Anfa'ul Fitri

Anfa'ul Fitri

Fitri adalah seorang penulis topik website dengan pengalaman 4 tahun. Ia memiliki kemampuan menulis yang baik dan pengetahuan yang luas tentang berbagai topik. Ia dapat menulis artikel dan konten website yang informatif, menarik, dan bermanfaat bagi pembaca. Ikuti dia di LinkedIn
Home » Blog » Website » 5 Cara Membuat Website Sendiri Anti Ribet Lewat HP

5 Cara Membuat Website Sendiri Anti Ribet Lewat HP

cara membuat website sendiri

Daftar Isi

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Ribet

Cara Membuat Website Sendiri – Kebutuhan informasi di era digital membuat semua orang harus beralih ke media sosial atau platform internet, salah satunya adalah website. Hal inilah yang menyebabkan alasan membuat website semakin diperlukan, ditambah lagi dengan aktivitas yang dilakukan melalui website, salah satunya adalah untuk tujuan strategi promosi bisnis.

Lalu bagaimana cara membuat website sendiri?

Apakah sulit?

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Perubahan kebutuhan ini membuat website banyak digunakan orang, dan tidak jarang orang akan lebih memilih untuk memesan sebuah website di jasa website murah.

Apakah membuat website susah sehingga orang lebih memilih untuk meminta bantuan jasa pembuatan website? Sebenarnya cara membuat website cukup mudah karena tinggal mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Cara Membuat Website Lewat HP

Salah satu aplikasi website yang paling sering digunakan adalah WordPress. Untuk pembahasan kali ini, kita akan mengetahui cara membuat website sendiri di HP. Oleh karena itu, kita akan menggunakan WordPress.com. Berikut caranya.

1. Mengunduh WordPress

Langkah paling pertama adalah dengan mengunduh WordPress di ponselmu. Aplikasi ini bisa kamu temukan baik di perangkat Android maupun Apple.

Sebagai contoh, kita akan menggunakan Android. Untuk pengguna Apple tidak perlu khawatir karena prosesnya juga hampir sama.

cara membuat website sendiri

2. Login

Setelah kamu sudah selesai mengunduh, buka aplikasi dan login ke WordPress.com. Kamu bisa memasukkan alamat email yang telah kamu daftarkan ke WordPress.com atau kamu juga bisa menggunakan akun Google.

Hal yang perlu kamu lakukan setelah login adalah cek email untuk melakukan verifikasi pendaftaran. Dari email ini kamu akan mendapatkan link untuk verifikasi. Lanjutkan dengan proses pendaftaran dan klik daftar ke WordPress.com.

cara membuat website sendiri

3. Nama Website

Setelah berhasil login, kamu bisa membuat situs baru agar bisa memulai wordpress. Kamu bisa pilih nama domain yang ingin kamu gunakan.

Di akhirnya kamu akan mendapatkan wordpress.com. jangan lupa untuk klik buat situs. Setelah proses ini, nanti akan muncul tampilan situs yang telah dibuat. Pilih OK agar kamu bisa melanjutkan pengaturan.

cara membuat website sendiri

4. Pengaturan Website

Kalau kamu sudah bisa membuat situs website sesuai yang kamu inginkan, kamu langsung bisa lanjut untuk melakukan pengaturan lain seperti mengganti judul, slogan situs, dan juga logo.

Bagaimana cara untuk melakukannya? Kamu tinggal klik ke pengaturan situs dan bisa menemukan berbagai macam pengaturan yang tentunya bisa diubah sesuai dengan kebutuhanmu.

Lalu bagaimana dengan cara mengganti slogan? Cara yang dipakai sebenarnya sama dengan sebelumnya. Kamu tinggal memilih pengaturan situs dan pilih slogan. Selanjutnya kamu bisa memasukkan slogan yang sesuai dengan website dan tinggal tekan ok.

cara membuat website sendiri

5. Artikel Pertama

Sekarang saatnya kamu mencoba untuk membuat artikel atau halaman pertama kamu. Kamu tinggal tekan ikon plus (+) dan pilih pos blog. Ketika kamu sudah selesai menulis artikel, kamu bisa klik TERBITKAN pada bagian pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa pilih opsi PUBLIKASIKAN SEKARANG.

Bagaimana cara cek apakah artikel sudah berhasil dipublikasikan? Kamu bisa cek pada bagian dipublikasikan dan melihat artikel yang sudah berhasil kamu terbitkan.

cara membuat website sendiri

Itulah cara membuat website sendiri dengan menggunakan HP. Mudah dan simple bukan? Jika Anda ingin membuat situs website menggunakan HTML dan CSS, Anda dapat mengunjungi artikel berikut ini!

Keuntungan Atau Manfaat Membuat Website Sendiri

Setelah mengetahui tentang cara membuat website sendiri, sekarang saatnya untuk mengetahui juga tentang keuntungan atau manfaat membuat website sendiri.

Ada berbagai keuntungan dan manfaat dari website yang bisa kamu dapatkan, misalnya sumber informasi, alat branding dan marketing, serta media komunikasi.

Disamping kebutuhan yang sudah disebutkan sebelumnya tadi, ada juga manfaat lain yang bisa kamu rasakan yaitu untuk kepentingan pribadi, bisnis, sekolah, dan juga instansi.

Untuk bisnis terutama, perusahaan besar maupun kecil seperti UKM, saat ini hampir semua telah menggunakan website dan membangun situs mereka secara mandiri. Tidak hanya itu, saat ini ada berbagai blogger yang memanfaatkan website untuk mencari keuntungan.

1. Sebagai Sarana Komunikasi

Apakah mungkin website dijadikan sebagai media komunikasi? Tentu saja bisa. Ketika ingin berinteraksi dengan pengguna internet lain, kamu tidak perlu email, melalui media sosial atau bahkan aplikasi chat. Kamu bahkan sekarang bisa berkomunikasi real time melalui website.

Cara komunikasi ini biasanya memanfaatkan email personal situs web. Selain menggunakan email kamu juga bisa menggunakan kolom komentar.

2. Sebagai Sarana Informasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa fungsi utama dari website adalah untuk menyampaikan informasi kepada seluruh pengguna. Ini merupakan manfaat utama dari website dimana orang dapat memperoleh informasi secara cepat.

Contoh informasi yang bisa didapatkan dari website adalah berbagai jenis tutorial, edukasi, tips dan juga trik. Untuk perusahaan, website dapat berisi informasi mengenai profil perusahaan, portal berita, dan lainnya.

website Sebagai Sarana Informasi

3. Sebagai Sarana Transaksi Online (eCommerce)

Ini merupakan salah satu fungsi yang saat ini makin marak digunakan. Kamu pasti sudah tidak asing dengan transaksi jual beli di website kan? Website ini didesain untuk melayani pembelian secara online. dengan adanya situs eCommerce ini, proses pembelian dan penjualan juga terasa semakin mudah untuk dilakukan.

4. Sebagai Sarana Branding

Website juga bisa digunakan untuk kalangan pribadi sebagai media branding dengan mengisi berbagai jenis portofolio.

jasa website

Ingin membuat website namun bingung bagaimana cara membuat website sendiri? Kamu bisa mencoba untuk membuat websitemu sendiri dengan menggunakan langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa share artikel ini untuk orang disekitarmu ya!

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
WhatsApp
Reddit
Ingin membuat website bisnis yang profesional dan responsif?
Order sekarang dan dapatkan harga spesial!​

Subscribe Sekarang

Dapatkan secara langsung berbagai macam artikel tentang content writing, SEO dan digital marketing melalui email Anda. Subscribe sekarang dan nikmati konten kreatif kami!

Baca Juga Artikel Lainnya :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


id_IDIndonesian
Promo Jasa Copywriting Landing Page