Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Pentingnya Desain UI UX Website: Alasan dan Prosesnya!

Pentingnya Desain UI UX Website: Alasan dan Prosesnya!

desian UI UX

Daftar Isi

Desain UI UX: Mengapa Kedua Hal Ini Begitu Penting?

Desain UI UX – Perusahaan atau bisnis yang memiliki layanan aplikasi atau situs web selalu mengedepankan kemudahan pelanggan. Mereka ingin pelanggan atau pengguna bisa mengakses produk atau jasa dengan cara yang lebih praktis. Tentu hal ini harus disertai dengan desain apik dan kenyamanan pengguna.

Tampilan yang mempesona dan menarik dalam website atau aplikasi ini berkaitan dengan desain UI UX. Kedua hal ini menjadi komponen penting yang tak bisa dihiraukan.

Tapi sebenarnya mana yang lebih penting?

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai keduanya, simak penjelasan ini!

Apa itu Desain UI UX?

Sebelum mengenal pentingnya kedua hal ini, sebaiknya pahami definisi desain UI dan UX dahulu. UI atau User Interface adalah bagian yang berisi tampilan antarmuka yang didesain untuk mempercantik produk digital yang berupa website atau aplikasi. 

Sedangkan UX merupakan kependekan dari User Experience adalah proses perancangan situs web atau aplikasi untuk mempermudah interaksi pengguna. Desain UX ini dibuat berdasarkan pendekatan pengguna, agar bisa menyesuaikan kebutuhan dan keperluan mereka.

desain ui ux

Kedua hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan atau pengguna. Meskipun begitu, UI dan UX memiliki perbedaan signifikan. Perbedaan desain UI UX adalah:

  • Fokus Desain

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, desain UI berfokus pada tampilan visual dari produk yang Anda buat. Dalam hal ini bisa berupa situs web atau aplikasi.

Sebaliknya, UX dibuat dengan fokus memberikan pengalaman menyenangkan untuk para pengguna selama menggunakan produk buatan Anda.

  • Proses Perancangan

Dalam membuat UI dan UX, fokus yang digunakan berbeda. Maka dari itu proses yang dilakukan pun tidak akan sama. Karena fokus UX ada pada kepuasan pengguna, maka desain ini membutuhkan riset sesuai kebutuhan dan kesukaan pelanggan.

Banyak pihak dan tahapan yang perlu dilalui dalam merancang UX. Akan ada UX researcher, desainer dan pihak lain untuk merancang sketsa desain setelah riset dilakukan. 

Demikian juga UI yang berfokus pada keindahan dan mempercantik tampilan, tetap membutuhkan riset. Bedanya riset ini dilakukan untuk memperoleh tampilan yang sesuai dengan konsep dan menarik bagi pengguna.

Dalam desain ini, pihak yang terlibat harus membuat model desain. Caranya adalah desainer membuat mockup atau visualisasi konsep desain terlebih dahulu. 

  • Komponen yang Diperlukan

Dengan adanya perbedaan dalam proses pembuatan, maka komponen yang diperlukan dalam desain UI UX sangat berbeda pula. Untuk desain UI komponennya berupa gambar, video, warna, animasi, buttons, typography, visual interaksi serta hal lainnya. 

Komponen yang diperlukan desain UX diantaranya mencakup seluruh komponen website atau aplikasi. Contohnya seperti struktur, fitur, navigasi, branding, interface, hingga copywriting.

  • Tools Desain

Desainer UX dan UI memiliki tools yang berbeda karena fokusnya yang tidak serupa. UI memiliki keutamaan keindahan visual dan gambar menjadi hal penting. Maka, tools yang diperlukan adalah aplikasi yang membuat desain interface dengan jelas.

Desainer UX harus menggunakan tools berupa aplikasi prototyping yang mempermudah dalam menerima feedback dari para pengguna produk digital yang dibuat.

  • Skill Designer

Ada berbagai skill yang harus dimiliki oleh desainer UI UX. Beberapa skill penting untuk menjadi desainer UI adalah graphic design, design branding, creative thinking, serta convergent thinking. 

Dengan memiliki skills tersebut, para desainer UI akan mampu membuat tampilan website atau aplikasi lebih menarik dan memberikan pengguna rasa puas saat menggunakannya.

Sementara itu untuk desainer UX yang bertugas membuat program yang didasarkan pada pendekatan pengguna, skill yang dimiliki berupa research, analytical thinking, critical thinking, creative thinking serta problem solving.

Mengapa UI/UX Design Penting?

Setelah mengenal desain UI UX, Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa kedua komponen ini sangat penting dalam pembuatan aplikasi atau website. Berikut ini beberapa manfaat UI UX yang harus dipahami:

  • Memperoleh Produk Sesuai Minat Pengguna

Dengan pendekatan dan riset yang dilakukan saat merancang UI UX design, tentu hasil yang diperoleh akan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Apalagi pada dasarnya kedua hal ini dibuat agar produk bisa sesuai dengan apa yang dicari pelanggan. 

  • Mampu Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Desain UI serta UX yang maksimal akan mampu menyadarkan pengguna mengenai produk yang Anda buat. Mereka dengan senang hati memberikan ulasan yang positif, bahkan tak akan ragu menyarankan ke orang terdekat untuk menggunakan produk Anda. 

Dengan begitu, penggunaan aplikasi dan website Anda akan meningkat seiring bertambahnya brand awareness serta angka penjualan. 

  • Mendukung Kemudahan Penggunaan Produk 

Beragam skill penting desainer UI diutamakan agar mampu menciptakan produk yang tak hanya memiliki tampilan cantik serta rapi, tapi juga fungsinya yang mempermudah pengguna saat melakukan interaksi. 

desain UI UX

Ketika pengguna atau pelanggan merasa nyaman, mereka akan menyukai produk digital Anda. Bahkan keinginan untuk melupakan dan menghapus situs web atau aplikasi Anda tak akan muncul. Inilah yang menarik minat serta loyalitas pelanggan. 

  • Meningkatkan Penjualan dan Branding

Sebuah bukti dari Salesforce menyatakan bahwa 84% pelanggan menganggap UX sebagai hal yang penting dan setara dengan produk atau jasa bisnis tersebut. Inilah mengapa desain UI UX bisa dibilang sebagai representasi dari sebuah perusahaan atau bisnis. 

Saat pelanggan puas dengan tampilan dan fungsi website atau aplikasi yang Anda miliki, maka secara tidak langsung Anda memberikan dorongan untuk penjualan dan proses branding.

  • Memberikan Pengalaman Terbaik bagi Pengguna

Kombinasi antara tampilan yang mempesona dengan pengalaman yang nyaman, menjadi dasar utama pembuatan UI UX terbaik. Perpaduan ini menghasilkan produk digital yang sempurna di mata pelanggan karena mudah digunakan. 

Itulah beberapa manfaat dari desain UI UX bagi produk digital Anda. Faktanya, dalam sebuah study oleh Forrester Research UI yang baik juga mampu meningkatkan conversion rate sebuah situs web hingga mencapai 200%. Sedangkan tingkat konversi website dengan UX design yang tepat bisa meningkat hingga 400%.

Baca juga : Jasa kelola website profesional, siap bantu website bisnis Anda!

Komponen Utama dalam UI/UX Design

Saat merancang desain UI UX, ada komponen-komponen yang harus diperhatikan agar hasilnya maksimal. Diantaranya adalah:

  • Information Architecture

Komponen pertama ini sering disebut sebagai IA. Information Architecture merupakan sebuah ilmu tentang strategi untuk merancang aplikasi, website hingga software pada media sosial. 

IA memiliki peran untuk menyediakan navigasi yang memudahkan pengguna dengan berbagai jenis browser yang dipakai. Dalam IA, fokusnya ada pada pembuatan desain konseptual interaksi pelanggan saat menggunakan produk digital Anda.

  • Usability

Usability yang dikenal juga sebagai user-friendliness berpusat pada kemudahan pengguna. Komponen UI UX ini akan mendalami berbagai cara agar pengguna bisa dengan mudah menggunakan navigasi untuk mendapatkan kebutuhan mereka.

Jika pengguna menemukan kemudahan dalam penggunaannya, maka kesulitan dan kerumitan sudah teratasi. Sebab sisi usability juga mencari cara menangani masalah atau kesalahan dari proses ini.

  • Interaction Design

Komponen Interaction Design mengharuskan Anda membuat desain konseptual yang akan digunakan pengguna untuk berinteraksi dengan produk digital tersebut. Hal-hal tersebut mencakup estetika, font, ikon, warna, gambar, suara, gerakan, ruang, grafik, serta hal lainnya.

  • Visual Design

Sebagai komponen terpenting, Visual Design harus diselesaikan dengan baik karena dapat mempengaruhi perilaku pengguna. Anda harus mengidentifikasi tampilan visual produk apakah akan berdampak pada interaksi yang dilakukan oleh pengguna.

  • Wireframe

Untuk komponen yang satu ini Anda harus membuat sample dari produk digital dan menguji fiturnya. Perhatikan juga tampilan serta usability-nya sebelum diluncurkan secara publik. Wireframing menjadi cara mudah untuk mengevaluasi situs web atau aplikasi Anda.

desain UI UX

Proses Desain UI/UX

Ketika membuat website dengan desain UI/UX, Anda perlu mengetahui beberapa prosesnya, yaitu:

  • Research (User Research)

Tahapan pertama adalah menggali informasi data dari pengguna yang menjadi target user produk Anda. Data yang didapatkan nantinya akan berupa persona profile yang berisi informasi pengguna seperti nama, pekerjaan, kebiasaan dan minat. Anda juga bisa mencari contoh desain UI UX yang bisa dijadikan inspirasi.

  • Menyusun Information Architecture 

Proses ini berhubungan dengan kegiatan penyusunan bagian-bagian dalam situs web atau aplikasi.

  • Wireframing

Seperti yang telah disebutkan diatas, wireframing disini menjadi bisa menjadi penunjuk alur informasi untuk pengguna dalam menggunakan aplikasi atau website. Di tahap ini, Anda perlu membuat sketsa atau struktur yang menjadi pertimbagan saat mengembangkan fitur desain produk. 

  • Pengaturan UX Flow

Tujuan proses ini adalah memudahkan pengoperasian produk oleh pengguna dan pengembangan yang akan dilakukan developer

  • Pembuatan Prototype

Selanjutnya, Anda harus membuat prototype sesuai dengan wireframe dan UX flow yang telah dibuat sebelumnya menggunakan tools desain.

  • Visual Design

Beranjak ke tahap membuat desain sistem. Tahapan ini berupa menyusun typography, transisi antar halaman, graphic UI, warna, font serta bagian lain.

  • Production & Development

Tahapan terakhir adalah mengembangkan aplikasi atau website yang telah dirancang. Setelah itu, lakukan juga uji coba untuk mengetahui kualitas produk. Setelah semua selesai produk siap diluncurkan dan disempurnakan sesuai masukan dari pengguna.

Implementasi UI/UX Design dalam Layanan Desain

Dengan rumit dan detailnya tahapan dalam desain UI UX, waktu dan tenaga yang dibutuhkan akan cukup banyak. Apalagi jika Anda harus fokus pada bisnis atau perusahaan. Jika Anda menginginkan layanan yang siap membuat UI UX website dengan baik, IndonesianWriter siap menjadi yang terdepan! 

Sebagai jasa pembuatan website profesional, kami siap menjadi perantara Anda untuk menciptakan website dengan UI UX yang memikat pengguna. Percayakan pada kami website Anda dengan desain berkualitas.

Ingin website dengan UI UX design yang unggul? Hubungi kami melalui call center berikut!

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai pentingnya desain UI UX serta berbagai proses dan komponennya dalam pembuatan aplikasi atau situs web. Kedua hal ini selalu beriringan dan saling membutuhkan.

Meskipun berbeda keduanya akan selalu sejajar dalam menciptakan produk digital terbaik yang memudahkan pengguna dan memberikan pengalaman menyenangkan. 

Sudah siap memiliki website yang sesuai keinginan Anda?

IndonesianWriter siap mewujudkannya!

Dengan UI UX designer yang terbaik dan profesional, kami siap membantu Anda untuk mengatasi berbagai kendala.

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page