Junda Yanti

Junda Yanti

Junda adalah seorang penulis dan copywriter berpengalaman 5 tahun. Ia memiliki minat yang besar dalam dunia kepenulisan, SEO, dan berbagai bidang lainnya. Junda percaya bahwa dengan berbagi pengetahuan, kita dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Copywriting » 5 Tips Membuat Copywriting Instagram yang Ampuh

5 Tips Membuat Copywriting Instagram yang Ampuh

copywriting instagram

Daftar Isi

Copywriting Instagram – Di tengah perkembangan zaman yang semakin modern ini, Instagram muncul tak hanya sebagai media sosial biasa. Kini Instagram lebih banyak dimanfaatkan sebagai media digital marketing yang efektif dan efisien. Banyak pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media untuk promosi.

Teknik copywriting dalam Instagram pun semakin populer untuk digunakan agar bisa mendongkrak angka penjualan bisnis.

Mengenal Copywriting Instagram

copywriting instagram

Mari terlebih dahulu berkenalan dengan copywriting Instagram. Anda mungkin sudah sangat akrab dengan istilah copywriting bahkan sudah sering menggunakan teknik ini untuk promosi produk. Pada dasarnya ini merupakan teknik promosi yang sama hanya saja diberlakukan di media sosial Instagram.

Instagram saat ini memang tidak hanya digunakan sebagai media sosial biasa. Lebih dari itu, Instagram digunakan untuk kepentingan lain yang jauh lebih besar yaitu untuk mempromosikan sebuah produk. Jangkauan Instagram yang begitu luas membuat media sosial ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan angka penjualan. 

Dimana copywriting diletakkan di media Instagram?

Seperti kita tahu bahwa platform ini digunakan untuk mengunggah berbagai jenis konten dalam bentuk gambar dan video. Nantinya copywriting produk akan diletakkan di bagian gambar dan caption Instagram. Cara ini dinilai sangat efektif untuk meningkatkan konversi dan menjangkau target konsumen lebih luas lagi. 

Fungsi Copywriting dalam Instagram

Penggunaan teknik copywriting Instagram sampai saat ini telah diaplikasikan oleh banyak pelaku bisnis. Materi penulisan ini ternyata memiliki beberapa fungsi penting yang akan menguntungkan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa fungsi copywriting yang dilakukan di media sosial Instagram:

  • Meningkatkan Image

Fungsi yang pertama adalah meningkatkan image dari produk atau bisnis yang bersangkutan. Copywriting ini akan membuat image produk jadi jauh lebih baik lagi. Materi penulisan ini secara langsung akan mendongkrak brand awareness dan meningkatkan kepercayaan maupun ketertarikan audiens terhadap sebuah produk. 

  • Memberikan Informasi kepada Audiens

Materi tulisan copywriting Instagram akan membantu memberikan informasi kepada audiens. Tentu saja informasi yang dimaksud adalah informasi terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Saat ini masyarakat sudah semakin pandai dalam mencari informasi sebelum melakukan transaksi.

Melalui copywriting maka pelaku bisnis bisa dengan mudah menyampaikan informasi detail produk kepada calon konsumen.

  • Memaparkan Kelebihan Produk

Semua marketer pasti akan berusaha untuk menyampaikan kelebihan produk kepada audiens. Jika tahu apa saja kelebihannya maka audiens akan tertarik untuk membeli. Melalui teknik penulisan ini, marketer bisa lebih mudah menunjukkan kelebihan produk. Audiens jadi tahu apa saja kelebihan produk tersebut dan apakah sudah sesuai dengan ekspektasinya atau belum. 

Jangan lewatkan peluang online, manfaatkan jasa kelola website kami untuk tampil lebih baik di dunia maya!

  • Menarik Minat Audiens untuk Membeli

Copywriting Instagram juga akan menjadi penarik perhatian bagi para audiens. Calon konsumen bisa saja jadi lebih tertarik untuk membeli sebuah produk karena membaca tulisan yang sangat efektif tadi. Copywriting memang memiliki unsur ajakan atau persuasi sehingga memang diharapkan bisa membuat audiens tertarik. 

Agar lebih paham bahwa copywriting ini akan memberikan efek yang jauh lebih baik bagi konten Instagram Anda, mari lihat langsung seperti apa contohnya.

Berikut adalah contoh konten di Instagram yang menggunakan copywriting dan konten yang tidak memasukkan unsur copywriting di dalamnya:

  • Produk Makanan

“Cari brownies yang lembut dan cokelatnya kerasa banget? Brownies Elang jawabannya! Dijamin kamu akan ketagihan dengan kelezatannya yang meleleh di mulut. Klik link di bio untuk pemesanan sekarang juga!” (dengan copywriting).

“Brownies Elang menghadirkan brownies dengan tekstur yang lembut dan rasa cokelat yang kuat. Pemesanan bisa dilakukan melalui link di bawah ini.” (tanpa copywriting).

  • Produk Hijab

“Ribet pakai pentul sama peniti biar hijab rapi? Pakai pashmina instan dari Yora Hijab! Tanpa pentul, tanpa peniti, langsung rapi tinggal slup! Klik link di bio untuk pemesanan gratis ongkir, ya!” (dengan copywriting).

“Yora Hijab menghadirkan produk pashmina instan yang bisa dipakai rapi tanpa peniti maupun jarum pentul. Pemesanan bisa dilakukan melalui link di bawah ini.” (tanpa copywriting). 

Dari contoh copywriting di atas bisa dilihat seperti apa perbedaannya dengan kalimat biasa. Jika kalimat tadi dimasukkan ke caption Instagram, maka respon audiens jelas akan berbeda-beda.

Audiens cenderung lebih tertarik untuk melakukan pembelian setelah membaca kalimat yang menggunakan teknik copywriting di dalamnya. Peluang konversi akan jauh lebih besar dengan penggunaan teknik promosi seperti ini. 

fungsi copywriting instagram

Tips Membuat Copywriting

Pembuatan copywriting Instagram ternyata memang tak bisa dilakukan asal-asalan. Mungkin terlihat mudah karena seolah seperti membuat caption atau tulisan biasa. Namun dibutuhkan teknik yang tepat agar tulisan ini bisa memberi efek ajakan yang kuat. Berikut adalah beberapa tips dalam pembuatan copywriting yang efektif:

  • Pilih Kata yang Tepat

Pertama, cobalah untuk memilih kata-kata yang tepat. Agar bisa memilih kata-kata yang pas, kamu harus memahami jenis produknya terlebih dahulu. Pilihlah kata yang sesuai dengan jenis produk tersebut.

Selain itu pastikan bahwa pilihan kata-katanya juga sesuai dengan target audiens yang ingin dicapai. Bermainlah dengan kata-kata yang menarik atau tidak biasa agar langsung membuat audiens tergugah. 

  • Buat Sesederhana Mungkin

Copywriting yang efektif sebaiknya dibuat sesederhana mungkin. Buatlah kalimat yang simple namun informatif dan bisa langsung mengajak audiens untuk melakukan aksi yang Anda harapkan. Jangan membuat kalimat yang bertele-tele dan pada akhirnya malah membuat audiens merasa malas untuk membaca. 

  • Langsung Tepat Sasaran

Buatlah copywriting yang menghipnotis dengan menyusun kalimat yang tepat sasaran. Jangan berbelit-belit dengan maksud yang sebenarnya ingin Anda sampaikan. Langsung saja buat kalimat yang efektif agar apa yang ingin disampaikan kepada audiens bisa langsung terlihat. Ini akan jauh lebih baik daripada Anda membuat kalimat panjang yang sulit untuk dimengerti.

  • Gunakan Kalimat Ajakan

Sisipkan kalimat ajakan pada konten copywriting Anda. Cobalah untuk membuat kalimat persuasi yang mulus dan tidak terkesan memaksa. Ajakan ini bisa sangat bervariasi, mulai dari ajakan untuk membeli, ajakan untuk mengunjungi laman website, dan lain sebagainya.

Apapun itu, buatlah secara jelas jenis ajakan yang dimaksud dan jangan terlalu memaksa secara kasar.

  • Tonjolkan Kelebihan

Jangan lupa, perlihatkan kelebihan dari sebuah produk agar bisa menarik perhatian audiens. Bagaimanapun juga copywriting Instagram ini dibuat untuk menarik perhatian sehingga harus ada poin kelebihan yang diperlihatkan. Pastikan bahwa audiens bisa memahami apa saja kelebihan produk dan merasa tertarik untuk memilikinya. 

Pembuatan copywriting untuk platform Instagram ini ternyata bisa berpengaruh besar pada efektivitas promosi produk dan bisnis Anda. Tak cukup hanya dengan menggunakan aplikasi copywriting Instagram, Anda juga perlu jasa profesional untuk menghasilkan konten copywriting yang berkualitas dan memiliki performa yang optimal.

IndonesianWriter siap membantu Anda membuat konten copywriting efektif untuk Instagram.

jasa copywriting

IndonesianWriter menghadirkan jasa pembuatan copywriting Instagram yang berkualitas, efektif, dan tentunya mampu mendongkrak nilai konversi. Dikelola oleh copywriter profesional, materi promosi produk dan bisnis Anda akan dikemas semenarik mungkin.

Hubungi tim kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan tingkatkan angka penjualan Anda bersama IndonesianWriter!

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page