STOP! Ini Dia Cara Membuat Artikel Menarik di Blog

STOP! Ini Dia Cara Membuat Artikel Menarik di Blog

No ratings yet.

Bagaimana Cara Membuat Artikel Menarik di Blog?

Apakah Anda tengah mencari cara membuat artikel menarik di blog?

Selamat! Anda berada di tempat yang tepat. Di sini, Anda akan mempelajari cara membuat artikel berkualitas yang menarik minat pengunjung blog.

Menulis artikel yang berkualitas membutuhkan dua hal, yakni konten yang bagus dan teknik penulisan yang baik. Untuk mendapatkan konten yang bagus, rajinlah membaca dan melakukan riset keyword teratas.

Luangkan waktu untuk mempelajari cara menulis SEO. Cukup banyak panduan cara membuat artikel SEO di internet. Dengan teknik ini, Anda dapat menghasilkan tulisan SEO Friendly yang sangat disukai oleh mesin pencari.

Dengan begitu, Anda dapat bersaing secara sehat dengan pemilik blog lain.

cara-membuat-artikel-seo-yang-menarik

6 Langkah Mudah Membuat Tulisan Lebih Menarik di Blog

Pada dasarnya, konten yang baik cukup mudah dibuat. Hanya saja, kebanyakan orang tidak menyadari hal ini padahal banyak sekali bahasan yang menarik untuk dijadikan sebagai artikel.

Dibandingkan dengan konten, teknik penulisan jauh lebih sulit. Namun, Anda dapat menguasai teknik ini sedikit demi sedikit dengan cara terus berlatih dan mencoba.

Lambat laun, artikel yang lemah akan berubah menjadi artikel yang kuat dengan isi konten berbobot dan berkualitas.

Agar lebih mudah dipahami, simak enam cara membuat artikel menarik di blog berikut ini.

1. Aturan Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan ide. Untuk menemukan ide cemerlang, Anda bisa memperbanyak bacaan, berkomunikasi dengan orang lain, ataupun bersantai.

Agar ide tersebut tidak hilang, catatlah di selembar kertas atau pada ponsel Anda. Selanjutnya, tentukan judul artikel dan beri deskripsi yang menarik. Judul yang baik biasanya memuat subjek, objek, dan predikat (SOP).

Jika Anda menggunakan teknik SEO, maka judul harus memuat keyword utama.

2. Aturan Kedua

Untuk menulis artikel yang menarik, Anda harus mampu mengatasi halangan terbesar dalam penulisan, yakni paragraf utama. Meskipun tampak sepele, paragraf utama memiliki peran penting dalam sebuah tulisan.

Paragraf pembuka yang terlalu bertele-tele di awal artikel membuat pembaca merasa malas. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kalimat pembuka yang singkat dan mudah dicerna oleh pembaca.

Anda bisa menggunakan pertanyaan yang menggemparkan atau membuat orang lain penasaran. Bisa juga dengan penjelasan singkat mengenai isi artikel secara keseluruhan.

3. Aturan Ketiga

Selalu gunakan paragraf pendek dengan kalimat yang menarik secara visual. Persingkat segalanya. Paragraf yang terlalu panjang seringkali membuat minat pembaca menghilang begitu saja. Alhasil, waktu kunjungan relatif singkat. Hanya sepersekian menit. Bahkan, sepersekian detik.

Lain halnya dengan paragraf pendek. Selain mudah dibaca, paragraf ini tampak lebih menarik dan membuat pembaca tidak menyadari panjang artikel sebenarnya. Namun, pastikan bahwa paragraf yang Anda buat berbobot, tidak kosong.

Tambahkah gambar sehingga pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel yang Anda tulis. Gambar pun dapat berfungsi sebagai penetral rasa bosan dan jenuh, terutama pada artikel panjang, lebih dari 1000 kata.

Selalu gunakan gambar dengan resolusi tinggi.

4. Aturan Keempat

Ketika melakukan pengeditan naskah, buang kalimat yang kurang penting. Jika terlalu panjang, maka persingkat. Jangan hanya terpaku pada jumlah kata, fokuskan pada isi artikel yang Anda buat.

Apakah sudah sesuai tema?

Apakah sudah berbobot? Apakah bermanfaat bagi orang lain?

Jika artikel Anda keluar dari fokus, maka lakukan perubahan. Tambahkan atau kurangi beberapa kalimat agar sesuai. Pengeditan memang cukup memakan waktu, tetapi hasilnya akan sebanding dengan pengorbanan Anda.

5. Aturan Kelima

Gunakan cerita untuk menarik perhatian pembaca. Cara ini sangat efektif. Pasalnya, Anda menyampaikan kisah yang mirip dengan pengalaman orang lain. Meskipun tampak remeh, orang lain justru menganggap ini sebagai hal yang menarik.

Mengalami kisah yang serupa secara tidak langsung telah membuat orang lain berempati terhadap Anda. Misalnya, Anda menulis artikel tentang cara menjaga kesehatan jantung.

Anda dapat menambahkan kisah nyata mengenai pengidap penyakit jantung atau pengalaman pribadi Anda.

Cara membuat artikel menarik di blog ini juga dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, Anda menjual obat herbal untuk menjaga kesehatan jantung.

Anda dapat menceritakan pengalaman pribadi selama mengonsumsi obat atau pengalaman orang lain.

Tekankan manfaat dari obat herbal tersebut. Anda boleh sedikit berimprovisasi, tetapi hindari terlalu berlebihan. Intinya, singkat, jelas, dan padat. Dijamin tulisan Anda akan memikat para pengunjung blog.

6. Aturan Keenam

Untuk menulis artikel yang bagus mulailah dengan menunjukkan poin penting atau alasan mengapa hal itu menjadi penting bagi pembaca. Presentasikan ide Anda sesuai urutan, yakni ilustrasi, penjelasan, dan kesimpulan.

Ilustrasi digunakan untuk meminimalisasi rasa bosan yang umum menyerang pembaca. Meskipun kurang masuk akal, terkadang ilustrasi justru dapat menarik minat pembaca. Utamanya, yang menyukai pemaparan secara mendetail.

Jika Anda kurang menyukai gaya tulisan dengan ilustrasi, maka gunakan paragraf singkat dengan kalimat tanya atau penegasan.

Jika Anda memiliki blog yang menggunakan teknik seo, Anda harus menyajikan artikel yang seo friendly Baca artikel berikut ini : cara menulis artikel seo friendly

tingkatkan-traffic-dengan-artikel-berkualitas

Selain menggunakan keenam aturan di atas, hal yang wajib untuk Anda lakukan adalah terus berlatih. Praktik merupakan guru terbaik. Dengan banyak berlatih, kosakata Anda akan semakin luas, Anda pun akan menemukan gaya tulisan yang sesuai dengan karakter.

Berlatih secara kontinu dapat membantu Anda menulis artikel dengan struktur yang bagus dan menarik dibaca.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis Anda.

Nah, ternyata cara membuat artikel menarik di blog tidak sesulit yang dibayangkan bukan

Yuk, mulai menulis! Jangan lupa bagikan artikel ini via media sosial ya!

Baca juga artikel kami yang membahas tentang cara menulis artikel bisnis.

BANTU KAMI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK. BERIKAN RATING PADA KAMI :

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu