Cara Membuat Website Sederhana dan Mudah untuk Pemula

Cara Membuat Website Sederhana dan Mudah untuk Pemula

No ratings yet.

Cara Membuat Website dengan WordPress Dari Nol Sampai Siap Launching

Penggunaan website saat ini menjadi penting bagi pebisnis dalam bidang apapun. Ada yang menggunakan website gratis ataupun yang berbayar.

Nah, bagaimana cara membuat website dari nol sampai siap launching dengan menggunakan wordpress?

Baca artikel ini sampai akhir!

WordPress merupakan sebuah platform untuk membuat website yang paling populer. Saat ini banyak website yang menggunakan WordPress karena berbagai fitur yang menarik dan cara penggunaannya yang terbilang mudah.

Untuk bisa mempraktekkan cara membuat website, ada dua komponen yang harus dimiliki agar website bisa diakses di internet. Komponen tersebut adalah domain dan hosting.

Sedangkan jenis website yang banyak beredar dan sering digunakan adalah web statik yang langsung ditulis dalam bentuk html,  toko online, blog, forum, sosial media, katalog, company profile, dan lain-lain.

Apalagi dengan banyaknya manfaat yang diperoleh dengan mempunyai website baik bagi individu maupun bagi sekolah, instansi, atau perusahaan yang ingin meningkatkan branding agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

cara membuat website wordpress

Sebelum masuk pada pembahasan cara membuat website, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada dua tipe WordPress yang bisa dipilih yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Perbedaannya terletak pada host aktualnya atau dengan kata lain, WordPress.com adalah versi yang free sedangkan WordPress.org adalah versi yang berbayar.

Kita tidak perlu membayar hosting dan domain saat menggunakan WordPress.com karena semua sudah tersedia secara gratis tapi dengan fasilitas yang terbatas.

Saat menggunakan WordPress.com, nama domain kita juga tidak memilih dengan leluasa karena harus ada kata WordPress.com di belakang nama domain kita, seperti www.namakita.Wordpress.com.

Akan berbeda jika kita menggunakan WordPress.org yang memberikan kebebasan untuk memilih nama domain kita sendiri, misalnya saja www.namakita.com. Selain itu, kita juga bebas menentukan kapasitas penyimpanan, bisa memasang iklan Adsense, plugin dan instal tema secara bebas.

cara membuat website wordpress

Berikut adalah cara membuat websitedengan menggunakan WordPress:

  1. Ketik alamat wordpress, yaitu http://wordpress.com
  2. Kemudian klik tulisan “get started
  3. Cara membuat website berikutnya adalah isi data pada tampilan di layar sesuai website yang ingin kita buat. Sebagai contoh, pilih blog bagi yang ingin websitenya tentang memberikan informasi berupa artikel atau info penting lain.
  4. Setelah data diisi, pada bagian bawah akan ada pilihan mengenai tingkat kesulitan website yang akan dibuat. Sebagai seorang pemula, sangat disarankan untuk memilih “beginner”. Kemudian klik “continue”.
  5. Pilih nama domain yang kita inginkan. Akan ada beberapa pilihan nama domain yang sesuai dengan nama yang sudah kita buat, pilihlah yang “free”. Domain yang muncul namanya menjadi “namayangkitapilih.Wordpress.com”.
  6. Kemudian akan ada tulisan “pilih yang sesuai dengan anda”. Jangan lupa untuk memilih kolom yang ada tulisan “free”.
  7. Langkah berikutnya untuk cara membuat website adalah memasukkan alamat email kita yang aktif, username dan password. Sebagai saran, pilihlah username yang sederhana, simpel dan mudah diingat. Jika sudah selesai, tekan “continue”.
  8. Akan muncul ucapan selamat karena berhasil membuat website. Kemudian tekan “view my site”.
  9. Pada layar monitor akan tampak tampilan dashboard website kita. Pada bagian atas terdapat tulisan “site title” Kita bisa merubahnya dengan cara :
  • Klik “my site” yang ada di bagian kiri atas monitor. Akan muncul beberapa pilihan.
  • Cari dan klik menu “setting”.
  • Ubah nama site title sesuai keinginan kita, misalnya diganti dengan nama domain.
  • Jangan lupa untuk ubah tagline situs kita juga selain merubah site title.
  • Tekan “save setting”.
  • Untuk melihat tampilan website kita, klik “view my site”. Posisinya ada di kiri atas.

10. Akhirnya cara membuat website selesai dan siap untuk digunakan.

Agar website yang sudah kita buat terhindar dari bahaya serangan para hacker, malware dan virus, sangat perlu sekali untuk mengetahui cara mengamankan website kita. Beberapa cara yang bisa kita praktekkan adalah:

  1. Jangan lupa untuk selalu melakukan update WordPress versi terbaru. Hal ini dimaksudkan agar celah yang terdapat pada versi sebelumnya bisa diatasi dengan versi terbaru yang sudah ada. Versi terbaru WordPress tersedia pada halaman dashboard, pastikan untuk selalu update versi terbaru agar keamanan website kita terjaga.
  2. Selain melakukan update pada WordPress, plugin juga harus dilakukan update agar terhindar dari serangan para hacker yang siap mengintai dan menutup bug yang ada.
  3. Jangan lupakan tema. Para hacker akan selalu mencari celah agar bisa dimanfaatkan. Ganti tema website kita dengan versi terbaru yang ada di menu “appearancetheme” yang ada di dashboard WordPress. Hapus tema lama yang sudah tidak digunakan lagi.

Cara membuat website sederhana dan mudah untuk pemula bisa dipelajari secara mandiri tanpa harus dibantu oleh seorang ahli. Tidak sulit bagi seorang  pemula untuk bisa memiliki sebuah website yang diinginkan. Jika ingin membuat desain yang premium, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Cukup dengan membaca ulasan di atas secara perlahan dan langsung dipraktekkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu