No ratings yet.

Berbagai Tempat Wisata Menarik yang Hanya Dapat Ditemukan di Jogja

Jogja rasanya tak henti hadir dengan beragam wisata terbaru yang siap memukau para wisatawan. Membicarakan wisata Jogja memang tak pernah ada habisnya.

Ada banyak tempat wisata menarik yang siap memberikan pengalaman berbeda untuk pengunjungnya.

Bagi yang akan berlibur ke Jogja, ada beberapa rekomendasi tempat wisata yang akan dibahas lebih lanjut di sini.

Penasaran ada apa saja?

Yuk simak lebih dahulu ulasannya di sini.

Deretan Tempat Wisata Jogja Ini Wajib Untuk Dikunjungi

Jogja dan wisata nampaknya menjadi dua hal yang sangat susah untuk dipisahkan. Ada banyak tempat wisata terbaru di Jogja yang siap untuk dijelajahi para wisatawan.

Jika biasanya Jogja identik dengan Tugu, Malioboro, serta alun-alun kali ini akan dihadirkan beberapa rekomendasi wisata lain yang dapat dikunjungi ketika di Jogja selain tiga wisata wajib tersebut.

1. Menantang Adrenalin di Goa Jomblang

Wisata yang pertama hadir dari Goa Jomblang yang terletak di Gunung Kidul.  Goa yang satu ini menjadi alternatif wisata yang wajib bagi para pencinta kegiatan ekstrem serta memicu adrenalin.

Pasalnya dalam goa yang biasa dijuluki goa vertikal ini pengunjung diajak untuk masuk ke dalam goa dengan menggunakan tali.

Medan yang harus ditempuh untuk mencapai dasar goa pun bervariasi, mulai dari 15 sampai dengan 80 meter. Tak hanya medannya yang bervariasi, jalur yang digunakan untuk terjun ke dalam goa juga beragam.

Untuk jalur pertama adalah jalur pemula dengan kedalaman 15 meter, lalu jalur B dan C yang masing-masing berkedalaman 60 serta 40 meter dan terakhir jalur utama, 80 meter.

Untuk mencapai goa ini perjalanan dapat ditempuh selama 1,5 jam dari pusat kota Jogja.

Tiket masuk pada lokasi goa gratis hanya perlu izin terlebih dahulu pada Kepala Duku yang berada di daerah goa tersebut berada. Lalu bagi yang ingin masuk ke dalam goa disediakan jasa operator dengan kisaran harga antara Rp. 450.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.

2. Jelajah Wisata Sejarah Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg merupakan sebuah bangunan benteng yang letaknya persis di depan Gedung Agung serta Kraton Kesultanan Yogyakarta. Sekarang bangunan benteng yang satu ini dialih fungsikan sebagai sebuah museum.

Di dalam museum Benteng Vredeburg dipamerkan beragam barang peninggalan sejarah Indonesia.

Selain itu juga terdapat miniatur, diorama serta replika berbagai kejadian sejarah yang berarti untuk bangsa Indonesia.

Jadi pengunjung dapat berwisata sekaligus belajar mengenai sejarah bangsa Indonesia di museum ini.

Bagi yang ingin berkunjung ke museum ini letaknya dekat Stasiun Tugu. Untuk masuk ke dalam museum, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Selain tiket masuk yang harus dibayarkan adalah tiket parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor serta Rp. 5.000 bagi mobil.

3. Menyelami Seluk Beluk Situs Warungboto

Menjelajah wisata Jogja rasanya tak ada habisnya. Kali ini wisata yang dibahas datang dari tempat di dekat Malioboro. Tempat wisata yang dimaksud adalah Situs Warungboto yang populer dan banyak dicari wisatawan.

Situs Warungboto dahulunya merupakan tempat pemandian yang biasa disebut dengan Pesanggrahan. Pemandian ini pertama kali dibangun ketika pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I.

Selanjutnya pembangunan pemandian ini diteruskan oleh Sultan Hamengkubuwono II.

Saat ini Situs Warungboto menyisakan pemandangan cantik dari tembok bekas pemandian yang memiliki sudut-sudut unik. Salah satu sudut yang terkenal adalah kolam dengan bentuk persegi dan lingkaran yang memiliki sumber air tepat di bagian tengahnya.

Pengunjung yang ingin masuk tempat wisata ini hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3.000 saja.

4.  Wisata Seru bareng Anak di Kids Fun Park

Jogja rupanya juga menyimpan tempat wisata terbaru untuk anak, yaitu Kids Fun Park. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bagi yang ingin menghabiskan waktu bermain wahana dengan anak.

Pasalnya taman bermain ini menyajikan beragam wahana khusus untuk anak-anak.

Mulai dari waterboom, wall climbing sampai dengan wisata memacu adrenalin seperti flying fox dapat dicoba di sini.

Untuk masuk ke dalamnya pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk antara Rp. 22.500 sampai dengan Rp. 69.000 saja, tergantung jenis tiket yang dipilih.

5. Nikmati Keindahan Malam di Bukit Bintang

Ada banyak tempat wisata Jogja malam hari yang juga menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bukit bintang. Di Bukit Bintang pengunjung diajak untuk menikmati keindahan Jogja dari atas bukit, sehingga terlihat lampu-lampu yang menyerupai bintang.

Bukit Hargo Dumilah ,atau yang dikenal dengan nama Bukit Bintang, belakang ini berkembang menjadi salah satu tempat wisata populer di Jogja.

Keindahan Jogja dari ketinggian yang ditawarkan bukti ini menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi sembari menikmati keindahan Jogja, pengunjung juga dapat sekaligus berwisata kuliner di sekitar Bukit Bintang.

Jogja siap menghadirkan ragam tempat wisata yang akan memberikan kesan menarik bagi pengunjung.

Setiap waktu selalu hadir tempat-tempat wisata Jogja baru yang sayang untuk dilewatkan.

Jadi tak ada salahnya untuk mencoba tempat wisata yang ada di Jogja, seperti kelima tempat wisata di atas.

BERIKAN RATING PADA KAMI :