Ini Dia Ulasan Lengkap Tentang Content Creator

content creator

Daftar Isi

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah orang yang bekerja membuat sebuah konten yang kemudian disebarkan di media digital. Sementara itu State of Digital Publishing mengartikan profesi ini sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab terhadap semua jenis informasi yang ada di media, khususnya media digital.

Profesi ini tidak hanya bertugas membuat konten namun juga membagikan konten tersebut agar bisa dinikmati oleh banyak orang. Umumnya mereka akan membagikan konten ke berbagai jenis platform mulai dari media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Selain itu mereka juga akan membagikan konten ini di platform lain seperti blog maupun e-book.

Sebelum menyelami profesi ini lebih dalam lagi, mari cari tahu kriteria yang perlu dipenuhi oleh seorang pembuat konten. Berikut adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh orang yang menekuni profesi ini:

  • Memiliki kemauan untuk terus belajar
  • Memiliki niat untuk menggali kreativitas
  • Menguasai pembuatan tools pendukung pembuatan konten
  • Mempunyai kemampuan riset yang baik
  • Memiliki skill komunikasi yang bagus
  • Memahami dunia digital

content creator

Bagaimana Memulai Bisnis Content Creator?

Jika Anda ingin menjadi konten creator, mulailah dengan mencari referensi dengan melakukan riset, mulai menyusun ide, pelajari target audiens Anda, siapkan konten orisinal, dan bangun koneksi Anda.

Jenis profesi satu ini sekarang begitu banyak diminati. Profesi content creator dinilai sebagai sebuah profesi yang menyenangkan dan menghasilkan keuntungan besar. Banyak sekali anak muda yang saat ini mulai terjun di dunia pembuatan konten. Jika Anda salah satunya, berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai sekarang:

  1. Carilah Referensi dengan Melakukan Riset

Langkah pertama jika ingin masuk ke lingkungan profesi ini adalah melakukan riset. Riset sangat penting untuk dilakukan oleh para pembuat konten. Itulah mengapa salah satu kriteria pembuat konten yang baik adalah memiliki kemampuan riset yang bagus. Lewat riset ini, pembuat konten bisa terus menggali ide kreatifnya.

Riset dapat dilakukan lewat berbagai macam cara. Mulai dari membaca, menonton banyak video, berdiskusi dengan content creator yang lain, dan masih banyak lagi. Saat ini media pendukung sudah begitu lengkap sehingga tak sulit untuk melakukan riset demi kelancaran pembuatan konten Anda.

  1. Mulai Belajar Menyusun Ide

Selanjutnya mulailah belajar menyusun ide. Setiap konten creator harus punya bidang interest tersendiri. Bidang interest ini nanti yang akan diangkat sebagai topik untuk setiap jenis konten yang akan dirilis ke publik. Jika sudah menentukan bidang interest apa yang disukai dan ingin diolah menjadi konten, maka segera susun ide konten Anda.

Tak perlu langsung praktik membuat konten. Tuliskan dulu ide yang dimiliki. Dari ide tersebut kembangkan lagi rencana konsep Anda. Apa saja yang akan dibahas di dalam konten, bagaimana cara konten dikemas, dan lain sebagainya. Tuliskan saja dulu sebelum rencana ide ini agar nanti bisa dievaluasi dan diwujudkan.

  1. Pelajari Audiens yang Ditargetkan

Setiap content creator harus memahami siapa target audiens mereka. Perlu diketahui bahwa setiap jenis konten memiliki peminat masing-masing. Ada target audiens berbeda dalam setiap jenis konten yang beredar di media digital. Anda juga tidak bisa membidik semua orang untuk menonton konten Anda, harus ada kelompok audiens tertentu yang dijadikan sebagai target.

Berdasarkan bidang interest yang tadi sudah dipilih, tentukan target audiens konten Anda. Pahami lebih jauh siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan lain sebagainya. Jika Anda bisa memahami karakter orang-orang yang menjadi target audiens, maka akan lebih mudah untuk membuat konten yang menarik perhatian mereka.

  1. Siapkan Konten Orisinal

Segera siapkan konten yang akan dirilis dan dibagikan ke publik. Perlu diketahui bahwa konten yang dipersiapkan ini harus orisinal. Sebagai konten creator, kreativitas untuk menghasilkan konten yang orisinal sangat dibutuhkan. Mengamati konten orang lain sah-sah saja hukumnya namun tidak boleh menjiplak karya tersebut dan dijadikan konten sendiri.

Berdasarkan ide yang tadi sudah ditulis, segera realisasikan konten pertama Anda. Konten pertama ini harus memiliki konsep yang matang dan pastikan orisinal. Itulah mengapa penting melakukan riset dan mencari sebanyak mungkin referensi agar tidak terjadi tindak plagiarisme dalam pembuatan konten Anda.

  1. Lakukan Kurasi Konten Lainnya

Seorang pembuat konten ternyata tidak hanya bekerja membuat kontennya sendiri. Lebih dari itu, content creator juga bisa membagikan konten-konten milik orang lain. Tak sekadar membagikan, mereka juga perlu melakukan kurasi untuk konten yang sudah dibuat tersebut.

Bagikan konten milik orang lain lalu tambahkan komentar sendiri mengenai konten tersebut. Tambahkan informasi yang penting terkait konten yang Anda bagikan tadi. Langkah ini sangat efektif untuk meningkatkan personal brand bagi Anda yang ingin memulai karier sebagai pembuat konten profesional.

  1. Bangun Koneksi

Penting sekali untuk membangun koneksi dengan pembuat konten lainnya. Jalin hubungan yang baik dengan para konten creator agar Anda bisa bertahan di industri ini. Cari sebanyak mungkin ilmu dari para pembuat konten yang sudah berpengalaman.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa merencanakan pembuatan konten kolaborasi dengan konten creator lainnya. Konten kolaborasi ini bisa membantu meningkatkan popularitas dan nilai dari konten yang Anda buat. Pilih konten creator yang memiliki bidang interest serupa untuk menghasilkan karya kolaborasi.

Langkah-langkah memulai bisnis pembuatan konten ini harus didasari dengan satu prinsip utama yaitu percaya diri! Mulailah perjalanan sebagai content creator dengan rasa percaya diri. Jika tidak ada kepercayaan diri maka akan sulit untuk membuat konten dan membagikannya kepada orang lain.

content creator instagram, youtube, tiktok

Apa yang Dilakukan Jasa Content Creator Youtube, Instagram, TikTok?

Para penyedia jasa konten creator Youtube, Instagram, maupun TikTok memiliki beberapa job desk yang dikerjakan, mulai dari riset konten, membuat konsep, merealisasikan konten, hingga akhirnya konten diupload di berbagai platform.

Berikut adalah beberapa tugas yang perlu dilakukan oleh para pembuat konten di media sosial tersebut:

  • Melakukan riset sebelum pembuatan konten
  • Membuat konsep konten sesuai tujuan dan target audiens
  • Merealisasikan pembuatan konten untuk diunggah ke platform yang tepat
  • Membagikan konten yang sudah diunggah agar dilihat oleh semakin banyak orang

Biasanya pembuatan konten di media sosial ini dilakukan untuk kepentingan bisnis. Toko-toko online yang ada di media sosial umumnya akan menggunakan jasa konten creator untuk membuat konten marketing yang bagus. Konten marketing ini dibutuhkan oleh mereka untuk membantu merangkul lebih banyak target konsumen dan meningkatkan angka penjualan.

Berapa Gaji Content Creator?

Pembuat konten pemula bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp2.000.000,00 per bulan. Seiring dengan meningkatnya skill dan semakin banyak catatan konten yang dibuat, maka penghasilan ini bisa bertambah. Pembuat konten pun bisa mendapatkan gaji hingga Rp5.000.000,00 per bulan.

Setiap membahas mengenai sebuah profesi, tentu pembicaraan mengenai gaji tak bisa dihindari. Apalagi jika Anda memang tertarik untuk menekuni profesi ini, tentu saja harus tahu berapa banyak gaji yang bisa didapatkan dari sini. Profesi konten creator itu sendiri merupakan sebuah tipe pekerjaan yang menjanjikan.

Perlu dipahami dulu bahwa konten creator bekerja berdasarkan kreativitas dan nilai uang yang mereka dapat akan sangat dipengaruhi oleh karya yang dihasilkan. Tidak ada acuan pasti berapa besar uang yang akan diterima oleh pembuat konten. Hanya bisa diberikan kisaran gaji yang mungkin juga bisa terpaut jauh dari kenyataannya di lapangan.

Tidak berhenti sampai di sini, penghasilan seorang pembuat konten bisa bertambah semakin besar lagi. Bahkan sudah ada banyak konten creator profesional yang mendapatkan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta setiap bulan. Namun, tentunya untuk mencapai posisi ini dibutuhkan kerja keras dan skill yang mumpuni dalam pembuatan konten berkualitas.

Ada beberapa hal yang bisa memengaruhi nilai penghasilan seorang pembuat konten. Berikut adalah beberapa faktor yang berpengaruh pada perolehan gaji profesi ini:

  • Jenis konten yang dihasilkan
  • Kualitas konten
  • Klien yang meminta dibuatkan konten
  • Jumlah penikmat konten

Poin terakhir sangat berpengaruh pada besarnya penghasilan content creator. Inilah alasan mengapa seorang pembuat konten harus berusaha mendapatkan viewers sebanyak mungkin setelah konten berhasil dirilis. Konten harus didistribusikan ke berbagai platform dan harus ada usaha promosi untuk membuat konten tersebut dinikmati oleh semakin banyak orang.

ide content creator

Contoh Ide Content Creator yang Banyak Dicari

Ide konten yang banyak dicari saat ini adalah komedi, informasi menarik, travelling, review produk, dan make up. Berikut alasannya:

  1. Komedi

Konten komedi hingga detik ini selalu sukses menarik banyak peminat. Konten-konten lucu yang ringan jauh lebih diminati karena memang dianggap sangat menghibur. Jenis konten ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi untuk menjangkau lebih banyak target audiens.

  1. Informasi Menarik

Konten informasi juga masih memiliki banyak peminat. Beragam jenis bidang interest bisa dikemas dalam bentuk konten informasi. Untuk membuat jenis konten ini maka posisikan diri sebagai orang yang membagikan informasi namun tidak menggurui. Jika informasi yang dibagikan akurat dan bermanfaat, konten Anda sudah pasti akan banyak dilihat.

  1. Travelling

Ide konten yang memuat tema travelling juga masih banyak diburu saat ini. Hampir semua orang suka traveling sehingga konten sejenis ini akan selalu memiliki peminat. Travelling vlog bisa jadi pilihan tepat jika Anda pun suka jalan-jalan sambil membuat konten.

  1. Review Produk

Konten satu ini juga cukup menjanjikan untuk ditekuni. Banyak sekali audiens yang tertarik untuk menonton konten review produk. Anda bisa memilih jenis produk tertentu untuk direview. Biasanya jenis konten ini akan selalu mendapatkan viewers karena memang isi informasinya selalu dibutuhkan.

  1. Make Up

Bagi Anda yang menargetkan kaum perempuan sebagai audiens maka ide konten make up bisa jadi pilihan. Tutorial make up dan review produk make up bisa diangkat sebagai topik konten. Jenis konten ini pasti akan bermanfaat dan mendapatkan angka  viewers yang memuaskan.

Selain konten yang menarik, Anda juga harus bisa mendistribusikannya. Oleh karena itu Anda membutuhkan yang namanya strategi konten marketing.

Semakin tertarik bekerja sebagai content creator? Profesi ini tidaklah mudah untuk ditekuni namun sangat menyenangkan untuk dijalani. Segera bangun skill untuk membuat konten-konten menarik dan buat track record yang baik dalam dunia pembuatan konten ini.

 

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on reddit
Reddit

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.