Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Inilah Tipe-tipe Konten Website dan Tips Mengatasi Kendalanya

Inilah Tipe-tipe Konten Website dan Tips Mengatasi Kendalanya

cover artikel konten website

Daftar Isi

Konten website merupakan suatu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan dalam sebuah pemasaran daring. Tanpa konten, tentu saja pemasaran tersebut tidak dapat ‘hidup’ dan memancing atensi para audiens.

Apabila Anda adalah orang yang awam tentang konten website namun tertarik untuk mempelajarinya, maka Anda sekarang berada di jalur yang tepat.

Ya! Anda di sini untuk tidak melewatkan pembahasan seputar konten, khususnya terkait tipe dan tips untuk atasi kendala!

Sekilas tentang Konten Website

Perlu Anda ketahui, konten web mengacu pada teks, gambar, audio, video, atau program apa pun yang dapat dilihat, ditonton, dibaca, atau didengar di internet melalui web browser.

Berbeda dengan software tool Word yang terbatas memuat format .docx dan .pdf, browser mendukung berbagai macam standar web seperti HTML5, CSS, JavaSript, XHTML, dll. Tentu dukungan ini mengizinkan suatu situs web untuk memuat file multimedia dan konten interaktif.

Singkat kata, jika ditanya tentang apa itu konten web?

Maka, jawabannya yakni apa pun yang dapat Anda lihat di layar komputer, tablet, atau perangkat seluler saat Anda mengakses Internet.

Kemudian, terkait konten web dan bisnis, apakah korelasinya? Anda perlu memahami bahwa konten web yang efektif mampu mendorong kesuksesan bisnis. Dengan membangun konten web yang berkualitas dan sesuai ekspektasi target audiens, maka Anda bisa tingkatkan brand awareness yang bermuara pada konversi!

konten website

Tipe-tipe Konten Website yang Efektif

Konten web tentu saja memiliki banyak sekali tipe. Berikut telah dikerucutkan tipe-tipe konten web yang efektif untuk diterapkan:

  • Infografis

Ini merupakan konten yang menyuguhkan data dibungkus dengan elemen visual. Infografis memberi pemasar kesempatan untuk memberi tahu target audiens bisnis Anda dengan visual menarik yang akan mereka ingat. 

  • Video

Konten website berupa video telah membantu bisnis menambahkan dimensi interaktif baru ke dalam strategi pemasaran daring.

Pengguna internet saat ini tentunya sudah menonton puluhan miliar video di web setiap bulan. Hal ini membuat permintaan akan konten video yang relevan lebih tinggi dari sebelumnya.

  • Landing Page Berkualitas

Ini adalah konten website yang sangat krusial! Landing page berkualitas mampu untuk memuat informasi tentang semua produk dan layanan.

Dengan landing page, audiens atau pengunjung website dapat tertarik untuk segera membeli layanan atau produk.

Baca juga : Jasa Kelola Website Profesional IndonesianWriter

  • Studi Kasus

Beberapa hal mampu untuk meningkatkan prospek. Khususnya yakni perusahaan yang memberi nilai tambah bagi klien atau pelanggan, terutama di sektor B2B. Untuk hal ini, suatu website dapat memuat studi kasus.

Konten website berupa studi kasus adalah analisis atau catatan yang memuat tentang masalah yang hendak diselesaikan, solusi yang digunakan, dan hasil yang didapatkan.

  • Konten Glosarium yang Berfokus pada Industri

Glosarium merupakan suatu kamus mini yang dikemas secara ringkas. Dalam kata lain, isi konten website glosarium adalah daftar kata yang memuat penjelasan. Biasanya, glosarium lebih spesifik daripada kamus.

Membuat halaman glosarium yang memberikan definisi istilah-istilah spesifik serta relevansinya dengan industri, produk, dan layanan perusahaan memastikan audiens tetap berada di situs untuk menemukan jawaban mereka.

  • White Papers

Konten website satu ini memuat informasi yang lebih mendetail jika dibandingkan dengan e-book. Lazimnya, white papers memuat pemikiran atau analisis tentang topik spesifik dalam suatu bisnis atau industri tertentu. Untuk kegunaannya, white papers mampu membangun otoritas dalam bisnis serta meningkatkan kredibilitasnya.

  • Siaran Pers

Pengumuman produk dan layanan baru dapat menjadi cara yang bagus untuk memperluas brand awareness di website.

Saat ini, 58% pemasar daring B2B menggunakan siaran pers untuk menyebarkan berita tentang berbagai topik mulai dari produk dan layanan baru hingga janji temu eksekutif.

  • Ulasan dan Testimoni Produk/Layanan

Sama seperti studi kasus, ulasan produk dan testimonial membantu merek membangun kepercayaan dengan target audiens.

Bagaimana dengan bisnis baru yang belum memiliki ulasan dan testimoni dari pelanggan?

Tenang, Anda dapat mengkamuflasekannya dengan mengandalkan penulis konten website.

  • Konten Baru yang Berfokus pada Industri

Mengembangkan artikel berita industri seputar tren terbaru untuk situs web bisnis Anda memastikan bahwa perusahaan selalu memiliki sesuatu yang baru untuk ditulis.

Selain manfaat SEO dari pemasaran konten berita, strategi ini juga membantu memposisikan perusahaan sebagai pemimpin pemikiran yang selalu mengikuti perkembangan industrinya.

Itu dia sejumlah konten web yang bisa Anda terapkan dalam agenda pemasaran daring. Semua tentu memiliki kelebihan dan peran masing-masing.

Cara Mengatasi Kendala dalam Website

Suatu website tentu saja dapat mengalami kendala atau error. Berikut adalah daftar kendala yang umum terdapat pada website dan cara mengatasinya:

konten website

  • High Exit Rates

Salah satu masalah situs web yang paling sering dialami bisnis adalah high exit rates. Tingkat keluar yang tinggi dapat berarti pengunjung merasa situs web Anda sulit digunakan, situs web dirancang dengan buruk, konten tidak relevan atau berharga bagi target audiens. Adapun cara mengatasi high exit rates adalah:

  • Terapkan analitik funnel
  • Pantau situs web Anda
  • Minta masukan pengunjung
  • Amati perilaku pengunjung
  • Berkolaborasi dengan customer support penyedia web Anda
  • Peringkat Pencarian yang Rendah

SEO yang buruk, bagaimanapun, dapat menurunkan peringkat website Anda pada hasil pencarian, sehingga menyulitkan pengguna untuk menemukan situs web Anda. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menerapkan hal berikut:

  • Maksimalkan kata kunci
  • Pastikan situs web Anda diindeks
  • Tingkatkan publikasi konten
  • Desain Website yang Buruk

Desain situs web yang buruk menyebabkan frustasi pengguna, yang menyebabkan tingkat keluar yang tinggi, konversi yang lebih rendah, dan kredibilitas merek yang menurun. Lakukan hal ini untuk mengatasinya:

  • Lakukan riset pengunjung
  • Gunakan gambar berkualitas tinggi
  • Sederhanakan navigasi situs
  • Terapkan gaya yang konsisten terkait desain dan konten website

Baca Juga : Jasa Desain Website Indonesian Writer

  • Pelanggaran Keamanan

Situs web yang tidak aman menyebabkan kerentanan keamanan. Ini memungkinkan peretas menginfeksi perangkat pengguna dengan malware atau spam, menyebabkan kerusakan perangkat dan membahayakan privasi. Berikut cara mengatasinya:

  • Pantau keamanan situs web Anda
  • Selalu perbarui basis kode Anda
  • Terapkan protokol HTTPS
  • Dapatkan sertifikat SSL

Sebenarnya kendala website tidak hanya itu saja. Masih ada kendala-kendala lainnya yang perlu Anda pelajari dan temukan solusinya. Namun jika Anda tidak memiliki waktu, cukup andalkan saja IndonesianWriter, jasa pembuatan konten web berkualitas yang juga bisa membantu Anda menyelesaikan kendala situs web.

Kesimpulan 

Konten website sangat penting untuk meningkatkan bisnis, melalui pemasaran daring di web. Dengan adanya konten, maka website dapat menjadi hidup dan menarik perhatian target audiens atau pelanggan, sehingga mendatangkan prospek. 

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan konten + layanan kendala website, Anda dapat mempercayakan IndonesianWriter. Klik di sini untuk informasi selengkapnya!

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page