Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Landing Page » MUDAH! 4 Cara Membuat Landing Page Gratis untuk Pemula

MUDAH! 4 Cara Membuat Landing Page Gratis untuk Pemula

membuat landing page gratis

Daftar Isi

Ingin Membuat Landing Page Gratis? Gampang! Ikuti Tips dan Langkahnya

Apakah saat ini Anda sedang bingung memilih antara membuat landing page atau website? Jangan bingung! Anda hanya perlu mengetahui perbedaan keduanya. Pahami juga cara untuk membuat landing page gratis yang mudah dilakukan untuk pemula berikut ini.

Anda juga akan belajar tentang contoh landing page yang benar dan menarik.

Sebelumnya apakah pernah mendengar perbedaan antara website dan landing page? Apakah mereka sama? Saat dilihat pertama kali secara sekilas, kedua hal ini memang terlihat mirip. Namun sebenarnya ada perbedaan mendasar diantara keduanya.

Bagi Anda yang ingin melakukan optimasi web bisnis, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara website dan landing page ini. Kira-kira mana yang paling Anda butuhkan?

Perbedaan Landing Page dan Website

membuat landing page gratis

Sebelum melangkah untuk mengenal lebih jauh tentang perbedaan serta fungsi landing page dan website, sebaiknya Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian dari keduanya.

  • Website

Jika membahas tentang website, ini merupakan segala isi keseluruhan, atau lebih tepatnya berbagai halaman yang berisi tentang informasi yang dapat diakses oleh pengguna internet.

  • Landing Page

Jika website adalah keseluruhan, maka landing page adalah sebuah halaman khusus yang memang dirancang khusus untuk keperluan pemasaran digital. Landing page adalah bagian dari website.

Kini kita akan fokus pada landing page. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, landing page memang dibuat secara khusus karena bertujuan untuk memuat segala informasi untuk keperluan promosi.

Cakupan keperluan promosi ini meliputi perkenalan produk, informasi tentang layanan, informasi detail produk, informasi tentang promo, dan masih banyak lagi. Dalam landing page, konten tidak hanya menjadi komponen utama yang penting.

Desain juga sangat berpengaruh agar bisa menarik minat audiens. Tentu saja landing page dan website sangat terlihat berbeda dalam hal ini karena website biasanya hanya cenderung fokus pada promosi dan branding produk.

Tujuan Landing Page

Sebelumnya telah disebutkan bahwa website hanya fokus pada promosi produk, sedangkan landing page memiliki tujuan yang lebih dalam.

Tujuan agar konsumen dapat dengan mudah mengakses segala informasi yang berkaitan dengan promosi serta memudahkan perusahaan untuk mengelompokkan data agar bisa mencari klien yang potensial.

Berikut ini adalah tujuan landing page yang perlu Anda tahu.

  • Lead Generation

Tujuan utama dari landing page sebenarnya adalah membuat konsumen mau untuk memasukkan data pribadi seperti nama, nomor telepon, email, dan juga data pendukung lainnya terutama terkait dengan produk yang diminati.

Biasanya pengunjung akan memasukkan data saat ada promo atau menghadiri sebuah acara. Data ini sangat penting, karena perusahaan dapat menggunakannya untuk akan bisa meningkatkan penjualan dan juga melakukan perkembangan bisnis.

  • Click Through

Pengunjung akan diarahkan untuk melakukan transaksi menggunakan landing page ini. Dengan informasi lengkap yang bisa diberikan kepada pengunjung, maka diharapkan akan ada transaksi penjualan di fitur Call to Action (CTA). 

Ingat, landing page bisa membantu pengunjung mendapatkan informasi mengenai promo yang diadakan terbatas, agenda acara tertentu, serta mendorong untuk melakukan subscribe newsletter.

Tips Membuat Landing Page

Tertarik untuk membuat landing page sendiri? Anda ternyata juga bisa membuat landing page gratis. Ketika Anda ingin membangun sebuah bisnis, landing page menjadi salah satu komponen utama karena audiens bisa memahami produk atau jasa apa yang ditawarkan dalam website.

Pengunjung juga bisa mendapatkan informasi yang lebih spesifik karena itulah tujuan dari pembuatan landing page. Perlu Anda ketahui jika landing page terdiri dari beberapa komponen penting.

Ini meliputi headline atau judul, informasi visual tentang produk atau layanan yang ditawarkan (bisa berbentuk foto atau video), deskripsi produk, testimoni dari konsumen, dan juga Call to Action (CTA) yang dihadirkan khusus agar konsumen dapat melakukan tindakan lanjutan. Semua aspek tadi sangat penting dan harus dimasukkan dalam landing page.

Saat ingin membuat landing page, tentu saja Anda harus paham cara yang benar. Ini sangat berguna untuk kelancaran bisnis Anda dan tentunya akan memberikan keuntungan. Simak tips untuk membuat landing page gratis berikut ini.

  • Memiliki Tujuan

Sebelum memulai eksekusi dalam pembuatan landing page, Anda harus menentukan dulu apa yang menjadi tujuan membuat landing page gratis ini serta apa yang ingin dicapai. Dengan membuat tujuan jelas, maka landing page bisa lebih spesifik dan tepat sasaran.

Ketika landing page sudah spesifik, maka konversi yang Anda dapatkan juga semakin besar. Membuat tujuan juga sangat penting agar kita tidak terlalu banyak memberikan informasi yang tidak relevan.

  • Membuat Rencana Rancangan

membuat landing page gratis

Setelah selesai menentukan tujuan, maka Anda perlu membuat rencana untuk rancangan landing page ini. Apa tujuan rancangan ini? Saat Anda membuat rancangan sebelum eksekusi, ini akan bermanfaat untuk bisa membuat landing page gratis Anda semakin maksimal.

Lalu bagaimana cara membuat rancangan landing page? Anda bisa menggunakan script yang berisi elemen penting yang bisa dikembangkan untuk konten.

Anda bisa membuat script ini dengan tulisan tangan atau diketik menggunakan Microsoft Office word.
Dengan membuat rancangan, konten landing page akan menjadi terstruktur dengan baik. Tentunya ini akan menghasilkan konten berkualitas tinggi.

  • Membuat Headline yang Eye Catching

Pembaca akan memutuskan ingin membaca informasi dalam landing page atau tidak dari judul atau headline yang ditulis. Oleh karena itu, Anda harus membuat judul menarik yang singkat, padat, serta jelas.

Dalam membuat landing page gratis, jangan lupa juga untuk membuat judul yang mengandung hook atau pancingan agar pembaca penasaran dan akhirnya memutuskan untuk membaca lebih lanjut di landing page.

Pembuatan headline yang menarik juga dapat membuat pengunjung mau melakukan aksi lebih, misal melakukan transaksi. Anda juga bisa membuat judul yang dapat diketahui langsung oleh pembaca. Mereka juga akan memahami apa yang ingin Anda sampaikan di landing page.

  • Kalimat Pembuka yang Memancing Rasa Ingin Tahu

Kalimat pertama tak kalah penting dengan judul. Ibarat sedang ingin makan, Anda tahu apa menu yang ingin Anda pilih. Namun setelah menu datang dan melihat tampilannya, saat itulah poin yang paling penting.

Masih menyambung ilustrasi sebelumnya, nama menu makanan adalah judul landing page Anda, sedangkan tampilan menu adalah ibarat kalimat pertama yang membuat Anda ingin mencoba atau tidak.

Bagaimana membuat kalimat pembuka yang bisa menarik perhatian? Ikuti tips sederhana berikut.

  1. Anda harus menjelaskan tentang produk atau jasa secara singkat.
  2. Jelaskan juga mengenai latar belakang mengapa Anda menawarkan produk atau jasa itu.
  3. Jelaskan kelebihan atau manfaat dari produk atau jasa.
  • Menuliskan Deskripsi Jelas Per Poin

Terkadang kita sering menemui poin yang tidak dijelaskan secara detail. Tentu saja ini akan membuat pembaca menjadi tidak nyaman. Memiliki deskripsi jelas dari masing-masing poin memang sangat penting karena audiens dapat lebih jelas mendapatkan informasi. Ingat, harus singkat, padat, dan jelas.

  • Membuat CTA Kuat

CTA atau Call to Action memang menjadi komponen penting dalam membuat landing page karena bisa mengarahkan audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Contoh landing page menarik adalah yang memiliki CTA.

Struktur Landing Page

membuat landing page gratis

Setelah banyak memahami tentang serba serbi landing page, kini saatnya untuk tahu apa struktur dari landing page agar nanti Anda bisa membuat landing page gratis dengan mudah.

  • USP

Ketika membuat landing page gratis, cari dulu Unique Selling Point (USP) yang ingin Anda tonjolkan dalam landing page. Ini bisa bermanfaat agar konsumen tahu apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Coba pikirkan headline yang menarik agar pembaca langsung berminat dan ingin meneruskan membaca.

  • Membuat Hero Image

Apakah penting untuk punya hero image dan apakah itu? Hero image adalah gambar pertama yang langsung dilihat oleh pembaca. Pilih gambar yang tentunya bisa merepresentasikan produk, sehingga pembaca bisa langsung mendapatkan gambaran.

  • Tuliskan Manfaat

Salah satu unsur penting yang perlu Anda tuliskan di landing page adalah soal manfaat yang diperoleh dari produk atau layanan. Dalam ulasan tentang manfaat ini, Anda juga bisa menuliskan tentang fitur-fitur unggulan yang ingin Anda tawarkan.

Perlu Anda tahu, bagian ini sangat penting karena menjadi kunci utama apakah konsumen akan tertarik dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Anda juga bisa menuliskan tentang dampak positif dari penggunaan produk atau jasa tersebut. Sebaiknya gunakan saja 1 kalimat untuk bagian ini.

  • Bukti Sosial

Ini sama dengan testimoni pelanggan. Konsumen yang baru akan membeli bisa semakin yakin jika ada review dari orang sebelumnya yang pernah membeli. Selain testimoni, Anda juga bisa menggunakan logo perusahaan yang bekerja sama, studi kasus, review score, ataupun video interview yang berisi pendapat pelanggan.

  • Tujuan Konversi

Ini saling terkait dengan CTA karena merupakan target dari CTA itu sendiri. Pada akhirnya, pengunjung situs akan diarahkan untuk melakukan tindakan lanjutan. Dalam bagian ini biasanya akan diberikan free trial agar konsumen tertarik. Dalam landing page, idealnya hanya ada 1 tujuan konversi agar konsumen tidak bingung.

Cara Membuat Landing Page Gratis Untuk Pemula

membuat landing page gratis

Nah inilah saatnya untuk membuat landing page gratis. Untuk Anda yang baru pertama kali mencoba, tidak perlu khawatir karena akan dijelaskan caranya dengan mudah bagi pemula.

  • Instal Website Builder

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat landing page adalah dengan menginstal plugin Elementor Website Builder. Anda bisa menemukan fitur ini di WordPress pada bagian Plugins kemudian pilih Add New. Lalu Anda cari website builder ini. Setelah menemukan, segera klik install dan activate.

  • Membuat Landing Page

Saat Anda sudah bisa mengaktifkan website builder, saatnya Anda bisa berkreasi membuat landing page. Anda bisa pilih menu pages dan pilih halaman yang Anda mau. Setelah itu, edit halaman menggunakan elementor.

  • Menambahkan Elemen

Anda juga bisa menambahkan berbagai elemen yang Anda mau menggunakan opsi Edit with Elementor.

  • Mengatur Posisi

Tentu saja Anda ingin mengatur posisi agar rapi bukan? Anda bisa pakai fitur drag and drop. Lalu klik preview dan publish. Landing page bisa langsung Anda gunakan!

Membuat landing page gratis sangat mudah bukan? Yuk coba buat sendiri agar Anda bisa mengembangkan produk atau jasa. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu dan kesulitan membuat landing page, serahkan saja pada jasa landing page berkualitas IndonesianWriter.

jasa copywriting

Dengan menggunakan jasa dari IndonesianWriter, landing page yang Anda inginkan akan dapat terwujud tentunya disertai dengan kualitas yang baik dan tidak akan mengecewakan.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page