Junda Yanti

Junda Yanti

Junda adalah seorang penulis dan copywriter berpengalaman 5 tahun. Ia memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan, SEO, dan berbagai bidang lainnya. Junda percaya bahwa dengan berbagi pengetahuan, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Copywriting » Mengenal Copywriting AI dan Kelebihan Kelemahannya, Sudah Tahu?

Mengenal Copywriting AI dan Kelebihan Kelemahannya, Sudah Tahu?

Copywriting AI

Daftar Isi

Pernah mendengar tentang alat copywriting AI? Bagi para digital marketer, copywriting adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran yang penting untuk memasarkan produk atau layanan bisnis.

Karena itu, penting untuk setiap pemasar mengikuti berbagai tren terbaru di bidang strategi copywriting, termasuk penggunaan tools AI. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, pelajari dulu cara kerja hingga kelebihan dan kekurangannya!

Apa Itu Copywriting AI?

Sesuai namanya, AI copywriting merujuk pada penggunaan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan konten tulisan secara otomatis.

Dengan bantuan teknologi machine learning dan natural language processing (NLP), alat-alat digital ini mampu menghasilkan berbagai jenis konten, mulai dari iklan hingga tulisan blog, dengan cepat dan efisien.

Adapun proses kerjanya dimulai dengan menganalisis konten yang sudah ada di web atau input serupa, kemudian mempelajarinya untuk menghasilkan tulisan baru berdasarkan temuan tersebut.

Karena  kemudahan yang ditawarkan, semakin banyak yang menerapkan berbagai tools ini untuk bisnis mereka. Bahkan, sekitar 52% leader di bidang bisnis saat ini sudah menggunakan AI content generation tools untuk keperluan marketing konten mereka.

Bagaimana Copywriting AI Dapat Bekerja Membantu Bisnis?

Lalu, bagaimana cara kerja tools AI dalam membuat copywriting untuk bisnis?

Dalam praktiknya, Anda hanya perlu memilih topik yang ingin ditulis, memberikan panduan kepada alat copywriting tersebut mengenai tujuan konten atau gaya bahasa yang diinginkan, lalu menunggu tools tersebut menghasilkan tulisan untuk Anda sesuai prompt.

Mengenal Copywriting AI

Kurang lebih, cara kerjanya ini mirip dengan sistem kerja di mana Anda perlu memberikan brief kepada penulis untuk membuat suatu konten. Semakin banyak informasi yang diberikan, maka akan semakin baik hasil copy yang dihasilkan.

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berbagai alat copywriting AI ini nantinya akan bekerja dengan menggabungkan teknologi pemrosesan bahasa alami (NLP) dan machine learning.

Menariknya, menurut Semrush,  algoritma ini mampu mengeksplorasi jutaan halaman web hanya dalam hitungan detik lalu menyortir informasi terkait untuk menghasilkan konten baru yang benar-benar original.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun tools AI dapat menghemat waktu Anda dengan mengerjakan berbagai tugas penulisan, hasilnya tetap wajib diperiksa ulang secara manual. 

Karena alat ini merujuk pada konten yang sudah ada di web, maka tidak ada jaminan bahwa hasil copy yang dihasilkan akan 100% akurat.

Oleh karena itu, tetap diperlukan peran manusia untuk mengevaluasi hasilnya, memastikan akurasi, dan memastikan tulisannya sesuai dengan brand voice yang diinginkan.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Copywriting Bagi Bisnis

Kelebihan dan Kelemahan Copywriting AI

Sebagaimana teknologi lainnya, berbagai copywriting tools berbasis kecerdasan buatan juga memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri.

Dari segi keunggulan, berikut ini adalah beberapa poin yang bisa memberikan keuntungan signifikan bagi penggunanya:

  • Efisiensi Tinggi

Salah satu kelebihan utama tools AI adalah efisiensinya yang luar biasa. Dalam hitungan detik, algoritma cerdas ini mampu menghasilkan teks sesuai prompt. Ini sangat berguna dalam menyusun konten dalam jumlah banyak sekaligus.

Itu sebabnya, semakin banyak bisnis besar beralih ke AI. Bahkan, sekitar 19% bisnis yang menggunakan AI tools dilaporkan berhasil mencapai strategi konten yang sukses.

  • Konsistensi Gaya Penulisan

Dalam lingkup bisnis, menjaga konsistensi dalam tone sekaligus gaya penulisan sangat penting.

Alat copywriting AI dapat diminta untuk menulis dengan panduan gaya tertentu untuk memastikan bahwa pesan Anda terdengar konsisten di berbagai platform.

Jadi, ini bisa membantu memberikan citra merek yang lebih konsisten dan mudah dikenali

  • Pemahaman Data yang Mendalam

Selain menghasilkan kata-kata, berbagai copywriting tools berbasis AI juga dapat menganalisis data secara mendalam.

Menurut Semrush, alat ini mampu mengeksplorasi jutaan halaman web untuk mengidentifikasi tren, preferensi audiens, dan kata kunci yang efektif. Dengan pemahaman data yang mendalam ini, copy yang dihasilkan dapat lebih tepat sasaran.

  • Penerjemahan Bahasa Otomatis

Beberapa alat copywriting terkini juga sudah didukung oleh algoritma penerjemahan. Itu artinya, Anda bisa dengan mudah membuat konten yang dapat diakses oleh audiens global.

Lalu, apa saja kelemahan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menggunakan alat copywriting AI untuk bisnis? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Keterbatasan Kreativitas Manusia

Karena ditulis oleh mesin, maka tentu saja salah satu kekurangan utamanya adalah keterbatasan dalam menghasilkan konten yang kreatif dan unik seperti yang mampu dilakukan oleh human writer.

Meskipun algoritmanya dapat memahami aturan dan pola penulisan tertentu sesuai prompt yang diberikan, namun kecerdasannya cenderung lebih terbatas dalam memberikan sentuhan unik dan inovatif pada konten yang dibuat.

  • Kurangnya Konteks dan Empati

Tahukah Anda hal terbesar yang tidak dimiliki oleh AI? Ya, emosi. AI cenderung kurang memahami konteks dan nuansa emosi dibandingkan manusia.

Sehingga, ini dapat menjadi hambatan ketika Anda perlu menciptakan konten yang membutuhkan tingkat empati tinggi dan pemahaman mendalam terhadap perasaan audiens.

  • Resiko Kurangnya Relevansi

Anda juga perlu tahu bahwa algoritma copywriting AI terkadang dapat menghasilkan konten yang kurang relevan atau bahkan salah interpretasi.

Hal ini dapat membahayakan citra merek Anda jika konten yang dihasilkan tidak sesuai dengan nilai ataupun pesan yang ingin disampaikan.

  • Tidak Selalu Update dengan Perubahan Terkini

Teknologi AI umumnya tidak selalu dapat memahami perubahan terkini dalam tren di industri. Sebagai contoh, tools AI seperti ChatGPT memiliki pengetahuan yang terbatas hingga tahun 2021 saja.

  • Sangat Bergantung pada Data Input

Terakhir, alat copywriting AI sangat bergantung pada data input atau prompt yang diberikan. Jika data yang digunakan tidak representatif atau kurang akurat, maka hal ini dapat mempengaruhi kualitas konten yang dihasilkan 

Rekomendasi Tools AI Terbaik

Sudah paham apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Jika iya, berikut ini beberapa rekomendasi copywriting tools berbasis AI terbaik yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Semrush SEO Writing Assistant

tools copywriting AI

Semrush SEO Writing Assistant adalah alat penulisan all-in-one yang memberikan umpan balik real-time saat Anda menulis.

Alat ini sudah dilengkapi dengan fitur AI pada Smart Writer. Seperti Rephraser untuk memparafrase, Compose untuk menghasilkan teks baru menggunakan prompt, dan Ask AI untuk mendapatkan jawaban sebagai bagian dari konten Anda.

Jika tertarik untuk mencoba, berikut rincian biaya langganannya:

  1. Guru Subscriptions: Mulai dari $208.33 per bulan
  2. Business Subscriptions: Mulai dari $416.66 per bulan
  • ContentShake

Tools copywriting AI

Pilihan tools copywriting AI selanjutnya adalah ContentShake dari Semrush. Alat ini membantu memudahkan pembuatan posting blog yang ramah SEO dengan bantuan AI. Jadi, Anda dapat menghasilkan ide, garis besar, atau artikel lengkap dengan cepat.

Setelah mendaftar, cukup masukkan (atau pilih) tag terkait bisnis Anda, lalu alat ini akan menghasilkan daftar ide konten secara otomatis. Harga untuk plan berlangganannya adalah $60 per bulan.

  • AI Writing Assistant

copywriting tools

Masih dari Semrush, AI Writing Assistant menawarkan lebih dari 75 alat AI copywriting untuk membuat berbagai jenis konten dalam lebih dari 25 bahasa.

Cukup pilih alat yang diinginkan, ikuti petunjuk untuk membuat prompt, dan klik “Generate” untuk menghasilkan konten Anda menggunakan model OpenAI, sama seperti yang digunakan oleh ChatGPT.

Tersedia 2 tipe subscriptions, yaitu sebagai berikut:

  1. Gratis (versi demo dengan 1,500 kredit)
  2. Berlangganan: $25 per bulan untuk kredit tanpa batas
  • AI Social Content Generator

copwriting tools

AI Social Content Generator adalah tools copywriting AI dari Semrush yang dapat membantu Anda membuat postingan menarik untuk berbagai platform media sosial.

Menariknya, selain teks, alat ini juga dapat menghasilkan gambar dan video. Biaya untuk berlangganan dimulai dari $35 per bulan, dengan fitur pembuatan konten untuk dua brand dan 200 postingan AI per bulan. 

  • Jasper AI

AI copywriting tools

Berikutnya, ada Jasper AI yang dapat digunakan untuk membantu penulis mengatasi writers block dan membuat konten dengan cepat. 

Alat ini sudah mendukung lebih dari 25 bahasa, memiliki fitur deteksi plagiarisme, pengaturan tone atau gaya bahasa konten, dan fitur kolaborasi tim secara real-time. Tersedia paket berlangganan “Boss Mode” dengan harga mulai dari $49 per bulan.

  • Copy.ai

AI Copywriting tools

Copy.ai dapat membantu Anda dalam berbagai tugas penulisan, mulai dari generating ide topik hingga pembuatan postingan media sosial.

Salah satu fitur unggulan dari alat ini yaitu menawarkan lebih dari 90 alat copywriting AI gratis dengan batasan maksimal 2000 kata per bulan. Selain itu, tersedia juga versi Pro dengan akses tanpa batas jumlah kata, seharga $49 per bulan.

  • Copysmith

AI Copywriting Tools

Jika Anda adalah marketer di bidang enterprise dan e-commerce yang butuh alat untuk membuat, meluncurkan, dan mendistribusikan konten secara besar-besaran, Copysmith bisa menjadi opsi.

Di platform satu ini, terdapat berbagai template premade yang bisa diintegrasikan dengan berbagai platform, sehingga sangat ideal untuk kebutuhan bisnis skala besar.

Adapun pilihan biaya langganannya adalah sebagai berikut:

  1. Starter: $19 untuk 20,000 kata
  2. Professional: $59 untuk 80,000 kata
  3. Enterprise: Customized plan, tanpa batasan jumlah kata
  • Wordtune

AI Copywriting Tools

Terakhir ada Wordtune, alat copywriting AI sederhana yang cocok untuk para marketer dengan anggaran terbatas.

Fokus utamanya adalah memperbaiki konten yang sudah ada, dengan harga mulai dari $0 hingga $9.99 per bulan untuk penggunaan unlimited. Sedangkan untuk versi gratis, hanya tersedia maksimal 10 kali fitur rewrite saja per hari.

Cara Memilih Tools AI yang Baik

Sebelum memilih alat copywriting berbasis AI, ada beberapa pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Optimasi SEO

Pastikan alat yang Anda pilih dapat mengukur keterbacaan konten dan membantu memberikan saran kata kunci sekunder untuk optimasi SEO.

Pasalnya, SEO adalah faktor kritis untuk menjamin kesuksesan strategi marketing dengan konten online.

  • Tone of Voice (Gaya Bicara)

Anda tentu tidak ingin konten copywriting yang dihasilkan terdengar seperti robot dan tidak natural.

Karena itu, pastikan untuk memilih alat yang bisa menyesuaikan nada atau tone bicara sesuai dengan brand voice yang diinginkan.

Baca Juga: Langkah-Langkah untuk Membuat Copywriting Berkualitas

  • Kemudahan Penggunaan

Salah satu tujuan utama penggunaan alat copywriting AI adalah untuk menghemat waktu pengerjaan. Jadi, pilihlah tools yang ramah pengguna dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dioperasikan.

  • Bisa Deteksi Plagiarisme

Kriteria ini bersifat opsional, namun akan lebih baik lagi jika alat copywriting yang Anda gunakan sudah dilengkapi fitur deteksi plagiasi. Sehingga, Anda tidak perlu menggunakan alat plagiarism checker tambahan.

  • Kemampuan Integrasi

Terakhir, jangan lupa untuk memeriksa apakah tools tersebut dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga, contohnya seperti Google Docs, WordPress, Microsoft Word, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, AI copywriting dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda meningkatkan efisiensi pekerjaan, menghemat waktu penulisan, dan meningkatkan kualitas konten.

Namun, pastikan untuk memperhatikan berbagai faktor di atas sebelum menentukan alat copywriting yang akan digunakan.

Belum menemukan alat yang sesuai kriteria? Atau, biaya berlangganan alat copywriting AI terlalu mahal dan tidak worth it dengan kualitasnya?

Jika iya, Anda bisa menggunakan jasa copywriting profesional dari IndonesianWriter sebagai solusi!

FAQ

Masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab seputar alat copywriting berbasis AI? Simak FAQ berikut ini:

  • Bagaimana cara kerja copywriting AI?

AI copywriting bekerja dengan memanfaatkan kecerdasan buatan untuk menghasilkan teks dan konten secara otomatis. Prosesnya dimulai dengan memberikan algoritma AI data dan contoh teks manusia yang digunakan sebagai training.

Algoritma ini kemudian akan mempelajari pola bahasa, gaya penulisan, dan konteks penggunaan kata.

Ketika digunakan, tools tersebut kemudian akan menganalisis prompt atau petunjuk yang diberikan oleh pengguna untuk menghasilkan teks baru berdasarkan pemahaman dan hasil training sebelumnya.

  • Apakah copywriting AI dapat menggantikan copywriter manusia?

Tidak. Copywriting berbasis AI tidak sepenuhnya mampu menggantikan copywriter manusia.

Meskipun dapat menghasilkan teks dengan cepat dan efisien, kemampuan kecerdasan buatan masih terbatas dalam memahami nuansa kreativitas, emosi, dan konteks tertentu yang hanya dapat dipahami oleh manusia.

  • Bagaimana cara menggunakan copywriting AI dengan efektif?

Untuk menggunakan alat AI copywriting dengan efektif, pertama-tama Anda perlu memahami tujuan konten yang ingin dihasilkan. Kemudian, pilih tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Setelah itu, berikan prompt atau petunjuk yang jelas kepada algoritmanya. Selalu periksa hasil akhirnya dan lakukan proses revisi serta editing untuk penyempurnaan konten sesuai kebutuhan.

jasa copywriting

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page