5 Hal yang Wajib Diketahui oleh Penulis Artikel

penulis artikel adalah

Daftar Isi

Ini Dia 5 Hal yang Harus diketahui Sebelum Anda Menjadi Penulis Artikel

Apa Itu Penulis Artikel?

Penulis artikel adalah seseorang yang memiliki keahlian merangkai kata, penulisan fakta dan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Pembuatan artikel biasanya bertujuan untuk membujuk, mengedukasi, meyakinkan, maupun menghibur para pembaca.

Salah satu profesi penulis artikel yang cukup populer yaitu content writer untuk website. Tugasnya yaitu membuat artikel untuk konten website.

Fungsi konten tulisan pada website bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pemilik website bisa menyesuaikannya dengan strategi pemasaran masing-masing.

Dalam dunia digital marketing, tulisan juga tidak selamanya harus berupa promosi dan penjualan saja.

Seorang content writer umumnya akan mengikuti aturan dari klien atau pemilik website. Sederhananya, mereka akan menulis sebuah konten menarik sesuai dengan brief yang diinginkan klien.

apa itu penulis artikel

Siapa Saja yang Bisa Menulis Artikel?

Artikel bisa ditulis oleh siapa saja. Setiap orang bisa menulisnya kecuali untuk jenis artikel ilmiah. Berbeda dengan jenis artikel biasa, penulisan artikel ilmiah tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang. Wajib dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya.

Profesi content writer umumnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah seorang freelancer, dan kedua adalah penulis yang mendapatkan kontrak dari suatu perusahaan.

Untuk seorang freelance content writer, jenjang pendidikannya bisa tergolong bebas. Seorang lulusan SMA, SMK, bahkan SMP pun bisa berprofesi menjadi seorang penulis di website. Syaratnya hanya memiliki kemampuan menulis yang baik.

Sedangkan untuk seorang content writer yang dikontrak di perusahaan, biasanya minimum lulusan D3. Selain itu, jurusannya pun harus sesuai dengan content website tersebut. Contohnya, seorang lulusan DKV S1, menulis konten seputar desain.

Kesimpulannya, siapa saja bisa menjadi penulis untuk website. Namun, seorang yang ingin menjadi content writer, juga harus menguasai beberapa keahlian berikut:

  • Memiliki keahlian menulis yang baik.
  • Mempunyai wawasan yang luas dalam bidang teknologi.
  • Mampu menulis konten sesuai dengan keinginan klien.
  • Peka terhadap perkembangan trend penulisan artikel sesuai kebutuhan zaman.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa siapa saja bisa menjadi seorang content writer. Mulai dari serang ibu rumah tangga, pelajar, dan kalangan-kalangan lainnya. Asalkan memiliki keahlian yang kami jelaskan di atas.

Fungsi Penulis Artikel bagi Website

Seorang penulis artikel untuk website berfungsi untuk menaikkan ranking di mesin pencari, menulis konten informatif, maupun tulisan-tulisan yang bersifat soft selling. Penulis artikel website juga berfungsi untuk meningkatkan traffic maupun meningkatkan penjualan produk/layanan.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami sudah merangkum fungsi-fungsinya secara detail di bawah ini:

1. Meningkatkan Ranking di Mesin Pencari

Ada sebuah istilah dalam dunia digital marketing yang berbunyi “content is king”. Istilah ini adalah benar adanya. Konten yang berkualitas akan membawa suatu website pada posisi paling tinggi di mesin pencari.

Artinya, dengan konten yang bagus, website bisa muncul di halaman utama Google. Dengan begitu, jumlah pengunjung website pun akan ikut meningkat.

2. Menjelaskan Produk dan Layanan

Seorang content writer juga berperan untuk mengenalkan produk maupun layanan suatu perusahaan. Melalui tulisannya, pembaca bisa mengetahui apa sebenarnya yang sedang ditawarkan oleh perusahaan.

Selain itu, content writer juga akan membahas secara detail keunggulan produk maupun layanan. Dengan begitu, calon customer yang membacanya akan tertarik untuk membeli. Atau setidaknya tahu kelebihan apa yang mereka dapatkan jika membelinya.

3. Langkah Awal untuk Berkontribusi di Media Sosial

Saat ini hampir semua badan usaha memiliki media sosial. Fungsi media sosial dalam bisnis pun tergolong cukup banyak. Salah satunya yaitu untuk membagikan konten website.

Konten pada website bisa menjadi jembatan yang mempertemukan suatu brand dengan audiens. Cara membagikannya pun cukup mudah karena saat ini sudah tersedia fitur share social media pada website.

4. Memudahkan Pemilik Usaha untuk Menjaring Konsumen

Posting artikel secara rutin akan membantu suatu brand untuk menjaring banyak customer baru. Itulah kenapa, seorang content writer tidak selalu harus menulis tentang promosi dan pemasaran produk maupun layanan saja.

Seorang penulis konten website, juga harus bisa membuat tulisan yang memiliki benefit bagi pembaca. Contohnya tulisan-tulisan informatif yang dapat menambah wawasan pembaca. Namun tetap relevan dengan produk atau layanan pada website.

5. Memudahkan Investor untuk Menemukan Suatu Brand

Jalinan kerjasama juga bisa berawal dari sebuah konten website. Semakin bagus ranking website di mesin pencari, maka semakin mudah para customer maupun investor untuk menemukannya.

Selain mendapatkan calon customer, pelaku usaha juga berpeluang untuk mendapatkan mitra bisnis. Hal ini tentu menjadi angin segar yang akan membantu mengembangkan bisnis menjadi semakin besar.

Cara Mencari Penulis Artikel yang Tepat untuk Website?

Penulis artikel website bisa dicari di sebuah layanan jasa penulis artikel. Atau Anda juga bisa membuka lowongan pekerjaan di bidang tersebut agar mendapatkan penulis dengan keahliante? Berikut caranya:

1. Memahami SEO (Search Engine Optimization)

Seorang content writer harus tahu apa itu SEO meskipun tidak terlalu mendalam. Yang terpenting adalah tahu bagaimana menulis artikel yang SEO friendly. Tujuannya agar mesin pencari mudah merayap tulisan tersebut.

Seorang content writer harus tahu kriteria tulisan yang SEO friendly. Beberapa kriteria tersebut seperti penempatan keyword yang tepat pada artikel, tulisan tidak copy paste, riset kata kunci, dan lainnya.

2. Memiliki Kemampuan Riset yang Baik

Sebelum menulis, seorang content writer harus paham terlebih dahulu tentang apa yang akan mereka tulis. Contohnya tulisan tentang layanan wisata. Penulis harus tahu dulu tentang perusahaan klien.

Itulah kenapa, kemampuan riset yang baik sangat menentukan hasil dari tulisan. Dengan begitu, penulis bisa menjelaskan keunggulan dari produk maupun layanan. Selain itu juga tahu bagaimana cara membuat tulisan informatif yang relevan.

3. Mencari Layanan Jasa Penulis Artikel

Ada cara cepat dan mudah untuk menemukan seorang content writer yang andal. Caranya adalah dengan mencari layanan jasa content writing atau jasa penulis artikel. Perusahaan jasa tersebut umumnya memiliki penulis yang sudah paham bagaimana cara menulis artikel yang tepat untuk website.

Anda juga bisa meminta portofolio hasil tulisan yang telah mereka kerjakan. Dengan begitu, tidak sulit bagi siapa saja untuk menemukan penulis yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana Cara Menjadi Penulis Artikel yang Dibayar?

Untuk menjadi seorang penulis artikel website yang dibayar, seseorang bisa bergabung dengan perusahaan jasa content writing. Atau bisa juga dengan membuka layanan sendiri. Namun, calon penulis harus tahu dulu bagaimana cara membuat artikel website yang baik dan benar.

Banyak yang membutuhkan jasa seorang penulis konten di website. Namun sayangnya tidak semua orang tahu cara menjadi penulis yang dibayar. Untuk lebih jelas cara menjadi penulis artikel yang dibayar, berikut kami sudah merangkumnya.

  • Menulis artikel sesuai dengan keahlian untuk dijadikan sebagai sampel Bisa juga menulisnya di website pribadi. Artikel ini bisa Anda tunjukan kepada klien sebagai portofilio.
  • Mencari lowongan pekerjaan penulis artikel. Siapa saja bisa mencarinya di Google, Linkedin, maupun media sosial.
  • Terus mengasah keterampilan menulis dan menambah wawasan. Semakin luas wawasan seorang penulis, semakin banyak tema job artikel yang bisa diambil.

Itulah informasi seputar profesi penulis artikel. Saat ini, profesi penulis, khususnya untuk website memiliki peran yang sangat vital. Bahkan, perannya mampu membantu suatu perusahaan untuk mendongkrak penghasilan menjadi lebih baik.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo