SEO Content Writer untuk Tingkatkan Traffic

SEO Content Writer untuk Tingkatkan Traffic

No ratings yet.

Penjelasan Tentang Apa Itu SEO Content Writer

SEO content writer adalah seorang penulis artikel. Namun, media yang digunakan untuk mem-publish tulisannya adalah website atau blog. Berbeda dengan penulis artikel biasa, seorang pembuat artikel SEO friendly harus paham dasar-dasar SEO.

Saat ini, content writer tidak hanya harus pandai menulis. Selain itu, juga harus tahu cara menulis artikel yang ramah untuk mesin pencari.

Namun, artikel harus tetap human readable. Intinya, artikel harus dioptimasi SEO agar mudah dirayap mesin pencari, tapi tetap nyaman dibaca.

Kelebihan Seorang SEO Content Writer

SEO content writer adalah penulis yang paham cara membuat tulisan yang menarik, dan tahu dasar-dasar SEO.

Melihat dari skill yang dimilikinya, tentu mereka akan memberi banyak benefit bagi perusahaan. Beberapa kelebihan penulis artikel SEO di antaranya seperti:

1. Meningkatkan Traffic Website

Artikel SEO friendly adalah tulang punggung optimasi SEO. Seberapa kuat pun optimasi SEO suatu perusahaan, jika artikel tidak berkualitas, maka website atau blognya akan jauh tertinggal.

Pasalnya, pengguna internet selalu membutuhkan sebuah artikel yang informatif. Artikel yang memberi mereka informasi lengkap dan relevan terkait apa yang dicarinya.

2. Menghemat Pengeluaran Biaya Marketing

Setiap perusahaan memerlukan biaya pemasaran. Tujuannya untuk memperluas jaringan informasi produk atau jasanya.

Jenis-jenis sistem marketing sendiri cukup beragam, ada yang manual, maupun digital. Dari sekian banyak jenis pemasaran, artikel SEO adalah yang paling murah.

Artikel SEO berfungsi untuk mengenalkan produk atau jasa suatu perusahaan.

Jika artikel yang dibuat berkualitas, maka tidak akan memakan waktu lama untuk meningkatkan penghasilan suatu perusahaan.

3. Meningkatkan Brand Perusahaan

Artikel yang menempati peringkat pertama Google, akan mendapatkan jumlah traffic yang fantastis.

Semakin tinggi jumlah pengunjung, maka semakin baik untuk brand perusahaan. Dengan begitu, orang akan lebih cepat mengenal suatu produk maupun jasa.

Konten pada website pun bisa menjadi sebuah brand awareness. Masyarakat akan tahu apa saja manfaat dan kelebihan produk atau jasa suatu perusahaan.

Meskipun setelah membaca mereka tidak melakukan transaksi, tapi ini akan menjadi nilai lebih. Suatu saat, jika mereka membutuhkan jasa atau produknya, mereka tahu harus menghubungi ke mana.

Jasa-content-writer-untuk-brand-awareness

Contoh Content Writer

Seperti apa sih jenis artikel SEO itu? Pada dasarnya bentuk tulisannya sama saja. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya.

Yaitu, terkait optimasi SEO yang harus diaplikasikan pada artikel. Untuk lebih jelasnya, berikut kami gambarkan melalui poin-poin di bawah ini:

  • Riset Keyword

Sebelum membuat artikel, seorang content writer profesional wajib meriset keyword. Misalnya, artikel yang dibuat bertema gadget.

Kemudian mencari keyword yang relevan. Seperti misalnya “harga gadget murah 2019”. Kemudian, keyword tersebut menjadi tema artikel yang dibuat.

Tujuan riset keyword agar tahu apa yang saat ini sedang dicari oleh pengguna internet di Google.

  • Menempatkan Keyword Pada Artikel

Keyword tadi akan menjadi tema, dan diaplikasikan pada artikel. Penggunaannya tidak boleh berlebihan.

Penempatan keyword wajib ada di judul, paragraf pertama, dan akhir. Tujuannya agar mudah dirayap oleh mesin pencari. Dengan begitu, artikel akan mudah dilacak oleh Google.

  • Judul Artikel yang Menarik

Judul adalah bagian artikel yang muncul pada hasil pencarian di mesin pencari. Maka dari itu, judul harus dibuat semenarik mungkin.

Namun, judul juga tidak boleh mengandung unsur click bait.

  • Artikel Berisi Minimal 500 Kata

Artikel SEO friendly harus memiliki minimal 500 kata. Untuk jumlah maksimalnya, bisa dibilang tidak terbatas. Sebuah artikel bahkan bisa mencapai 3000 kata.

Akan tetapi, semakin banyak jumlah kata, maka harus semakin bervariatif juga pembahasannya.

Jumlah kata juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jika 1000 kata sudah cukup menjelaskan suatu tema, maka tidak ada alasan untuk menambahnya.

  • Artikel Bersifat Informatif dan Bermanfaat

Artikel SEO biasanya dibuat dengan isi yang bermanfaat. Selain itu, dibuat seinformatif mungkin. Karena, artikel semacam inilah yang biasanya banyak dicari. Artikel yang bermanfaat sangat disukai Google.

Terlebih jika pengguna internet betah berlama-lama membacanya. Tentu hal tersebut akan membuat website-nya semakin berkualitas di mata Google.

jasa-seo-content-writer

Bagaimana Jika Perusahaan Tidak Bisa Membuat Artikel SEO?

Jika suatu perusahaan tidak bisa membuat artikel SEO, maka ada dua solusinya. Pertama bisa merekrutnya untuk dijadikan karyawan, kedua dengan menggunakan jasa content writer.

Dengan kedua cara itulah perusahaan bisa membuat konten berkualitas. Bahkan, melalui jasa pembuatan artikel, perusahaan bisa menghemat pengeluaran marketing. Karena, tidak perlu menggaji karyawan baru.

Demikian penjelasan seputar SEO content writer. Di era saat ini, profesi tersebut sangat dibutuhkan. Selain untuk marketing, juga bermanfaat untuk company branding.

Content writer akan membuat sebuah artikel berbobot untuk membantu pemasaran dan brand awareness perusahaan.

Peranannya benar-benar sangat dibutuhkan, khususnya oleh perusahaan yang bergelut dalam bidang e-commerce. Semoga bermanfaat!

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Anda!

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu