Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » Apa itu Template? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Apa itu Template? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

apa itu website

Daftar Isi

Jika Anda cukup familiar dengan dunia digital, maka mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata template. Namun, mungkin juga masih banyak orang yang akan bertanya, apa itu template?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat menyimak artikel ini hingga tuntas. Selain pengertian template, Anda juga dapat membaca tentang manfaat, kelebihan, kekurangan, serta contohnya.

Apa itu Template?

Secara umum, template dapat diartikan sebagai sebuah atau sekumpulan dokumen yang memuat format tertentu, misalnya tentang sebuah standar atau apa yang sudah ditentukan sebelumnya.

Dalam dunia digital, template dapat berguna untuk berbagai hal, misalnya dalam desain dan tata letak website. Ketika sedang mendesain sebuah website, template juga sering dibahas bersama dengan tema.

Apa itu template

Template dan tema merupakan dua elemen penting yang diperlukan dalam pembuatan website, karena sangat berpengaruh terhadap tampilannya. Anda akan membutuhkan kedua hal tersebut supaya website dapat terlihat menarik dan konsisten.

Hal ini juga dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengatur berbagai hal, sehingga tidak perlu melakukan pengaturan secara manual. Sebelum membahas apa itu template, mari kita bahas tentang tema terlebih dahulu.

Tema merupakan sekumpulan dari jenis huruf, warna, dan berbagai efek visual yang dirancang sedemikian rupa supaya tampilan website menjadi enak untuk dipandang. Selain terlihat menarik, tema juga dapat membuat website terlihat lebih profesional.

Selanjutnya, template merupakan suatu tema yang ditambahkan dengan beberapa konten tertentu. Konten tersebut dapat dibuat berdasarkan tujuannya, misalnya untuk bisnis dan penjualan, pendidikan, atau memperkenalkan suatu instansi.

Dalam dunia digital, mungkin banyak dikenal istilah template website, yang dapat diartikan sebagai komponen dasar yang memisahkan berbagai bagian sehingga desain terlihat menarik, namun juga rapi dan efisien penggunaannya.

Dalam praktiknya, ada berbagai template instan yang tersedia untuk pembuatan website, sehingga dapat sangat membantu bagi orang-orang yang kurang menguasai tentang bahasa pemrograman.

Manfaat Menggunakan Template untuk Website

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan template, maka selanjutnya akan dijelaskan tentang berbagai manfaat menggunakan template untuk website.

  • Membuat Pekerjaan Semakin Mudah

Pada dasarnya, tampilan website menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tampilan tersebut bukan hanya soal pemilihan warna dan huruf, namun juga tentang komposisi dan tata letaknya.

Tampilan yang rapi akan membuat pengunjung semakin mudah untuk memahami konten yang disediakan, serta mudah juga untuk mencari konten sesuai dengan keperluan mereka.

Jika tampilannya tidak membosankan, maka semakin besar juga kemungkinan mereka untuk kembali lagi ke website tersebut pada lain waktu.

Dalam hal ini, template dapat menjadi solusi yang tepat untuk membuat website. Dengan menggunakan template, maka Anda dapat dengan mudah mengatur berbagai hal di dalamnya, misalnya dengan memanfaatkan pilihan jenis huruf yang telah disediakan.

Pekerjaan pun akan menjadi semakin mudah, termasuk jika Anda ingin memanfaatkan website untuk keperluan bisnis dan penjualan.

  • Pekerjaan Semakin Cepat Selesai

Jika Anda harus belajar berbagai hal tentang bahasa pemrograman atau coding, maka akan menghabiskan banyak waktu. Membuat website mungkin saja menjadi hal yang mudah untuk kalangan profesional, namun rasanya cukup memusingkan untuk para pemula.

Bicara tentang apa itu template mungkin saja tidak bisa terlepas dari hal ini, karena template dapat menjadi alternatif yang bagus untuk memangkas waktu. Pekerjaan akan lebih cepat selesai jika Anda menggunakan template yang sudah tersedia secara instan.

  • Ada Beragam Pilihan

Template dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah tentang desain website. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mencari berbagai template yang disediakan dan dapat dipakai secara instan untuk website Anda.

Anda dapat memilih jenis template yang paling cocok untuk keperluan, sehingga website pun dapat berfungsi secara efektif dan tetap terlihat menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Website dari Template

Setiap perkembangan teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk tentang template. Jika ingin menggunakan template untuk website, maka sebaiknya juga memperhatikan berbagai hal di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Template Website

  • Kelebihan Menggunakan Template

Jika bicara soal apa itu template untuk pembuatan website, maka sebagian orang mungkin akan menjelaskan berbagai kelebihannya, misalnya sebagai berikut:

  1. Dapat Dilakukan dengan Cepat
    Pertama, seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, template dapat membuat Anda dapat membuat dan mengembangkan website dengan cepat. Inilah kelebihan kedua dari template yang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

    Dengan menggunakan template, maka Anda tidak perlu pusing tentang bahasa pemrograman, hanya perlu menyiapkan isi konten yang ingin dipublikasikan.

    Baca Juga: Tips Membuat Konten Website yang Menarik!

  2. Dapat Menghemat Anggaran
    Kelebihan lainnya yang membuat template banyak digunakan yaitu dapat menghemat anggaran atau pengeluaran untuk membuat website.

    Saat ini, ada berbagai jenis platform yang menyediakan template yang terbilang murah, bahkan tidak jarang juga yang memberikan fasilitas secara gratis.

    Tentunya, ini merupakan perkembangan teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk berbagai keperluan, terlebih untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas.

    Ingin membuat website di platform gratis? Baca disini “Rekomendasi Website Builder Gratis dan Mudah Digunakan

  3. Transparansi Tampilan
    Ketiga, berbagai platform biasanya memiliki berbagai pilihan template yang dapat dilihat dalam bentuk katalog.

    Dengan adanya transparansi tampilan, maka Anda bisa coba melihat seperti apa kira-kira tampilan website Anda nantinya jika memilih template tersebut.

  • Kekurangan Menggunakan Template

Selain berbagai kelebihan di atas, ada juga berbagai kekurangan dari template yang juga sebaiknya Anda ketahui sebelum menggunakannya.

  1. Penggunaannya Kurang Fleksibel
    Pertama, template yang sudah tersedia secara instan cenderung kurang fleksibel ketika digunakan.

    Misalnya, dalam hal tata letak, mungkin saja Anda akan merasakan kesulitan tertentu ketika akan mengaturnya sesuai keperluan.

    Beberapa perubahan mungkin akan sulit untuk dilakukan, sehingga mungkin akan terdapat berbagai hal yang tidak bisa ditambahkan di dalam website Anda.

    Namun, Anda masih bisa untuk melakukan berbagai jenis perubahan yang tidak terlalu besar, seperti mengubah warna, logo, dan jenis huruf.

  2. Dalam Melakukan Pembaharuan, Terdapat Berbagai Kesulitan
    Kekurangan kedua masih berhubungan dengan pembahasan pertama. Jika menggunakan template, maka Anda bisa saja mengalami berbagai kesulitan dalam melakukan pembaharuan.

    Template yang dipakai mungkin tidak mendukung Anda untuk memasukkan jenis fitur tertentu.

  3. Terlihat Kurang Unik
    Jika menggunakan tampilan template, maka website Anda bisa saja terlihat kurang unik.

    Hal ini disebabkan karena dari banyaknya pengguna internet yang ingin memiliki website, mungkin saja akan cukup banyak yang memilih jenis template serupa bahkan sama persis.

    Risiko ini akan lebih tinggi lagi jika Anda memilih platform yang menyediakan jenis template gratis.

    Namun, untuk mengantisipasi hal ini, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya, melakukan berbagai perubahan terkait warna, jenis huruf, dan tata letaknya.

Meski membuat website melalui template terbilang cukup mudah karena tidak perlu menggunakan berbagai bahasa pemrograman, namun tetap memiliki berbagai kekurangan.

Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang berniat untuk membuat website.

Jika ingin mengantisipasi berbagai kekurangan di atas, maka Anda bisa menggunakan jasa desain website dari Indonesian Writer.

Anda akan mendapatkan website dengan tampilan yang profesional dan sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan.

Cara Memilih Template Website yang Baik

Seperti apa itu template yang cocok untuk Anda?

Ketika akan memilih template, maka berikut adalah berbagai cara dan tips yang sebaiknya Anda perhatikan dan lakukan.

cara memilih template website

  • Pahami Karakteristik Website

Selain perlu memahami apa itu template, hal penting lainnya yang perlu dipahami yaitu karakter dan jenis website yang umum digunakan.

Template biasanya akan disesuaikan dengan jenis website yang akan dibuat, misalnya akan membuat website bisnis, pendidikan, atau untuk profil instansi tertentu.

  • Pertimbangkan Tujuan Pembuatan Website

Ini masih berkaitan dengan pembahasan pertama, yaitu tentang pemahaman karakteristik dan jenis website. Anda juga sebaiknya mengetahui dengan pasti apa tujuan dari website yang akan dibuat, karena hal tersebut dapat menjadi pertimbangan ketika memilih template.

Pemahaman ini menjadi penting, karena isi konten dari setiap jenis website bisa saja berbeda. Sebagai contoh, website bisnis umumnya perlu menampilkan berbagai katalog dan penjelasan barang atau jasa, sehingga perlu memuat berbagai foto.

  • Perhatikan Kustomisasi dan Fitur yang Tersedia

Biasanya, berbagai jenis template modern telah menyediakan pilihan tentang kustomisasi dan fitur.

Sebelum memilih template, ada baiknya Anda memperhatikan fasilitas tersebut, sehingga nantinya Anda akan lebih mudah untuk menggunakan dan mengelola website. Fitur ini juga perlu disesuaikan dengan tujuan dan jenis website yang akan dibuat.

  • Perhatikan Navigasinya

Bagian navigasi juga merupakan hal penting yang sebaiknya Anda perhatikan. Pastikan navigasinya dapat memudahkan pengunjung untuk membuka berbagai bagian di dalam website Anda.

  • Pilih yang Kapasitasnya Ringan

Selanjutnya, ada baiknya Anda memilih jenis template yang memiliki kapasitas ringan. Hal ini menjadi penting karena dapat mempercepat berbagai proses ketika menggunakan website, misalnya untuk membuka website dan mengunjungi berbagai bagian di dalamnya.

  • Perhatikan Kecepatannya

Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya, kecepatan website merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dengan baik.

Jika website Anda lambat, maka pengunjung mungkin saja akan cenderung menjadi bosan dan malas untuk tetap berada di sana. Dampaknya, website menjadi semakin jarang untuk dikunjungi.

Maka dari itu, penting untuk mempertimbangkan kecepatan website, apakah terbilang cukup responsif atau justru bisa disebut lambat.

Pastikan bahwa pengunjung mendapatkan kenyamanan dan kemudahan untuk membuka website, sehingga pengunjung tidak meninggalkan halaman Anda.

Bingung bagaimana cara mempercepat loading website yang lambat? Baca artikel berikut “Tips Mempercepat Loading pada Website”.

  • Perhatikan Dukungan Pelanggan yang Tersedia

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dukungan yang tersedia untuk para pelanggan. Dengan adanya dukungan tersebut, maka Anda bisa memanfaatkannya jika di kemudian hari mengalami masalah tertentu.

  • Pastikan Memilih yang Terpercaya

Selanjutnya, pastikan Anda memilih platform atau sumber penyedia template yang bisa dipercaya. Pastikan Anda memakai template yang memang sudah terbukti bisa dipakai, hindari memilih template dari tempat yang kurang pasti.

Contoh Template Website

Setelah menemukan jawaban atas pertanyaan apa itu template, manfaat, serta kelebihan dan kekurangannya, kini saatnya mengenal beragam contoh template yang bisa Anda gunakan jika ingin membuat website.

template website

Contoh pertama yaitu WordPres, salah satu website builder yang sangat umum dan familiar di Indonesia. Bagi orang-orang yang ingin mulai membuat website, maka mungkin saja akan banyak mendapatkan saran untuk menggunakan platform yang satu ini.

Platform pembuatan website yang gratis dan praktis ini juga menyediakan berbagai jenis template yang dapat Anda pilih sesuai keperluan. Jika merasa kurang, ada pula pilihan template premium yang berbayar, namun harganya terbilang cukup mahal.

website builder gratis

Platform kedua yang bisa digunakan untuk memilih template dan membuat website yaitu Weebly. Anda dapat membuat website secara gratis dan dapat memilih berbagai template yang tersedia.

Jika ingin mencari seperti apa itu template yang bagus namun tetap gratis, maka ini dapat menjadi solusi tepat. Anda dapat memilih jenis template yang dianggap paling cocok untuk keperluan website.

Template site pro

Contoh terakhir yang akan dibahas kali ini yaitu SitePro. Ini juga menjadi alternatif mencari template secara instan. Jika dibandingkan dengan Weebly, platform ini memiliki pilihan template yang lebih bervariasi.

Dengan begitu, Anda dapat melihat website yang dapat terlihat profesional, meski tidak terlalu ahli dalam hal scripting. Anda hanya perlu mengaktifkan layanan yang disediakan, melihat berbagai tema dan memilih yang paling cocok, lalu mempublikasikannya jika sudah merasa cukup.

Jadi, Ingin Membuat Template Website seperti Apa?

Berdasarkan berbagai penjelasan diatas, maka Anda dapat lebih mengetahui tentang apa itu template, yang pada dasarnya merupakan gabungan dari tema dan konten untuk sebuah website.

Selain itu, telah dipaparkan juga berbagai manfaat, kelebihan, kekurangan, dan contoh platform yang dapat digunakan untuk memilih template website.

Meski memiliki berbagai kelebihan, namun kekurangannya pun perlu diperhatikan supaya tidak salah memilih. Jika Anda ingin membuat website untuk berbagai keperluan profesional, misalnya untuk bisnis atau instansi tertentu, maka ada baiknya untuk lebih mempertimbangkan berbagai hal tersebut.

Maka dari itu, jika merasa tidak puas dengan beragam template yang tersedia, maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional dari Indonesian Writer.

Dengan menggunakan jasa tersebut, maka Anda bisa menciptakan website yang terjamin kualitas dan desainnya.

Selanjutnya, setelah memahami apa itu template, mungkin Anda juga ingin mencari informasi lainnya tentang platform digital. Silakan kunjungi laman blog kami dan mari temukan berbagai informasi menarik lainnya!

jasa pembuatan website

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


en_USEnglish
Promo Jasa Copywriting Landing Page