Mengenal Layanan Jasa Content Marketing dan Manfaatnya

jasa content marketing profesional

Daftar Isi

Mengenal Jasa Content Marketing dan Peranannya Bagi Bisnis

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing yaitu teknik marketing yang melibatkan sebuah konten untuk menarik minat audiens. Dan dewasa ini jasa content marketing sudah banyak kita jumpai di berbagai platform.

Kriteria content marketing yang bagus yaitu harus bersifat penting, konsisten, dan juga relevan. Artinya Anda tidak boleh asal membuatnya. Anda perlu memperhatikan 3 aspek tersebut pada saat membuatnya.

Konten yang dibuat harus bersifat penting untuk diketahui oleh audiens. Selain itu juga harus relevan dengan bisnis Anda, dan terakhir harus dilakukan secara konsisten.

Content marketing yang dibuat juga harus mampu mencapai tujuan akhir, yaitu mengonversi audiens menjadi customer. Artinya tujuan dibuatnya konten tersebut tidak untuk menghibur audiens.

Apa Itu Jasa Content Marketing?

Jasa content marketing adalah layanan pembuatan content marketing profesional. Layanan ini membantu para pelaku usaha yang tidak bisa membuatnya agar memiliki konten penjualan yang bagus.

Seorang jasa content marketing tahu bagaimana cara membuat konten pemasaran yang cocok. Mereka punya keahlian untuk melakukan riset secara mendalam terhadap brand, kemudian membuat konten yang relevan dengan bisnis yang sedang dijalankan.

contoh strategi content marketing

Apa Contoh Content Marketing?

Content marketing ada banyak macamnya, ada yang berupa video, story telling, halaman website, media sosial, hingga ilustrasi. Berikut ulasannya:

  1.  Video

Konten video merupakan jenis content marketing yang paling prospektif. Konten video bisa menjelaskan secara gamblang terkait produk maupun jasa yang Anda jual. Bahkan konten ini banyak disukai karena mampu menjelaskan secara visual maupun verbal.

Selain itu, konten video juga bisa dimanfaatkan pada berbagai platform. Contoh platform yang bisa memuat konten video seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan sebagainya.

  1.  Story Telling

Konten story telling kini sedang populer di media sosial seperti Facebook. Konten ini berupa tulisan yang dibangun menggunakan cerita yang menghipnotis pembacanya. Tanpa disadari, pembaca telah hanyut pada perangkap soft selling si penulis.

Story telling cocok untuk berbagai jenis pemasaran. Selain untuk pemasaran produk, juga cocok untuk pemasaran jasa.

  1.   Halaman Website

Situs merupakan salah satu media yang cocok untuk  mengembangkan konten marketing. Website bahkan sering digunakan oleh para pelaku usaha untuk menyampaikan produk dan layanan mereka.

Website atau blog bisa memuat artikel-artikel yang informatif bagi para audiens. Selain itu, Anda juga bisa membangun artikel-artikel yang bersifat soft selling.

  1.  Media Sosial

Platform media sosial dapat membantu pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Media sosial bisa digunakan untuk pembuatan content marketing. Bahkan ada banyak pilihan konten yang bisa Anda gunakan.

Di media sosial Anda bisa memanfaatkan fitur konten gambar, video, hingga tulisan. Bahkan media sosial juga sudah sering digunakan sebagai media layanan pelanggan agar bisa fast respon.

  1.  Ilustrasi

Desain ilustrasi saat ini menjadi salah satu konten yang powerful. Content marketing ini sering diaplikasikan pada media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Gambar ilustrasi akan memperjelas maksud suatu teks bacaan. Selain itu, dengan gambar ini, Anda bisa menjelaskan informasi secara jelas dan menarik kepada audiens.

Apa Fungsi Content Marketing?

Fungsi content marketing sendiri yaitu bertujuan untuk kegiatan pemasaran atau promosi. Konten ini memiliki nilai dan manfaat untuk pelaku usaha maupun untuk pelanggan.

Manfaat content marketing untuk pelaku usaha yaitu mampu mengonversi audiens menjadi pembeli. Selain itu, konten pemasaran tersebut juga mampu meningkatkan pendapatan suatu usaha.

Sedangkan manfaatnya untuk pelanggan yaitu menambah wawasan terkait keunggulan dan manfaat suatu produk maupun jasa.

Seorang jasa content marketing harus mengerti hal hal diatas agar bisa membuat konten yang bisa meningkatkan pemasaran produk atau jasa.

Mengapa Perusahaan Harus Menggunakan Jasa Content Marketing?

Perusahaan membutuhkan jasa content marketing biasanya untuk membantu mengoptimalkan pembuatan content marketing agar perusahaan bisa fokus pada pengembangan usaha, selain itu bisa menghemat waktu dan biaya juga. Berikut penjelasannya:

  1.  Mengoptimalkan Pembuatan Content Marketing

Tidak semua pemilik perusahaan memiliki keahlian di bidang pembuatan content marketing. Itulah kenapa, jasa content marketing bisa menjadi solusi yang tepat bagi setiap pelaku usaha.

Mereka mampu membuat konten yang relevan dengan bisnis yang dijalankan. Selain itu, mereka juga tahu bagaimana cara membuat konten untuk berbagai platform, baik itu media sosial, website, dan lainnya.

  1.  Membantu Agar  Fokus Pada Pengembangan Usaha

Dengan menggunakan jasa pembuat konten pemasaran, maka pemilik usaha bisa fokus ke hal lainnya. Misalnya pada pengembangan usaha yang selama ini belum optimal. Pasalnya, pembuatan konten pemasaran sudah dipercayakan kepada ahlinya.

Pelaku usaha bisa fokus pada hal-hal lain seperti pengoptimalan layanan customer service, menjaga kualitas produk atau jasa, dan sebagainya.

  1.  Menghemat Waktu dan Biaya

Mempelajari content marketing memerlukan waktu yang tidak sebentar. Selain itu, untuk mempelajarinya secara optimal dibutuhkan pelatihan-pelatihan hingga seminar. Hal tersebut tentu akan membuat waktu dan biaya banyak terbuang.

Jasa content marketing adalah solusi untuk menghemat waktu dan biaya tersebut. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi harus belajar dan mengeluarkan biaya untuk pelatihan dan sebagainya.

  1. Membantu Mengoptimalkan Pemasaran Usaha

Percayakan pemasaran digital pada jasa pembuat konten pemasaran. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada pemasaran offline sehingga pemasaran usaha Anda bisa menjadi lebih optimal.

Menjalankan pemasaran secara online dan offline akan membantu menciptakan peluang penjualan lebih besar.

  1.  Membantu Menjaga Kualitas Konten Perusahaan

Jasa pembuat konten pemasaran tidak hanya ahli membuat konten yang menjual. Mereka juga tahu bagaimana cara membuat sebuah konten agar disukai dan memiliki engagement baik di media sosial.

Artinya konten yang mereka buat memiliki kualitas yang jempolan. Dengan begitu kualitas konten pada platform website, media sosial, dan lainnya akan tetap terjaga.

jasa content marketing

Kelebihan Content Marketing

Kelebihan content marketing yaitu dapat menjadikan audiens menjadi customer, mampu meningkatkan kepercayaan customer, bisa dijadikan investasi jangka panjang, membantu meningkatkan traffic website, meningkatkan brand awareness, meningkatkan kualitas SEO, dan meningkatkan engagement.

  1.  Mengonversi Audiens Menjadi Customer

Tujuan utama pembuatan konten yaitu untuk mengonversi audiens menjadi pembeli. Hal ini tidak hanya berlaku untuk konten di website saja, juga berlaku untuk konten-konten pemasaran yang Anda posting di media sosial, dan berbagai platform lainnya.

Ada banyak teknik pembuatan konten yang mampu menghipnotis audiens. Salah satu teknik yang biasanya digunakan yaitu tipe konten soft selling.

  1.  Meningkatkan Kepercayaan Customer

Kepercayaan pelanggan tidak timbul begitu saja. Setiap pelaku usaha harus membangun kepercayaan pelanggan agar brand  yang mereka miliki mendapatkan kredibilitas yang baik di mata customer.

Content marketing adalah salah satu upaya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Konten ini juga cocok untuk penjualan produk maupun jasa.

Kenapa content marketing bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan? Karena, sebelum membeli produk atau menggunakan jasa secara online, biasanya calon pelanggan akan melakukan riset terlebih dahulu.

Dengan konten pemasaran, Anda bisa meyakinkan audiens atau calon pelanggan yang sedang melakukan riset.

  1.   Sebagai Investasi Jangka Panjang

Satu konten pemasaran yang Anda buat bisa bertahan lama. Bahkan bisa bertahan selama platform yang Anda gunakan aktif. Hal ini berbanding terbalik dengan konten iklan yang hanya untuk waktu-waktu terbatas.

Content marketing bisa bertahan hingga bertahun-tahun selama konten tersebut masih tetap relevan. Bahkan Anda bisa melakukan update konten agar sesuai dengan tren saat ini.

  1.  Membantu Meningkatkan Trafik Website

Ketika konten pemasaran tersebut digunakan untuk website, maka akan berdampak pada peningkatan jumlah trafik. Terutama jika jasa konten marketing yang Anda percayakan, paham bagaimana cara menulis artikel yang SEO friendly.

Traffic dan konversi audiens adalah dua elemen penting untuk meningkatkan penjualan. Ketika jumlah trafik yang semakin tinggi, kemudian konten mampu mengonversi audiens menjadi pelanggan, di situlah penjualan pun semakin meningkat.

Konten artikel di dalam sebuah website masuk ke dalam kategori SEO On Page yang berkaitan juga dengan kenyamanan visitor.

  1.  Meningkatkan Brand Awareness

Konten yang Anda posting dapat memberikan topik baru untuk dibicarakan kepada audiens. Contohnya Anda menjual produk sepatu, kemudian membuat tips membedakan sepatu branded dan palsu.

Ketika ada teman Anda yang meminta pendapat cara membedakan sepatu branded dan palsu, maka link konten marketing Anda bisa dibagikan kepada mereka yang membutuhkan informasi tersebut.

Selain itu, konten tersebut juga berpotensi untuk dibagikan kembali oleh audiens lain yang membacanya. Dengan begitu, brand Anda akan semakin dikenal di berbagai kalangan masyarakat.

  1.  Bagus untuk Meningkatkan Kualitas SEO

Di dalam sebuah website, konten adalah raja dan menjadi elemen penting. Konten artikel juga menjadi pondasi SEO. Artikel utama pada website juga menjadi pondasi untuk membangun backlink.

Selain menjadi pondasi backlink, artikel juga menjadi bagian dari SEO On Page. Itu artinya, artikel merupakan content marketing yang juga bagus untuk meningkatkan kualitas SEO pada suatu website.

  1.  Meningkatkan Engagement

Semakin menarik konten yang dibuat maka semakin tinggi tingkat engagement yang didapatkan. Selain itu, konten tersebut akan mempermudah proses interaksi Anda dengan audiens sehingga mudah mengembangkan kedekatan personal.

Cara Kerja Content Marketing?

Content marketing memiliki cara kerja yang unik. Pertama konten tersebut akan dilihat atau dibaca oleh audiens. Setelah itu, audiens akan mendapatkan informasi yang bermanfaat dari konten yang dibuat.

Konten yang bersifat soft selling, kemudian akan membuat audiens tertarik untuk membeli produk maupun jasa yang ditawarkan. Pasalnya, konten tersebut mampu membangun brand image yang bagus di mata audiens.

fungsi content marketing

Tugas Pembuat Content Marketing

Tugas seorang jasa content marketing sangat banyak, mulai dari membuat konten berkualitas dan relevan, membuat konten sesuai tren, hingga harus mampu mendefinisikan audiens. Berikut ulasan lebih jelasnya:

  1.  Membuat Konten Berkualitas dan Relevan

Berkualitas saja tidaklah cukup. Konten pemasaran yang dibuat juga harus relevan dengan bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan.

Contohnya seperti konten bersifat soft selling pada perusahaan sepatu. Tema konten bisa berupa tips seperti merawat sepatu. Selain informatif, konten tetap relevan dengan produk yang dijual.

  1.  Membuat Konten Sesuai Trend

Mengikuti trend yang sedang populer adalah salah satu kunci sukses agar konten tersebut berpotensi viral. Cara mencari konten yang sedang trend pun cukup mudah. Salah satu caranya yaitu melalui Google Trends.

Silahkan pilih topik yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Namun tetap perhatikan relevansinya dengan bisnis Anda.

Contohnya untuk sepatu, sedangkan yang sedang trend adalah pembahasan tentang sepeda. Maka buatlah artikel informatif yang berisi rekomendasi sepatu untuk bersepeda. Pastikan juga sepatu tersebut tersedia di toko Anda.

  1.  Harus Bisa Mendefinisikan Audiens

Mengetahui target audiens juga merupakan tugas dari jasa pembuat konten pemasaran. Mereka harus tahu siapa calon customer perusahaan Anda. tujuannya agar konten yang dibuat bisa tepat pada sasaran.

Mendefinisikan audiens juga akan memudahkan proses pembuatan konten yang sesuai kebutuhan. Entah itu untuk jenis konten yang mendidik, menghibur, dan juga konten yang mampu mengubah pola pikir audiens.

Kenali juga definisi audiens secara mendalam mulai dari karakteristik, pendapatan, lokasi geografis, hingga pekerjaan.

Contohnya untuk bisnis sepatu olahraga. Kenali siapa audiens yang membutuhkan sepatu tersebut. Untuk usia berapa saja sepatu tersebut digunakan.

  1.  Mendistribusikan Konten

Konten didistribusikan sesuai dengan platform yang digunakan. Contohnya jenis konten pemasaran berjenis artikel SEO friendly yang tentunya akan didistribusikan pada website atau blog.

Seorang jasa content marketing juga harus bisa mendistribusikannya. Baik itu melalui blog, website, social media, dan sebagainya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka konten harus didistribusikan secara rutin di beberapa platform. Tujuannya agar bisa menjangkau audiens yang lebih banyak.

  1.  Melakukan Repurpose Terhadap Konten

Selain membuat konten baru yang fresh dan original, membuat repurpose content juga menjadi hal yang menarik. Repurpose content adalah membuat kembali topik yang pernah dibuat namun dengan gaya penyampaian yang berbeda.

Informasi yang sudah lama, bisa kembali ditampilkan dengan update terbaru sesuai dengan tren yang berkembang saat ini. Selain itu, jenis konten ini juga bisa menghemat waktu Anda.

  1.  Mampu Menetapkan Tujuan Pembuatan Konten

Tujuan konten harus jelas sebelum proses pembuatannya dimulai. Tujuan utama dari content marketing yaitu mengonversi audiens menjadi customer.

Setelah mengetahui tujuannya, kemudian buatlah target pencapaian. Contohnya, 9 dari 10 konten yang dibuat harus mampu meningkatkan penjualan bisnis.

Meski begitu, untuk bisa mencapai target tersebut,  diperlukan sebuah konten yang menarik.

Selain itu, konten tersebut juga harus didistribusikan secara berkala. Artinya konten tidak boleh langsung diposting semuanya. Contohnya 10 konten untuk 10 hari, dan per harinya 1 artikel yang di-posting.

  1.  Membuat Konten Sesuai Prinsip ATM  (Amati, Tiru, Modifikasi)

Pada dasarnya, terbilang sulit untuk membuat konten yang benar-benar original saat ini. Contoh kasus seperti membuat konten bertema “cara membedakan berlian asli dengan yang palsu”.

Tema di atas bisa ditemukan dengan mudah di internet. Bahkan ada banyak sekali konten serupa. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk satu tema saja.

Itulah kenapa, pembuat konten harus tahu cara membuat konten sesuai prinsip ATM. Pertama amati konten yang sudah ada, kedua tiru, lalu tahap akhir lakukan modifikasi agar terhindar dari copy paste atau plagiarisme.

jasa digital content marketing

Tips Memilih Jasa Content Marketing

Sebelum memilih jasa content marketing, Anda harus cek terlebih dahulu kualitas portofolio yang diberikan, hingga mengecek pengalaman dan pelayanannya.

  1.  Cek Kualitas Melalui Portofolio

Penyedia layanan pembuat konten marketing ternama biasanya sudah memiliki official website sendiri. Melalui website tersebut, biasanya terdapat portofolio atau contoh pengerjaan konten yang pernah mereka proses.

Cek kualitas konten yang sudah mereka buat melalui portofolio tersebut. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui seberapa bagus kualitas konten yang mereka buat.

  1.  Berpengalaman

Ketahui seberapa sering mereka membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda. Cek informasinya melalui portofolio. Pastikan mereka sudah sering menangani job pembuatan konten yang sama dengan produk atau jasa Anda.

Pengalaman yang relevan dengan bisnis Anda, akan membantu mereka untuk mengoptimalkan konten yang Anda inginkan.

  1.  Pelayanan Terjamin

Jangan lupa juga untuk mengecek pelayanan yang jasa content marketing tersebut miliki. Contohnya waktu pengerjaan, fast respon pada setiap pertanyaan yang Anda ajukan, dan pelayanan lainnya yang memudahkan Anda saat proses penggunaan jasa mereka.

Kualitas dan pelayanan harus berbanding lurus. Pelayanan yang baik akan membantu Anda mengoptimalkan pendistribusian konten di berbagai platform atau channel.

Kesimpulan

Content marketing merupakan salah satu konten yang penting untuk meningkatkan prospek penjualan. Karena konten ini mampu mengonversi audiens menjadi pembeli. Terutama jika pembuatan konten dipercayakan pada jasa pembuat content marketing terpercaya.

Demikian penjelasan seputar jasa content marketing  dan juga informasi lain terkait fungsi dan manfaatnya. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang jasa content marketing di ranah digital marketing.

 

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.