10 Bisnis Online Tanpa Modal dan Cara Memulainya

Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Untung Besar

Bagi para millenial yang tertarik berbisnis, saat ini ada cukup banyak ide usaha yang bisa dikembangkan. Bahkan, beberapa di antaranya merupakan jenis bisnis online tanpa modal, yang artinya bisa dimulai kapan saja.

Nah, bagi yang sedang mencari ide bisnis, khususnya untuk kaum millenial, di sini akan dijelaskan beberapa rekomendasi yang mungkin cocok untuk Anda.  Berikut bisnis online terbaru tanpa modal yang potensial.

1. Jasa Desain Grafis

Dewasa ini, jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) sudah semakin populer. Jurusan tersebut mampu melahirkan seorang desainer-desainer grafis yang andal.

Skill desain grafis, bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis tanpa modal. Caranya adalah dengan menjual kemampuan Anda kepada orang yang membutuhkannya.

Jika Anda bukan lulusan DKV, jangan khawatir. Asalkan memiliki kemampuan di bidang terkait, dan juga paham membuat desain grafis sesuai kebutuhan klien, Anda bisa membuka layanan ini.

Cara Memulai Bisnis Desain Grafis

Jika Anda salah seorang yang memiliki kemampuan di bidang tersebut, Anda bisa memulai bisnis dengan cara berikut:

  1. Gunakan teknologi yang canggih untuk meningkatkan penjualan. Contohnya seperti memilih software desain terbaik dan kekinian. Atau, memilih perangkat yang mumpuni untuk memudahkan usaha Anda.
  2. Promosikan usaha melalui media online. Bisa menggunakan Facebook, Instagram, Linkedin, dan lainnya. Bisa juga dengan membuat website yang berisi portofolio desain yang Anda buat.
  3. Ketahui model desain grafis kekinian sesuai dengan tuntutan zaman. Terus kreatif agar usaha tetap tumbuh dan berkembang.
  4. Memperluas jaringan bisnis. Contohnya dengan cara berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan agar saling membantu dan saling menguntungkan.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menjual desain melalui website-website ‘toko online’ khusus yang menjual desain grafis. Berikut beberapa di antaranya:

  • co.id
  • com
  • co.id
  • com
  • Dan lain-lain

Berapa Penghasilan Bisnis Desain Grafis

Penghasilan seorang desainer grafis cukup beragam. Penghasilan yang didapat tergantung dari skill Anda dalam mengolah desain berbentuk logo perusahaan, desain banner, dan lainnya. Semakin bagus kualitas yang Anda miliki, tentu akan semakin tinggi penghasilan yang didapat.

Jasa desain grafis adalah bisnis tanpa modal 2020 dengan penghasilan mulai dari puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah per desain.

Tips Bisnis Jasa Desain Grafis  

Tertarik untuk bergelut di bidang bisnis tanpa modal 2020 yang satu ini? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

  1. Memahami apa yang diinginkan klien dan berusaha untuk mewujudkannya. Tujuannya agar klien puas dengan hasil desain Anda.
  2. Rencanakan bisnis secara matang. Perhatikan detail-detail penting, mulai dari software, perangkat yang digunakan, hingga pilihan koneksi internet yang bagus dan stabil.
  3. Pasang tarif sesuai dengan harga pasar.
  4. Meminta testimoni kepada pelanggan.

2. Dropship

Hingga saat ini, dropship masih menjadi bisnis online terpercaya yang tetap bertahan sejak lama. Bahkan, potensi dan peminatnya pun semakin besar.

Menjadi seorang dropshipper tidak memerlukan banyak skill. Sederhananya, bisnis ini yaitu menjual produk milik orang lain yang diambil dari supplier. Kemudian, Anda jual kepada konsumen dengan menggunakan brand atau nama usaha sendiri.

Cara Memulai Bisnis Dropship

Untuk memulai bisnis online ini, caranya terbilang gampang. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cari produk yang ingin dijual di marketplace atau supplier dengan harga beli murah.
  2. Jual kembali barang dari supplier. Contohnya, Anda membeli sepatu dari marketplace seharga Rp200.000, kemudian dijual kembali dengan harga Rp230.000-300.000 (sesuaikan dengan harga pasar).
  3. Menjual produk bisa menggunakan platform marketplace lain, media sosial, Whatsapp, hingga toko online sendiri.

Berapa Penghasilan Seorang Dropshipper

Untuk penghasilannya sendiri cukup beragam. Penghasilan tergantung dari seberapa banyak barang yang dijual, dan jenis barang apa yang dijual. Penghasilannya mulai dari ratusan ribu rupiah hingga ratusan juta rupiah per bulannya.

Biaya untuk menjalankan bisnis ini tergolong kecil. Jika bisnis sudah semakin berkembang, Anda bisa mengeluarkan biaya untuk promosi agar produk semakin dikenal.

Tips Sukses Bisnis Dropship

Tertarik untuk memulai bisnis online tanpa modal ini? Sebelum memulai, pastikan Anda mengetahui kiat-kiat sukses bisnis dropship di bawah ini:

  1. Pilih supplier yang tepat. Karena, sebagai dropshipper, bisnis Anda tergantung dari supplier yang dipilih.
  2. Pilih produk yang tepat. Pahami produk apa yang akan dijual, fiturnya seperti apa, supplier-nya di mana, siapa saingan di pasaran, dan konsumennya siapa.
  3. Perhatikan margin keuntungan. Pahamilah profit margin. Contohnya, jika marginnya tipis, berarti Anda harus menjual dalam jumlah besar agar mendapatkan untung besar. Atau, margin besar untuk mendapatkan untung besar meskipun menjual dalam volume yang kecil.
  4. Melayani konsumen secara fast respon. Pasalnya, bisnis di bidang dropship tidak akan lepas dari aplikasi chat. Konsumen dan calon konsumen akan melakukan pesanan, hingga bertanya tentang produk kepada Anda via chat.
  5. Ketahui target market dan perilaku konsumen. Contohnya, Anda ingin menjual produk fashion, salah satu target market yang paling potensial adalah pengguna Instagram. Anda bisa menggunakannya sebagai salah satu lapak berjualan online dan menjaring konsumen secara daring.

3. Mengajar Kursus Online

Mengajar kursus online merupakan salah satu bisnis online tanpa modal sepeserpun. Cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan-kemampuan dalam bidang tertentu. Misalnya, kemampuan dalam berbahasa asing.

Kursus online ini bisa berupa video tutorial yang Anda jual dengan cara di-upload ke internet. Nah, konten berupa video tersebut, Anda jual secara online.

Cara Memulai Bisnis Kursus Online

Bisnis online tanpa modal ini, bisa dimulai dengan cara yang cukup mudah. Nah, berikut kami jelaskan langkah-langkahnya:

  1. Pilih konten kursus online yang akan dijual.
  2. Jual di marketplace kursus online, seperti Udemy.
  3. Kenapa harus di marketplace? Pasalnya, di tempat tersebut Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat website.

Tips Sukses Bisnis Online Tanpa Modal Kursus Online

Sebelum memulai bisnis online tanpa modal sepeserpun ini, simak beberapa kiat sukses yang telah kami rangkum berikut:

  1. Pilih topik kursus sesuai dengan kemampuan yang dikuasai. Pasalnya, kualitas konten menentukan orang lain ingin memilihnya atau tidak.
  2. Pastikan konten yang Anda jual ada pasarnya. Artinya, konten yang dijual memiliki peminat. Contohnya seperti kursus bahasa asing, kursus desain, dan lainnya.
  3. Buat konten secara interaktif. Bisa juga menambahkan ‘bumbu-bumbu’ animasi agar orang tertarik membelinya.

4. Pembuat Artikel SEO

Pembuat artikel SEO saat ini semakin diminati. Pasalnya, SEO merupakan strategi digital marketing yang tergolong powerfull untuk mendongkrak pendapatan. Artikel SEO tidak jauh berbeda dengan penulisan artikel biasa. Namun, konsepnya dibuat agar ramah SEO supaya artikel mudah dirayap oleh mesin pencari.

Cara Memulai Bisnis Artikel SEO

Saat ini, target pasar artikel SEO cukup prospektif. Targetnya mulai dari UKM, hingga perusahaan-perusahaan kelas kakap yang sudah menjalankan bisnisnya secara online. Untuk menjual layanan Anda, bisa melalui beberapa cara berikut:

  1. Menjual artikel SEO di situs Freelancer.
  2. Membuat blog/website sendiri dan menawarkan jasa penulisan SEO.
  3. Membuat akun Facebook khusus untuk menawarkan layanan.
  4. Bergabung sebagai penulis lepas di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan layanan Anda.

Berapa Penghasilan Penulis Artikel SEO

Bisnis online tanpa modal ini, tidak memiliki standar penghasilan. Artinya, Anda bisa mendapatkan fee yang beragam setiap bulannya. Bahkan, harga untuk pembuatan satu artikel pun tergolong berbeda-beda.

Adapun faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan penghasilannya, di antaranya seperti:

  • Kualitas tulisan

Tulisan yang enak dibaca, menarik, dan berbobot, biasanya memiliki harga yang cukup tinggi. Karena, faktor-faktor tersebut memengaruhi harga dari sebuah artikel SEO.

  • Jumlah Kata

Penulisan artikel biasanya memiliki tarif per kata. Contohnya, penulis memasang harga Rp50 per kata, maka untuk per 100 kata penulis mendapatkan fee sebesar Rp5.000.

  • Topik yang Ditulis

Topik juga memengaruhi harga dari artikel SEO. Semakin spesifik tulisan yang dibuat, harganya pun biasanya akan semakin mahal.

Tips Sukses Menjadi Penulis Artikel SEO

Tertarik menggeluti bisnis online tanpa modal ini? Sebelum memulai, intip beberapa kiat-kiat sukses menjadi seorang penulis artikel SEO yang sudah dirangkum berikut ini:

  1. Menguasai materi tulisan, mulai dari kaidah penulisan yang baik dan benar, hingga memenuhi standar tulisan SEO yang tepat.
  2. Kuasai salah satu topik tertentu, atau niche, sesuai keahlian dan minat.
  3. Semakin berbobot dan spesifik tulisan yang dibuat, maka akan semakin mahal dan banyak peminatnya.
  4. Pastikan Anda menyelesaikan tulisan sesuai dengan deadline. Pasalnya, pekerjaan yang molor dari deadline, akan memperburuk citra Anda di mata klien.

5. Berjualan Foto Online

Sedang mencari bisnis online tanpa modal lewat HP? Selain berjualan, Anda juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menghasilkan foto, lalu menjualnya di internet. Bisnis ini tergolong prospektif dan cukup banyak peminatnya.

Namun, pertama-tama, pastikan terlebih dahulu smartphone Anda memiliki kamera yang cukup mumpuni. Meski tidak mahal, yang penting hasil gambarnya jelas dan layak untuk dijual. Banyak pilihan smartphone dengan kamera bagus yang ada di pasaran. Silahkan pilih, atau bisa menggunakan smartphone yang sudah ada saja.

Cara Menjual Foto di Internet

Ada beberapa website yang menyediakan tempat bagi para fotografer untuk menjual karyanya. Anda yang hanya bermodalkan smartphone saja, bisa mencoba salah satu bisnis online tanpa modal lewat HP ini di website-website berikut:

  • Shutterstock
  • Veer
  • Bigstock
  • Fotolia
  • Dan lain-lain

Di website tersebut Anda bisa menjual hasil jepretan sendiri. Selain menggunakan kamera profesional, Anda juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menjual hasil karya di website tersebut.

Tips Sukses Menjual Foto di Internet

Berbeda dengan menjual karya hasil dari jepretan kamera profesional, mungkin pesaing hasil foto menggunakan smartphone akan cukup kompetitif. Namun, jangan khawatir, Anda masih tetap berpeluang mendapatkan penghasilan meski hanya berbekal kamera smartphone. Berikut tipsnya:

  1. Buat foto objek sesuai dengan keahlian.
  2. Berikan sentuhan editing pada setiap karya. Namun, pastikan pengeditan tidak terlalu berlebihan.
  3. Riset foto yang banyak dicari atau banyak dibeli. Kemudian, jadikan referensi.

6. Menjadi Seorang Youtuber

Dewasa ini, banyak sekali kaum millenial yang mendambakan untuk menjadi seorang youtuber. Pasalnya, penghasilan seorang youtuber bisa dikatakan tidak terbatas. Bahkan, orang yang bukan siapa-siapa, bisa terkenal dan kaya raya dengan membuat konten di Youtube.

Seperti yang kita ketahui, perangkat untuk membuat konten di Youtube cukup mahal. Mulai dari kamera, mic, hingga PC untuk mengolah video yang siap di-upload ke Youtube. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata banyak juga youtuber yang mengawali kariernya menggunakan kamera smartphone seadanya.

Cara Menjadi Youtuber dengan Peralatan Seadanya

Bisnis online tanpa modal hasil melimpah ini, bisa dimulai dengan peralatan seadanya. Bisa juga dengan menggunakan smartphone. Berikut cara-caranya:

  1. Membuat akun Youtube menggunakan Gmail.
  2. Kustomisasi akun Youtube, mulai dari nama channel, memasang foto banner di kanal Youtube, menggunakan profile picture, hingga mencantumkan deskripsi.
  3. Mulailah meng-upload video untuk mendapatkan viewer dan subscriber.

Persyaratan Mendapatkan Penghasilan di Youtube

Anda tidak bisa langsung menuai penghasilan dari bisnis online tanpa modal hasil melimpah ini. Pasalnya, untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense Youtube, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda penuhi. Adapun persyaratannya adalah:

  1. Akun sudah terverifikasi sebagai partner Adsense Youtube.
  2. Video sudah memenuhi persyaratan 4000 jam tayang.
  3. Sudah memiliki 1000 subscriber.
  4. Tidak memiliki komentar spam, karena dapat menghambat proses pendaftaran adsense.

Tips Sukses Menjadi Seorang Youtuber

Tidak mudah untuk menjadi seorang Youtuber yang sukses. Mulai dari banyaknya saingan, hingga pengemasan konten yang harus bermutu, bisa menjadi kendala-kendalanya. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang akan membantu Anda untuk sedikit mempermudahnya:

  1. Pilih satu niche saja untuk satu akun. Ada banyak niche yang bisa dipilih, mulai dari gaming, kecantikan, kuliner, dan lain-lain.
  2. Pilih niche sesuai dengan keahlian dan kemampuan.
  3. Buat judul video di Youtube yang mengandung unsur kata kunci yang banyak dicari. Misalnya, konten yang akan dibuat adalah konten dengan keyword “nasi goreng”, buat judul dengan contoh “cara memasak nasi goreng mudah dan lezat”.
  4. Tulis deskripsi yang lengkap, namun singkat dan padat.
  5. Edit video menggunakan aplikasi HP, atau PC agar jelas.

7. Menjadi Seorang Blogger

Menjadi seorang blogger pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan jasa penulis artikel SEO, atau artikel online. Keduanya bergelut dalam bidang kepenulisan. Yang membedakannya hanya dari konsep dan penghasilannya saja.

Blogger merupakan salah satu jenis bisnis online tanpa modal. Cocok untuk Anda yang suka menulis. Bisnis ini juga cocok untuk yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang Anda miliki.

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Blog  

Ada beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online terpercaya yang satu ini. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Menyediakan layanan artikel placement review di blog. Artikel placement adalah sebuah tulisan yang mengulas suatu produk maupun jasa klien yang ditulis di blog Anda. Tujuannya yaitu untuk branding dan promosi produk/jasa terkait.
  2. Menyediakan backlink dari blog Anda ke website Backlink sangat penting sekali untuk kepentingan SEO. Tujuannya agar website mudah dirayap di mesin pencari. Selain itu, backlink juga berpengaruh pada authority suatu situs di mata mesin pencari, seperti Google.
  3. Mendapatkan penghasilan dari Google Adsense. Penghasilan didapatkan dari jumlah traffic yang masuk ke blog. Semakin besar traffic, maka semakin besar juga klik iklan yang terjadi. Nah, bisnis online ini, mendapatkan penghasilan dari jumlah klik iklan dari pengunjung.

Tips Sukses Menjadi Seorang Blogger

Bagi yang sudah terbiasa menulis, menjadi seorang blogger yang sukses tidak akan terlalu rumit. Anda tinggal mengembangkan tulisan dan blog Anda. Lalu, ikuti juga langkah-langkah berikut untuk mengoptimalkannya:

  1. Buat satu blog satu niche. Pasalnya, niche merupakan bagian dari SEO. Contohnya, membuat blog dengan tema bisnis, maka yang dibahas semua di dalamnya bertemakan niche Artinya, tidak boleh dicampur dengan tema atau niche lain.
  2. Pilih niche sesuai minat atau kemampuan. Tujuannya agar konten lebih solutif dan menjadi sumber rujukan.
  3. Buat artikel yang ramah SEO, atau artikel SEO friendly. Tujuannya agar tulisan Anda mudah ditemukan di mesin pencari.
  4. Upload konten artikel secara rutin, minimal satu artikel per hari.
  5. Terus tingkatkan kualitas blog dan tulisan agar mendapatkan DA (Domain Authority) yang tinggi. DA adalah acuan sebuah search engine untuk menentukan peringkat blog atau website yang Anda miliki.

Lebarkan peluang bisnis online tanpa modal Anda. Contohnya dengan menjadi anggota forum blogger terbesar. Tujuannya untuk mendapatkan informasi seputar job untuk blogger, menambah wawasan, mencari peluang penghasilan, dan melebarkan koneksi bisnis.

8. Jasa Pembuatan Website

Banyak pemilik bisnis saat ini ingin mengembangkan usahanya ke internet. Kemajuan ini bisa dibidik sebagai peluang bisnis online tanpa modal bagi yang memiliki keahlian dalam pembuatan website.

Target market-nya pun sudah cukup luas. Pasalnya, yang tertarik untuk memiliki website tidak hanya perusahaan-perusahaan kelas kakap saja, lho. Saat ini, bisnis sekelas UMKM juga sudah tertarik untuk memiliki website.

Berapa Penghasilan Jasa Pembuat Website

Jasa pembuatan website merupakan bisnis online tanpa modal yang tergolong menguntungkan. Penghasilan yang didapatkan pun cukup beragam. Penghasilan Anda tergantung dari jenis dan kualitas website yang dibuat.

Semakin rumit dan bagus website yang dibuat, semakin tinggi juga penghasilan yang didapatkan. Range penghasilannya mulai dari ratusan ribu, hingga puluhan juta rupiah per satu website tergantung jenis dan kualitasnya.

Cara Memulai Bisnis Pembuatan Website

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis online tanpa modal ini. Berikut penjelasan yang telah kami rangkum di bawah ini:

  1. Buat nama brand bisnis Anda. Pasalnya, brand dapat membedakan Anda dengan kompetitor.
  2. Pastikan perlengkapan untuk membuat website sudah memadai.
  3. Promosikan secara online. Jika belum memiliki modal untuk mempromosikannya via website pribadi, bisa melalui platform lain yang gratisan.

Tips Sukses Bisnis Pembuatan Website

Untuk mendapatkan hasil memuaskan dari bisnis pembuatan website, diperlukan strategi yang tepat dan terarah. Pasalnya, persaingan bisnis di bidang layanan pembuatan website sudah cukup kompetitif. Agar bisa bersaing, simak beberapa kiat-kiat sukses berikut ini:

  1. Jika belum pandai menggarap proyek besar, mulailah dengan proyek yang kecil. Langkah ini sangat strategis, terutama bagi pemula untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Tawarkan layanan dengan harga kompetitif, atau sesuai dengan harga pasaran. Bisa juga menawarkan layanan di bawah harga pasaran, namun tidak boleh terlalu rendah.
  3. Tawarkan layanan pembuatan website yang lengkap. Misalnya seperti website untuk toko online, company profile, dan lain-lain, sesuai kemampuan.
  4. Berikan pelayanan on time sesuai permintaan klien.
  5. Promosikan melalui email, media sosial, dan media-media online lainnya.
  6. Kumpulkan testimoni dari pelanggan untuk bukti kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda.

9. Jualan Template Design

Pemilik website di Indonesia saat ini sudah semakin banyak. Hampir pihak yang memilikinya, ingin website-nya memiliki tampilan yang menarik dan banyak disukai. Untuk mewujudkannya, template design website adalah salah satu solusinya.

Template akan membuat website semakin menarik dan disukai oleh pengunjung. Jika Anda pandai mengolah design template untuk website, bisnis online tanpa modal ini wajib dicoba.

Cara Memulai Bisnis Berjualan Template Design

Pertanyaan yang mungkin ada di pikiran Anda saat ini adalah, bagaimana cara menjual template jika sudah selesai membuatnya? Untuk menjualnya, ada dua cara. Pertama, Anda bisa menjualnya sendiri melalui website pribadi, dan kedua melalui situs Microstock.

Bagi yang belum punya modal untuk membuat website, situs-situs Microstock berikut ini bisa Anda pilih untuk menjualnya:

  • com
  • com
  • com
  • Dan lain-lain

Berapa Penghasilan Menjual Template Design Online

Jika yang dipilih adalah situs Microstock luar negeri, maka bayaran yang diterima akan berbentuk dollar. Artinya, pendapatannya pun tergolong tinggi dan lebih prospektif.

Namun, penghasilan yang didapatkan juga tergantung dari kualitas template yang dijual. Semakin bagus kualitas template Anda, maka semakin tinggi harga yang bisa diterima.

Akan tetapi, Anda harus bersiap dengan persaingan yang ketat karena berjualan template di situs Microstock luar negeri sangat kompetitif.

10. Bisnis Sebagai Reseller Konsinyasi

Reseller merupakan bisnis yang minim modal, bahkan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Sistemnya  hampir mirip dengan dropship. Reseller juga menjadi salah satu bisnis online yang sudah ada sejak lama. Caranya mudah dan tidak memerlukan modal.

Reseller konsinyasi adalah bisnis yang menjual produk milik supplier. Keuntungan yang didapatkan yaitu berupa komisi jika ada produk yang terjual. Artinya, berbeda dari reseller biasa, karena reseller biasa, mengharuskan Anda membeli barangnya terlebih dahulu.

Cara Menjadi Seorang Reseller Konsinyasi

Untuk memulai bisnis reseller konsinyasi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut persiapannya:

  1. Pilih produk yang ingin dijual. Kenali juga siapa target pasarnya, dan juga tingkat persaingan yang menjual produk serupa.
  2. Cari supplier yang terbuka untuk reseller
  3. Ajukan diri Anda untuk menjadi seorang reseller di supplier
  4. Promosikan dan pasarkan melalui media sosial dan marketplace. Bisa juga melalui aplikasi chatting yang populer, seperti Whatsapp.

Tips Sukses Menjadi Seorang Reseller

Ingin sukses menjadi seorang reseller? Simak tips-tips berikut ini:

  1. Survey produk yang banyak diminati dan dicari oleh para konsumen.
  2. Gunakan marketplace yang populer untuk menjual produk, atau media sosial yang cocok untuk berjualan.
  3. Tawarkan produk dengan harga yang kompetitif. Tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah dari kompetitor.
  4. Pilih supplier yang tepat. Selain menyediakan barang bagus, penawarannya pun harus kompetitif agar bisa bersaing di pasaran. Perhatikan juga profesionalitas supplier dan keuntungan apa yang diberikan kepada Anda.
  5. Selalu siap melayani konsumen dan calon konsumen kapan pun. Pasalnya, konsumen akan menghubungi Anda via chat setiap saat. Pastikan juga Anda cepat merespon pertanyaan maupun pemesanan dari konsumen.
  6. Selektif dalam memilih produk yang akan dijual. Selain harganya, perhatikan juga kualitasnya.

Itulah 10 bisnis online tanpa modal yang cocok untuk generasi millenial. Tertarik untuk menjalankannya? Silahkan tentukan bisnis sesuai keahlian Anda, lalu persiapkan segala sesuatunya sekarang juga.

id_IDIndonesian