Cara Menulis Artikel Bahasa Inggris Berkualitas

Cara Menulis Artikel Bahasa Inggris Berkualitas

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris Zaman Sekarang

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam memahami artikel Bahasa Inggris?

Meskipun Anda tinggal di Indonesia, Bahasa Inggris sangat penting dipelajari dan dikuasai. Mengapa? Tanpa kemampuan ini, Anda akan kesulitan berinteraksi dengan orang asing.

Jangankan berkomunikasi langsung, memahami tulisan dalam Bahasa Inggris pun Anda akan kesulitan. Oleh karena itu, sangat penting mempelajari Bahasa Inggris.

menulis artikel bahasa inggris

Agar Anda lebih semangat belajar, simak sederet alasan perlunya menguasai Bahasa Inggris.

  • Peluang Karier Lebih Luas

Tak dapat dimungkiri bahwa di Indonesia banyak bermunculan perusahaan asing yang mewajibkan karyawannya menguasai Bahasa Inggris. Bahkan, sejumlah perusahaan besar di Indonesia pun demikian.

Jika Anda ingin memiliki karier yang cemerlang di bidang apa pun, maka Anda wajib menguasai Bahasa Inggris. Dengan kemampuan ini, peluang karier Anda lebih luas, tak terbatas di Indonesia, melainkan juga luar negeri.

  • Dapat Digunakan untuk Memulai Usaha di Luar Negeri

Jika Anda memiliki impian sebagai pembisnis sukses yang mampu merambah pasar dunia, maka kemampuan Bahasa Inggris adalah suatu keharusan. Kecakapan Anda dalam mengembangkan usaha akan lebih optimal dengan penguasaan Bahasa Inggris yang baik.

Dengan menguasai bahasa internasional, Anda tidak akan kesulitan saat berkomunikasi dengan investor atau klien asing.

Impian untuk memulai usaha di luar negeri pun dapat Anda wujudkan.

  • Akses Informasi Tanpa Batas

Baik di dunia pekerjaan maupun perkuliahan, Anda akan sering menggunakan internet untuk mengakses informasi. Namun, tidak semua informasi tersedia dalam Bahasa Indonesia. Tak sedikit informasi penting yang justru hanya tersedia dalam bentuk artikel, esai, atau e-book Bahasa Inggris.

Tanpa kemampuan Bahasa Inggris yang baik, Anda akan kesulitan mengakses informasi. Keterbatasan dalam mengakses informasi dapat memengaruhi kinerja Anda.

  • Memudahkan Persaingan

Tak dapat dimungkiri bahwa saat ini orang yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik lebih diutamakan daripada orang yang tidak menguasai. Bahkan, hampir sebagian besar perusahaan selalu menempatkan orang yang menguasai Bahasa Inggris didaftar teratas.

Singkatnya, kemampuan Bahasa Inggris merupakan kualifikasi yang dibutuhkan hampir di seluruh bidang pekerjaan. Oleh karena itu, jika Anda tidak memiliki kualifikasi ini, Anda akan kesulitan bersaing dengan orang lain.  

  • Mempermudah Penguasaan Teknologi

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Namun, untuk menguasai bidang ini, Anda harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik.

Pasalnya, untuk mempelajari bidang yang berkaitan erat dengan teknologi, Anda akan dihadapkan dengan buku-buku, jurnal, atau artikel Bahasa Inggris. Tanpa kemampuan Bahasa Inggris, Anda akan mengalami kesulitan.

Namun, untuk menguasai bidang ini, Anda harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Pasalnya, untuk mempelajari bidang yang berkaitan erat dengan teknologi, Anda akan dihadapkan dengan buku-buku, jurnal, atau artikel Bahasa Inggris.

Tanpa kemampuan Bahasa Inggris, Anda akan mengalami kesulitan.

  • Dapat Menciptakan Peluang Usaha Sendiri

Tak banyak yang menyadari bahwa kemampuan Bahasa Inggris dapat menciptakan peluang usaha. Misalnya, jasa tulis artikel Bahasa Inggris atau blogger dengan konten Bahasa Inggris.

Dibandingkan dengan artikel Bahasa Indonesia, harga artikel Bahasa Inggris lebih mahal. Maklum saja, tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

langkah-menulis-bahasa-inggris

Langkah-langkah Menulis Artikel Bahasa Inggris yang Benar

Kendati demikian, menulis artikel menggunakan Bahasa Inggris tidaklah semudah yang terlihat. Anda harus dapat merangkai kata yang mudah dipahami. Lantas bagaimana langkah tepat dalam menulis artikel Bahasa Inggris?

Berikut uraiannya.

  • Judul Menarik

Pada dasarnya, baik artikel Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris harus memuat judul yang menarik minat pembaca. Baik untuk penulisan artikel tentang kesehatan, teknologi terbaru, hingga bisnis umumnya menggunakan format yang jelas dan simpel.

Sementara artikel hiburan, kumpulan puisi, meme, atau rupa-rupa menggunakan kalimat yang lebih ekspresif, biasanya menandung tagline atau cacth phrase.

  • Pembuka Artikel

Sebaiknya, dalam penulisan artikel bahasa asing, hindari kata penghubung yang memiliki tingkat kesalahan tinggi dalam penggunaannya. Contoh, dalam Bahasa Inggris, kata although, in spite of, dan nevertheless cukup digunakan satu kali untuk menghindari kesalahan penulisan.

  • Bodi Artikel

Pada artikel bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, bodi artikel diisi dengan sejumlah paragraf, sesuai dengan jenis artikel. Misalnya, pada artikel berita, paragrafnya didominasi kata-kata yang cukup sulit dimengerti awam.

Untuk memudahkan pembaca, gunakan transition word yang biasa digunakan. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan kata first, then, after, next, when, during, before, atau later untuk menjelaskan urutan waktu kejadian.

Sementara untuk kalimat yang menandakan urutan kepentingan, gunakan kata also, first, second, in addition, equally important, atau finally.

Kata since, as a result, because, consequently, dan therefore digunakan sebagai penanda hubungan sebab akibat.

Untuk kalimat perbedaan, kata yang umum digunakan adalah but, although, only, in contrast, whereas, while, dan yet. Sementara untuk kalimat persamaan, kata additionally, like, also, as if, just as, similarly, dan as though lebih umum digunakan.

Ketika Anda menulis kalimat yang menandakan hubungan khusus atau spesifik, gunakan kata example, that is, like, such as, in other words, for instance, namely, atau in fact.

Dengan pemilihan kata yang tepat, artikel Anda akan lebih mudah dipahami.

artikel bahasa inggris yang benar
  • Penutup

Setelah selesai dengan bodi artikel, Anda harus memberikan sedikit kalimat penutup. Umumnya, kalimat ini hanya terdiri sedikit paragraf.

Dalam Bahasa Inggris, kata yang biasa digunakan pada bagian ini, meliputi in conclusion, as a result, in summary, finally, on the whole, in brief, ultimately, in other words, summing up, consequently, to summarise as shown, therefore, thus, dan to conclude.

Demikianlah informasi mengenai pentingnya menguasai Bahasa Inggris dan tata cara menulis artikel Bahasa Inggris yang baik. Dengan mengikuti tips tersebut, artikel yang Anda buat akan lebih mudah dipahami dan mampu menarik banyak pembaca.

Yuk, bagikan artikel ini!

Admin

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu