Berikut Hal yang Harus Dimuat Dalam Desain Annual Report!

Berikut Hal yang Harus Dimuat Dalam Desain Annual Report!

No ratings yet.

Pengertian Annual Report

Annual report adalah laporan perkembangan atau pencapaian perusahaan atau organisasi selama satu tahun. Laporan yang kerap disebut dengan laporan tahunan menyajikan data akurat laporan keuangan yang telah dirangkum sedemikian rupa.

Biasanya, di dalam laporan tahunan tercantum analisis manajemen mengenai kondisi keuangan terkini, termasuk rencana jangka panjang perusahaan.

Biasanya, laporan seperti ini disiapkan menjelang akhir tahun fiskal dan ditujukan untuk pengguna eksternal.

Tujuannya, agar pengguna eksternal mendapatkan informasi detail mengenai keuangan, aktivitas internal perusahaan, dan rencana manajemen untuk satu periode selanjutnya.

Pengguna eksternal merupakan sekumpulan orang di luar perusahaan yang secara tidak memiliki pengaruh secara langsung pada jalannya perusahaan.

Pengguna eksternal menggunakan informasi keuangan perusahaan untuk membuat dan menetapkan keputusan bisnis.

Singkatnya, pengguna eksternal adalah orang yang memanfaatkan informasi keuangan perusahaan, tetapi tidak bekerja atau mengelola perusahaan langsung.

annual report adalah

Apa Bedanya Annual Report dengan Laporan Keuangan Biasa?

Laporan keuangan atau financial report adalah informasi keuangan perusahaan pada periode akuntansi tertentu. Informasi ini digunakan sebagai dasar untuk menggambarkan keadaan perusahaan.

Umumnya, laporan keuangan meliputi beberapa hal, yakni:

  • Neraca
  • Laporan Laba dan Rugi
  • Laporan Mengenai Perubahan Ekuitas
  • Laporan Mengenai Perubahan Posisi Keuangan berupa Laporan Arus Kas atau Kas Dana
  • Catatan Penting dan Laporan Terkait Lainnya

Sementara unsur yang terkait langsung dalam pembuatan laporan keuangan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas, sedangkan laporan laba dan rugi termasuk dalam unsur yang berkaitan erat dengan pengukuran kinerja kerja.

Laporan keuangan ditujukan untuk investor, para karyawan, pemasok, kreditur, pemerintah, pelanggan, dan masyarakat.

Tujuannya untuk menginformasikan posisi keuangan perusahaan, termasuk kinerja dan perubahan posisi sehingga memudahkan pihak terkait untuk mengambil keputusan.  

Berbeda dengan laporan keuangan biasa, annual report dapat menciptakan jembatan komunikasi antara pihak internal perusahaan dengan pihak eksternal.

Pada laporan tahunan, biasanya perusahaan akan menyisipkan rencana jangka panjang dan proyeksi dari manajemen.

Dengan adanya annual report, baik investor ataupun kreditor akan lebih mudah untuk mempertimbangkan dan menentukan keputusan.

Apakah hendak memberikan suntikan dana lebih atau justru menghentikan aliran dana?

Jika kondisi perusahaan sangat baik dan berpeluangan memberikan keuntungan jangka panjang yang menggiurkan, maka investor dan kreditur tidak akan segan menyuntikkan dana hingga miliaran rupiah.

Sebaliknya, apabila rencana perusahaan dirasa mentah dan risiko kerugian tinggi, investor dan kreditur tidak segan untuk menarik dana untuk meminimalisasi kerugian di pihaknya.

fungsi annual report

Fungsi Annual Report

Serupa dengan laporan biasa, laporan tahunan pun memiliki fungsi tersendiri. Adapun fungsinya, antara lain sebagai berikut.

  • Untuk meningkatkan daya tarik perusahaan di mata investor dan kreditur.
  • Sebagai informasi mengenai pencapaian perusahaan sekaligus pemasaran kreatif melalui desain, tulisan, dan integritas.
  • Sebagai sarana publikasi dalam bentuk tertulis.
  • Untuk menjelaskan deskripsi pekerjaan dan fungsi bidang kerja yang ada di perusahaan.

Kendati laporan tahunan ditujukan untuk pengguna eksternal, laporan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pemasaran terbaik.

Pasalnya, di dalam laporan terpampang dengan jelas informasi yang dapat meningkatkan citra dan nilai perusahaan di mata publik.

Jika publik menyambut dengan baik, maka biasanya manajemen akan meluncurkan produk atau inovasi baru dan  mendiskusikan prospek terbaru yang diharapkan dapat terwujud di masa depan.

Di dalam laporan tahunan terdapat informasi tentang rasio keuangan perusahaan selama satu tahun operasional.

Rasio keuangan ini merupakan salah satu alat yang digunakan pengguna eksternal untuk menilai dan mengevaluasi kinerja perusahaan.

Melalui laporan seperti ini, rasio keuangan perusahaan dapat dirangkum secara terperinci dan lengkap sehingga pengguna eksternal lebih mudah melakukan penilaian.

Tujuan Annual Report

Sementara tujuan dari pembuatan laporan tahunan, di antaranya sebagai berikut.

  • Memberikan informasi terbaru mengenai pencapaian perusahaan, termasuk penghargaan yang diterima.
  • Menarik investor dan kreditor agar mau mengucurkan dana.
  • Menginformasikan neraca laba rugi perusahaan.
  • Memudahkan investor dan kreditur mengambil keputusan terkait kebijakan dan masa depan perusahaan.

Sulitkah Menyusun Annual Report?

Pada dasarnya, baik menyusun laporan biasa maupun laporan tahunan tidaklah mudah. Penyusunan laporan memerlukan waktu yang cukup, tidak dapat dibuat dengan tergesa-gesa.

Sebaiknya, laporan juga dibuat oleh seorang profesional di bidangnya untuk meminimalisasi kesalahan. Selama menyusun laporan tahunan, terdapat sejumlah poin yang wajib diperhatikan.

  • Laporan harus dibuat sesuai dengan keadaan dan pencapaian perusahaan.
  • Informasi yang dibagikan kepada publik merupakan informasi umum, bukan yang bersifat rahasia.
  • Diberikan pada calon investor, kreditur, analis keuangan, karyawan, pemerintah, dan media.
  • Tentukan poin penting, termasuk pesan inti yang hendak disampaikan pada khalayak umum.
  • Membuat ulasan yang dilengkapi dengan grafik, gambar, dan desain lengkap yang menarik.
  • Mengelompokkan laporan tahunan ke dalam beberapa bagian, mulai dari ringkasan keuangan perusahaan, pernyataan keuangan, surat kepada pemegang saham, operasi perkembangan perusahaan, informasi terkait karyawan, dan informasi mengenai direksi perusahaan.
  • Menyertakan komentar terkait komitmen manajemen dalam memenuhi visi dan misi perusahaan yang diberikan oleh pimpinan perusahaan.

Annual report yang disusun dengan baik, lengkap, dan menarik tidak hanya menjadi sarana informasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai media promosi efektif kepada masyarakat luas.

cara menyusun annual report

Cara Menyusun Annual Report

Lantas, bagaimana cara menyusun annual report secara mandiri? Adapun langkah-langkahnya, antara lain sebagai berikut.

1. Menulis Inti Annual Report

Merancang laporan tahunan harus mengedepankan yang hendak disampaikan. Meskipun banyak konten yang harus dimasukkan, bukan alasan untuk mengesampingkan inti laporan, yakni keadaan keuangan perusahaan secara detail.

2. Tampilkan Pencapaian dan Dampak

Umumnya, setiap perusahaan memiliki target yang harus dicapai dalam waktu satu tahun. Tercapai tidaknya, hal ini akan memberikan dampak pada perusahaan itu sendiri maupun di luar perusahaan. Berhasil atau gagal memenuhi target, seluruh pencapaian ini wajib disertakan.

3. Memaksimalkan Fungsi Annual Report

Membuat laporan tahunan sering dianggap menyita banyak tenaga, waktu, dan biaya. Namun, perusahaan dapat memaksimalkan laporan ini dengan tidak menjadikannya sebagai laporan tahunan saja, melainkan juga digunakan untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan dengan memasukkan identitas perusahaan yang kuat.

Dengan kata lain, laporan seperti ini  tidak hanya berisi laporan tahun, tetapi juga menunjukkan citra perusahaan dengan  menambahkan foto kegiatan atau agenda terkait lainnya.

4. Menggunakan Bahasa Visual

Banyak orang yang lebih mudah memahami bahasa visual, seperti gambar dan ilustrasi. Penggunaan bahasa visual ini dapat diterapkan pada saat pembuatan dalam laporan tahunan.

Pastikan juga melengkapi laporan dengan ilustrasi menarik. Pilih huruf dan warna yang dapat dilihat jelas oleh pembaca.  Alih-alih menggunakan huruf, gunakan angka agar laporan tersebut lebih mudah dimengerti.

5. Gunakan Format yang Tepat

Gunakan format yang benar sehingga ketika laporan tahunan mengalami perubahan dari masa ke masa, Anda tidak perlu menulis ulang dari awal. Cukup gunakan draf format yang telah disimpan.

Dengan cara tersebut, Anda pun lebih mudah mengonversi laporan ke dalam bentuk lain, seperti  buku, info grafis, format digital, website, ataupun aplikasi.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Annual Report

Dalam menyusun laporan tahunan, Anda pun harus memperhatikan sejumlah hal penting berikut ini.

1. Disajikan Dalam Bahasa yang Baik dan Benar

Penulisannya haruslah sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa yang baik dan benar. Laporan tahunan juga wajib ditulis menyerupai karya tulis ilmiah, yakni jelas tanda baca, tepat penggunaan tanda hubung, dan jelas dalam pemaparan.

2. Disajikan Dalam Dua Bahasa

Penulisan laporan tahunan diperbolehkan menggunakan dua bahasa sekaligus, yakni Indonesia dan English.

3. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Annual report sebaiknya disampaikan dalam bahasa yang simpel, yakni bahasa yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan. Sekalipun terdapat penggunaan bahasa asing untuk istilah tertentu, pastikan untuk memberikan keterangan.

4. Disajikan Sistematis

Penulisannya haruslah disusun secara sistematis dengan struktur yang tepat dan gaya bahasa yang enak dibaca.  

Untuk meningkatkan kredibilitas dalam penyampaian laporan penulisan, gunakan metode Public Relation Writing and Marketing Communication yang dengan bahasa copywriting persuasif.

Kendati demikian, hindari menggunakan bahasa persuasif secara keseluruhan, cukup gunakan pada beberapa bagian, seperti  profil perusahaan atau informasi umum.

5. Keterbukaan Informasi

Laporan tahunan merupakan salah satu jenis implementasi langsung terkait keterbukaan informasi. Oleh karena itu, penulisan laporan keuangan harus disusun sesuai dengan keadaan perusahaan, tanpa ada yang ditutupi, kecuali rahasia perusahaan.

tujuan annual report

Bagan Annual Repot

Di dalam laporan tahunan terdapat sejumlah bagan yang dapat membantu investor maupun kreditor memahami perusahaan. Adapun bagan-bagannya, antara lain sebagai berikut.

  • Surat yang ditujukan untuk pemegang saham perusahaan.
  • Highlight laporan keuangan perusahaan dan kondisi keuangan dari tahun ke tahun.
  • Analisis keuangan dan pembahasan manajemen perusahaan.
  • Catatan yang dibuat oleh manajemen dalam laporan keuangan perusahaan dan kontrol internal.
  • Pernyataan tertulis dari auditor terhadap laporan keuangan perusahaan.
  • Laporan keuangan, meliputi laporan posisi keuangan (neraca), Laporan Arus Kas, Laporan Laba Rugi, Ekuitas Pemegang Saham, Daftar Nama Direktur dan Komisaris, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Hal-hal yang Harus Ada Dalam Desain Annual Report

Agar laporan tahunan tersusun secara baik dan benar serta efektif, ada beberapa hal yang wajib terlampir dalam desain annual report. Apa saja? Berikut uraiannya.

1. Tema

Dalam pembuatan laporan tahunan yang merupakan laporan penting berisikan informasi umum, laporan auditor, laporan direktur. operasional, dan keuangan, Anda harus memperhatikan tema desain, seperti cover depan. Buatlah cover yang menarik.

Kendati Anda bebas memilih desainnya, terdapat beberapa poin yang harus digarisbawahi. Sebelum proses desain berlangsung, Anda harus menentukan tema yang cocok. Ingat, tema tidak hanya akan berpengaruh pada cover, tetapi juga pada isi laporan.

Hindari menggunakan tema dan cover yang sama setiap tahunnya untuk meminimalisasi kebosanan. Ciptakan suasana yang dinamis dengan mengganti tema setiap tahunnya.

2. Kesesuaian Desain

Desain yang menarik lebih enak dilihat dan dibaca. Desain menarik tidak hanya mempertimbangkan komposisi mengenai susunan kata, tetapi juga pemilihan huruf yang tepat, baik warna, jenis, dan ukuran.

Hindari menggunakan warna yang terlalu banyak. Ingat, laporan tahunan merupakan laporan dalam bentuk formal, bukan buku anak-anak.

3. Komposisi Warna

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, warna pada buku harus diperhatikan dan disesuaikan dengan ciri  khas perusahaan. Meskipun sebagian besar laporan seperti ini berwarna hitam putih, Anda bisa menggunakan komposisi warna lain yang menarik, misalnya biru tua, kuning, atau cokelat.  

4. Tata Letak Gambar dan Tulisan

Tata letak tulisan dan gambar haruslah ideal sehingga enak dilihat. Hindari penggunaan font yang rumit hanya dengan alasan estetika, sebab tak jarang hal ini justru menyebabkan pembaca kesulitan memahami laporan.

5. Konsisten dengan Isi Laporan

Pastikan bahwa isi dari laporan tahunan tidak berlawanan dengan desain. Misalnya, pada bagian cover menggunakan dominasi warna biru, tanpa warna lain, sedangkan bagian dalam berwarna putih. Laporan juga harus sesuai dengan laporan keuangan perusahaan.

harga desain annual report

Harga Desain Annual Report

Mengingat sulitnya menyusun annual report, tak sedikit perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa annual report yang tersedia di pasaran. Umumnya, jasa pembuatan annual report ini jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan menyewa tenaga profesional.

Kendati demikian, soal kualitas tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, hampir sebagian besar jasa pembuatan annual report memanfaatkan tenaga yang ahli di bidangnya.

Lantas, berapa harga pembuatan laporan tahunan?

Adapun harga rata-rata yang dipatok oleh jasa annual report Indonesia, antara lain sebagai berikut.

  • Kelas dasar 100 sampai 200 lembar dibanderol mulai dari Rp5.000.000,00. Di atas 200 lembar mulai dari Rp6.000.000,00.
  • Kelas menengah 100 sampai 200 lembar dibanderol mulai dari Rp7.500.000,00. Di atas 200 lembar mulai dari Rp9.000.000,00.
  • Kelas atas 100 sampai 200 lembar dibanderol mulai dari Rp10.000.000,0. Di atas 200 lembar mulai dari Rp12.000.000,00.
  • Kelas lengkap 100 sampai 200 lembar dengan laporan keuangan mulai dari Rp15.000.000,00. Di atas 200 lembar mulai dari Rp20.000.000,00.

Namun harga diatas belumlah harga paten dari jasa annual report. Bisa menyesuaikan permintaan. Untuk lebih jelasnya silahkan hubungi 0813-7930-9908

Demikianlah informasi lengkap mengenai annual report beserta tujuan, fungsi, dan cara menyusun laporan.

Bagaimana?

Apakah artikel ini bermanfaat?

Jangan lupa, share di sosial mediamu!

TENTANG KAMI

Awalnya Indonesian writer merupakan jasa penulis artikel untuk berbagai kebutuhan namun kini seiring bertambahnya waktu dan perekrutan dan pelatihan tim-tim profesional yang semakin banyak, kami mulai membantu menyediakan segala macam konten yang dibutuhkan untuk bisnis. Ingin lebih jauh kenal dengan kami? Silahakan kunjungi halaman tentang kami.

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Anda!

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu