Hilyatun Najiyah

Hilyatun Najiyah

Ziya adalah penulis digital marketing berpengalaman 3 tahun yang berkomitmen membantu bisnis mencapai targetnya melalui konten digital. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Content » 9 Jenis Penulis Artikel dan Tips Mudah untuk Memilihnya

9 Jenis Penulis Artikel dan Tips Mudah untuk Memilihnya

Penulis artikel

Daftar Isi

Saat ini tidak sedikit pebisnis yang menggunakan media online untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki, jika dibandingkan dengan media offline. Namun, untuk membuat konten yang menarik dan dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, Anda membutuhkan penulis artikel atau penulis konten. 

Sebenarnya, apa itu penulis konten? Apa peran penting yang dimilikinya? Berikut ulasan selengkapnya!

Pengertian dan Peran Penting Penulis Artikel

Penulis artikel merupakan seseorang yang memiliki tugas menulis artikel dengan tujuan menghibur pembaca, memberikan informasi serta mengedukasi. Umumnya, sebelum menulis artikel, nantinya penulis akan mengembangkan kata kunci, judul konten, dan erat kaitannya dengan SEO. 

Tentu saja tujuannya agar konten yang dibuat dapat dengan mudah ditemukan mesin pencari. Contoh konten yang dibuat penulis konten ini seperti email newsletter, blog post, e-book, artikel Koran dan yang lainnya.

Lantas, apa peran yang dimiliki content writer ini? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penulis konten memiliki tanggung jawab untuk memproduksi konten sebaik mungkin yang nantinya akan di post di berbagai media perusahaan. 

Artikel ini memiliki tujuan untuk membantu perusahaan menunjukkan produk mereka pada publik serta membangun brand awareness.

penulis artikel

Jenis-jenis Content Writer

Ada berbagai jenis penulis artikel yang muncul sekarang ini. Berikut beberapa jenis penulis tersebut, antara lain:

  • Technical Writer

Jenis yang pertama adalah technical writer. Ketika mendengar kata technical writer, mungkin terdengar sangat asing. Pada dasarnya, technical writer merupakan bidang kepenulisan yang membutuhkan kemampuan lebih. 

Umumnya, technical writer memiliki kemampuan mendalam di salah satu bidang. Sehingga, tulisan yang dibuat oleh seorang technical writer akan mencakup pembahasan yang rinci serta disertai dengan instruksi dan arahan. 

Beberapa contoh penulisan technical writer ini seperti rencana desain, dokumentasi teknis, materi pelatihan dan yang lainnya. 

  • Copywriter

Untuk jenis penulis artikel yang satu ini, mungkin Anda sering mendengarnya. Apalagi jika bukan copywriter. Di luar negeri, seorang copywriter yang sudah memiliki pengalaman mumpuni akan dibayar dengan mahal. 

Copywriter juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Hal ini karena mereka dapat mempengaruhi minat serta antusiasme dari calon pelanggan terhadap sebuah produk dan meningkatkan kepercayaan dari konsumen. 

  • Penulis Media Sosial

Menjadi platform yang terkesan sempurna untuk melakukan branding perusahaan, media sosial sekarang sering dijadikan sebagai senjata bagi pebisnis untuk melancarkan marketing yang dimilikinya. 

Namun, tentu saja keberhasilan konten marketing ini disebabkan oleh penulis media sosial yang sudah merancang kalimat dengan baik. Seperti nama yang dimilikinya, penulis media sosial adalah penulis yang bertugas untuk mengisi konten media sosial dengan bentuk tulisan. 

  • Reviewer

Jenis penulis artikel ini sebenarnya khusus di artikel review. Reviewer harus mempunyai pengetahuan pada produk atau jasa yang akan diulasnya. Oleh sebab itu, sebelum penulis reviewer menulis, mereka akan melakukan riset mendalam terlebih dahulu. 

Review yang dilakukan bisa beragam mulai dari drama, buku, film, produk kecantikan, gadget dan yang lainnya. penulis reviewer harus dapat memberikan informasi sekaligus menghibur di dalam sebuah tulisannya, tanpa terlihat jika mereka sedang me-review sebuah objek.

Baca juga : Jasa tulis artikel rewrite harga terjangkau

  • Business Writer

Sebenarnya, seperti apa penulis business writer ini? Penulis business writer umumnya bekerja untuk surat kabar atau majalah. Pembaca dari penulis business writer ini umumnya berasal dari kalangan profesional serta memiliki penghasilan di atas rata-rata. 

Tentu saja menjadi seorang business writer tidak mudah, serta harus mempunyai pengalaman dan kemampuan mumpuni di bidang ekonomi dan bisnis. Bahkan, pengetahuan yang dimiliki business writer minimal harus menyamai pengetahuan yang dimiliki pembacanya. 

Biasanya, business writer akan membahas mengenai seluk beluk bisnis tertentu, perkembangan bisnis di era modern saat ini, dan yang lainnya. 

  • Academic Writer

Bagaimana dengan academic writer? Academic writer ini merupakan penulis yang berkecimpung di bidang pendidikan seperti jurnal keilmuan, ilmiah, jurnal akademik dan lainnya. Sehingga, academic writer ini begitu lekat di bidang pendidikan tertentu. 

  • Columnist

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, penulis columnist merupakan penulis konten yang menulis mengenai gaya hidup atau trend yang sedang hits atau berkembang di masyarakat. 

Columnist umumnya harus menulis seminggu sekali di kolom yang telah disediakan untuk setiap surat kabar atau majalah. 

Biasanya, yang mengisi kolom merupakan orang terkenal atau wartawan yang memang sudah memiliki nama di media tertentu. 

  • Article Writers

Penulis yang membuat tulisa pendek mengenai sebuah topic, berita dan jenis lainnya dapat disebut article writers. Topic yang ditulis oleh article writers bisa mengenai kuliner, kesehatan, wisata, keuangan dan yang lainnya. 

Tentu saja article writers ini mempunyai kemampuan menulis menggunakan gaya bahasa yang fresh, ringkas, kreatif serta tidak monoton. Hal tersebut disebabkan karena target pembaca dari article writers ini dapat berasal dari berbagai macam kalangan. 

Article writers ini umumnya bekerja dengan fleksibel atau penuh waktu. Namun, jangan samakan article writers ini dengan wartawan, karena tidak semua article writers disebut dengan wartawan. 

  • Penulis SEO

Dalam meningkatkan traffic, konten memegang peran yang begitu penting. Bahkan dengan konten yang sesuai, menempati posisi halaman pertama Google dapat terwujud. Seperti nama yang dimilikinya, penulis SEO merupakan penulis yang khusus menulis artikel sesuai dengan target SEO. 

Penulis SEO harus mampu mengatur penempatan kata kunci konten, menulis dengan topic menarik dan lainnya, sehingga mesin pencari bisa dengan mudah mendeteksinya.

Cara Memilih Penulis Artikel yang Tepat

Agar dapat memilih jasa content writer dengan tepat, berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Pilih Jasa Penulis yang Memahami Masalah Anda

Saat akan menggunakan salah satu jasa penulis artikel, tentu saja Anda akan menjalin diskusi terlebih dulu. Anda dapat menceritakan seperti apa masalah yang sedang dihadapi dan tujuan yang ingin Anda capai dengan menggunakan jasa tersebut. 

penulis artikel

Sebagai sebuah jasa penulis, tentu saja mereka harus dapat memberikan ide atau saran pada masalah yang sedang Anda hadapi. Contohnya, mereka mampu memberikan ide topik konten sesuai dengan tema bisnis Anda. 

Atau, mereka mampu memberikan jenis artikel yang cocok sesuai dengan bisnis. Dengan saran yang mereka berikan saat ini, dapat terlihat seperti apa kualitas serta kreativitas dari jasa penulis yang akan Anda gunakan. 

  • Dapat Menghasilkan Artikel Berkualitas

Ketika memilih penulis artikel, Anda dapat memperhatikan konten-konten yang sudah mereka buat sebelumnya. Agar dapat mengetahuinya, Anda dapat melihat hasil konten dari portofolio yang umumnya di-upload di website. 

Kemudian, lihat beberapa hal dari portofolio yang mereka miliki. Contohnya saja seperti apakah konten yang mereka buat bisa dipahami dengan baik. Kemudian apakah penjelasan tersebut tepat sasaran atau berbelit-belit dan hanya mengejar jumlah kata. 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan, apakah konten yang dihasilkan mempunyai variasi, seperti terdapat tambahan gambar, sehingga konten yang mereka buat akan lebih menarik perhatian dari pembaca. 

  • Penulisan Berbasis SEO

Bukan hanya sekedar kualitas, tetapi konten yang mereka hasilkan juga harus berbasis SEO, sehingga konten yang sudah dibuat dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencari. Anda harus memastikan apakah jasa penulis tersebut memahami teknik SEO terbaru atau tidak. 

Anda juga dapat bertanya, seperti apa SEO sebenarnya dan seperti apa teknik yang mereka gunakan. Bila mereka dapat menjelaskan dengan baik, berarti mereka sudah memahami teknik penulisan berbasis SEO. 

  • Memiliki Kemampuan Riset yang Mumpuni

Sebuah jasa penulis seharusnya mempunyai tim riset atau tim analisa yang bagus. Tujuannya, agar nantinya artikel yang ditulis benar-benar akurat serta dapat menghasilkan konten dengan kredibilitas tinggi. 

Kemampuan riset ini dapat dilihat dari portofolio mereka. Apakah mereka memasukkan sumber terpercaya, kemudian sedalam apa artikel yang mereka bahas. 

Setelah mengenal sejumlah hal mengenai penulis artikel, apakah Anda akan berencana menggunakan service jasa penulis artikel? Bila demikian, IndonesianWriter dapat dijadikan sebagai  pilihan tepat. IndonesianWriter mempunyai tim yang berpengalaman dan dapat menghasilkan konten yang mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan. 

Bahkan, artikel yang dibuat IndonesianWriter memiliki nilai tinggi di mata Google. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi customer service kami sekarang juga! 

jasa penulis artikel

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page