Macam-macam Artikel Bahasa Indonesia dan Fungsinya

Macam-macam Artikel Bahasa Indonesia dan Fungsinya

No ratings yet.

Artikel Bahasa Indonesia dengan Segudang Topik Menarik

Artikel merupakan suatu karya tulis yang berisi gagasan atau fakta objektif yang bertujuan untuk membujuk, meyakinkan, menghibur, atau memberikan informasi kepada pembaca.

Artikel biasanya dimuat di berbagai media seperti buletin, koran, majalah, website, maupun media sosial.

Artikel bahasa Indonesia biasanya mengandung topik yang bermacam-macam, diantaranya informasi sejarah, hasil penelitian, petualangan seseorang, ataupun tutorial mengerjakan sesuatu.

Agar lebih memahami tentang jenis-jenis artikel, simak pemaparan berikut ini.

Jenis-jenis Artikel dan Strukturnya

Penulisan artikel bertujuan untuk memberikan informasi, membujuk, atau meyakinkan pembaca. Oleh karena itu, sangat perlu membuat artikel dengan bahasa yang baik dan benar, sehingga memudahkan pembaca memahami tujuan dari penulisan artikel.

Salah satu ciri artikel yang baik dan benar adalah isi artikel disampaikan dengan padat, singkat, dan jelas.

Selain itu, artikel juga harus menyampaikan fakta, bukan mitos, fiksi, atau pendapat yang isinya masih diragukan.

Artikel yang dibuat harus informatif dan faktual, di mana informasi yang disampaikan merupakan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

artikel-faktual

Jika artikel mengandung opini dan analisis, maka harus didasarkan pada teori dan data yang valid.

Saat menulis artikelAnda harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Gunakanlah bahasa Indonesia yang baku, serta gunakan kalimat yang lugas dan efektif.

Selain itu, gunakanlah metode yang sistematis saat membuat artikel, sehingga informasi yang disampaikan dapat dimengerti dengan mudah oleh pembaca. Bagi jasa penulis artikel juga harus memperhatikan hal tersebut.

Secara umum, ada 5 jenis artikel bahasa Indonesia yang bisa dibaca sehari-hari, yaitu narasi, eksposisi, deskripsi, argumentasi, dan persuasi.

1. Narasi

Artikel narasi merupakan artikel yang bisanya dikenal sebagai cerita. Artikel narasi menceritakan tentang rangkaian peristiwa dari awal, tengah, hingga akhir secara sistematis. Di dalam artikel narasi biasanya terdapat tokoh, pemasalahan, serta cara menyelesaikan masalah.

Pada bagian awal narasi biasanya berisi perkenalan tokoh yang ada dalam cerita.

Pada bagian tengah menceritakan konflik yang terjadi, kemudian secara berangsur-angsur konflik tersebut memuncak.

Kemudian, konflik akan mereda dan ditemukan solusi menyelesaikan konflik yang terjadi. Pada bagian akhir biasanya menceritakan klimaks dari konflik yang terjadi.

Namun, ada artikel narasi yang menggantungkan akhir cerita, sehingga pembaca dipersilahkan untuk menebak sendiri.

Beberapa contoh artikel narasi, antara lain biografi, autobiografi, serta kisah pengalaman.

2. Eksposisi

Artikel eksposisi bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembacanya.

Artikel eksposisi berisi penjelasan informasi tentang suatu topik, sehingga dapat menambah pengetahuan pembacanya. Agar artikel semakin mudah dimengerti, dalam artikel eksposisi biasanya dilengkapi gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

Contoh artikel eksposisi yang sering ditemukan adalah artikel tentang resep makanan dan cara membuat aneka kerajinan.

Artikel eksposisi biasanya disebut artikel pemaparan.

Saat menyusun artikel eksposisi ada beberapa langkah yang perlu dilakukan yaitu, menentukan topik, menetapkan tujuan, mengumpulkan data, menyusun kerangka karangan, mengembangkan kerangka karangan menjadi paragraf eksposisi.

3. Deskripsi

Artikel deskripsi berisi gambaran tentang suatu hal, sehingga pembaca seolah-olah merasakan, melihat, atau mendengar secara langsung apa yang diceritakan. Isi artikel deskripsi dapat berupa gambaran tentang suatu benda ataupun tempat.

Melalui artikel deskripsi, pembaca akan dapat membayangkan apa yang digambarkan tanpa bantuan gambar atau video sebagai pendukung.

Namun, Anda tetap dapat menambahkan gambar atau video saat menulis artikel deskripsi.

4. Argumentasi

Salah satu artikel yang sering dijumpai adalah artikel argumentasi.

Artikel argumentasi biasanya berisi pembuktian terhadap opini atau pendapat, dengan menyajikan fakta atau data pendukung. Artikel argumentasi bertujuan untuk mendapatkan pembenaran terhadap pendapat atau opini yang disampaikan.

Di dalam artikel argumentasi biasanya terdapat fakta dan data sebagai bahan pendukung opini yang disampaikan.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum membuat artikel argumentasi, yaitu menentukan tema atau topik, menentukan tujuan, mengumpulkan data, menyusun kerangka karangan, dan mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi.

5. Persuasi

Artikel persuasi merupakan jenis artikel yang bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi pembacanya, sehingga mau melakukan apa yang dianjurkan oleh penulis.

Artikel persuasi biasanya digunakan sebagai iklan atau kampanye.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum membuat paragraf persuasi adalah, menentukan tema, merumuskan tujuan, mengumpulkan bahan dari berbagai macam referensi, menyusun kerangka karangan dan mengembangkannya menjadi paragraf persuasi.

macam-macam-artikel-dalam-penulisan

Jenis Artikel untuk Blog atau Website

Sebuah situs membutuhkan artikel yang berkualitas sebagai sarana promosi. Artikel yang dibuat dengan baik dan benar sangat cocok ditampilkan dalam situs start up.

Banyak jenis artikel yang dapat digunakan untuk mempromosikan situs, tetapi tidak semuanya cocok dengan situs yang Anda miliki. Sebaiknya pilihlah jenis artikel yang menarik perhatian, sehingga lalulintas website juga semakin meningkat.

Berikut delapan jenis artikel bahasa Indonesia yang dapat digunakan untuk mempromosikan website start up Anda.

1. Artikel panduan atau tutorial

Artikel panduan atau tutorial ditulis dengan ringkas dengan bahasa yang lugas. Selain itu, artikel panduan atau tutorial biasanya terdiri dari poin-poin. Artikel panduan bertujuan untuk memberikan petunjuk praktis tentang tema yang akan dibahas.

Artikel bahasa Indonesia jenis panduan atau tutorial biasanya sering dibuat karena memiliki sifat fungsional.

Saat menulis artikel panduan atau tutorial gunakanlah bahasa yang seringkas mungkin. Gunakanlah paragraf pembuka pendek yang mengarahkan pada paragraf tutorial.

Anda bisa menambahkan gambar atau video sebagai pendukung, jika diperlukan.

2. Artikel konten pilar

Artikel konten pilar merupakan artikel yang memiliki panjang lebih dari 1000 kata. Artikel ini biasanya menjelaskan secara rinci tentang tema yang akan dibicarakan.

Agar pembaca tidak pusing dan lebih mudah memahami, artikel dibuat dengan sup-judul dan poin-poin.

Hal ini akan memudahkan pembaca untuk mengetahui informasi yang ada di dalam artikel.

3. Artikel copywriting

Artikel copywriting merupakan jenis artikel bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mempromosikan produk.

Artikel ini biasanya diawali tentang hal umum yang berkaitan dengan produk, kemudian memasukkan nama produk yang dipromosikan sebagai solusi dari permasalahan yang dibahas sebelumnya.

Artikel copywriting sebenarnya hampir sama dengan iklan biasanya, tetapi lebih rinci dan informatif.

Penggunaan artikel copywriting sangat efektif digunakan sebagai sarana iklan, karena pembaca tidak merasa terpaksa untuk membeli atau memakai produk.

4. Artikel manual

Artikel manual hampir sama dengan artikel panduan atau tutorial. Namun, artikel manual lebih menekankan pada tutorial produk tertentu.

Jika Anda memiliki website perangkat digital untuk mendukung sistem pendidikan, maka akan menjadi artikel pendidikan yang berisi cara menggunakan perangkat digital tersebut.

Saat menulis artikel manual, usahakan menggunakan bahasa yang ringkas dan padat. Berikanlah paragraf pembuka yang singkat sebelum memasuki paragraf inti yang berisi tutorial atau panduan.

Pada paragraf awal, jelaskanlah informasi tentang produk yang akan dipromosikan, sehingga pembaca tidak akan keliru.

5. Artikel opini

Artikel opini biasanya berisi pendapat tentang suatu peristiwa, produk, ataupun permasalahan yang sedang terjadi.

Artikel ini efektif untuk menarik perhatian pembaca, tetapi jangan terlalu sering menggunakan artikel ini karena sifatnya yang subjektif.

Penggunaan artikel ini akan memberikan kesan manusiawi pada website start up. Selain itu, artikel opini juga efektif sebagai selingan untuk memancing dialog.

Saat menggunakan artikel opini, jangan menulis hal-hal yang berkaitan dengan SARA atau informasi yang belum jelas kebenarannya.

6. Artikel kabar terkini

Artikel kabar terkini mirip dengan artikel berita. Jenis artikel ini merupakan contoh artikel koran yang biasa Anda temukan. Artikel opini ditulis dengan bahasa yang formal tanpa basa-basi, serta menyelipkan beberapa informasi tentang waktu, nama, dan tempat.

Jenis artikel ini biasanya digunakan untuk memberikan respon tentang kejadian terbaru atau memberikan informasi terbaru tentang produk yang akan dipromosikan.

Biasanya artikel kabar terkini membahas berita yang sedang dibicarakan banyak orang. Anda bisa mengecek kabar yang sedang populer saat ini melalui Google trendstagar di Twitter, atau Instagram.

Penggunaan artikel opini yang menyiarkan berita terbaru sangat efektif untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung di website Anda.

7. Artikel sales letter

Sales letter merupakan artikel bahasa Indonesia yang bertujuan untuk promosi.

Artikel ini biasanya menggunakan bahasa yang spesifik untuk menjual atau promosi produk. Artikel sales letter akan menuliskan tentang sebuah produk sejak awal paragraf.

Hal ini tentu berbeda dengan artikel copywriting yang lebih kreatif. Artikel ini sangat cocok digunakan sebagai halaman situs atau isi email langsung.

Jenis artikel ini dapat digunakan sebagai sarana penawaran langsung kepada pelanggan potensial yang tertarik dengan produk yang Anda promosikan.

8. Artikel SEO

Artikel SEO memiliki ciri khas yaitu penggunaan kata kunci, deskripsi mata, serta kaidah SEO, sehingga akan mendapatkan peringkat tertinggi di mesin pencarian.

Artikel SEO biasanya menggunakan kata kunci yang diselipkan di seluruh badan artikel. Artikel SEO bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas situs atau website yang Anda miliki, sehingga mudah ditemukan oleh mesin pencarian Google.

Hal ini tentunya akan meningkatkan lalulintas pengunjung di website Anda.

contoh-artikel-yang-menarik-untuk-dibaca

Ada banyak jenis artikel bahasa Indonesia yang dapat Anda tulis. Biasanya artikel ditulis dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan, opini, fakta, ataupun pemikiran ilmiah.

Selain itu, menulis artikel juga memiliki banyak manfaat bagi penulis, seperti membantu penulis  untuk berpikir sistematis, melatih menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta meningkatkan kompetensi dalam menulis artikel.

Membiasakan menulis artikel juga bermanfaat sebagai sarana pendidikan bagi penulis. Menulis artikel akan membantu penulis meningkatkan kompetensi yang dimiliki, serta mengetahui tujuan dari menulis.

Selain itu melalui menulis Anda juga akan mengetahui cara membahas suatu berita agar menarik perhatian pembaca.

Jika memiliki website, Anda dapat menggunakan artikel bahasa Indonesia untuk meningkatkan visibilitas situs, sehingga mudah dicari oleh Google.

Ada berbagai artikel yang dapat digunakan untuk mempromosikan website Anda, seperti artikel panduan, artikel konten pilar, artikel copywriting, artikel manual, artikel opini, artikel kabar terkini, artikel sales letter, dan artikel SEO.

Artikel bahasa Indonesia yang efektif untuk meningkatkan visibilitas situs adalah artikel SEO.

Artikel ini dilengkapi dengan kata kunci, sehingga semakin mudah ditemukan oleh mesin pencarian Google.

Selain menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Anda juga harus membuat artikel yang orisinal, karena Google memiliki aturan terkait algoritma situs. Buatlah artikel minimal 5 hingga 10 kali setiap bulannya.

Buatkan artikel SEO yang singkat dan memuat kabar terkini.

BERIKAN RATING PADA KAMI :

Jangan Lupa Share Artikel Ini ke Sosial Media Anda!

Indonesian Writer

Seorang penulis dan copywriter yang ingin membagikan berbagai pengetahuan tentang dunia kepenulisan, seo dan lainnya. Live fully, work happily

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu