM Anda dapat menyusun situs web e commerce yang efektif!

Sebab, kami berkomitmen untuk memberikan website yang sesuai dengan kemauan dan citra bisnis Anda!

Saat ini, IndonesianWriter menyediakan beragam paket pembuatan website e commerce yang cukup terjangkau dan tidak membuat bisnis Anda boncos!

Adapun detail layanan yang ditawarkan mulai dari domain, hosting, setup produk, hingga invoice otomatis!

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan beserta jawaban-jawaban seputar situs web e commerce. Melalui informasi yang telah disampaikan, Ada dapat memahami bahwa situs ini menawarkan banyak manfaat dan tujuan yang revolusioner.

Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan website e commerce untuk UMKM, maka cukup pelajari lebih lanjut melalui halaman jasa pembuatan web dan lihat portofolio melalui tautan berikut! Atau, hubungi customer care di sini untuk mengulik informasi secara detail dan personal!

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page