Contoh Content Marketing di Media Sosial Instagram dan Facebook

contoh content marketing facebook instagram

Daftar Isi

Contoh Content Marketing untuk Instagram dan Facebook

Jasa Penulis Konten – Tak sulit untuk menemukan contoh content marketing yang tersebar di Instagram maupun Facebook. Biasanya berupa cerita video, foto produk dengan resolusi tinggi, konten kuis, hingga konten kolaborasi.

Jika ingin memanfaatkan strategi marketing melalui dua media sosial ini maka penting sekali untuk melakukan riset terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa contoh content marketing yang ada di media sosial Instagram dan Facebook untuk dijadikan inspirasi:

  1. Cerita Berbasis Video

Salah satu jenis konten yang saat ini banyak diminati dan bisa mendatangkan pengaruh besar adalah konten berbasis video. Dalam sebuah video, Anda bisa menampilkan produk maupun penawaran jasa dengan lebih lengkap dan jelas. Tampilan video biasanya mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah diterima oleh audiens.

Saat ini Instagram dan Facebook memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video dengan durasi yang memadai untuk sebuah konten iklan. Bahkan Instagram sekarang sudah menyediakan fitur Reels yang juga memungkinkan pengguna mengunggah video marketing dengan sangat apik.

Agar video marketing yang diunggah memang menarik dan bisa dinikmati, maka sajikan juga cerita dalam video tersebut. Sudah ada banyak brand yang menyajikan video marketing dalam bentuk alur cerita menarik. Angkat masalah yang sering dialami oleh audiens dan tampilkan produk Anda sebagai solusi dari masalah tersebut.

  1. Foto Produk Resolusi Tinggi

Banyak juga jenis brand yang menyajikan konten marketing dalam bentuk foto. Contoh content marketing yang dikemas dalam bentuk foto bisa dilihat di akun milik brand Rolex. Brand jam tangan ternama ini menyajikan konten marketing yang simpel namun tetap menarik perhatian.

Konten yang disajikan ada dalam bentuk foto-foto dengan resolusi yang tinggi. Jenis konten ini terlihat sangat sederhana, mudah dibuat, namun tetap memberikan informasi yang lengkap bagi audiens. Foto beresolusi tinggi ini justru menarik audiens karena bisa melihat dengan jelas seperti apa produk yang ditawarkan.

Jika Anda ingin membuat konten marketing sejenis ini maka bisa dilakukan pengambilan foto dengan beragam konsep yang unik. Selain itu resolusi gambar juga harus diperhatikan dengan baik agar bisa menampilkan produk sejelas mungkin. Tonjolkan juga kelebihan produk lewat foto yang diunggah sebagai konten marketing tersebut.

membuat konten menarik

  1. Konten Kuis

Contoh content marketing berikutnya adalah kuis yang melibatkan audiens atau followers Anda. Instagram sendiri sekarang menyediakan fitur khusus yang mempermudah penggunanya untuk menyelenggarakan kuis. Kuis-kuis ini bisa membantu Anda untuk berinteraksi dengan konsumen sekaligus melancarkan strategi konten marketing yang menarik.

Berikan pernyataan-pernyataan kuis yang mengarah ke produk Anda. Cara ini juga sangat efektif untuk melihat seperti apa ekspektasi audiens terhadap produk yang Anda tawarkan. Ajak audiens untuk berpartisipasi dalam kuis dengan memberikan imbalan berupa diskon misalnya.

  1. Konten Kolaborasi

Salah satu langkah pembuatan konten marketing yang juga efektif untuk dicoba saat ini adalah konten kolaborasi. Pembuatan konten kolaborasi dinilai bisa efektif menarik perhatian audiens. Apalagi jika kolaborasi dilakukan bersama dengan pihak lain yang juga populer dan memiliki influence di kalangan masyarakat.

Namun, pembuatan konten kolaborasi ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Anda harus mempersiapkan konsep konten sebaik mungkin. Pihak yang diajak untuk berkolaborasi juga harus dipikirkan matang-matang. Pastikan bahwa proyek kolaborasi ini bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak dan dapat membawa efek positif bagi bisnis Anda.

contoh content marketing

Kriteria Konten Marketing yang Baik dan Menarik

Konten marketing yang bagus harus mampu menyampaikan informasi dengan baik, bersifat mengajak, mampu memberikan konversi, dan bisa menghibur audiens.

Anda juga harus paham seperti apa contoh content marketing yang baik dan bisa memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Berikut penjelasan kriteria konten marketing yang baik:

  1. Bisa Menyampaikan Informasi

Konten marketing harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas kepada audiens. Tujuan dari pembuatan konten ini adalah untuk menyampaikan informasi produk sejelas mungkin. Oleh sebab itu perlu konten yang bagus harus bisa memberikan informasi hingga audiens dapat memahaminya.

  1. Bersifat Mengajak

Penting sekali untuk membuat konten marketing yang bisa mengajak audiens melakukan tindakan tertentu. Misalnya mengajak audiens untuk mengikuti akun Anda, membeli produk, atau mungkin membagikan informasi produk kepada orang lain. Pastikan konten tersebut bersifat ajakan agar bisa memberikan efek yang positif bagi bisnis Anda.

  1. Mampu Memberi Konversi

Sebuah konten marketing juga harus bisa memberikan konversi. Konversi di sini maksudnya adalah konten harus bisa membuat target audiens mengambil pilihan yang menuju kepada Anda. Misalnya bagi para digital influencer, konten yang dibuat harus bisa mengarahkan audiens untuk mem-follow akun Anda.

  1. Bisa Menghibur Audiens

Meskipun konten dibuat untuk tujuan marketing, namun konten ini harus tetap bisa menghibur audiens. Pastikan konten yang dibuat memiliki nilai hiburan bagi audiens. Dengan begitu target audiens pun dapat menikmati konten dan akhirnya tertarik dengan penawaran yang diberikan.

Amati beragam contoh content marketing yang bisa Anda temukan di berbagai platform. Anda bisa menerapkan konsep ATM, Amati Tiru Modifikasi, sehingga bisa menghasilkan konten marketing sendiri. Pastikan untuk menjaga orisinalitas pembuatan konten marketing yang Anda rilis.

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

promo