Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » 6 Cara Mempercepat Loading Website untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

6 Cara Mempercepat Loading Website untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

cara mempercepat loading website

Daftar Isi

Mengetahui cara mempercepat loading website dan menerapkannya dapat membantu situs bisnis Anda memenangkan persaingan di dunia online. 

Pasalnya, kecepatan website tidak hanya mempengaruhi pengalaman pengguna, tetapi juga berdampak langsung pada performa SEO dan konversi situs Anda.

Tanpa harus ribet, Anda juga bisa menggunakan service pembuatan website profesional untuk meningkatkan performa kecepatan website.

Mengapa Kecepatan Loading Website Penting?

Salah satu mesin pencari populer, Google, mendukung bahwa kecepatan loading website adalah salah satu faktor penilaian utama dalam peringkat situs.

Halaman situs yang ideal harus dapat dimuat dalam waktu kurang dari 3 detik dan tidak lebih dari 10 detik untuk semua perangkat, baik komputer maupun smartphone.

Data dari Statista juga menunjukkan bahwa rata-rata waktu memuat suatu halaman situs pada ponsel berada di antara 2,1 sampai 3,2 detik.

Selain itu berdasarkan data di atas, ada pula beberapa alasan pentingnya mengetahui cara mempercepat loading website. Berikut penjelasannya:

  • Meningkatkan Ranking di Mesin Pencari

Google telah mengkonfirmasi bahwa kecepatan situs adalah sinyal yang digunakan oleh algoritma peringkat mereka.

Jika situs Anda lambat, ini dapat mempengaruhi visibilitas Anda di mesin pencari dan akhirnya mengurangi jumlah lalu lintas organik yang Anda terima.

Selain itu, Google juga memperhitungkan kecepatan situs web saat menentukan peringkat untuk pencarian mobile, yang menjadi semakin penting seiring dengan pertumbuhan penggunaan mobile.

  • Tingkat Konversi Tetap Tinggi

Kecepatan situs juga memiliki dampak langsung pada tingkat konversi Anda. Studi telah menunjukkan bahwa penundaan sekecil 1 detik dalam waktu loading halaman dapat mengurangi konversi sebanyak 7%.

Ini karena pengguna cenderung menjadi frustasi dan lebih mungkin untuk meninggalkan situs jika halaman tidak dimuat dengan cepat.

cara mempercepat loading website

  • Menurunkan Bounce Rate

Bounce rate adalah metrik yang menunjukkan persentase pengunjung yang meninggalkan situs Anda setelah melihat hanya satu halaman.

Situs yang lambat seringkali memiliki tingkat bounce yang lebih tinggi karena pengguna tidak mau menunggu halaman dimuat.

Dengan meningkatkan kecepatan situs Anda, Anda dapat membantu memastikan bahwa pengunjung tetap di situs Anda lebih lama, menjelajahi lebih banyak halaman, dan akhirnya melakukan lebih banyak konversi.

  • Mampu Menjaga Kredibilitas Perusahaan dalam Jangka Panjang

Kecepatan situs juga dapat mempengaruhi persepsi pengguna tentang brand atau perusahaan Anda. Situs yang lambat dapat membuat pengguna merasa frustasi dan memberikan kesan negatif tentang perusahaan Anda.

Sebaliknya, situs yang cepat dan responsif dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan pengguna. Dalam jangka panjang, ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan mendorong loyalitas merek. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Loading Website

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan loading website Anda. Memahami faktor-faktor ini dapat membantu Anda dalam upaya dan cara mempercepat loading website.

  • Hosting Web

Hosting web Anda memiliki dampak besar pada kecepatan situs. Soalnya, server yang lambat atau sering mengalami downtime dapat memperlambat situs Anda.

Selain itu, jika hosting Anda tidak dapat menangani volume lalu lintas (traffic) yang Anda harapkan untuk situs Anda, ini juga dapat mempengaruhi kecepatan.

Jika Anda ingin meningkatkan traffic website dengan mudah, Anda dapat mengunjungi artikel berikut ini: ” 7 Cara Meningkatkan Traffic Website yang Ampuh!”.

  • Ukuran Halaman

Ukuran total halaman web, termasuk semua gambar, file CSS, dan file JavaScript, dapat mempengaruhi kecepatan memuat.

Halaman yang lebih besar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan semua elemen di halaman Anda dan menjaga ukuran halaman seminimal mungkin.

  • Jumlah Permintaan HTTP

Setiap file atau elemen di halaman web Anda memerlukan permintaan HTTP terpisah untuk dimuat. Jadi, semakin banyak elemen di halaman Anda, semakin banyak permintaan HTTP yang harus dibuat, yang dapat memperlambat kecepatan loading.

  • Plugin dan Tema

Plugin dan tema yang Anda gunakan di situs Anda juga dapat mempengaruhi kecepatan. Plugin dan tema yang buruk atau berlebihan dapat memperlambat situs Anda.

Makanya, gunakan hanya plugin dan tema yang diperlukan dan memastikan bahwa mereka selalu diperbarui ke versi terbaru.

  • Kode dan Struktur Situs

Kode yang tidak efisien dan struktur situs yang buruk juga dapat memperlambat situs Anda. 

Misalnya, jika situs Anda memiliki banyak kode yang tidak perlu atau jika struktur situs Anda membuat pengguna harus menavigasi melalui banyak halaman untuk menemukan informasi yang mereka cari, ini dapat memperlambat kecepatan situs Anda.

  • Browser dan Perangkat

Tipe browser dan perangkat yang digunakan pengunjung Anda juga dapat mempengaruhi kecepatan loading situs Anda.

Beberapa browser mungkin tidak kompatibel dengan semua fitur situs Anda, yang dapat memperlambat kecepatan loading.

Selain itu, situs yang tidak dioptimalkan untuk perangkat mobile mungkin akan dimuat lebih lambat pada perangkat tersebut.cara mempercepat loading website

6 Cara Mempercepat Loading Website dengan Jasa Pembuatan Website Profesional

Bekerjasama dengan agensi atau jasa pembuatan website dapat membantu Anda untuk mendapatkan waktu memuat yang teroptimasi.

Secara umum, layanan ini akan menerapkan beberapa cara berikut.

  • Memeriksa Kecepatan Loading Website 

Sebelum melakukan perubahan apapun pada website, penting untuk mengetahui seberapa cepat situs Anda saat ini. Anda dan agensi dapat menggunakan alat kecepatan website seperti Google PageSpeed Insights atau GTmetrix untuk melakukan ini.

Alat-alat ini tidak hanya memberikan skor kecepatan untuk situs, tetapi juga memberikan saran tentang apa yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kecepatan. Misalnya, mengoptimalkan gambar atau mengurangi jumlah permintaan HTTP.

cara meningkatkan traffic website

  • Memilih Hosting Web yang Cepat dan Memadai

Hosting web Anda memiliki dampak besar pada kecepatan situs Anda. Jika server hosting Anda lambat atau sering mengalami downtime, ini akan mempengaruhi kecepatan loading situs Anda.

Saat memilih hosting web, agensi pasti mencari yang menawarkan kecepatan dan stabilitas yang baik. Selain itu, mereka akan memastikan hosting Anda dapat menangani volume lalu lintas yang Anda harapkan untuk situs.

  • Menggunakan Versi PHP Terbaru

Cara mempercepat loading website selanjutnya adalah dengan menggunakan versi PHP terbaru. PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh banyak website, termasuk WordPress.

Versi PHP yang lebih baru biasanya lebih cepat dan lebih aman daripada versi yang lebih lama.

Dengan memastikan bahwa Anda menggunakan versi PHP terbaru, hal ini dapat mempercepat situs Anda dan melindunginya dari ancaman keamanan.

  • Menerapkan Caching Pada Setiap Tingkatan

Caching adalah proses penyimpanan salinan konten web di server atau di browser pengguna, sehingga konten tersebut dapat dimuat lebih cepat pada kunjungan berikutnya.

Jasa pembuatan website dapat menerapkan caching pada berbagai tingkatan, termasuk server, database, dan browser.

  • Optimasi Kode dan File pada Website Anda

Agensi profesional akan mengoptimalkan kode pada situs Anda sebanyak mungkin, dengan menghapus kode yang tidak perlu dan meminimalkan file CSS dan JavaScript.

Selain itu, Anda juga bisa meminta mereka untuk menggabungkan file CSS dan JavaScript jika memungkinkan, untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP yang harus dibuat browser.

  • Merancang Desain yang Simpel

Sesuai dengan kebutuhan brand Anda, layanan pembuatan website dapat merancang desain yang simpel dan tidak berat. Soalnya, desain yang berat dan kompleks dapat memperlambat situs Anda.

Selain itu, Anda juga bisa meminta jasa yang dipakai untuk tidak menggunakan terlalu banyak animasi atau efek visual yang dapat memperlambat situs Anda.

Tak Ingin Ribet? Gunakan Jasa Pembuatan Website dari IndonesianWriter!

Mempercepat loading website dan page speed bukanlah tugas yang mudah, tetapi manfaatnya sangat besar untuk bisnis Anda.

Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya dapat meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga meningkatkan peringkat SEO, tingkat konversi, dan kredibilitas perusahaan Anda.

Jadi, jangan tunda lagi, mulailah sekarang untuk menerapkan cara mempercepat loading website dan lihat perbedaannya.

Jika Anda tertarik untuk membangun website, Anda bisa menggunakan layanan jasa pembuatan website dari IndonesianWriter.

Konsultasikan setiap kebutuhan situs Anda dengan menghubungi tim kami di sini.

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page